Sebanyak 10138 item atau buku ditemukan

Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal

Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata Kuliah Manajemen Inovasi. Dalam buku ini dituangkan bagaimana inovasi mahasiswa mengenai media pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal sehingga peserta didik, dalam hal ini siswa di jenjang sekolah dasar, agar mereka tetap dapat mengenal budaya sambil belajar.

Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata ...

Media Pembelajaran Matematika

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran sendiri terbagi menjadi 2 yaitu manipulatif dan ICT. Manipulatif adalah media yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dipindah, dan dipotong-potong atau bisa dikatakan bahwa manipulatif adalah media yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Media pembelajaran manipulatif bisa dikatakan sebagai media tradisional.

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika.

PERAN, FUNGSI, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Buku ini membahas permasalahan terkait; peran dan fungsi multimedia pembelajaran interaktif, strategi pemanfaatan media pembelajaran, kontribusi TIK untuk pendidikan, optimalisasi pembelajar berbasis media pembelajaran TIK, pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran, optimalisasi media pembelajaran melalui model kooperatif sebagai upaya peningkatan belajar dan prestasi siswa, dan strategi pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Buku ini membahas permasalahan terkait; peran dan fungsi multimedia pembelajaran interaktif, strategi pemanfaatan media pembelajaran, kontribusi TIK untuk pendidikan, optimalisasi pembelajar berbasis media pembelajaran TIK, pemanfaatan ICT ...

RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN

Buku berjudul “Ragam Media Pembelajaran” berisi konsep dan aplikasi dalam pemberian ganjaran dan hukuman pada semua elemen. Kajian dalam buku ini terbatas pada perbincangan masalah penerapan media pembelajaran yang sering digunakan oleh manusia dalam melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan lingkungannya. Tujuannya untuk memberikan motivasi individu atau kelompok dalam melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Sebagai sebuah karya, tentu saja buku ini tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan. Karenanya kritik konstruktif dan saran dari kalangan pembaca senantiasa diharapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.

Buku berjudul “Ragam Media Pembelajaran” berisi konsep dan aplikasi dalam pemberian ganjaran dan hukuman pada semua elemen.

MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Alat peraga atau media adalah sarana untuk menampilkan dan menyampaikan pesan pembelajaran, sumber belajar atau komponen sistem pembelajaran yang terdiri dari P-O-B-A-TE-L, alat bantu ajar (Teaching Aids), self instructional media. Penggunaan alat peraga ini bertujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam materi pembelajaran. Alat peraga yang dipakai dalam proses belajar-mengajar dalam garis besarnya memiliki manfaat menambahkan kegiatan belajar para siswa, menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar, sebab dapat membangkitkan minat perhatian dan aktivitas para siswa. Media video dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan–tujuan belajar.

Alat peraga atau media adalah sarana untuk menampilkan dan menyampaikan pesan pembelajaran, sumber belajar atau komponen sistem pembelajaran yang terdiri dari P-O-B-A-TE-L, alat bantu ajar (Teaching Aids), self instructional media.

MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran

KONTRIBUTOR: Septy Nurfadhillah, M.Pd Aprilia Setyorini Winda Yuniar Yulianti Dewi Putri Salsabilla Sulistiyani Bunga Cempaka Faradita Ristavania Serly Anggraeni Tasya Farlidya Siti Ajzahro Farah Putri Rahmanda Syifa Nabilah Aprilia Tri Utari Cantika Rofiqoh Azhar Dewi Nur Aini Shanti Kusminarti Iwit Januri Armianti Putri Fauziah Willy Kurniawan Robiatul Adawiyah Reni Setiani Zulfah Hilmiyah Putri Salsabila Luthfiah Nur Fadilla Fiqih Apriansyah Tio Saputra Sihury Wellya Pamungkas Salma Ramadhanty Melanis Raihan Fadhlurrahman Jamirulla

KONTRIBUTOR: Septy Nurfadhillah, M.Pd Aprilia Setyorini Winda Yuniar Yulianti Dewi Putri Salsabilla Sulistiyani Bunga Cempaka Faradita Ristavania Serly Anggraeni Tasya Farlidya Siti Ajzahro Farah Putri Rahmanda Syifa Nabilah Aprilia Tri ...

Media Pembelajaran SD

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Sehingga dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran memiliki peran yang penting yaitu sebagai alat bantu mengajar yang akan mendukung keefektifan proses penyampaian pesan dan isi dari pengetahuan yang disampaikan. Beragamnya jenis media pembelajaran mengharuskan seorang tenaga pendidik mampu mengenali dan memanfaatkan dengan baik media apa saja yang dipilih dan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tenaga pendidik juga harus mengenali karakter peserta didik dan pengetahuan yang disampaikan, sehingga pemilihan jenis media pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan. Oleh karena itu, dalam buku “Media Pembelajaran SD” ini memaparkan dengan baik kepada tenaga pendidik untuk memahami dan menggunakan media pendidikan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan diminati oleh peserta didik khususnya siswa Sekolah Dasar.

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik.

Penelitian potensi obyek dan daya tarik wisata budaya Jawa Barat

Tourism; tourist areas; cultural tourism; Jawa Barat; Indonesia; research reports.

Tourism; tourist areas; cultural tourism; Jawa Barat; Indonesia; research reports.

POTENSI WISATA ALAM DALAM KAWASAN HUTAN, PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN

Studi Kasus di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan

Tulisan ini bertujuan untuk untuk mengetahui potensi objek wisata alam dalam kawasan hutan, pemanfaatan dan prospek pengembangannya di Kabupaten Maros. Hasil kajian dan suvei menunjukkan terdapat beberapa potensi objek wisata alam yang terdapat pada kawasan hutan di Kabupaten Maros yaitu : 1) wisata alam air terjun (air terjun bantimurung, lacolla, saliu, jami, dan air terjun pumbunga), 2) wisata alam karst (ramang-ramang dan leang-leang), 3) wisata alam gua (gua salukang kallang dan gua pattunuang), 4) Camping ground (Desa Bonto Somba dan Bukit teletubbies), 5) Tracking dan Hiking (Kecamatan Tompobulu dan Kecamatan Cenrana), 6) Panorama alam dan spot selfie (bulu saukang, bulu tombolo dan bulu monrolo). Pemanfaatan potensi wisata terbagi dua yaitu yang sudah dimanfaatkan sebagai destinasi kunjungan wisata dan wilayah yang memiliki potensi tetapi belum dimanfaatkan. Pengembangan potensi wisata dalam kawasan hutan dengan menggunakan analisis SWOT antara lain : (a) Menjaga kawasan hutan dengan pelibatan masyarakat, (b) Mengembangkan obyek wisata lainnya sebagai penunjang seperti tracking, hiking dan wisata lain berbasis alam, (c) Membangun infrastuktur dan fasilitas wisata, (d) Membuat paket wisata berbasis alam yang meliputi Cenrana - Bantimurung – Ramang-ramang - Tompobulu, (e) Melibatkan masyarakat sekitar secara aktif dalam pengelolaan ekowisata, dan (f) Melakukan promosi secara intensif di berbagai media cetak dan elektronik. Pengembangan wisata juga telah didukung dengan kebijakan baik dari Pemerintah Kabupaten Maros maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan serta didukung adanya fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Tulisan ini bertujuan untuk untuk mengetahui potensi objek wisata alam dalam kawasan hutan, pemanfaatan dan prospek pengembangannya di Kabupaten Maros.