Sebanyak 149 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat

Jenis-Jenis Penelitian, Langkah-Langkah Penelitian, Identifikasi Masalah Penelitian, Menyusun Landasan Teori, Merumuskan Hipotesis, Menentukan Variabel Penelitian, Validitas Dan Reliabilitas, Menentukan Subjek Penelitian, Populasi Dan Sampel Dan Mengolah Data Kesehatan

Jenis-Jenis Penelitian, Langkah-Langkah Penelitian, Identifikasi Masalah Penelitian, Menyusun Landasan Teori, Merumuskan Hipotesis, Menentukan Variabel Penelitian, Validitas Dan Reliabilitas, Menentukan Subjek Penelitian, Populasi Dan ...

Buku Ajar Etika Keperawatan

Etika keperawatan merupakan acuan bagi perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Buku ini menguraikan topik dalam membentuk perilaku perawat yang sesuai etika keperawatan. Konsep nilai, norma dan etika menguraikan pengertian etika, adat kebiasaan, nilai dan norma kehidupan bermasyarakat. Konsep etika dan moral, etika deskriptif, etika normative dan metaetika serta etika sebagai cabang filsafat dan etika dalam dunia modern. Konsep etika, moral dan agama dibahas secara khusus untuk melihat keterkaitan antara etika, moral dan agama. Prinsip etik yang menjadi dasar dalam etika keperawatn terdiri dari otonomi (autonomy), berbuat baik (beneficience), keadilan (justice), menepati janji (fedelity), kerahasiaan (confidentiality), akuntabilitas (accountability). Kode etik keperawatan adalah pernyataan standar professional yang digunakan untuk bimbingan perilaku & sebagai framework untuk pengambilan keputusan. Topik penjabaran perilaku sesuai kode etik keperawatan merupakan tuntunan bagi perawat dalam perilaku pelayanan keperawatan sesuai dengan etika keperawatan. Hak adalah sesuatu yang dimiliki oleh manusia sejak lahir yang dimiliki atau diterima karena sebab-sebab tertentu, sedangkan kewajiban adalah seperangkat tanggung jawab seseorang untuk melakukan sesuatu yang memang harus dilakukan, Dilema etik adalah suatu kondisi yang melibatkan dua atau lebih landasan moral satu tindakan tetapi tidak dapat dilakukan keduanya karena setiap alternatif memiliki landasan moral atau prinsip. Aspek legal praktik keperawatan diuraikan tentang tanggung jawab dan tanggung gugat perawat dalam praktek keperawatan dan system regulasi dalam praktek keperawatan meliputi legislasi, Sertifikasi, Registrasi, Lisensi, Akreditasi. Aspek hukum dalam praktek keperawatan yang akan menguraikan tentang pengertian hukum, tujuan hukum, Tujuan hukum dalam keperawatan, Fungsi hukum dalam keperawatan, Sumber Hukum, Peran Perawat Berdasarkan Hukum dan UU yang berkaitan dengan praktek keperawatan. Uraian tentang kecenderungan isu etik dan masalah etik meliputi permasalahan dasar etika, permasalahan etika dalam praktek saat ini, mal praktek (Malpractice) dan kelalaian (negligence). Majelis kehormatan Etik Keperawatan yang merupakan lembaga yang dibentuk oleh PPNI dan mempunyai wewengan untuk mengawasi pelaksanaan etika keperawatan pada semua perawat Indonesia. Topik ini akan menguraikan pengertian, pembentukan dan kedudukan, tugas pokok dan wewenang, struktur kepengurusan dan syarat menjadi pengurus MKEK (Majelis Kehormatan Etik Keperawatan) Indonesia

Etika keperawatan merupakan acuan bagi perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan.

Psikologi Pembelajaran Matematika (Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi)

Dalam buku dijabarkan mengenai konsep psikologi dalam pembelajaran matematika. Materi ini meliputi : Pengantar Teori Psikologi, Teori Belajar Piaget, Teori Belajar Bruner, Teori Belajar Ausubel, Teori Belajar Gagne dan Teori Belajar Vygotsky. Buku ini diharapkan menjadi rujukan bagi mahasiswa calon guru maupun guru matematika dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah, karena disusun dengan contoh implementasi teori psikologi dalam pembelajaran matematika. Sehingga pembelajaran matematika dapat dilaksanakan berdasarkan konsep psikologi.

Sementara itu Barlow (Nyayu Khodijah, 2016) medefinisikan psikologi pendidikan sebagai sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu dalam pelaksanaan tugas seorang guru dalam ...

