Sebanyak 2421 item atau buku ditemukan

Konsep Dasar Algoritma Dan Pemrograman Dengan Bahasa Java

Buku Konsep Dasar Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Java adalah buku ajar yang dipergunakan untuk mempelajari dasar pemrograman. Selain itu buku ini juga mengenalkan logika algoritma mempergunakan pseudocode dan flowchart. Selanjutnya dijelaskan juga berbagai macam tipe data, konsep percabangan, perulangan, array, class, method, object.

Buku Konsep Dasar Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Java adalah buku ajar yang dipergunakan untuk mempelajari dasar pemrograman.

Bahasa Pemrograman JAVA: Dari A Sampai Z

Buku ini dirancang menjadi tiga belas bab, yang masing-masing bab bisa dijadikan in-depth tutorial sebagai berikut: Bab 1: Menyajikan dan menjelaskan secara singkat struktur isi dari buku. Bab 2: Pada bab ini, Anda akan mempelajari entitas-entitas non-objek dalam Java---nilai dan karakter. Semuanya adalah elemen-elemen bahasa yang diperlukan untuk melakukan perhitungan numeris. Bab 3: Pada bab ini, Anda akan belajar bagaimana membuat keputusan dan pilihan dalam program-program Java. Anda juga akan belajar bagaimana membuat program Anda mengulangi sejumlah aksi tertentu sampai kondisi spesifik terpenuhi. Bab 4: Pada bab ini, Anda akan mulai mempelari bagaimana menggunakan objek-objek Java. Anda lebih dahulu akan belajar array, yang dapat dipakai untuk menangani sejumlah variabel bertipe sama melalui satu nama variabel, dan kemudian Anda akan mempelajari bagaimana menangani string karakter. Bab 5: Pada bab ini, Anda akan mempelajari segala aspek mengenai kelas. Kelas merupakan inti dari pemrograman Java. Kelas merupakan konstruksi logis dan menjadi pondasi dimana bahasa Java dibangun. Bab 6: Fitur pewarisan akan dikupas pada bab ini. Pewarisan merupakan salah satu ujung-tombak pemrograman berorientasi-objek karena mekanisme ini dapat dipakai untuk menciptakan klasifikasi-klasifikasi hierarkis. Dengan menggunakan pewarisan, Anda dapat menciptakan sebuah kelas umum yang mendefinisikan watak bersama dari sejumlah entitas yang berelasi. Bab 7: Bab ini akan menyajikan dua fitur paling inovatif dalam Java: paket dan antarmuka. Paket merupakan pemuat untuk kelas-kelas. Paket dipakai untuk melokalisasi ruang nama kelas. Bab 8: Bab ini akan menyajikan mekanisme penanganan-eksepsi Java. Eksepsi adalah sebuah kondisi abnormal yang terjadi ketika program dijalankan. Di sini, semua teknik penanganan eksepsi akan dibahas tuntas. Bab 9: Bab ini akan membahas bagaimana Java menyediakan dukungan pustaka untuk pemrograman multithread. Program multithread memuat dua atau lebih bagian program yang berjalan bersamaan. Bab 10: Bab ini akan mendiskusikan dua fitur yang relatif baru pada bahasa Java: enumerasi dan autoboxing. Setiap fitur ini memperluas kekuatan Java seperti yang akan dijelaskan pada bab ini. Bab 11: Bab ini akan mengintroduksi salah satu paket penting dalam Java: io. Paket io mendukung sistem masukan/keluaran (I/O, Input/Output), termasuk I/O file. Bab ini akan mendiskusikan pondasi dari sistem ini sehingga Anda dapat melihat bagaimana ia diintegrasikan ke dalam bahasa Java dan bagaimana ia diterapkan pada konteks lebih besar dari pemrograman Java. Bab ini juga akan mendiskusikan statemen try lebih jauh lagi dan beberapa katakunci Java lain: transient, volatile, dan instanceof. Bab 12: Bab ini akan mengupas teknik-teknik pemrograman generik. Melalui penggunaan generik, Anda dimungkinkan untuk menciptakan kelas, antarmuka, dan metode yang dapat bekerja dengan cara bebas-tipe data dengan berbagai jenis data. Bab 13: Bab ini mendiskusikan bagaimana ekspresi lambda (dan semua fitur terkait) secara signifikan memperkuat pemrograman Java karena dua alasan utama. Pertama, adanya elemen-elemen sintaksis baru yang meningkatkan kekuatan bahasa Java. Kedua, penambahan ekspresi lambda mengakibatkan terciptanya kapabilitas-kapabilitas baru pada pustaka API. Di antaranya adalah kemampuan untuk menangani pemrosesan parallel, khususnya yang berkaitan dengan operasi-operasi gaya for-each, dan API aliran baru, yang mendukung operasi-operasi pipeline pada data. Dengan adanya ekspresi lambda, hal ini menjadi katalis untuk fitur-fitur Java lainnya, termasuk metode default, yang dapat Anda pakai untuk mendefinisikan watak default bagi metode antarmuka, dan metode referensi.

