Sebanyak 20 item atau buku ditemukan

Manajemen Strategis

Berbicara mengenai manajemen strategi tidak lepas dari dua kata yang melingkupinya, yaitu manajemen dan strategi. Masing-masing kata tersebut mempunyai makna dan pengertiannya sendiri-sendiri. Strategi berasal dari bahasa Yunani, stratogos yang artinya; ilmu para jenderal untuk memenangkan suatu pertempuran dengan menggunakan sumber daya yang terbatas (Sihombing, 2000).

Buku Manajemen Strategis ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Akuntansi Manajemen Strategis

Strategi dibutuhkan oleh sebuah organisasi dalam mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan. Penentuan indikator kinerja yang tepat, diharapkan organisasi mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Akuntan manajemen berperan dalam ranah informasi yang bersifat keuangan maupun non-keuangan untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan strategis. Kondisi lingkungan eksternal yang terus mengalami perubahan akan memaksa organisasi untuk beradaptasi dan memanfaatkan analisis data yang tidak hanya bersifat kuantitatif tetapi juga bersifat kualitatif. Informasi yang dikumpulkan dari internal maupun eksternal akan diolah oleh akuntan manajemen melalui sebuah sistem akuntansi manajemen yang disertai dengan strategi dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif sebuah organisasi. Akuntansi manajemen strategis merupakan akuntansi manajemen yang menekankan pada informasi yang bersifat internal dan eksternal, sekaligus informasi yang bersifat non-keuangan. Akuntansi Manajemen Strategis menekankan hubungan antarindividu dalam suatu organisasi, hal ini yang membedakan dengan akuntansi manajemen tradisional. Teknik akuntansi manajemen kontemporer dibahas satu persatu, ABC, JIT, TQM, dan alat yang bermanfaat dalam ketidakpastian lingkungan, yaitu analisis profitabilitas pelanggan. Akuntansi pertanggungjawaban sosial dan pengukuran kinerja keuangan maupun nonkeuangan dengan pemberian bonus atau insentif juga diuraikan dalam buku ini. Pengukuran kinerja keuangan dan nonkeuangan, yaitu BSC dijelaskan sebelum bab terakhir, dan buku ini diakhiri dengan menguraikan konsep akuntansi manajemen strategis dalam bidang sektor publik. Secara keseluruhan Teknik akuntansi manajemen strategis yang sering dipergunakan dalam dunia bisnis telah diuraikan dalam buku ini. Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Manajemen Strategis

Pada saat ini, manajemen strategis merupakan kebutuhan setiap organisasi, baik publik maupun privat. Pada praktiknya, organisasi privat yang lebih dahulu melaksanaan manajemen strategis; karena memang organisasi privat lebih banyak dihadapkan pada ketidakpastian situasi lingkungan, diantaranya persaingan antar organisasi, perubahan teknologi dan gaya hidup masyarakat. Tetapi pada saat ini, organisasi sektor publik-pun dihadapi pada permasalahan yang hampir sama, walau dengan variabel lingkungan yang berbeda. Perubahan teknologi informasi dan gaya hidup masyarakat serta aspek ikutan lainnya, memaksa organisasi sektor publik melakukan penyesuaian-penyesuaian internal. Tujuannya adalah agar masyarakat terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan; karena memang tujuan utama dari organisasi sektor publik adalah meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah.

Pada saat ini, manajemen strategis merupakan kebutuhan setiap organisasi, baik publik maupun privat.

Manajemen Strategis

Dalam buku ini menyajikan 12 bab dengan cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja dan proses manajemen strategik, daya saing dalam industri, sumber daya perusahaan dalam keunggulan bersaing, analisis SWOT dan perumusan strategi perusahaan. Buku ini terdiri atas dua belas bab, dengan cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja dan proses manajemen strategik, daya saing dalam industri, sumber daya perusahaan dalam keunggulan bersaing, analisis SWOT dan perumusan strategi perusahaan, strategi perusahaan, strategi fungsional perusahaan, strategi pilihan, evaluasi dan pengendalian strategi, serta studi kasus manajemen strategi pada beberapa perusahaan mulai dari jasa, ritel, asuransi, jasa perbankan dan manufaktur. Dipahami bahwa manajemen strategik diperlukan untuk menghadapi daya saing strategis, dalam hal ini bagaimana perusahaan berusaha mencapai daya saing strategis dan keuntungan di atas rata-rata. Diketahui bahwa proses manajemen strategis merupakan serangkaian komitmen, keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan keuntungan di atas rata-rata. Manajemen strategi tidak selalu membutuhkan proses formal untuk menjadi efektif. Praktik-praktik perencanaan dari organisasi-organisasi nyata menunjukkan bahwa nilai riil suatu perencanaan strategis harus lebih mengarah ke orientasi pada masa depan dari proses perencanaan itu sendiri dibandingkan hasil perencanaan strategis tertulis.

Diketahui bahwa proses manajemen strategis merupakan serangkaian komitmen, keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan keuntungan di atas rata-rata.

Perumusan Strategi Perusahaan Interaksi Hukum dengan Manajemen Strategis dalam Industri Pertahanan Indonesia

Ada beberapa rencana strategi yang harus diimplementasikan. Adalah sangat dimungkinkan pada tahap implementasi strategi ini, tidak semua strategi yang sudah direncanakan dapat secara langsung diterapkan. Tahapan implementasi strategi ini adalah tahapan dimana perusahaan mengoperasionalkan strategi yang sudah direncanakan menjadi program dan strategi fungsional. Dengan demikian pada langkah berikutnya dilakukan sintesa dari usulan strategi yang dimaksud menjadi strategi-strategi fungsional yang siap untuk dioperasionalisasikan.

Dengan lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan yang ditetapkan pada tanggal 5 Oktober 2012, telah memberikan suatu kepastian status dan fungsi kepada industri nasional dalam negeri yang ...

Manajemen Strategis Praktis

Manajemen Strategis

Controllership : Manajemen Strategis, Pengendalian Internal,

Perusahaan hanya akan mencapai keberhasilan yang maksimal dengan cara menemukan dan mempertahankan strategi jangka panjangnya. Agar strategi yang dirumuskan sesuai dengan tujuan dan arah bisnis perusahaan, kontroler wajib memberikan informasi tentang peluang yang ada di pasar melalui pemanfaatan sumber daya maupun pemanfaatan atas faktor kunci keberhasilan yang dimiliki perusahaan. Pengetahuan atas data keuangan dan aspek lainnya yang mempengaruhi bisnis, termasuk pemahaman tentang performa perusahaan, memungkinkan kontroler merumuskan strategi bisnis secara lebih adaptif dan konstruktif, serta memberikan masukan yang berharga bagi peningkatan business value perusahaan. Di semua jenis industri dan fungsi, para pemimpin semakin menyadari bahwa data berperan penting dalam meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Data dianggap sebagai sumber daya yang bernilai tinggi, oleh karena itu diperlukan pemahaman kontroler atas segala aspek untuk mentransformasi sebagian besar data (yang pada umumnya masih tidak terstruktur) menjadi data yang efektif bagi pengambilan keputusan bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Perusahaan hanya akan mencapai keberhasilan yang maksimal dengan cara menemukan dan mempertahankan strategi jangka panjangnya.