PSIKOLOGI OLAHRAGA Pengembangan Diri dan Prestasi

Judul : PSIKOLOGI OLAHRAGA Pengembangan Diri dan Prestasi Penulis : Dian Permana, S.Pd., M.Pd Arif Fajar Praetyo, S.Pd., M.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 190 Halaman No ISBN : 978-623-56872-6-1 “Mengapa Psikologi Olahraga itu penting dalam meraih keberhasilan atlet?” Psikologi Olahraga penting karena 1). dapat menjelaskan dan memahami tingkah laku, sifat-sifat, kepribadian atlet; 2). dapat memprediksi gejala-gejala permasalahan psikologik; 3). dapat mengendalikan gejala tingkah laku dalam olahraga. Sehingga berbagai kajian dan penelitian memperoleh simpulan bahwa Psikologi Olahraga merupakan subdisiplin ilmu yang mampu mengembangkan diri dan meningkatkan prestasi atlet. Psikologi Olahraga mampu mengkaji perilaku dari tiga unsur utama prestasi, yaitu atlet itu sendiri, pelatih dan lingkungan. Buku ini membahas hakikat psikologi olahraga, konsep diri, pengembangan diri, kepribadian, perilaku menyimpang, agresivitas, anxiety, motivasi, percaya diri, dan mental training. Aspek-aspek psikologi olahraga tersebut sangat penting dipelajari, difahami dan diterapkan baik oleh atlet maupun pelatih dalam proses pembinaan sehingga mengantarkannya meraih penampilan puncak prestasi. Sebagaimana pepatah mengatakan, “Proses tidak akan mengkhianati hasil”, dan “Sports is nothing without coaching”. Salam Olahraga!

Pendekatan sosial psikologikal Pendidikan moral dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dapat dilaksanakan melalui pendekatan sosial psikologikal yang maknanya melihat moralitas dan karakter yang melekat pada diri seseorang ...

KEPUASAN PELANGGAN SUATU PENGANTAR

Industri 4.0 saat ini sudah menjangkau seluruh aktivitas bidang kehidupan dan telah mengalami perubahan sistem dari manual menjadi digital berbasis internet sehingga berpengaruh terhadap perubahan dan pola aktivitas yang serba digital termasuk dalam memberikan layanan dan kepuasan kepada pelanggan. Ditengah persaingan bisnis serba digital (online) kepuasan pelanggan juga diperhatikan mulai dari awal proses sampai pada akhir proses yaitu barang sampai ke tangan pelanggan. Buku pengantar Kepuasan Pelanggan ini sengaja diterbitkan untuk memberi wawasan berpikir secara analisis-logis di dalam menghadapi permasalahan pelanggan yang begitu rumit dan kompleks. Wawasan semacam ini sangat diperlukan agar pada saat menghadapi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pelanggan dapat diselesaikan secara efisien dan efektif. Buku ini ditujukan kepada mahasiswa maupun pelaku usaha yang ingin lebih jauh mendalami permasalahan-permasalahan dalam ruang lingkup kepuasan pelanggan. Motivasi utama penerbitan Buku Kepuasan Pelanggan ini tidak lain untuk memberikan kemudahan dan pegangan bagi mahasiswa dan pelaku usaha mengingat buku-buku yang berkaitan dengan pelanggan terasa sangat sulit diperoleh. Sebenarnya sudah cukup banyak buku-buku mengenai pelanggan yang pernah ditulis orang. Namun tidak semuanya mudah untuk memilih buku mana yang baik untuk dijadikan pegangan di dalam memamahi apa dan bagaimana kepuasan pelanggan. Materi yang terdapat dalam buku ini terdiri dari 6 BAB yang dimulai dari memahami pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, mengenali keluhan pelanggan, mengenali kepuasan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan sampai dengan menilai kepuasan pelanggan. Akhir kata ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya penulis perlu sampaikan khususnya kepada keluarga penulis (isteri Yeni Arlinda, SE dan anak-anak penulis yaitu Mutiara, Mezanechia dan Marchealina). Demikian juga kepada teman sejawat, dosen-dosen Teknik Industri dan Manajemen Logistik Industri, mahasiswa/alumni dan semua pihak yang telah banyak memberikan saran serta kritikan, dorongan/bantuan di dalam mengedit dan menyempurnakan isi buku ini maupun penulisannya. Demikian pula kepada Penerbit Literasi Nusantara yang untuk kesekian kalinya bersedia menerbitkan buku ini sehingga dapat memenuhi harapan-harapan yang ada dari semua pihak yang memerlukan. Semoga apa yang telah tertuang disini mampu memberikan konstribusi bagi segala upaya yang telah dilakukan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan penuh tantangan terutama dalam memberikan kepuasan pelanggan.

Industri 4.0 saat ini sudah menjangkau seluruh aktivitas bidang kehidupan dan telah mengalami perubahan sistem dari manual menjadi digital berbasis internet sehingga berpengaruh terhadap perubahan dan pola aktivitas yang serba digital ...

