Sebanyak 884 item atau buku ditemukan

Inovasi Pendidikan

Pada masa reformasi ini, pendidikan di Indonesia tetap membutuhkan perbaikan dan peningkatan mutu. Salah satunya dengan melalukan inovasi-inovasi pendidikan, untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi pada masa globalisasi yang menuntut kita untuk mampu bersaing di tengah-tengah bangsa lain yang mungkin lebih maju, baik dalam hal pendidikan, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, jika kita tidak mampu bersaing dan mengikuti perkembangan jaman, maka generasi muda tidak mampu mengembangkan potensi yang ada dalam bangsa dan negara, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya alam untuk kesejahteraan bangsa. Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA

Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif

lobalisasi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat dunia, tidak terkecuali menjadikan lingkungan berbagai organisasi maupun bisnis sangat bergolak, penuh dengan perubahan, maka persaingan pun semakin tajam. Perusahaan-perusahaan maupun organisasi yang pada masa lalu bersaing hanya di tingkat lokal, regional, atau nasional, kini harus pula bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang rnampu menghasilkan barang dan jasa berkualitas kelas dunia yang dapat bersaing dalam pasar global. Untuk memenangkan suatu persaingan, perusahaan/ organisasi dituntut sumberdaya manusia yang unggul, karena hal itu akan menghasilkan keunggulan bersaing dalam jangka panjang. Hal tersebut dapat terwujud, tidak terlepas dari adanya peran manajemen sumberdaya manusia. Manajemen sumberdaya manusia sangat rnenentukan keberhasilan direktur eksekutif berbagai perusahaan/lembaga organisasi, mulai dari organisasi multinasional yang paling besar sampai perusahaan domestik yang paling kecil. Dalam konteks inilah buku ”Buku Manajemen Sumberdaya Manusia” ini hadir, membantu para mahasiswa, calon pemikir, birokrat, manajer pengembang lembaga/organisasi dalam memahami dan melakukan pengembangan lembaga atau organisasi secara efektif dan efisien melalui konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia yang modern. Buku ini dirancang selain untuk membantu mahasiswa memahami konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia, juga diperuntukkan bagi pembaca lainnya yang ingin memperdalam pengetahuan tentang manajemen sumberdaya manusia. Penyajian materi dalam buku ini berupaya memformulasi-kan suatu cara praktis kepada para mahasiswa, calon pemikir, birokrat, manajer pengembang lembaga/organisi lainya, pemaparannya dimulai, dari konsep dasar manajemen sumber daya manusia; kemudian secara berturut-turut membahas: desain pekerjaan dan analisis pekerjaan; perencanaan sumber daya manusia; rekrutmen karyawan; seleksi calon pegawai/karyawan; orientasi, penempatan, pelatihan dan pengembangan pegawai/karyawan; pengembangan karir; promosi dan pemindahan; penilaian prestasi kerja; pemberian konpensasi; kepuasan kerja; hubungan serikat karyawan dengan manajemen; pemutusan hubungan kerja, dan tantangan manajemen sumberdaya manusia dalam mengelola sumberdaya manusia. Penulis berharap, kehadiran buku revisi ke-IV ini dapat memenuhi tuntutan akademik, dapat memberikan inspirasi urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, serta menjadi solusi dalam menghadapi masalah pengembangan manajemen sumberdaya manusia. Lebih dari itu, semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin. Bandung, 1 Januri 2022 Penulis,

Manajemen sumberdaya manusia sangat rnenentukan keberhasilan direktur eksekutif berbagai perusahaan/lembaga organisasi, mulai dari organisasi multinasional yang paling besar sampai perusahaan domestik yang paling kecil.

