Sebanyak 44163 item atau buku ditemukan

Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan khalayak adalah suatu kemampuan yang tidak hanya harus dimiliki oleh para pemimpin, namun harus dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan berbicara di depan publik, bila dipergunakan secara strategis, tidak berlebihan bila dikatakan bahwa kemampuan ini dapat membawa seseorang untuk mengubah dunia. Begitu pula dengan negosiasi yang diperlukan dalam kehidupan manusia karena sifatnya yang begitu erat dengan filosofi kehidupan manusia di mana setiap manusia memiliki sifat dasar untuk mempertahankan kepentingannya, di satu sisi manusia lain juga memiliki kepentingan. Padahal, kedua pihak tersebut memiliki suatu tujuan yang sama, yaitu memenuhi kepentingan dan kebutuhannya. Apabila terjadi benturan kepentingan terhadap suatu hal, maka timbullah suatu sengketa. Dalam penyelesaian sengketa dikenal berbagai macam cara, salah satunya negosiasi. Buku ini berisi 7 (tujuh) bab yaitu Pendahuluan; Pengertian Public Speaking; Jenis-jenis Public Speaking; Hambatan atau Kendala Public Speaking; Pengertian Negosiasi; Pentingnya Negosiasi; serta Hambatan dan Kendala Negosiasi.

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan khalayak adalah suatu kemampuan yang tidak hanya harus dimiliki oleh para pemimpin, namun harus dimiliki oleh setiap orang.

Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi

Peran pendidikan kewarganegaraan saat ini menjadi lebih strategis jika dihubungkan dengan fenomena kehidupan bangsa dalam dasa warsa terakhir ini, yang mengindikasaikan terjadinya degradasi etik, moral, dan nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia. Karena kondisi tersebut, pembangunan karakter merupakan salah satu yang sangat urgen dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025, yaitu Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur yang ditandai dengan terwujudnya bangsa Indonesia yang memiliki daya saing tinggi. Sehubungan dengan hal di atas, maka pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter bangsa (national character building) dan gerakan revolusi mental yang dilaksanakan melalui pendidikan formal. Oleh karenanya, misi pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah dalam rangka membentuk warga negara yang baik, berbudi pekerti dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya.

Peran pendidikan kewarganegaraan saat ini menjadi lebih strategis jika dihubungkan dengan fenomena kehidupan bangsa dalam dasa warsa terakhir ini, yang mengindikasaikan terjadinya degradasi etik, moral, dan nasionalisme di kalangan bangsa ...

INOVASI PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Hal ini tentu menjadi mata pelajaran yang cukup penting untuk diberikan pada siswa SD. Supaya lebih memudahkan siswa dalam menyerap materi dan tujuan pembelajaran, guru dituntut memiliki kemampuan lebih dalam proses belajar mengajar. Melalui buku ini kami mengajak para guru untuk selalu berinovasi. Move on. Keluar dari "zona nyaman". Meninggalkan kebiasaan mengajar yang biasa menjadi eksklusif. Menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didiknya, karena menjadi guru yang inovatif adalah suatu keniscayaan. Buku ini layak untuk dijadikan referensi para guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Seperti apakah pembelajaran inovatif itu dan bagaimana implementasinya.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