Buku ini dirancang menjadi tiga belas bab, yang masing-masing bab bisa dijadikan in-depth tutorial sebagai berikut: Bab 1: Menyajikan dan menjelaskan secara singkat struktur isi dari buku.

TUTORIAL Bahasa C++ Untuk Programmer

Buku ini disajikan dengan pendekatan progresif atas dasar-dasar teknik pemrograman Buku ini sungguh – sungguh mengajarkan pendekatan berorientasi objek. Semua pemrosesan selalu dibahas dalam peristilahan berorientasi objek. Pembaca akan belajar bagaimana menggunakan objek-objek sebelum menulis dan menciptakannya. Buku ini menggunakan pendekatan progresi alamiah yang membuahkan kemampuan dalam merancang solusi-solusi berorientasi objek. Pembaca seharusnya tidak diajari bagaimana memprogram; pembaca sebaiknya diajari bagaimana menuliskan program yang benar. Buku teks ini mengintegrasikan latihan-latihan yang berperan sebagai fondasi dan keterampilan pemrograman yang baik. Pembaca akan belajar bagaimana menyelesaikan permasalahan dan bagaimana mengimplementasikan solusinya. Pembaca akan belajar dari contoh. Buku teks ini diisi dengan contoh-contoh yang dimplementasikan secara utuh untuk mendemontrasikan konsep-konsep pemrograman yang baik. Pembaca ditantang untuk menyelesaikan soal-soal yang disediakan secara khusus pada akhir dari tiap bab. Berikut topik-topik bahasan yang disajikan pada buku teks ini: Array, Pointer, Kelas dan Objek, Pembebanan Operator, Pewarisan, Fungsi Virtual dan Polimorfisme, Template, String C++, Penanganan Eksepsi, Aliran I/O dan bekerja dengan file, Namespace dan Direktif Praprosesor, STL (Standart Tamplate Library), Container Asosiatif : Set, Multiset. Map dan Multimap, Bit Set, dan Algoritma

Buku ini disajikan dengan pendekatan progresif atas dasar-dasar teknik pemrograman Buku ini sungguh – sungguh mengajarkan pendekatan berorientasi objek.

Teori dan Aplikasi Algoritma Pemrograman dengan Bahasa C dan C++

Komputer sebagai sebuah mesin yang serba bisa atau istilahnya pintar/cerdas adalah pendapat yang keliru, komputer suatu alat yang diberi perintah-perintah oleh manusia sehingga dapat menyelesaikan problem secara cepat, akurat, berulang-ulang. Program adalah instruksi-instruksi dalam penyelesaian suatu masalah. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh komputer dalam menulis program, yamg mana algoritma dipahami sesuai aturan-aturan di dalam pemrograman. Algoritma pemrograman adalah langkah-langkah yang berurutan dan sistematis dalam menyelesaikan sebuah problema. Algoritma terdiri dari dua kata yaitu algoris dan ritmis yang bila diartikan secara keseluruhan menjadi pemrograman algoritma yang artinya metode khusus yang tepat, terdiri dari serangkaian langkah-langkah yang ditulis secara terstruktur dan sistematis dalam menyelesaikan suatu problem dengan bantuan dari suatu alat yang dinamakan komputer. Algoritma yang baik mempunyai input, output, finiteness, defiteness, dan efectiviness.

