Sebanyak 366 item atau buku ditemukan

Pendidikan Karakter Islam

Pendidikan Karakter adalah inti dari Pendidikan Islam yang semula dikenal dengan pendidikan akhlak. Pendidikan ini sudah ada sejak islam didakwahkan oleh Nabi kepada para sahabatnya. Seiring dengan Penyebaran Islam, pendidikan karakter tidak pernah terabaikan karena islam yang disebarkan oleh Nabi adalah Islam dalam arti yang utuh, yakni keutuhan dalam iman, amal saleh, dan akhlak mulia. Buku ini menguraikan secara singkat tentang latar belakang pentingnya pendidikan karakter serta keterkaitan karakter dengan akidah dan syariat Islam. Setelah itu, diuraikan tentang konsep dasar pendidikan karakter dalam Islam dan pola pengembangannya. Selanjutnya, dijelaskan implementasi pendidikan karakter dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, di setiap akhir bab ditambahkan catatan akhir yang diharapkan dapat memberikan penyadaran kepada para pembaca akan arti pentingnya pendidikan karakter. Target buku ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah serta mahasiswa Jurusan PKn dan IPS. Tidak hanya itu, buku ini juga menjadi penting bagi praktisi dan pihak-pihak lain yang peduli dengan pendidikan karakter.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, kata karakter diartikan dengan tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain, dan watak. Dengan demikian, orang berkarakter berarti orang yang ...

Bank & Lembaga Keuangan Syariah

Edisi Kedua

Lembaga Keuangan Syariah masih terus berkembang dan menunjukkan perannya sebagai bagian dari sistem dan lembaga keuangan di Indonesia. Hanya saja, untuk mendorong pertumbuhannya Lembaga Keuangan Syariah masih membutuhkan sosialisasi yang masif di kalangan masyarakat Indonesia. Meresapnya sistem dan nilai ekonomi Islam dalam Lembaga Keuangan Syariah merupakan sasaran penting dalam mewujudkan masyarakat yang makmur, sejahtera dan berkeadilan bukan hanya bagi umat Islam tetapi juga secara universal bagi seluruh umat yang mengamalkannya. Eksistensi Lembaga Keuangan Syariah makin menguat setelah terbitnya berbagai regulasi mutakhir yang didukung oleh 100 Fatwa DSN MUI berkaitan dengan Lembaga Keuangan Syariah. Bahkan dalam UU No. 03 Tahun 2006 Peradilan Agama telah diamanahi kewenangan absolut menangani perkara ekonomi syariah. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Lembaga Keuangan Syariah masih terus berkembang dan menunjukkan perannya sebagai bagian dari sistem dan lembaga keuangan di Indonesia.

Pendidikan Agama Islam

Sesuai Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016

Buku ini membahas 8 materi pokok Pendidikan Agama Islam sebagaimana yang direkomendasikan dalam Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016. Didesain layaknya modul perkuliahan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa, untuk perkuliahan daring maupun luring.

... ..................1 A. Idealitas Ajaran Islam ..............................................1 B. Realitas Umat Muslim .............................................3 C. Materi Pokok Perkuliahan ......................................6 ...

ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam

Istilah pendidikan dalam konteks Islam sering dikenal dengan istilah at-tarbiyah, al-ta’lim dan al-ta’dib. Dari ketiga istilah tersebut term yang populer digunakan dalam praktik pendidikan Islam ialah term al-tarbiyah. Sedangkan term al-ta’dib dan al-ta’lim jarang sekali digunakan. Padahal kedua istilah tersebut telah digunakan sejak awal pertumbuhan pendidikan Islam. Ada beberapa definisi pendidikan Islam secara terminologi, seperti yang dikemukakan oleh beberapa ahli, yakni: Pertama, Oemar Muhammad al-Toumy al-Syaibany mendefinisikan pendidikan Islam adalah: Proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitarnya, dengan cara pengajaran sebagai suatu aktivitas asasi dalam masyarakat. Kedua, Ahmad Tafsir mendefinisikan pendidikan Islam adalah: berbagai usaha yang dilakukan oleh seseorang (pendidik) terhadap seseorang (peserta didik) agar tercapai perkembangan maksimal yang positif atau dalam makna lain bahwa pendidikan adalah usaha mengembangkan seseorang agar terbentuk perkembangan yang maksimal dan positif. ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti untuk SMP/Mts Kelas VIII

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial (Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI-1 dan KI-2 dapat terimplementasi dengan benar, dijabarkan pula aspek pengetahuan dan keterampilan. Diharapkan buku ini mampu menggugah kepekaan peserta didik terhadap isu-isu aktual, kemudian bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik. Memang, dalam buku ini tidak semua pengetahuan dan keterampilan dijabarkan secara luas. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta didik mau mencari informasi lain sebagai pendalaman dan perluasan materi. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013, bahwa peserta didik harus mencari tahu, bukan diberi tahu. Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini

Anda berkecimpung dalam pendidikan agama Kristen? Anda ingin lebih dunia memahami pendidikan agama dunia Atau Anda adalah orangtua yang ingin mengajarkan pendidikan agama Kristen kepada anak Anda? Buku ini cocok bagi Anda! Buku ini membahas pendidikan agama Kristen secara lengkap, mulai dari pendidikan agama dalam Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, dan masa kini, secara aplikatif dan praktis. Selain itu, pembahasan yang lengkap dan mendalam, tetapi tetap fokus menjadikan buku ini makin kaya. Anda akan mendapatkan pemahaman lengkap mengenai: - Dasar-dasar pendidikan agama Kristen: Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, hakikat, dan bentuk-bentuknya - Implementasi pendidikan agama Kristen: dalam keluarga, pribadi, jemaat, bagi orang dewasa, dalam masyarakat majemuk dan pelayanan akademik - Pendidikan agama Kristen dalam berbagai hubungan: dalam psikologi, hubungan konstruksi teori belajar, dalamsosiologi, dan theologi.