Pengembangan Pembelajaran IPS SD

Pengembangan Pembelajaran IPS SD Penulis : Nimas Puspitasari, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-914-6 Terbit : Oktober 2020 www.gueppedia.com Sinopsis : Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada dasarnya dimaksudkan untuk pengembangan pengetahuan, sikap, nilai-moral, dan keterampilan siswa agar menjadi manusia dan warga negara yang baik, seperti yang diharapkan oleh dirinya, orangtua, masyarakat, dan agama. Dengan demikian, pembelajaran IPS semestinya diarahkan pada upaya pengembangan iklim yang kondusif bagi siswa untuk belajar sekaligus melatih pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilannya selama pembelajaran. Seorang guru perlu melakukan pengembangan dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dalam penggunaan metode, pendekatan, strategi, metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswanya. Beberapa contoh model ataupun metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pelajaran IPS di SD antara lain, metode simulasi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran Kontruktivisme, Model Pembelajaran Inkuiri, model pembelajaran Kooperatif, Selain itu penggunaan media pembelajaran juga sangat mendukung dalam mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan. Dalam mengembangkan pembelajaran IPS harus memepertimbangkan beberapa hal, seperti karakteristik siswa, materi, kondisi lingkungan, fasilitas (sarana dan prasarana) sehingga pengembangan pembelajaran IPS dapat mencapai tujuannya dengan maksimal. www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Pembelajaran IPS SD Penulis : Nimas Puspitasari, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-914-6 Terbit : Oktober 2020 www.gueppedia.com Sinopsis : Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada dasarnya dimaksudkan untuk ...

Pembelajaran IPS di SD/MI

Sasaran penulisan buku ini terutama ditujukan bagi mahasiswa pada Program Studi (Jurusan) PGSD/PGMI; tidak menutup kemungkinan bagi para guru SD/MI di seluruh nusantara yang menaruh harapan besar dalam rangka optimalisasi peran pendidik (guru) untuk selalu mengasah dan memperbaharui pengetahuan serta kecakapan keilmuan. Buku ini juga diperuntukkan bagi para peneliti pemula, pemerhati pendidikan IPS, juga para pemerhati sosial dan budayawan di negeri ini. Secara ringkas, buku ini membahas mengenai berbagai bab dengan cakupan materi sebagai berikut. 1) Prawacana 2) Perspektif Pembelajaran IPS di SD/MI 3) Manusia dan Lingkungan 4) Individu, Kelompok, dan Kelembagaan 5) Perubahan dan Konflik Sosial 6) Dinamika Kebudayaan 7) Ruang dan Waktu dalam Sejarah 8) Kenampakan Muka Bumi 9) Perekonomian dan Perilaku Ekonomi 10) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pendidikan 11) Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS 12) Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran IPS SD/MI 13) Model – Media Interaktif dalam Pembelajaran IPS SD/MI.

Secara ringkas, buku ini membahas mengenai berbagai bab dengan cakupan materi sebagai berikut. 1) Prawacana 2) Perspektif Pembelajaran IPS di SD/MI 3) Manusia dan Lingkungan 4) Individu, Kelompok, dan Kelembagaan 5) Perubahan dan Konflik ...

Asas-Asas Hukum Pidana

Asas-Asas Hukum Pidana DILENGKAPI URAIAN KUHP NASIONAL Buku ini melanjutkan sukses buku sebelumnya yakni Hukum Pidana Suatu Pengantar yang berisi pengertian, asas/prinsip, teori, jenis-jenis serta berbagai penjelasan mendasar tentang hukum pidana. Buku ini merupakan inti dari pembahasan hukum pidana, yakni tentang berlakunya hukum pidana, berbagai seluk beluk tentang tindak pidana (pengertian, subjek, rumusan, unsur, dan lain-lain), sifat melawan hukum, persoalan kausalitas, kesalahan dan pertanggungjawaban pidana, percobaan-persiapan-permufakatan jahat, penyertaan (pengertian, jenis-jenis, syarat-syarat), berbagai persoalan tentang pidana dan pemidanaan, alasan penghapus, gugurnya kewenangan menuntut dan melaksanakan pidana, serta alasan peringan dan pemberat pidana. Pembahasan buku ini sangat detail, mendalam, menarik, disertai landasan teoretis, disertai ilustrasi yang memudahkan pembaca, kasus-kasus dalam praktik, putusan-putusan pengadilan, perbandingan dengan negara lain (seperti Prancis, Belanda, Jerman, Spanyol, Malaysia, Jepang, dan Thailand), dan dilengkapi dengan pembahasan KUHP Baru untuk setiap topik pembahasan. Buku ini merupakan bacaan wajib bagi mahasiswa hukum (S-1, S-2, dan S-3), akademisi, peneliti, penegak hukum, praktisi, pengambil kebijakan terkait hukum pidana, dan semua pihak yang berminat mendalami hukum pidana. Buku ini ditulis oleh Topo Santoso, seorang guru besar hukum pidana dan mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan dosen luar biasa/tidak tetap di program doktor dan magister di berbagai kampus, di Indonesia, penulis lebih dari 25 buku dan ratusan artikel jurnal dan media massa, anggota International Academy of Comparative Law.