Komputer sebagai sebuah mesin yang serba bisa atau istilahnya pintar/cerdas adalah pendapat yang keliru, komputer suatu alat yang diberi perintah-perintah oleh manusia sehingga dapat menyelesaikan problem secara cepat, akurat, berulang ...

Pemrograman Bahasa Assembly Konsep Dasar Dan Implementasi

Prosedur merupakan suatu bentuk pemrograman terstruktur yang umum dijumpai dalam pemrograman bahasa level tinggi. Bahasa mesin juga memiliki suatu bentuk prosedur yang masih dalam bentuk yang sederhana. NamaP merupakan nama dari prosedurnya. Nama dari sebuah prosedur sebaiknya mewakili apa yang dilaksanakan oleh prosedurnya tersebut.

Prosedur merupakan suatu bentuk pemrograman terstruktur yang umum dijumpai dalam pemrograman bahasa level tinggi.

Konsep Algoritma dan Pemrograman : Mengenal Konsep Dasar dan Praktis dalam Bahasa Pascal dan C

1. PENGENALAN KOMPUTER DAN BAHASA PEMROGRAMAN Yeyi Gusla Nengsih, S.Kom., M.Kom 2. VARIABEL, TIPE DATA DAN OPERATOR Jamaludin, M.Kom., CBPA 3. PEMROGRAMAN DAN IMPLEMENTASI STRUKTUR PROSES BERURUT (SEQUENCE) Nani Krisnawaty Tachjar, S.Kom., M.T. 4. STRUKTUR KENDALI IF DAN CASE (SELECTION) Bella Hardiyana, S.Kom., M.Kom 5. PERULANGAN Yulizar Widiatama, M.Eng 6. LARIK (ARRAY) Mohammad Ridwan, S.Kom., M.Kom; Sitti Aisa, S.Kom., M.T Nurul Aini, S.Kom., M.T; 7. RECORD (STRUCT) Sitti Aisa, S.Kom., M.T 8. PROSEDUR DAN FUNGSI Nurul Aini, S.Kom., M.T 9. ALGORITMA PENGURUTAN (SORTING) Sukisno, S.Kom., M.Kom 10. ALGORITMA PENCARIAN (SEARCHING) Nurlindasari Tamsir, S.Kom.,M.T 11. REKURSIF DAN IMPLEMENTASI Taufik Hidayat, S.Kom., M.Kom Editor: Seliwati, S.Kom., M.Kom

, M.Kom 5. PERULANGAN Yulizar Widiatama, M.Eng 6. LARIK (ARRAY) Mohammad Ridwan, S.Kom., M.Kom; Sitti Aisa, S.Kom., M.T Nurul Aini, S.Kom., M.T; 7. RECORD (STRUCT) Sitti Aisa, S.Kom., M.T 8. PROSEDUR DAN FUNGSI Nurul Aini, S.Kom., M.T 9.

Bahasa Pemrograman Java Tingkat Dasar

Materi pembahasan pada buku ini dimulai dengan pengertian mengenai pemrograman Java, sejarah bahasa pemrograman, java environment, Statement, object oriented programming sampai dengan exeption handling. Materi-materi tersebut merupakan materi yang diajarkan kepada mahasisw pada perguruan tinggi penulis mengajar. Akhir kata, sebagai penulis, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pada saat penyusunan buku ini, spesial untuk SHATOMEDIA yang telah memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan dan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap khususnya PRODI Teknik Informatika sebagai penyemangat penyusunan buku ini. Semoga buku ini memberikan pengetahuan bagi pembacanya dan menjadi amal jariyah bagi penulis dan keluarga. Masih banyak kelemahan dan kekurangan didalam buku ini, penulis menghaturkan mohon maaf sebesar-besarnya.

Bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri dinamakan dengan Bahasa Pemrograman. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang ada.