Etika Profesi

Etika tidak hanya tentang perilaku yang benar atau salah, tetapi juga tentang yang baik dan yang buruk. Tujuan dari etika ini adalah untuk kehidupan yang lebih baik, bukan sekedar kehidupan yang selalu benar. tika juga berkaitan dengan baik atau buruk. Etika dijabarkan dalam norma (norm), prinsip moral (moral principles), dan nilai (value). Hal tersebut dianggap benar dan digunakan sebagai pedoman untuk memandu perilaku dan tindakan seseorang. Buku ini terdiri dari 11 (Sebelas) bab, yaitu: Bab 1 Pengertian dan Teori Etika Bab 2 Perilaku Etika Dalam Bisnis Bab 3 Ethical Governance Bab 4 Pendekatan Dalam Pengambilan Keputusan Beretika Bab 5 Perilaku Etika dalam Profesi Akuntansi Bab 6 Kode Etik Profesi Akuntansi Bab 7 Etika Dalam Auditing Bab 8 Etika dalam Akuntansi Manajemen Bab 9 Etika Dalam Perpajakan Bab 10 Etika dalam Kantor Akuntan Publik Bab 11 Isu Etika Signifikansi dalam Dunia Bisnis dan Profesi

Buku ini terdiri dari 11 (Sebelas) bab, yaitu: Bab 1 Pengertian dan Teori Etika Bab 2 Perilaku Etika Dalam Bisnis Bab 3 Ethical Governance Bab 4 Pendekatan Dalam Pengambilan Keputusan Beretika Bab 5 Perilaku Etika dalam Profesi Akuntansi ...

Etika, Perilaku, dan Hukum Kesehatan

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain sebagai bahan referensi untuk membantu dalam memahami konsep serta komponen yang terkait Etika, Perilaku dan Hukum Kesehatan. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai: Bab 1 Prinsip-Prinsip Etika Kesehatan Bab 2 Konsep Perilaku Kesehatan Bab 3 Teori – Teori Perilaku Kesehatan Bab 4 Konsep Perubahan Perilaku Bab 5 Konsep Etika dan Hukum Kesehatan Bab 6 Hak Asasi Manusia Bab 7 Kode Etik Profesi Bab 8 Psikologis Perilaku Bab 9 Kode Etik Profesi Kesehatan Bab 10 Persepsi Perilaku Sakit Bab 11 Perilaku Pencarian Pelayanan Kesehatan Bab 12 Hukum Kesehatan Pada Pelayanan Kesehatan

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain sebagai bahan referensi untuk membantu dalam memahami konsep serta komponen yang terkait Etika, Perilaku dan Hukum Kesehatan.

Etika Kebidanan dan Hukum Kesehatan

Pelayanan Kebidanan merupakan bentuk pelayanan profesional yang menjadi bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan secara mandiri, kolaborasi, dan/atau rujukan. Dalam pelayanan kebidanan sering kali muncul masalah isu di masyarakat yang berkaitan dengan etik dan moral, dilema serta konflik yang dihadapi bidan sebagai praktisi kebidanan perlu disadari. Masalah pokok yang berkembang di masyarakat atau suatu lingkungan yang belum tentu benar, serta membutuhkan pembuktian merupakan pengertian isu. Dalam setiap tindakannya, bidan dituntut berperilaku hati-hati. Memberikan asuhan kebidanan dengan menampilkan perilaku yang etis dan profesional Untuk memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang Etika Kebidanan dan Hukum Kesehatan maka isi buku ini disusun meliputi unsur-unsur tersebut di atas. Adapun isi dari buku ini meliputi bab-bab sebagai berikut : Bab 1 Konsep Dasar Etika, Hukum dan Moral Bab 2 Nilai Personal dan Nilai Luhur Profesi dalam Pelayanan Kebidanan Bab 3 Isu Etik, Moral dan Pengambilan Keputusan dalam Pelayanan Kebidanan Bab 4 Masalah-masalah Etik Moral yang Sering Terjadi dalam Praktik Kebidanan Bab 5 Aspek Legal dan Legislasi dalam Pelayanan dan Praktik Kebidanan Bab 6 Standar Praktik dengan Aspek Hukum dalam Praktek Kebidanan Bab 7 Etika dalam Praktik Kebidanan pada Kehamilan Bab 8 Etika dalam Praktik Kebidanan pada Persalinan Bab 9 Etika dalam Praktik Kebidanan pada Nifas Bab 10 Etika dalam Praktik Kebidanan Pada BBL, Bayi dan Balita Bab 11 Etika dalam Praktik Kebidanan pada Kesehatan Reproduksi dan KB Bab 12 Peraturan dan Perundang-Undangan yang Melandasi Tugas, Fungsi dan Praktik Bidan Bab 13 Peran dan Fungsi Majelis Pertimbangan Etik Profesi

Memberikan asuhan kebidanan dengan menampilkan perilaku yang etis dan profesional Untuk memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang Etika Kebidanan dan Hukum Kesehatan maka isi buku ini disusun meliputi unsur-unsur tersebut di ...

Manajemen Keselamatan Pasien di Rumah Sakit

Angka insiden keselamatan pasien sangat tinggi dari satu kecelakaan jumbo jet jika diakumulasikan. Apa itu? First do no harm dan freedom from injury. Bagaimana mengatasinya? Berpikir sistem, karena menyalahkan tidak akan mencegah berulangnya kekeliruan yang sama. Pastikan ketepatan identitas, komunikasi, obat, dan operasi sebelum dilakukan serta cegah infeksi dan resiko pasien jatuh.

Angka insiden keselamatan pasien sangat tinggi dari satu kecelakaan jumbo jet jika diakumulasikan.