Sebanyak 334 item atau buku ditemukan

Kewirausahaan : Perencanaan bisnis di era digital

Kewirausahaan : Menumbuhkan kesadaran bela negara melalui kewirausahaan milenial

Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0

Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XII Semester 1. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Kompetensi Keahlian Akuntasni dan Keuangan Lembaga.

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XII Semester 1 ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia akuntansi dan keuangan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Harga pokok produksi • Pemasaran produk • Laporan keuangan sederhana • Mengevaluasi hasil kegiatan usaha Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills ) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, dan mengasosiasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, esai, tugas proyek, dan lembar kegiatan siswa (LKS). Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang bisnis dan manajemen. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XII Semester 1 ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian ...

KEWIRAUSAHAAN DI INDUSTRI HOSPITALITY: STRATEGI PENGELOLAAN PASCA PANDEMI COVID-19

Buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Kewirausahaan di Industri Hospitality. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang STRATEGI PENGELOLAAN HOTEL PASCA PANDEMI COVID 19, STRATEGI PEMASARAN VILLA PASCA PANDEMI, PENGELOLAAN GUESTHOUSE, PENGELOLAAN RESORT, PEMASARAN BISNIS TOUR & TRAVEL PADA ERA DIGITAL DAN PASCA PANDEMI COVID 19, STRATEGI PENGELOLAAN USAHA WELLNESS TOURISM DI BALI, PENGELOLAAN RESTORAN, PENGELOLAAN GLAMPING, PENGELOLAAN WISATA BAHARI, dan bab terakhir yaitu KONSEP WISATA EDUKASI BERBASIS KOLABORASI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF.

Buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Kewirausahaan di Industri Hospitality.

Kewirausahaan dan Etika Profesi

Kiat Sukses Menjadi Seorang Pengusaha

ampak perkembangan teknologi dirasakan oleh masyarakat, khususnya para pencari kerja. Perkembangan teknologi belum mampu untuk menekan laju pengangguran karena tidak dibarengi dengan meningkatnya lapangan kerja. Kebutuhan tenaga kerja mulai dibatasi seiring dengan kemajuan teknologi di sektor industri dan perusahaan swasta, tak terkecuali dengan pemerintah yang mulai mengurangi jumlah penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) baik kementrian maupun lembaga pemerintah non departemen. Daya tampung perusahaan yang semakin mengusut, tidak mampu menampung banyaknya lulusan dari Sekolah Menengah dan Perguruan tinggi yang setiap tahun meningkat, hal ini diperburuk dengan banyaknya perusahaan dan industri yang gulung tikar karena tekanan ekonomi dan daya saing global. Dampak perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan teknologi komputer berimbas terhadap pergantian tenaga manusia oleh mesin mulai dari tukang parkir sampai pelayan di supermarket. Berlakunya e-Toll menggantikan pegawai yang tadinya bekerja sebagai penjaga pintu tol kini sudah tidak ada lagi, semua sudah diganti dengan mesin. Bahkan sekarang e-Parkir sudah mulai diterapkan di beberapa kota termasuk di Bogor, misalnya Anda mau belanja di pasar Bogor, maka untuk parkir Anda harus sudah menyediakan e-money, walaupun pemakaiannya masih belum maksimal. Menyikapi kejadian yang berkembang diperlukan kemampuan untuk menaikan mutu dan jiwa usaha guna menyeimbangkan perkembangan teknologi. Kewirausahaan mutlak harus dimiliki oleh setiap lulusan sebelum terjun ke dunia usaha. Kewirausahaan merupakan salah satu matakuliah wajib di perguruan tinggi untuk mempersiapkan lulusannya berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan. Tidak hanya sampai di situ, pemerintah melalui berbagai instansi baik kepentrian maupun LPND (Lembaga Pemerintah Non Departemen) dalam struktur organisasinya sudah memasukkan bidang perusahaan rintisan atau Startup dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Tujuannya sangat jelas bahwa saat ini sangat diperlukan wirausaha tangguh, termasuk Startup atau perusahaan rintisan dan UMKM. Startup dan UMKM merupakan pintu masuk utama ke dunia bisnis atau Enterpreneur. Kewirausahaan atau lebih dikenal Enterpreneur pada dasarnya merupakan suatu proses dalam menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh dengan inovasi untuk memberikan manfaat dan bernilai tambah. Jadi dengan memahami kewirausahaan, maka bagi seorang pengusaha akan selalu menghadirkan hal-hal baru sehingga tidak bosan dan terus berkembangan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Social marketing bisa dikatakan berkaitan erat dengan kesuksesan sebuah perusahaan, karena manfaat yang diperoleh suatu ... Pemahaman sosial marketing dengan sosial media yang digunakan sebagai alat untuk memasarkan produk yang akan ...

PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Mengenal, Memahami, dan Mencintai Dunia Bisnis

Mahasiswa merupakan agent of change yang memiliki peranan besar di dalam melakukan perubahan bangsa dan Negara. Mahasiswa adalah kaum terdidik yang diharapkan dapat membawa dan mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh karenanya, penting bagi mahasiswa untuk mengenali jalan keluar atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini. Mahasiswa dan wirausaha seharusnya menjadi relasi hubungan yang tidak dapat dipisahkan pada saat ini. Sikap kreatif, inovatif, dan tangguh yang dimiliki mahasiswa diharapkan mampu menjadi modal besar untuk memulai suatu bisnis. Buku ini diawali dengan pembahasan intrapreneurship serta technopreneur dan inspirasi yang bertujuan untuk memberikan suatu input masukan kepada pembaca bahwa pemuda adalah pelaku bisnis yang potensial. Dua bab awal pada buku ini juga dijelaskan mengenai kisah inspiratif yang diharapkan dapat menggugah pandangan mahasiswa tentang suatu bisnis. Selanjutnya, juga akan dijelaskan mengenai tata kelola organisasi, motivasi dalam berbisnis, kepemilikan bisnis, etika bisnis, kecerdasan berwirausaha, modal dan pengelolaan keuangan, analisis lingkungan bisnis, analisis pesaing, pemasaran dan waralaba, hingga monitoring dan evaluasi. Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memulai suatu bisnis sehingga dapat menjadi pelaku bisnis beretika, kreatif, inovatif, tangguh, dan cerdas, sehingga dapat menjadi solusi atas permasalahan dan tantangan yang ada di bangsa dan negara.

Mahasiswa merupakan agent of change yang memiliki peranan besar di dalam melakukan perubahan Bangsa dan Negara.

SUMBANGSIH ASOSIASI PSIKOLOGI INDUSTRI Pendampingan UMKM dan Kewirausahaan

Kumpulan tulisan dalam buku ini memberikan gambaran yang amat keren dan mengagumkan, mengingat betapa tangguhnya para pelaku UMKM dalam menjalani situasi sulit dan amat tidak mudah dilalui. Banyak hambatan dan tantangan, namun optimisme untuk selalu beraktivitas merupakan indikator dari dari kegigihan serta ketangguhan. Ada dua kata yang tergambar dari sebagian tulisan yang ada, yaitu perubahan dan kreativitas. Kesediaan untuk menikmati situasi perubahan merupakan sebuah bukti bahwa proses adaptasi dijalani dan niat untuk tidak pernah menyerah pada kondisi yang ada. Perubahan adalah sebuah keniscayaan dan harus dijalani dengan penuh cara penyesuaian. Kreativitas dan inovasi adalah isi dari proses penyesuaian. Hanya dengan mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru, maka penyesuaian itu menjadi bermakna. Ide baru ibarat sebagai terobosan atas keterbatasan yang ada. Cara lama tentu tidak mungkin dilakukan, cara baru mampu memberikan peluang untuk menuntun organisasi bisnis, dalam hal ini UMKM, menemukan peluang dan kesempatan untuk tetap bertahan.

Kumpulan tulisan dalam buku ini memberikan gambaran yang amat keren dan mengagumkan, mengingat betapa tangguhnya para pelaku UMKM dalam menjalani situasi sulit dan amat tidak mudah dilalui.