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman C++

Buku ini berisi tentang dasar-dasar pemrograman untuk menyelesaikan masalah matematika sederhana dengan menggunakan perangkat lunak Dev C++. Buku ini cocok bagi pemula yang akan belajar pemrograman karena buku ini dilengkapi alur logika dari penyelesaian masalah yang diberikan. Buku ini terdiri dari 7 bab yaitu: Bab 1. Pada bab ini dibahas tentang dasar-dasar pembuatan program, kriteria program yang balk, dasar-dasar pembuatan algoritma, flowchort, dan pseudocode. Bab 2. Bab ini berisi tentang dasar-dasar Dev C++. Pada bab ini akan dijelaskan tentang sejarah bahasa pemrograman C++,cara melakukan instalasi perangkat lunak Dev C++, elemen dasar C++, dan dasar-dasar perintah C++. Bab 3. Pada bab ini dibahas tentang pengertian array, penggunaan array untuk pengolahan data sederhana, operasi dasar vektor, dan operasi himpunan. Bab 4. Pada bab ini dibahas tentang array dua dimensi dan penerapan array dua dimensi untuk operasi dasar matriks seperti penjumlahan, tranpos, dan perkalian. Pada bab ini juga akan dibahas penerapan array untuk menyelesaikan invers dan determinan matriks. Bab 5. Pada bab ini akan dibahas operasi string dan fungsi string yang disediakan oleh bahasa pemrograman C++. Bab 6. Pada bab ini membahas tentang bagaimana mendeklarasikan fungsi dan fungsi tanpa nilai balik, fungsi dengan nilai balik, fungsi rekursif, variabel lokal, variabel global dan fungsi overloading. Bab 7. Pada bab ini dibahas struct dan pemanfaatannya.

Buku ini berisi tentang dasar-dasar pemrograman untuk menyelesaikan masalah matematika sederhana dengan menggunakan perangkat lunak Dev C++.

Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C

Buku ini ditulis berdasarkan keinginan penulis yang mengampu mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Tujuan disusunnya buku ini yaitu untuk memudahkan mahasiswa belajar algoritma dan pemrograman. Tersusunnya buku ini tentu bukan dari usaha penulis saja. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Institut Teknologi Telkom Surabaya, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, serta Program Studi Teknologi Informasi. Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Konsep Algoritme dan Aplikasinya dalam Bahasa Pemrograman C++

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015). Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) algoritme adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. KBBI juga menyatakan bahwa algoritme adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Algoritme juga dapat dinyatakan sebagai suatu urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Program komputer dibuat sebagai alat bantu yang dapat membantu menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Dalam membuat sebuah program perlu memperhatikan tiga tahapan pokok sebagai berikut. 1. Memahami permasalahan apa yang akan dibuatkan solusi dalam bentuk program dan menentukan tujuan dari program itu dibuat. Pada tahap ini jenis, bentuk, dan karakteristik dari input serta output yang diharapkan harus dapat diidentifikasi. Untuk permasalahan yang lebih besar, diperlukan juga secara pasti asal, frekuensi, dan volume data input serta tujuan, frekuensi, dan volume output data yang diharapkan. 2. Menyusun konsep/rancangan/desain penyelesaian masalah dari masalah yang diangkat. Berdasarkan pemahaman terhadap permasalahan tersebut, dihasilkan rancangan sebuah alur proses untuk mengolah data input untuk dapat menghasilkan data output yang sesuai dengan jenis, bentuk, dan karakteristik yang diharapkan. 3. Mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam bentuk program terstruktur. Program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman apa pun. Algoritme pemrograman adalah suatu urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Penyajian algoritme dapat dilakukan dalam dua jenis, jenis pertama adalah penyajian algoritme dalam bentuk tulisan (pseudocode) dan jenis yang kedua adalah dengan penyajian algoritme dalam bentuk gambar (flowchart). Dalam menulis program dengan menggunakan suatu bahasa komputer, ada kemungkinan terjadi kesalahan baik itu pada sintaksis, semantik atau kebenaran logika. Kesalahan sintaksis akan langsung terlihat karena komputer akan langsung menampilkan pesan kesalahan. Sedangkan untuk kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurangpahaman terhadap setiap pernyataan yang dituliskan pada program, sehingga walaupun program bisa berjalan tetapi tidak seperti yang dikehendaki. Untuk kesalahan dalam pengimplementasian masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika. Adapun contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Pascal dan C.

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015).