Sebanyak 978 item atau buku ditemukan

KONSEP DASAR SISTEM INFROMASI MANAJEMEN

SIM (Sistem Informasi Manajemen) menyediakan informasi dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika. Laporan dan output model dapat disediakan dalam bentuk tabel atau grafik. Pengaruh perilaku selalu penting bagi kinerja sistem informasi, tetapi terutama penting bagi sistem informasi organisasi seperti SIM. Para manajer dan spesialis informasi dapat membuat program yang dirancang untuk mengubah dampak negatif dari pengaruh perilaku menjadi hasil yang positif. SIM mencerminkan suatu sikap para eksekutif yang menginginkan agar komputer tersedia untuk semua pemecah masalah perusahaan. Ketika SIM berada pada tempatnya dan berfungsi seperti yang diinginkan, SIM dapat membantu manajer dan pemakai lain di dalam dan di luar perusahaan mengidentifikasi dan memahami masalah.

SIM (Sistem Informasi Manajemen) menyediakan informasi dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.

PARADIGMA BARU : PENYUSUNAN RENCANA KERJA KOPERASI DENGAN TEKNIK "BALANCED SCORECARD"

Ratusan bahkan ribuan koperasi, memiliki rencana kerja jauh dari cukup. Himpunan laporan RA (T) dari banyak kabuaten dan provinsi, antara lan : Jateng, Jabar, Sumbar, Kasel, Lampung, Sulawesi Selatan Manado, dari tahun ke tahun sampai tahun 2020 memiliki rencana kerja sama dan tidak memenuh syarat sebagai rencana kerja yang baik. Rencana kerja yang sekarang ada telah digunakan sejak tahun 1975an. Pengurus sekarang meneruskan turun temurun. Padahal sekarang ini banyak teknologi baru, diantaranya teknik Balanced Scorecard (BSc). Semuanya harus berubah, terutama menyusun rencana kerja, digunakan sebagai pedoman pengelolaan koperasi.

Bagaimana rata-rata praktek manajemen koperasi di Indonesia ?. Mengapa harus disebutkan rata-rata ?. Karena sebagian besar koperasi di Indonesia masih skala usaha mikro (lihat Ilustrasi 8). Skala usaha mikro, relatif kemampuan sumber ...

MEDIA PEMBELAJARAN POP UP

(Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)

Alat peraga merupakan bagian dari media belajar, dimana media belajar sendiri merupakan semua benda yang menjadi perantara terjadinya proses pembelajaran, baik yang berwujud perangkat lunak maupun perangkat keras.

Alat peraga merupakan bagian dari media belajar, dimana media belajar sendiri merupakan semua benda yang menjadi perantara terjadinya proses pembelajaran, baik yang berwujud perangkat lunak maupun perangkat keras.

Etika Bisnis di Era Teknologi Digital

Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders. Selain membahas teori etika dan corporate governance secara umum, buku ini juga membahas corporate governance dan corporate social responsibility di era teknologi digital. Selain itu, buku ini juga membahas sharing economy, cyber ethics, dan cybercrime. Salah satu kelebihan buku ini adalah adanya aplikasi berbasis Augemented dan Virtual Reality (AR & VR) sebagai bahan pembelajaran yang merupakan hasil riset penulis. Aplikasi AR & VR ini untuk merespon perubahan gaya belajar mahasiswa dari verbal, visual ke virtual. Aplikasi AR & VRakan memberikan pengalaman virtual pada praktik bisnis. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kasus etika bisnis yang terjadi di Indonesia. Selanjutnya, buku ini juga mendasarkan pada berbagai hasil penelitian yang sudah dipublikasi di jurnal internasional terindeks di database bereputasi tinggi di bidang etika (misal Journal of Business Ethics) dan di bidang pendidikan berbasis komputer (misal Education and Information Technologies). Dengan demikian, selain untuk pembelajaran di kelas, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi penelitian. Meski demikian, buku ini disajikan dengan "pendekatan populer" dan banyak dibantu gambar untuk memudahkan pemahaman pembaca, terutama generasi milenial.

Sejak kemunculan media sosial dan diadopsi secara umum oleh perusahaan, skenarionya telah berubah. Perusahaan sekarang menyerahkan kendali tertentu atas merek dan reputasi perusahaan kepada pemangku kepentingan melalui interaksi di ...

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Budaya Nirkekerasan di Perguruan Tinggi Umum

Pendidikan agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum masih menjadi sesuatu yang krusial untuk dikaji hingga saat ini. Hal ini dikarenakan keberadaan PAI di perguruan tinggi umum menjadi salah satu matakuliah yang tidak sekedar meningkatkan pengetahuan keislaman, melainkan juga untuk menumbuhkembangkan, memelihara serta meningkatkan penghayatan terhadap ajaran Islam. Termasuk salah satunya adalah dalam rangka mengembangkan akhlak dan perilaku mahasiswa, yakni sikap lebih toleran. Konsekuensinya, PAI di perguruan tinggi diharapkan mampu mengimplementasikan pendidikan yang berwawasan budaya nirkekerasan yang implikasinya diharapkan dapat mengembangkan sikap toleran di kalangan mahasiswa. Budaya nirkekerasan atau sering disebut dengan budaya bina damai ini bisa dijadikan sebagai basis dalam proses pendidikan di perguruan tinggi umum, termasuk dalam hal ini adalah dalam konteks pendidikan agama Islam.

ADA dilema besar yang dihadapi umat Islam saat ini yakni di satu sisi, Islam mengajarkan mereka untuk melawan ketidakadilan. sedangkan, di sisi lain, Islam juga mengatur tata tindakan mana yang diperbolehkan dalam melakukan perlawanan.1 ...

Manajemen Industri Kreatif

Teori dan Aplikasi

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif. Ketika kompetisi ekonomi global kian terbuka lebar agaknya yang menjadi kekuatan andalan Indonesia adalah sektor industri kreatif. Sektor industri kreatif menjadi penyangga ekonomi nasional. Di saat kondisi perekonomian di sektor industri dan perdagangan mengalami kelesuan akibat kompetisi global, sektor ekonomi dan industri kreatif nampaknya menjadi alternatif ekonomi yang bertahan. Yang menarik pada buku ini adalah perhatian dan kepedulian Penulis kepada industri kreatif. Meski di tulis dengan kemasan buku ajar, namun saya mendapat beberapa catatan yang ingin saya ketengahkan pada pengantar dalam buku ini: Pertama, buku ini buku akademik yang di tulis oleh dosen kewirausahaan sekaligus merupakan seorang pelaku industri kreatif yang sedang studi di program doktor ilmu manajemen di Universitas Airlangga yang memiliki banyak pengalaman empirik. Kedua kegigihan penulis untuk menggerakkan sektor industri kreatif, khususnya di kalangan akademisi kampus dengan mencoba membangun konsep mengintegrasikan teori dengan aplikasinya di lapangan. Tentu tidak hanya mengalir, buku ini juga mampu menguraikan secara jelas dan gamblang konsep dasar manajemen industri kreatif dan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan manajerial. Topi yang dibahas di dalam babnya cukup variatif. Mulai dari definitif hingga implementatif. Buku yang ditulis dalam delapan (8) Bab ini tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa Sarjana (S1) Program Studi Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi juga bermanfaat bagi pengajar di bidang Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai panduan dalam menjalankan aktivitas proses belajar mengajar di kelas perkuliahan serta para pelaku usaha di sektor industri kreatif. Semoga dengan hadirnya buku ini bisa menjadi salah satu jendela ilmu pengetahuan akan memperluas wawasan sekaligus menggiatkan dialog keilmuan khususnya di bidang Manajemen Industri Kreatif. Selamat membaca. Gresik 23 September 2020 Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik

01 A. Definisi Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif ..............02 B. Peluang dan Tantangan Industri Kreatif ..........................05 C. Pembaruan Sumberdaya Industri Ekonomi Kreatif...06 D. Model Pengembangan Industri Kreatif ...

Manajemen Talenta Terintegrasi

Buku ini menyajikan tentang pengelolaan talenta secara terintegrasi yang menggambarkan keterkaitan antarproses serta bagaimana mengoptimalkan pelaksanaan di setiap prosesnya. Materi disajikan secara sistematis untuk mempermudah memahami input dan ouput dari masing-masing proses. Selain itu juga terdapat studi kasus untuk menambah pemahaman pembaca dalam menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan talenta secara formal di dunia nyata. Pembahasan mencakup pengelolaan talenta yang dapat diterapkan secara umum untuk setiap organisasi yang berada di industri yang berbeda.

Buku ini menyajikan tentang pengelolaan talenta secara terintegrasi yang menggambarkan keterkaitan antarproses serta bagaimana mengoptimalkan pelaksanaan di setiap prosesnya.

Manajemen Komplain - pada Industri Jasa Pelayanan Makanan-Minuman

Restoran dengan berbagai macam tipe, nama, penampilan, dekorasi, menu, dan gaya pelayanannya merupakan salah satu bentuk industri jasa pelayanan makan-minum yang tersebar luas di muka bumi ini. Perlu disadari sekalipun para pengusaha, pimpinan dengan seluruh stafnya yang bergerak dan berkecimpung dalam dunia industri jasa pelayanan makan-minum telah berusaha untuk menampilkan segalanya yang terbaik sesuai dengan kemampuan masing-masing, tetapi tidak tertutup kemungkinan komplain atau keluhan pelanggan dapat muncul juga. Apabila komplain tidak ditangani secara profesional, cepat, dan tepat, dapat berakibat fatal bagi kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, penulis merasa terpanggil untuk menulis buku yang berjudul Manajemen Komplain, pada Industri Jasa Pelayanan Makanan-Minuman ini.

Puji syukur senanasa kami panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat, taufik, hidayah, dan berkah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul Management Complaint pada Industri Jasa Pelayanan Makanan-Minuman.

BAHAN AJAR Teori Belajar dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia

Buku "Teori Belajar dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia" ini berisikan tentang Teori-teori Belajar Bahasa, Pendekatan-pendekatan Pengajaran Bahasa, Strategi dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Pengajaran Bahasa, Metode Audiolingual, Metode Komunikatif, Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif, Metode Pembelajaran Langsung, Metode Partisipatori, Metode Membaca dan Tematik, Metode Kuantum dan Diskusi, Metode Kerja Kelompok dan Alamiah, Kemampuan Berbahasa, Bahasa dan Komunikasi, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teori Belajar Menurut Aliran Humanisme, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi dan Teknik Pembelajaran Bahasa ndonesia.

Buku "Teori Belajar dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia" ini berisikan tentang Teori-teori Belajar Bahasa, Pendekatan-pendekatan Pengajaran Bahasa, Strategi dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Pengajaran Bahasa, Metode ...

Dasar-Dasar Metodologi Penelitian

Buku ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mendesak akan referensi metodologi penelitian, khususnya bagi para peneliti pemula. Didukung dengan pengalaman luas diri penulis dalam meneliti, mengajarkan ilmu penelitian, dan menyampaikan gagasan dalam presentasi serta publikasi maka pengetahuan yang relatif sulit dikuasai karena erat kaitannya dengan penalaran ini menjelma menjadi bahan bacaan yang mudah diikuti dan inspiratif.

Buku ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mendesak akan referensi metodologi penelitian, khususnya bagi para peneliti pemula.