Sebanyak 7181 item atau buku ditemukan

Pengantar Bisnis: Etika, Hukum & Bisnis Internasional

Dalam Kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan kata Bisnis. Secara Etimologi, Bisnis adalah keadaan di mana Individu atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang dapat menghasilkan laba atau keuntungan. Buku ini berisi 8 (delapan) Bab yang menguraikan materi-materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan dan ilmu yang berkenaan dengan berbagai aspek dalam bisnis. Buku ini membahas: 1. Bisnis dan Ilmu Ekonomi Perusahaan 2. Bentuk-Bentuk Badan Usaha 3. Pengelolaan Keuangan Bisnis 4. Distribusi dan Strategi Pemasaran Bisnis 5. Membangun Usaha Kecil dan Peranan Kewirausahaan 6. Etika Bisnis 7. Hukum Bisnis 8. Bisnis Internasional

Bisnis disini hanya merupakan suatu bidang khusus dari kondisi manusia yang
umum. Apakah keuntungan yang diperoleh dari perusahaan dari menerapkan
etika bisnis? Terdapat banyak sekali keuntungan yang diperoleh bagi
perusahaan ...

Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam

Naskah dengan judul Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam merupakan tema pokok yang mengkaji tentang bagaimana etika dalam menjalankan bisnis Islam serta konsep dan manajemen bisnis yang tidak keluar dari syariat Islam. Rasulullah SAW merupakan suri tauladan bagi kita dari segala aspek, dan diantaranya adalah aspek dalam berbisnis, sebagaimana beliau memberikan contoh yang konkret dalam sifat-sifat Rasulullah SAW tersebut, seperti: Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Dengan kita mengimplementasikan sifat-sifat Rasulullah SAW tersebut dalam aspek berbisnis Insyaallah akan sejahtera, bahagia, sukses dan selamat dunia akhirat dalam menjalankan bisnis tersebut. Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Etika bisnis berupaya mencari cara untuk menyelaraskan dan menyerasikan
berbagai kepentingan dalam dunia bisnis. 2. Etika bisnis juga mempunyai peran
untuk senantiasa melakukan perubahan kesadaran bagi masyarakat tentang ...

Etika Bisnis dan Implementasinya

"Akar dari krisis multidimensional berkepanjangan di negara kita adalah penyimpangan dan pelecehan terhadap hukum dan etika. Pemahaman serta kesadaran untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip etika, khususnya etika bisnis, amat rapuh. Karena itu, selain merenungkan tindakan-tindakan yang telah kita lakukan dan mencari alternatif pemecahan krisis, kita juga perlu berupaya berfokus pada masalah etika ini. Salah satu upaya itu revitalisasi nilai-nilai etis untuk melengkapi norma-norma hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan kita. Melalui buku ini anda pertama-tama akan mengaji etika umum yang mencakup pengertian, peran, dan manfaat etika, fenomenologi kesadaran moral, serta teori etika normatif. Bersadarkan pemahaman etika umum ini, anda akan memasuki aplikasi etika umum dalam dunia bisnis, yang disebut etika bisnis. Yang dipaparkan pada bagian ini bukan hanya tingkatan dan prinsip etika bisnis serta masalah-masalah dalam pelaksanaannya, tetapi juga paradigma pihak berkepentingan, tanggung jawab moral bisnis, dan etika bisnis pada milenium ketiga. Selanjutnya, implementasi etika bisnis dalam wujud ketentuan perundang-undangan mengenai perlindingan konsumen, laranga praktik monopoli serta persaingan usaha yang tidak sehat, dan pencucian uang diuraikan secara jelas. Pembahasan implementasi etika bisnis sengaja dibatasi pada ketiga masalah besar ini karena dampaknya yang demikian luas dalam kehidupan bermasyarakat. Baik para pelaku bisnis, birokrat, karyawan perusahaan maupun mereka yang tertarik mendalami Etika Bisnis akan memperoleh banyak manfaat dari buku ini. Sementara itu para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Etika Bisnis akan lebih mudah memahami buku ini karena setiap bab secara sistematis mengemukakan tujuan pembelajaran, konsep kunci, materi sajiuan, rangkuman, masalah untuk didiskusikan, dan referensi terpilih."

"Akar dari krisis multidimensional berkepanjangan di negara kita adalah penyimpangan dan pelecehan terhadap hukum dan etika.

