Sebanyak 884 item atau buku ditemukan

Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam

Pengelolaan Sumber Daya Manusia Secara Islami

Buku ini pada prinsipnya mengemukakan tentang manajemen sumber daya manusia. Buku ini merupakan buku awal yang membahas tentang manajemen sumber daya manusia, mulai dari konsep dasar manajemen sumber daya manusia, perencanaan sampai pada pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan Isam. Buku ini cocok untuk dibaca semua kalangan baik masyarakat umum, akademisi, praktisi pendidikan bahkan mahasiswa yang menempuh pendidikan manapun. Manajemen Sumber daya manusia yang pelik tersebut berusaha penulis paparkan dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan mendalami isi dari buku manajemen sumber daya manusia pendidikan Islam ini. Kepala Sekolah dan kepala Madrasah sebagai pengelola lembaga pendidikan Islam merupakan sosok yang lazim untuk membaca buku ini, supaya dalam menjalankan kepemimpinannya dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Penerbit Garudhawaca

Buku ini pada prinsipnya mengemukakan tentang manajemen sumber daya manusia.

PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Buku ini belum dapat dijadikan sebagai buku referensi utama akan tetapi dapat dijadikan sebagai sumber pelengkap dari buku “Pengelolaan Pendidikan” yang telah ada sebelumnya. Insya Allah buku ini akan diterbitkan dalam beberapa edisi guna menyesuaikan perkembangan, kerena itu kritik dan saran dari berbagai pihak, khususnya para pembaca sangat diharapkan. Selanjutnya, harapan penulis bahwa pada saatnya buku ini akan menjadi buku referensi yang diminati oleh para pembaca.

Lembaga pendidikan memiliki fungsi seperti: • Untuk mempersiapkan seluruh masyarakat dapat mandiri dalam mencari nafkahnya sendiri. • Membangun serta mengembangkan minat dan bakat individu demi kepuasan pribadi dan kepentingan umum.

Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan

Buku ajar disusun serta disesuikan dengan kebutuhan mahasiswa guna mempermudah para mahasiswa dalam belajar serta memberikan gambaran secara sederhana dari keilmuan yang komplek mengenai mata kuliah Pengelolaan Pendidikan ini. Dengan demikian buku ajar ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang berlangsung dikelas, selain itu dapat mengoptimalkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang diajarkan serta dijadikan sebagai acuan belajar dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar mahasiswa.

Untuk menentukan tujuan maupun fungsi dari pemasaran Pendidikan, tentunya tidak akan dapat terlepas dari pengertian yang telah disampaikan di atas. Adapun beberapa tujuan dari pemasaran pendidikan, yaitu: a.

Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan Pendidikan bertujuan memberikan dasar pemikiran dan langkah-langkah (prosedur) operasional dalam mengelola pendidikan, khususnya satuan pendidikan (sekolah). Pembelajaran Mikro diberi bobot 2 SKS. Adapun materi pembelajaran mikro adalah konsep dasar, fungsi dan peranan, proses dan prosedur, serta bidang-bidang Garapan pengelolaan pendidikan di tingkat mikro (persekolahan), messo (kabupaten/kota), dan makro (nasional), wawasan dasar pengelolaan pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, supervise pendidikan, system informasi pendidikan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan fasilitas dan biaya pendidikan, manajemen peningkatan mutu dan supervise sekolah, pengelolaan kelas

Pengelolaan Pendidikan bertujuan memberikan dasar pemikiran dan langkah-langkah (prosedur) operasional dalam mengelola pendidikan, khususnya satuan pendidikan (sekolah).

Pengelolaan sekolah unggul : kontruksi pendidikan masa depan

Buku ini menggambarkan bagaimana sekolah Umum diterapkan pembelajaran keagamaan yang instens kepada siswa. Norma kehidupan di lingkungan sekolah unggul selain bersifat sainstis juga dibentuk dalam konturksi bingkai nilai-nilai keagamaan yang khas sesuai agama dan kepercayaan masingmasing.

Pendidikan di Indonesia sebagaimana yang dijelaskan pada UU. No 20 Tahun 2003 dapat di lakasanakan melalui jalur formal yang disebut dengan pendidikan persekolahan dan pendidikan nonformal yang disebut dengan pendidikan luar sekolah, ...