Perilaku dan Teori Organisasi

Dinamika organisasi sebagai tenaga penggerak sebuah organisasi mempunyai peran yang penting perkembangan, pertumbuhan dan keefektifan sebuah organisasi. Ada banyak faktor yang menyusun terbangunnya dinamika dalam berorganisasi, dimana organisasi sebagai tempat atau wadah bergabungnya beberapa individu yang mempunyai karakteristik, asal, dan perilaku yang tidak sama. Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi. Beberapa ahli berpendapat bahwa faktor-faktor yang membentuk dan menyusun munculnya dinamika dalam organisasi antara lain ; karakteristik individu, karakteristik kelompok, struktur, budaya, serta iklim organisasi sehingga efektivitas dan peranan organisasi dapat terpenuhi. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam bahan riset terkait perilaku dan organisasi, baik sektor bisnis maupun publik. Sasaran utama penyajian buku ini adalah para mahasiswa dan dosen yang sedang menyusun penelitian, baik skripsi, tesis, maupun disertasi. Bagi para praktisi pendidikan, buku ini tentu akan menambah wawasan yang bersifat praktis dalam mengelola dinamika organisasi

Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi.

KEPERAWATAN JIWA MENGENAL KESEHATAN MENTAL

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Keperawatan Jiwa-Mengenal Kesehatan Mental. Penulisan Buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama sebulan lebih, sejak Juli sampai Agustus 2021. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi beberapa dosen dari berbagai institusi dengan latar belakang Keilmuan Keperawatan. Seperti kita ketahui bahwa penderita gangguan jiwa sering mendapatkan stigma dan diskriminasi yang lebih besar dari masyarakat di sekitarnya dibandingkan individu yang menderita penyakit medis, di antaranya: dikeluarkan dari sekolah, diberhentikan dari pekerjaan, diceraikan oleh pasangan, hingga ditelantarkan oleh keluarga, atau bahkan dipasung. Keterbatasan pemahaman dan pengetahuan mengenai kesehatan mental di Indonesia tidak dapat lepas dari nilai-nilai tradisi budaya atau kepercayaan masyarakat. Sebagian masyarakat masih mempercayai penyebab kesehatan mental berasal dari hal-hal supernatural atau takhayul sehingga pengidap gangguan kesehatan mental menganggap gangguan yang terjadi dalam dirinya adalah aib. Pemahaman ini membuat orang yang membutuhkan bantuan tenaga ahli enggan untuk ditangani. Tak jarang, pengidap gangguan kesehatan mental merasa malu untuk berada di masyarakat. Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai bacaan atau referensi masyarakat luas dan buku pegangan bagi Mahasiwa Keperawatan serta para Peneliti. Buku Ini Membahas Tentang: 1. SEJARAH KEPERAWATAN JIWA DAN KEPERAWATAN JIWA GLOBAL 2. PROSES TERJADINYA GANGGUAN JIWA DALAM PERSPEKTIF KEPERAWATAN JIWA 3. KONSEP STRES, RENTANG SEHAT SAKIT JIWA, DAN MEKANISME KOPING 4. KONSEPTUAL MODEL DALAM KEPERAWATAN JIWA TERMASUK PREVENSI PRIMER, SEKUNDER, DAN TERSIER 5. PERAN PERAWAT JIWA DAN KOLABORASI INTERDISIPLIN DALAM KESEHATAN DAN KEPERAWATAN JIWA 6. LEGAL DAN ETIK DALAM KONTEKS ASUHAN PERAWATAN JIWA 7. PROSES KEPERAWATAN JIWA PADA SITUASI BENCANA 8. ASKEP SEHAT JIWA SEPANJANG RENTAN KEHIDUPAN (IBU HAMIL, BAYI, TODLER, PRASEKOLAH, USIA SEKOLAH, REMAJA) 9. ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KONSEP DIRI, KECEMASAN, DAN KEHILANGAN 10. ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KETIDAKBERDAYAAN, KEPUTUSAN, DAN DISTRES SPRITUAL Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan buku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah Swt. senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Keperawatan Jiwa-Mengenal Kesehatan Mental.

ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah

Konsep, pemikiran, dan informasi yang diuraikan dalam buku ini merupakan hasil kajian teoritis dan pengalaman empiris. Uraian ini dimaksudkan untuk mengajak para pembaca berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Buku ini menyajikan: pengertian asesmen pembelajaran dan kurikulum merdeka, tujuan dan fungsi asesmen pembelajaran, prinsip, ruang lingkup, dan objek asesmen pembelajaran, macam-macam dan bentuk-bentuk asesmen pada pembelajaran kurikulum merdeka, perencanaan asesmen, pelaksanaan asesmen kurikulum merdeka, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen, dan refleksi serta tindak lanjut hasil asesmen.

... psikologis peserta didik . Selain itu , tinggal kelas juga memberatkan secara ekonomi . Hasil tes PISA 2018 menunjukkan bahwa di berbagai negara , mayoritas siswa yang pernah tidak naik kelas adalah siswa dari keluarga kelas menengah ke ...

Implementasi Pendidikan Karakter

Buku ini ditulis dalam rangka sumbangsih keilmuan. Pendidikan merupakan sebuah aset dan kebutuhan bagi bangsa Indonesia, untuk membantu manusia dari ketidakberdayaan hidup menuju manusia yang berdaya guna. Pendidikan diarahkan untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas, yang mampu memberikan kontribusi bagi Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat. Pendi-dikan memiliki peranan yang sangat besar sebagai pusat keunggulan untuk mempersiapkan karakter manusia dalam menghadapi tantangan global. Dengan demikian, pendidikan perlu mempersiapkan peserta didik yang berkualitas, kompetitif, dan kreatif. Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia harus merata dan berorientasi pada tantangan masa depan. Pelaksanaan tersebut ditunjang dengan pengelolaan yang baik oleh pemangku kebijakan maupun praktisi pendidikan, sehingga pelaksanaan pendidikan nasional dapat tercapai secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Buku ini ditulis dalam rangka sumbangsih keilmuan.

ASESMEN TEKNIK TES DAN NON TES

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai dosen pembimbing PPL/Magang pada mahasiswa BK. Sekulitan-kesuliran yang sering kali mereka hadapi yaitu minimnya buku mengenai asesemen dalam BK. Maka dari itu bahan ajar ini diharapkan menambah pengetahuan untuk mahasiswa dan dosen-dosen di lingkungan UM palangkaraya

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai dosen pembimbing PPL/Magang pada mahasiswa BK. Sekulitan-kesuliran yang sering kali mereka hadapi yaitu minimnya buku mengenai asesemen dalam BK. Maka dari itu bahan ajar ini ...

Pengantar Statistika (Edisi Ketiga)

Cara Mudah Memahami Statistika

Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan diri dengan data angka atau kuantitatif. Data angka akan bermanfaat bagi manusia jika diolah dengan statistika. Namun, masih banyak orang merasa kesulitan dalam mengolah data dengan menggunakan statistika. Oleh karena itu, buku ini menawarkan cara mudah belajar statistika. Untuk maksud tersebut, setiap bab disusun dengan konsep/teori, contoh soal, ringkasan, dan soal untuk latihan. Statistika ada dua macam, yaitu deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berkenaan dengan penyajian data atau disebut statistic; sedangkan statistika inferensial berkenaan dengan penyajian, penganalisisan, penyimpulan data atau disebut statistics. Penyajian i data dapat menggunakan gambar, tabel, histogram, poligon, keadaan kelompok, standar deviasi, dan angka baku. Teknik statistika yang tepat tergantung tingkatan data. Ada empat tingkatan data, yakni nominal, ordinal, interval, dan rasio. Setelah data terkumpul lengkap perlu diuji normalitasnya. Jika data tersebut berdistribusi normal maka statistika parametrik dapat digunakan. Jika data tidak berdistribusi normal maka statistika nonparametrik yang digunakan. Statistika parametrik lebih dapat dipertanggungjawabkan hasilnya secara ilmiah daripada hasil perhitungan dengan statistika nonparametrik.

Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan diri dengan data angka atau kuantitatif.