Sebanyak 366 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Islam memandang pendidikan sebagai nilai kebaikan dan inti dari pendidikan itu sendiri. Nilai yang dimaksud tersebut adalah akhlak, yakni nilai-nilai yang berasal dari ajaran agama Islam yang bersumberkan Al-Qur’an dan Hadis. Buku ini menjelaskan tentang nilai dalam ajaran agama Islam yang berperan penting dalam upaya mewujudkan manusia yang utuh atau insan kamil. Tantangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di negara Indonesia adalah terletak pada kesulitan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, tetapi mempunyai kualitas iman dan akhlak mulia, karena tujuan dari pendidikan agama Islam adalah membentuk manusia yang mempunyai kepribadian yang seimbang antara dunia dan akhirat.

Tantangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di negara Indonesia adalah terletak pada kesulitan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, tetapi ...

Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (Jilid 1)

Seorang teknisi, welder, dan drafter lulusan institusi vokasi membutuhkan pengetahuan dan pemahaman dasar tentang materi pokok ajaran agama Islam dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Pengetahun dan pemahaman tentang materi pokok ajaran agama Islam dalam menjalani kehidupan di dunia dapat diperoleh melalui proses pendidikan. Buku ajar ini berisi tentang keutamaan ilmu, keutamaan orang yang berilmu, keutamaan para penuntut ilmu, adab-adab menuntut ilmu, hakikat kehidupan, Islam, iman, ihsan, mengenal Allah Ta’ala, mengenal Rasulullah saw., mulia dengan Al-Qur’an, fenomena meninggalkan Al-Qur’an, dan ukhuwah islamiyah. Untuk dapat lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa, maka pada beberapa pokok bahasan mahasiswa diberi tugas/latihan untuk menerapkan apa yang dipelajari dangan cara mengerjakan tugas yang ada pada bagian akhir buku ini.

Seorang teknisi, welder, dan drafter lulusan institusi vokasi membutuhkan pengetahuan dan pemahaman dasar tentang materi pokok ajaran agama Islam dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Wacana Intoleransi dan Radikalisme dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam

Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat inkonsistensi penyajian wacana dalam buku teks PAI di sekolah dan madrasah, bermuatan toleransi di satu bagian dan bermuatan intoleransi di bagian lain serta terindikasi terinsersi radikalisme. Terdapat bagian dalam buku teks yang hanya menyajikan satu pandangan atas teks keagamaan, eksklusif terhadap perbedaan agama, bias gender dan tidak memperhatikan keragaman etnis dan budaya. Paradigma buku teks pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah dalam konteks lebih pragmatik dengan menyesuaikan perubahan zaman, bukan idealitas. Semakin bertahan dalam idealitas, semakin tidak konsisten. Hasil penelitian ini berupa model penyajian wacana bermuatan intoleransi dan radikalisme dalam buku teks PAI di sekolah dan madrasah. Buku teks Pendidikan Agama Islam terbitan Pemerintah seyogyanya menyajikan berikut. Pertama, menyajikan keragaman pandangan atas teks keagamaan atau permasalahan fikih yang masih dalam perdebatan. Kedua, menyajikan paradigma inklusif terhadap perbedaan agama. Ketiga, menyajikan wacana yang bermuatan inklusif gender Keempat, tidak menyajikan wacana bermuatan intoleransi karena perbedaan etnis dan budaya. Kelima, tidak menyajikan wacana bermuatan radikalisme/kekerasan.

Hakim, Suyud Lukman, Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 3 MI, (Jakarta: Kementerian Agama, 2019) Hanafi, ... II. Hasim, Achmad dan M. Kholid Fathoni, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD, (Jakarta: Kemdikbud, 2015), Cet.

ETIKA PROFESI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan bahan ajar materi kuliah Etika Profesi Pendidik PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara yang diamanahkan kepada penulis semester ganjil tahun lalu. Buku ini hadir dengan maksud menambah kekurangan refrensi terkait dengan mata kuliah tersebut. Sepanjang penelusuran penulis, persis seperti judul buku ini belum pernah diterbitkan oleh akademisi UIN Sumatera Utara, tetapi yang menulis tema Etika Profesi Guru secara umum sudah ada, dan sebagai apresiasi terhadap karya yang duluan lahir, penulis telah mencantumkan dalam daftar pustaka.

diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) dalam bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi yang diperoleh dari program terakreditasi. studi yang 2. Kualifikasi Akademik Guru SD/MI Guru pada SD/MI, atau bentuk lain yang sederajat, ...

Chequebook of the Bank of Faith

Daily Readings

A short reading for every day. A beautiful volume in tan and green.

Daily devotions from C.H. Spurgeon Encouragement for prayer and faith Beautiful volume in tan and green leather

Agama dan separatisme menjadi landasan konflik Maluku dan Poso

Religious conflict between Islam and Christians in Maluku and Poso provinces.

Kristen , yang secara kualitatif pendidikan , ekonomi , organisasi dan solidaritas internasional lebih dari ummat Islam , maka ummat Islam bukan saja kalah tetapi juga paling menderita . Dari jumlah pengungsi 80.000 orang , 60.000 orang ...

Rukun Iman

Buku pengayaan ini disusun dengan penuh harapan dapat mengantarkan peseta didik untuk sampai pada kompetensi Pendidikan Agama Islam yang diharapkan, yaitu beriman bertaqwa dan berakhlak mulia serta cerdas dalam wawasan Agama yang tercermin dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (Balai Pustaka) #PromoRamadhanWeek3BalaiPustaka

A. Pengertian Rukun Iman Rukun artinya dasar atau pokok yang harus dikerjakan. Iman artinya yakin atau percaya. Rukun iman artinya dasar atau pokok kepercayaan. Rukun iman merupakan pokok-pokok kepercayaan dalam Islam yang harus ...