Anda berkecimpung dalam pendidikan agama Kristen?

Pendidikan Agama Islam

Referensi Perkuliahan Terlengkap

Buku ini disusun selengkap mungkin sebagai referensi mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Islam maupun Perguruan Tinggi Umum, mengingat pentingnya pemahaman ajaran Islam secara utuh-komprehensif (kaffah), baik dimensi Akidah, Syariah, Akhlak, Sejarah dan Uswah. Hal ini dikarenakan, ketika ajaran Islam dipahami secara parsial, maka berisiko menjadi pribadi yang berkepribadian terbelah (split personality). Semisal oknum umat muslim yang aktif beribadah kepada Allah SWT, akan tetapi aktif pula bertindak intoleran dan meneror umat manusia yang secara gegabah dinilai “sesat”.

Buku ini disusun selengkap mungkin sebagai referensi mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Islam maupun Perguruan Tinggi Umum, mengingat pentingnya pemahaman ajaran Islam secara utuh-komprehensif (kaffah), baik ...

Psikologi Pendidikan Agama Kristen

Buku ini membuka wawasan awal tentang studi psikologi dalam Pendidikan Agama Kristen. Selain itu, buku ini memberi pemahaman awal tentang konsep manusia menurut psikologi dan Alkitab, mengetengahkan seputar psikologi belajar, dan membahas tentang aspek psikologi dalam pembelajaran. Demikian juga, dibahas pemahaman dasar tentang anak-anak sebagai pelajar, yang akan memberi pemahaman tentang remaja sebagai pelajar, tentang perkembangan afektif pada remaja, membahas tentang orang dewasa sebagai pelajar. Bagian terakhir merupakan bagian bab penutup yang merupakan risalah dari pentingnya memahami aspek-aspek psikologi dalam praktik Pendidikan Agama Kristen. Uraian buku ini juga diperkaya dengan pengalaman penulis sebagai gembala jemaat, dan sebagai guru dalam konteks Pendidikan Agama Kristen. Buku tuntunan kuliah ini juga menyoroti pelbagai landasan pendidikan, serta pendidikan dalam praktik dengan ilmu pengetahuan termasuk pedagogik, filsafat pendidikan, serta berbagai disiplin keilmuan lain. Dalam studi ini digunakan pendekatan filsafat, teoretis-sistematis, historis, maupun komparatif, yang semua itu dilandasi oleh pemikiran theologi Kristen, sebagai pengejawantahan dari Alkitab.

Buku ini membuka wawasan awal tentang studi psikologi dalam Pendidikan Agama Kristen.

Pendidikan Agama Kristen (PAK) Remaja

Buku ini menggambarkan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi remaja. Dalam menghadapi permasalahan remaja dan pencarian jati diri, sangat dibutuhkan seorang figur pemimpin remaja Kristen. Figur seorang pemimpin akan sukses jika ia memiliki keteladanan. Keteladanan inilah akan mempengaruhi perilaku remaja sehingga merasa aman dan nyaman untuk dibimbing menuju masa depan yang dijanjikan oleh Tuhan Yesus Kristus.

Buku ini menggambarkan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi remaja.

Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 dengan segudang manfaat dan kecanggihannya menciptakan persaingan global yang semakin kompetitif. Individu dituntut agar semakin kreatif dan inovatif, serta menguasai berbagai keahlian. Karenanya guna menciptakan individu-individu yang berkualitas, pendidikan wajib berbenah diri. Salah satunya dengan merancang ulang (redesain) pembelajaran. Dalam revolusi industri 4.0, pembelajaran ditempatkan sebagai interaksi antara peserta didik dan pendidik yang saling berkolaborasi melengkapi satu sama lain. Pendidik membimbing, mengarahkan, dan membina potensi, bakat, dan minat peserta didik. Pendidik dituntut memiliki keahlian dan keterampilan di bidang teknologi, serta menguasai pengembangan pembelajaran berbasis digital. Pendidikan Agama Islam(PAI), khususnya, menjadi krusial menciptakan pembelajaran yang mampu mengakomodasi individu di era digital, tanpa mengurangi nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan. Berlandaskan pemikiran tersebut, peran guru PAI di sekolah menjadi sorotan utama dalam buku ini. Penulis menelusuri secara mendalam peranan guru PAI dalam meredesain pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna menghadapi revolusi industri 4.0 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri. Redesain pembelajaran dilakukan melalui teknik, taktik, pendekatan, metode, media dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Buku ini merupakan sebuah respon dalam menyambut era industri digital 4.0, dengan harapan pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam, terus berbenah diri demi meningkatkan kualitas hidup peserta didik yang beriman, kompeten, dan berakhlak mulia. Semoga bermanfaat! Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

1–4). pp. 1–4. Retrieved from http://bppsdmk.kemkes. go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2018/03/00-KATAKERJA-OPERASIONAL-KKO-EDISI-REVISI-TEORI-BLOOM.pdf Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam.