Sebanyak 33 item atau buku ditemukan

Blockchain & Cryptocurrency Dalam Perspektif Hukum Di Indonesia Dan Dunia

Buku ini membahas tentang Blockchain & Cryptocurrency dari sudut pandang yang berbeda yaitu hukum dan regulasi yang berlaku di Indonesia dan dunia. Di buku ini juga membahas tentang miskonsepsi yang beredar luas dari tingkat pemerintahan sampai masyarakat pada umumnya. Di harapkan dengan membaca buku ini, wawasan dan pemahaman tentang Blockchain & Cryptocurrency menjadi bertambah.

Buku ini membahas tentang Blockchain & Cryptocurrency dari sudut pandang yang berbeda yaitu hukum dan regulasi yang berlaku di Indonesia dan dunia.

Manajemen Unit Kerja: Untuk Perekam Medis dan Informatika Kesehatan Ilmu Kesehatan Masyarakat Keperawatan dan Kebidanan

. Dalam buku ini penulis menjelaskan tentang kepemimpinan yang berwawasan mutu sehingga dalam proses pelaksanaan aktivitas pekerjaan karyawan dapat terkoordinir dengan baik. Mekanisme pengelolaan konflik unit kerja juga dipaparkan secara detail. Karena konflik dalam situasi pekerjaan tentulah tidak dapat dihindari. Sudut pandang penulis dalam menterjemahkan peran konflik tidak hanya berorientasi ke hal yang negatif tetapi konflik itu sendiri justru mampu menciptakan pembaharuan bila iklim kolaborasi antar unsur unit kerja mampu memaknai konflik tersebut dengan mindset positif. Peran dan fungsi tenaga rekam medis dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di rumah sakit juga dituangkan pada BAB 3 buku ini. Mulai dari proses pendaftaran pasien, sistem pengelolaan rekam medis, sistem filling, assembling, coding sampai pada retensi file rekam medis in active serta prosedur atau aturan pemusnahan berkas tersebut. Setiap akhir BAB buku ini dilengkapi dengan soal-soal sebagai evaluasi diakhir pembelajaran.

Praktek kedokteran di Indonesia yang masih diwarnai dengan praktek fee for service dan praktek kedokteran perorangan merupakan sarana yang menyuburkan inefisiensi. Dengan demikian perkembangan HMO di AS dan hikmah yang dapat kita ...

HUKUM PERS DAN ETIKA JURNALISTIK DI ERA DIGITAL

Hukum Pers dan Etika Jurnalistik di Era Digital, sesuai dengan judulnya, buku ini mengurai relasi antara etika dan hukum dalam pers. Bahwa, moralitas yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers mempercayai idealisme pers dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Pers diberikan kemandirian dalam mengatur diri sendiri (kemerdekaan pers), termasuk merumuskan Kode Etik Jurnalistik sebagai panduan moralitasnya

Pasal 15 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang telah diubah dengan Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2016, yaitu mewajibkan penyelenggara sistem elektronik menggunakan teknologi yang ...

ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Hand Out Mata Kuliah Organisasi Lembaga Pendidikan