KONSEP KEBIJAKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN MTSN MODEL

Madrasah saat ini menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat sebagai tempat belajar putra-putrinya. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI, salah satunya adalah membangun Madrasah Model dengan berbagai keunggulan. Program unggulan dirancang mulai dari input, proses dan output. Berbagai komponen dan unsur saling terkait dan bersinergi guna mewujudkan lulusan Madrasah Model yang kompeten dan unggul dalam berbagai bidang keilmuan. Buku yang ditulis oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan ini mengkaji Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model. Analisis terhadap manajemen mutu yang diterapkan dalam Madrasah Model dijelaskan secara rinci dan sistematis. Penulis buku ini juga melakukan analisis dengan mengintegrasikan antara ilmu manajemen mutu dengan nilai-nilai Islam, sehingga terwujud integrasi keilmuan dan keislaman. Dr. Sururin, M.Ag. (Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Hadirnya Madrasah Model menjadi jawaban atas adanya kebutuhan masyarakat terhadap Madrasah yang berkualitas. Selama ini Madrasah masih sering dianggap sebagai second class dalam sistem pendidikan. Buku ini memberi perspektif baru tentang sistem pengelolaan madrasah yang ideal berbasis pada Quality Manajement yang implementatif. Penulis berhasil menarasikan teori yang rumit dengan bahasa yang sederhana dan mudah dibaca. Buku ini penting untuk dibaca oleh para pemangku kebijakan pendidikan, praktisi pendidikan, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Saya menyambut baik atas terbitnya buku ini, semoga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan mutu Madrasah di Indonesia. Prof. Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan tulisan yang sangat komprehensif dan klir dalam menggambarkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh MTsN Model, khususnya dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBS). Dengan hadirnya buku ini maka stereotip tentang Madrasah sebagai lembaga pendidikan “kelas dua” menjadi terbantahkan. Prof. Dr. Sri Sumarni (Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) Buku yang ada di tangan pembaca ini mengeksplorasi sejauh mana pengembangan mutu dan Quality Management pendidikan madrasah model. Dengan demikian buku ini tepat dibaca bagi kepala madrasah, guru, dan siapapun yang mendambakan madrasah model agar bisa lebih berkualitas, maka saya selaku Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga menyambut senang hati atas terbitnya buku yang ditulis oleh Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag sebagai dosen dan Dekan FTIK IAIN Pekalongan. Selamat Membaca! Prof. Dr. Mansur, M.Ag. (Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga) Buku ini cocok sebagai sumber rujukan karena di dalamnya banyak terdapat informasi yang berkaitan dengan masalah kebijakan publikasi dalam pendidikan, identifikasi masalah filosofi lahirnya madrasah model, formula kebijakan Kemenag RI dalam pengelolaan MTs, serta kinerja dan pengembangan mutu pendidikan formal MTs. Buku ini meluruskan atau membenarkan masalah dan asumsi yang ada di khalayak umum mengenai madrasah model. Deskripsi materi dalam buku ini dibuat secara terperinci sehingga mudah untuk dipahami oleh semua pihak. Terdapat tabel dan skema untuk mengklarifikasikan materi tertentu sehingga memperjelas pembaca. Hubungan antarparagraf saling berkaitan. Buku ini bagus dan layak dikonsumsi oleh mahasiswa, praktisi pendidikan, serta siswa di seluruh Indonesia. Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I (Guru Besar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

Artinya konsep bermutu di atas bisa dipahami bahwa manakala produk yang dihasilkan pendidikan (output) tidak berkualitas sampah, maka pendidikan tersebut harus bersiap untuk ditinggalkan. Sebaliknya, bila produk yang dihasilkan ...

Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu bidang keilmuan yang membutuhkan konsep dan teori serta praktik yang relevan. Dalam praktiknya, manajemen pendidikan masih banyak masalah yang timbul karena kurang lancarnya penerapan dan pemahaman administrasi atau manajemen pada berbagai aspek kehidupan sekolah. Dengan berbagai kelemahan dalam penyelenggaraan bidang pendidikan yang berakibat rendahnya mutu para lulusan hampir semua jenjang dan jenis pendidikan di Indonesia, salah satu sebabnya menurut pengamatan penulis kurang dipahaminya arti dan tidak mematuhi prinsip dan pelaksanaan manajemen pendidikan. Pengelolaan sekolah secara efektif mengarahkan kepada kemampuan sekolah menjalankan fungsinya secara maksimal, baik itu fungsi ekonomis, fungsi sosial-ekonominya, fungsi politis, fungsi budaya maupun fungsi pendidikan. Fungsi-fungsi tersebut mungkin ada yang menjadi fungsi umum (notice finction) dalam arti berlaku semua jenis dan jenjang sekolah dan lebih menonjol pada sekolah kejuruan (vokasional). Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Sekolah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Sanusi (1995:92) menguraikan dua pendekatan mengenai mutu pendidikan. Pendekatan pertama, mendasarkan diri pada deskripsi relevansi pendidikan dengan dunia kerja. Pendekatan ini seringkali disebut pendekatan ekonomi.

Manajemen Pengelolaan Kelas

Diskursus yang ada dalam buku ini diantaranya membahas tentang Guru dan Peserta Didik, Konsep Manajemen Kelas, Pendekatan Manajemen Kelas, Manajemen Lingkungan Belajar, Manajemen Ruang Kelas, Iklim Kelas, Masalah Manajemen Kelas, Prosedur dan Rancangan Manajemen Kelas

Diskursus yang ada dalam buku ini diantaranya membahas tentang Guru dan Peserta Didik, Konsep Manajemen Kelas, Pendekatan Manajemen Kelas, Manajemen Lingkungan Belajar, Manajemen Ruang Kelas, Iklim Kelas, Masalah Manajemen Kelas, Prosedur ...

Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses atau aktivitas Pendidikan di unit organisasi yang dikelola. Ketercapaian tujuan Pendidikan di setiap unit Pendidikan tidak terlepas dari kajian teori dan penerapan pengelolaan Pendidikan. Jika pengelolaan Pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik, sistematis, efektif dan efisien, maka seluruh komponen sumber daya yang ada dalam unit organisasi tersebut dapat digerakkan Bersama untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Tentu, keberhasilan di setiap unit organisasi Pendidikan ini akan berkontribusi pada pencapaian tujuan Pendidikan secara nasional. Buku ini berisi materi yang dapat diterapkan secara langsung di setiap unit organisasinya dan disesuaikan dengan konteks dan tujuan yang hendak dicapai. Adapun isi buku ini terdiri dari : Bab 1 Pengantar Pengelolaan Pendidikan Bab 2 Wawasan Dasar Pengelolaan Pendidikan Bab 3 Pengelolaan Satuan Pendidikan Bab 4 Supervisi Pendidikan Bab 5 Sistem Informasi Pendidikan/Manajemen Bab 6 Pengelolaan Kurikulum Bab 7 Pengelolaan Peserta Didik Bab 8 Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Bab 9 Pengelolaan Sarana Prasarana Bab 10 Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Bab 11 Pengelolaan Kelas

Pengelolaan Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses atau aktivitas Pendidikan di unit organisasi yang dikelola.