Pedoman Etika Bisnis Perusahaan

"Pedoman Etika Bisnis Perusahaan merupakan bagian dari Good Corporate Governance (GCG) karena untuk mencapai keberhasilan dalam jangka panjang, pelaksanaan GCG perlu dilandasi oleh integritas yang tinggi. Pedoman Etika Bisnis Perusahaan merupakan pedoman perilaku yang menjadi acuan bagi organ perusahaan dan semua pegawai dalam menerapkan nilai-nilai perusahaan serta membantu mereka untuk memecahkan dilema etika yang mereka hadapi dalam melaksanakan kegiatan bisnis. Penerapan etika bisnis juga menjadi bagian dari pengembangan budaya perusahaan, khususnya budaya kepatuhan dan antikorupsi. Pedoman ini diterbitkan dengan tujuan untuk: (1) Memberikan kerangka kerja bagi organisasi untuk menerapkan program peenrapan Etika Bisnis Perusahaan yang efektif, dan disertai cara untuk memantau dan menilai kinerja program tersebut; (2) Memberikan panduan mengenai mekanisme Penyusunan, Perawatan, dan Pembentukan budaya perusahaan yang etis, patuh, dan antikorupsi melalui pendekatan etika dan pengaturan diri (self Regulatory approach)."

"Pedoman Etika Bisnis Perusahaan merupakan bagian dari Good Corporate Governance (GCG) karena untuk mencapai keberhasilan dalam jangka panjang, pelaksanaan GCG perlu dilandasi oleh integritas yang tinggi.

Etika bisnis

dasar dan aplikasinya

Business ethics; papers.

... aplikasinya Franz Magnis-Suseno, J. Soedjati Djiwandono, Wahjudi Prakarsa,
Jacobus Tarigan, Catholic Church. Komisi Kerasulan Awam KWI. i ETIKA BISNIS:
DASAR DAN APLIKASINYA Sanksi Pelanggaran Pasal 44: Undang-Undang.

IMPLEMENTASI ETIKA ISLAM DALAM DUNIA BISNIS

Buku ini ditujukan untuk kalangan akademisi yang interes terhadap kajian etika islam dalam dunia bisnis Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap keilmuan di bidang etika dunia bisnis, buku ini dirancang dengan sistematika kajian teoritis dan disadur dari berbagai hasil penelitian, buku dan jurnal sehingga memudahkan khalayak keilmuan dan masyarakat di Indonesia yang membaca buku ini.

Buku ini ditujukan untuk kalangan akademisi yang interes terhadap kajian etika islam dalam dunia bisnis Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap keilmuan di bidang etika dunia bisnis, buku ini dirancang dengan sistematika ...

Etika Bisnis dalam Al-Qur'an

Buku ini berusaha memotret perkembangan bisnis saat ini yang jauh dari tuntunan. Apalagi sebagai umat Islam, kita telah memiliki pedoman terkait etika berbisnis yang baik. Al Qur'an sebagai petunjuk telah memuat banyak hal terkait perekonomian, terlebih dalam hal bisnis.

Buku ini berusaha memotret perkembangan bisnis saat ini yang jauh dari tuntunan.

Etika Bisnis dalam Islam

Bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai “the buying and selling of goods and services.” Bisnis berlangsung karena adanya kebergantungan antarindividu, adanya peluang internasional, usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup, dan lain sebagainya.1 Bisnis juga dipahami dengan suatu kegiatan usaha individu (privat) yang terorganisasi atau melembaga, untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.2 Bisnis dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit), mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pertumbuhan sosial, dan tanggung jawab sosial. Dari sekian banyak tujuan yang ada dalam bisnis, profit memegang peranan yang sangat berarti dan banyak dijadikan alasan tunggal di dalam memulai bisnis Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat.

Etika dan Komunikasi dalam Bisnis: Tinjauan Al-Qur’an, Filsafat dan Teoritis

Praktik Etika dan Komunikasi dalam bisnis tinjauan Islam mengandung nilai yang merupakan cerminan dari integritas seorang pelaku bisnis, misalnya nilai kejujuran. Kejujuran merupakan modal kepercayaan utama dalam dunia bisnis, sebagaimana ungkapan dari orang bijak bahwa “lebih baik kehilangan keuntungan hari ini daripada kehilangan kepercayaan hari esok”. Adapun uraian buku “Etika dan Komunikasi dalam Bisnis: Tinjauan Al-Qur’an, Filsafat dan Teoritis” yang diulas secara deskriptif, dengan isi pembahasan yang terdiri dari sembilan BAB, antara lain yaitu: BAB 1: Pendahuluan BAB 2: Manusia dan Nilai-Nilai Kemanusiaan BAB 3: Hakekat Etika dan Komunikasi BAB 4: Hakekat Ekonomi dan Bisnis BAB 5: Etika dan Komunikasi Bisnis BAB 6: Etika Profesi BAB 7: Jenis dan Bentuk Bisnis Tinjauan Islam BAB 8: Good Corporate Governance (GCG) BAB 9: Corporate Social Responsibility (CSR)

Praktik Etika dan Komunikasi dalam bisnis tinjauan Islam mengandung nilai yang merupakan cerminan dari integritas seorang pelaku bisnis, misalnya nilai kejujuran.