Asas-Asas Hukum Pidana DILENGKAPI URAIAN KUHP NASIONAL Buku ini melanjutkan sukses buku sebelumnya yakni Hukum Pidana Suatu Pengantar yang berisi pengertian, asas/prinsip, teori, jenis-jenis serta berbagai penjelasan mendasar tentang hukum ...

Inovasi dan Difusi Inovasi Pendidikan

Pendidikan Biologi

Pendidikan mengalami inovasi yang ekstrim pada era Revolusi Industri 4.0, 5.0 dan pada Era Pandemi COVID-19. Inovasi diartikan sebagai sesuatu yang baru atau sesuatu yang dipersepsi baru. Rogers (1983) mendefinisikan inovasi "an idea, practice, or object perceived as new by the individual or other unit of adoption". Artinya, inovasi itu adalah ide, praktek, atau benda yang baru atau yang dipersepsi baru. Inovasi di bidang industry ditandai dengan otomatisasi, robotik, internet of things (IoT), 3D printing, digitalisasi, dan big data analysis. Inovasi di bidang Pendidikan tidak kalah seru dengan inovasi di bidang industri. Inovasi Pendidikan terjadi di berbagai bidang, meliputi kurikulum, bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan strategi penilaian. Pendidikan yang dulu mengandalkan sistem pedagogi kini berkembang menjadi heutagogy, peeragogy, dan cybergogy. Perkembangan internet of things (IoT), robot teacher, augmented reality, dan virtual reality telah mengubah paradigma pendidikan, termasuk Pendidikan biologi. Pendidik dan siswa perlu menyesuaiakan diri dengan inovasi tersebut.

Pendidikan mengalami inovasi yang ekstrim pada era Revolusi Industri 4.0, 5.0 dan pada Era Pandemi COVID-19.

INOVASI PEMBELAJARAN

Dari ide kreatif di kepala sampai praktik inovatif di kelas

Buku ini ditujukan untuk semua kalangan yang berkecimpung di dunia pendidikan, mulai dari mahasiswa keguruan, calon guru, guru profesional, widyaiswara, dosen, peneliti, serta perekayasa teknologi pendidikan. Buku ini menguraikan tentang seluk beluk kegiatan inovasi pembelajaran mulai dari pengertian dan ruang lingkupnya; faktor pendorong yang membuat kegiatan inovasi pembelajaran harus dilakukan; keterkaitan inovasi pembelajaran dengan kreativitas; faktor pertimbangan dalam melaksanakan kegiatan inovasi pembelajaran; bentuk-bentuk produk akhir inovasi pembelajaran;, kriteria, metode, dan instrumen penilaian kualitas produk akhir tersebut; prosedur pengembangan produk yang valid dan operasional; serta prosedur penerapan produk tersebut dalam pembelajaran sesungguhnya di kelas. Setiap bagian diuraikan dengan bahasa yang sederhana serta dilengkapi dengan hasil penelitian terbaru yang relevan. Selain itu, disajikan juga contoh-contoh konkret dan kontekstual sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman di era sekarang.

Buku ini menguraikan tentang seluk beluk kegiatan inovasi pembelajaran mulai dari pengertian dan ruang lingkupnya; faktor pendorong yang membuat kegiatan inovasi pembelajaran harus dilakukan; keterkaitan inovasi pembelajaran dengan ...