Hand-out merupakan bagian penting dalam mendukukung optimalisasi pembelajaran, terlebih dalam suasana pembelajaran masa Covid-19 ini menuntut media pendukung yang memadai untuk digunakan sesuai dengan porsi pembelajaran yang baik dan tepat. Regulasi menuntut dosen untuk menyiapkan Hand-out, pada setiap pembelajaran, untuk mengembangan bahan belajar digital, learning object (LOM), melalui pendekatan analisis kurikulum. Dengan pendekatan ini dimungkinkan terjadi sinergi antar para penyedia konten pembelajaran, sehingga pada gilirannya dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan bahan belajar sesuai dengan tuntutan kurikulum. Penggunaan handout dalam pembelajaran memiliki beberapa fungsi. Seperti yang disampaikan oleh Steffen dan Peter Ballstaedt dalam Prastowo (2013: 80), bahwa fungsi handout antara lain adalah: (1) membantu peserta didik agar tidak perlu mencatat; (2) sebagai pendamping penjelasan pendidik; (3) sebagai bahan rujukan pesertadidik (4) memotivasi peserta didik agar lebih giat belajar; (5) pengingat pokok-pokok materi yang diajarkan; (6) memberi umpan balik; dan (7) menilai hasil belajar. Adapun, tujuan penyusunan handout ini, antara lain: (1) untuk memperlancar dan memberikan bantuan informasi atau materi pembelajaran sebagai pegangan bagi peserta didik; (2) untuk memperkaya pengetahuan peserta didik; dan (3) untuk mendukung bahan ajar lainnya atau penjelasan dari dosen (4) Sebagai materi dalam intruksi LMS dan Gogle class room. Atas dasar itu, maka handout ini, berisi point-point penting dari materi pelajaran yang akan dipelajari sesuai RPS, antara lain; Dimulai dengan; Konsep Dasar Organisasi Kelembagaan; selanjutnya bertuturut membahas Lingkungan Organisasi Lembaga Pendidikan; Bentuk Struktur Organisasi Lembaga Pendidikan; Periaku dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Kekuasaan, politik, wewenan dan tangungjawab dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Kepemimpinan Organisasi Lembaga Pendidikan; Persepsi komunkasi dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Pengambilan Keputusan dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Motivasi Organisasi dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Konflik dan Stres dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Iklim Budaya Organisasi dalam Organisasi Lembaga Pendidikan; Efektifitas Organisasi Lembaga Pendidikan; diakiri dengan Model Perubahan dan Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Berdasarkan fungsi dan tujuan penggunaan hand-out dalam pembelajaran maka hendaknya peserta didik mampu mengunakan bahan ajar handout ini secara bijak.

3) Pendidikan usia dini/RA, BA, TA, sekolah/perguruan tinggi yang diselenggarakanoleh dan/atau berada di bawah naungan yayasan atau organisasi Islam4. Pelajaran agama Islam di sekolah/madrasah/ perguruan tinggi sebagaisuatu mata ...

Manajemen Pendidikan Karakter

Belajar dari negeri Cina inilah, barangkali pemerintah Indonesia memprogramkan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Untuk itu, diperlukan manajemen yang tepat agar pelaksanaannya dapat dilakukan secara berkelanjutan (continuing) serta mencakup seluruh aspek karakter bangsa secara utuh dan menyeluruh (kaffah). Sehingga, pendidikan karakter tersebut betul-betul dapat menyiapkan generasi bangsa menuju bangsa yang beradab dan bermartabat. Hal ini juga penting, terutama untuk mempertahankan diri dari proses degradasi karakter bangsa yang tanda-tandanya sudah kita rasakan akhir-akhir ini. Buku “Manajemen Pendidikan Karakter” ini, dapat membangkitkan inspirasi, kesadaran, pemahaman, kepedulian, dan komitmen Anda sebagai bangsa Indonesia, khususnya bagi para guru, pengawas, dan kepala sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang berkarakter.

Agar guru dapat mengembangkan pendidikan karakter secara efektif, serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam peningkatan pribadi peserta didik, guru perlu memiliki hal-hal berikut: 1. menguasai dan memahami pendidikan ...