Ajaibnya Rukun Iman: Ubah Ketakutan Jadi Kejutan

Nabi Muhammad saw., diutus, agama digelar, dan Al-Qur’an diwahyukan, bertujuan untuk mengisi ruang batin manusia dengan kebahagiaan. Hanya saja, kita mendapati fenomena yang terbalik. Orang menegakkan agama, namun tak kunjung menghirup segarnya kebahagiaan. Bahkan, terus diburu kecemasan, ketakutan, kekhawatiran, dan perasaan negatif lainnya. Perasaan yang seringkali menghinggapi dan menjajah jiwa kita adalah, takut sendirian, takut gagal, takut kehilangan, dan takut akan kematian. Memang, manusia tak bisa lepas dari bermacam ketakutan, tapi tak boleh membiarkan diri terkurung apalagi terpasung oleh ketakutan. Ketakutan harus jadi tantangan bagi kita untuk melompati kurungan ketakutan sehingga kita bisa menghebatkan diri untuk menggapai bahagia. Islam menyodorkan jawaban yang sangat sederhana untuk menyingkap dan meretas pelbagai bentuk ketakutan tadi. Kita akan terkejut betapa luar biasanya Islam lewat rukun Islam yang membimbing manusia agar keluar dari segala bentuk ketakutan itu. Semoga kita merengkuh manfaat dan pencerahan lewat buku yang sangat sederhana ini.

Dia Iman berperan menumbuhkan sudut pandang, dan sudut pandang menerbitkan respons atas realitas yang terhidang. Ketika orang didasari dengan iman yang kokoh maka yang memenuhi jiwanya adalah respons positif terhadap setiap kenyataan ...

Cara Efektif Mengenalkan Rukun Iman Pada Anak Usia Dini

Mengenal konsep Ilahiah atau Akidah Islamiyah merupakan fondasi utama bagi seorang muslim. Untuk itu, fondasi akidah ini perlu ditanamkan sejak usia dini atau kanak-kanak. Mengapa demikian? Karena masa kanak-kanak adalah masa yang paling jernih pemikirannya. Pada usia tersebut, hati, akal, maupun pemikirannya masih terbuka luas untuk memahami agamanya. Selain itu, anak merupakan titipan Allah Swt.. Sebagai generasi penerus maka orang tua, pendidik, keluarga, dan lingkungan masyarakat di sekitar adalah pihak yang mendapat amanah untuk membentuk anak menjadi seorang hamba yang bertaqwa. Buku ini merupakan pedoman bagi para orang tua maupun pendidik dalam mengenalkan konsep rukun iman kepada anak usia dini. Buku ini juga memberikan contoh-contoh metode yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad Saw. dalarn mengajarkan keimanan kepada anak-anak. Pada bab terakhir, pembaca akan diberikan metode-metode menanamkan rukun iman kepada anak usia dini dalam berbagai bentuk lembaran kegiatan. Aktivitas tersebut untuk dilakukan di rumah maupun di sekolah, seperti kisah-kisah yang berhubungan dengan rukun iman atau lembar aktivitas pada setiap akhir pembahasannya. Penyusunan buku ini dibuat secara jelas dan praktis, dengan bahasa yang ringan dan mudah dicerna. Selain itu, dilengkapi juga dengan gambar atau foto sehingga memudahkan pembaca untuk cepat memahaminya.

Kedua, iman kepada malaikat. Allah Swt., menciptakan malaikat sebagai tentara bagi-Nya. Malaikat senantiasa patuh melaksanakan segala perintah-Nya dan tidak pernah berbuat maksiat kepadaNya. Sampaikan kepada anak, bahwa sesungguhnya ...

Hakikat Ibadah Menurut Ibnu ‘Arabi - Menyelami Makna dan Hikmah Rukun Islam

Ibadah adalah bagian penting dalam kehidupan muslim. Ia merupakan wujud ketaatan kepada Allah sekaligus kecintaan dan usaha mendekatkan diri kepada-Nya. Namun, hal ini hanya dapat terwujud bila ibadah itu tak sekadar dipenuhi dari sisi ritual praktis, tetapi juga sisi spiritual ruhaniah. Untuk memenuhi sisi terakhir ini, ibadah perlu dihayati dan dimaknai secara lebih mendalam. Buku ini memaparkan secara dalam dan detail makna-makna ibadah utama Islam (rukun Islam), yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji, dari aspek tasawuf, merujuk kepada pandangan-pandangan sufistik Ibnu ‘Arabi. Tokoh besar sufi ini dikenal sebagai “Syaikh al-Akbar” (mahaguru) tasawuf dan filsafat. Karya-karya dan pemikiran-pemikirannya menjadi referensi utama dan inspirasi bagi para ahli tasawuf sesudahnya. Tak banyak buku yang secara spesifik menggali lebih dalam makna ibadah utama Islam dari perspektif berbeda, seperti buku ini. Kita tak hanya dijelaskan secara gamblang detail-detail ibadah secara praktis, tetapi juga makna-maknanya yang lain dari yang umum kita ketahui, karena Ibnu ‘Arabi mengungkapkannya secara lebih filosofis, memadukan antara aspek naqli (dalil), ‘aqli (rasio) dan dzauqi (rasa). Menarik disimak.

Mereka adalah orangorang yang mengesakan Allah dan mendapatkan “iman” yang dinyatakan lisan, dibenarkan hati, dan diamalkan dengan segenap anggota tubuh, sebagaimana disabdakan Rasulullah. Iman yang ada padanya tidak lain adalah ...