Tropical Forest Ecology

The Basis for Conservation and Management

Importance of tropical forests. Functions of tropical forests. Economic. Forest products. Timber. Fuelwood. Non- timber forest products. Ecotourism. Environmental services. Reserve for biodiversity. Regulation of climate. Local effects. Global effects. Social. Subsistence for local populations. The need for an integrated approach to Forest conservation and management. Characteristics of tropical forests. Characteristics relevant to management and conservation. High diversity. Latitudinal gradients of species diversity. The latitude effect. Effects of elevation on species diversity. Effects of soil fertility on species diversity. Influence of stress on species diversity. Other factors influencing diversity. Theories to explain high diversity in the tropics. Benefits of high diversity. Defense against pests and diseases. Complementarity. Implications of high diversity for forest management. Reproductive ecology of tropical trees. Timing/frequency of flowering and seed production. Modes of reproduction of tropical trees. Species interactions in the tropics. Energy flow. Delineation of the tropics. Primary production. Production patterns within the tropics. Light environment of tropical forests. Availability of light. Responses of plants to light. Light distribution in the forest. Herbivory. Decomposition. Nutrient cycling. Cycling rates in the tropics. Leaching and weathering. Nutrient-conserving mechanisms. "Direct" nutrient cycling. Concentration of roots near the soil surface. Nutrient storage in wood biomass. Other nutrient-conserving mechanisms. Role of soil organic matter in nutrient conservation. Effects of disturbance on nutrient stocks in the soil. Implications for forestry. Conclusion. Classification of tropical forests. Classification based on forest structure. Classification based on forest function. Climatic classifications. Functional variation along climatic gradients. Classification based on species. Classification at the community level. Classification based on "temperament" of species. Classification based on successional stage. Forest classification based upon soil nutrient status. Implications for management. The unesco classification system. Conclusion. Deforestation in the tropics. Rates of deforestation. Causes of deforestation. Proximate causes of deforestation. Expansion of agriculture. Wood extraction. Development of infrastructure. Underlying causes of deforestation. Economic. Political and institutional factors. Technological. Cultural. Demographic. External debt and deforestation. Effects of deforestation. Environmental effects of deforestation. Social and economic effects of deforestation. Effects on indigenous peoples. Effects on traditional rural peoples. Effects on recently arrived rural peoples. Benefits and costs of deforestation at the international and national levels. International. National. Conclusion. Management of tropical forests. Introduction. Natural forest management. Sustainable forest management. Systems used in management of natural forests in tropical regions. Natural regeneration systems. Partial clearing systems. Reduced impact logging (ril). Ecological and economic feasibility of methods of management of natural tropical forests. Criteria and indicators of sustainable forest management. Certification of forest management. Obstacles to sustainable forest management. Management of secondary forests. Techniques for management of secondary forests. Management for non-timber forest products (ntfps). Is forest management compatible with conservation of biodiversity?. Effects of forest management on wildlife. Reserves. Setting priorities. Conclusion. Plantations and agroforestry systems. Introduction. Plantation forestry: alternative to supplying the world's timber demand?. Plantation productivity. Sustainability of forest plantations. Plantations of native tree species. Mixed species plantations. Plantations and the conservation of biodiversity. Plantations in the landscape. Plantations as a tool for economic development. Agroforestry. Most frequently used agroforestry systems. Functions of agroforestry systems. Restoration of degraded tropical forest ecosystems. Recovery of degraded forests. Enrichment planting of degraded and secondary forests. Rehabilitation of degraded pasture and cropland. Recovery of the soil's productive capacity. Restoration of areas invaded by aggressive vegetation. Recovery of biodiversity in degraded lands. Conclusion. Approaches for implementing ustainable management techniques. Introduction. Top-down development. Top-down conservation planning. Bottom- up development. Participatory action. A case study of participatory action research and development case i: uruani: where par failed. Case ii: porto de moz: where par succeeded. Community forestry. Globalization. Globalization and forest resources. Case study of globalization. Locally centered development and integrated natural resource management (inrm). Importance of scale in efficiency of production. Conclusion. Conclusions. Introduction. Tropical forest classification. Tropical deforestation. Management of tropical forests. Plantations and agroforestry systems. Political and economic development strategies for sustainable forest development. References. Subject index.

Recovery of a tropical forest with maximum carbon content can take hundreds of
years (Montagnini and Nair 2004). Some tropical countries have recently started
programs of incentives to encourage tree plantation development to help offset C
emissions. Since 1966, Costa Rica has contributed payments for environmental
services (ES) such as promoting forest conservation, sustainable forest
management, and tree plantations through the assignment of differential
incentives for each ...