Sebanyak 38 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik

Buku ini mengungkapkan bahwa semakin mengadopsi materi agama nonmuslim maka pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama dapat diterima. Hal ini terus terlaksana karena tidak dijumpai peserta didik pluralistik mengkonversi agamanya menjadi agama Islam. Pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama tersebut dilakukan hanya pada aspek pengetahuan. Pelaksanaan ini dapat terus berlangsung dan dapat diketahui melalui beberapa hal. Kebijakan Yapis Papua dalam Pembelajaran PAI pada masyarakat pluralistik tidak memperhatikan keagamaan yang dianut para siswa melainkan hanya mengajarkan agama tertentu terhadap para siswa yang beragam keagamaannya. Namun demikian, cara pembelajaran PAI yang demikian itu dapat berjalan secara efektif atau tidak menimbulkan resistensi. Hal ini terjadi disebabkan pembelajaran di Yapis Papua tidak bertujuan mengganti keagamaan para siswa, tidak memaksa peserta didik menkonversi agamanya ke dalam agama Islam, tidak mewajibkan penghayatan dan pengamalan pengetahuan agama Islam. Penerapan pembelajaran ini dilakukan tidak sepenuhnya misi ideologi tetapi lebih didasari pada pertimbangan misi sosial terutama pengenalan Islam, karena pembelajaran pendidikan agama Islam diberikan kepada siswa nonmuslim tidak menjadikan mereka keluar dari agamanya justru menjadikan pelajaran pendidikan agama sebagai sarana memperkenalkan agama Islam. Penerapan pembelajaran PAI pada 3 satuan pendidikan Yapis Papua yaitu Universitas Yapis Papua, SMK Hikmah Yapis, dan SMA Hikmah Yapis dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai ahli yang memegang kontrol selama proses pembelajaran, model teacher centris, strategi pembelajaran ekspositori. Guru/Dosen sebagai subyek dalam pembelajaran PAI dimana pendidik tidak mengharuskan peserta didik pluralis mengamalkan ajaran agama Islam, memasukkan unsur nilai dan ajaran agama non muslim di dalam materi pembelajaran PAI, guru menurunkan nilai standar kriteria ketuntasan minimal bagi peserta didik nonmuslim. Pada sisi kognitif, guru menyadur ajaran agama peserta didik pluralistik. Pada sisi psikomotorik mereka hanya mengetahui praktik keagamaan namun tidak dilaksanakan. Pada sisi afektif, guru mengambil nilai-nilai yang sama dengan ajaran agama lain yang sesuai dengan afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Hal ini diberikan karena program studi tersebut adalah program studi umum yang peserta didiknya ada yang beragama Islam ada pula yang beragama non Islam.344 Terkecuali pada program studi Pendidikan Agama Islam yang mana mata kuliah ...

Pendidikan Agama Islam: Materi Pembelajaran Perguruan Tinggi

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi, setiap mata kuliah pasti memerlukan literatur dan media sebagai acuan dan penunjang pembelajaran. Beragamnnya buku dan literatur yang digunakan dosen dalam mengajar, membuat tujuan dalam pembelajaran menjadi kurang terarah. Agar lebih terarah dan untuk mengefektifkan proses belajar-mengajar tersebut, maka dosen dituntut untuk menyusun buku ajar atau modul yang sesuai dengan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) maupun Satuan Materi Sajian (SMS), yang akan digunakan sebagai alternatif literatur kegiatan pembelajaran.

... dan aspek kedua yang ditujukan kepada pikiran yakni pengajaran agama Islam itu sendiri.2 Materi merupakan alat ... tujuan Pendidikan Agama Islam.4 Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) keseluruhannya mencakup al-Qur'an, al-Hadist, ...

Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum

Buku PAI pada PTU ini merupakan salah satu ikhtiar penulis dalam menyebarluaskan ilmu sekaligus untuk menyediakan bahan bacaan atau rujukan bagi peserta didik dan pendidik yang sedang melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum. Buku Edisi III ini merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan berupa penambahan bab dan konten di dalamnya, dari materi bahan ajar yang pernah penulis sampaikan sebelumnya.

Buku PAI pada PTU ini merupakan salah satu ikhtiar penulis dalam menyebarluaskan ilmu sekaligus untuk menyediakan bahan bacaan atau rujukan bagi peserta didik dan pendidik yang sedang melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam ...

Membumikan Pendidikan Karakter Di SD

Konsep, praktik & strategi

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN di Perguruan Tinggi

Pertama dan utama, penulis memanjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT, serta shalawat dan salam kepada Nabi tercinta Muhammad SAW. Dimana atas inayah-nya dan berkah Nabi-nya penulis dapat menyelesaikan buku ini meskipun dengan segala kekurangannya. Buku ini adalah buku penulis yang secara khusus bicarakan tentang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diperkayakan dengan tulisan lain dalam bidang pendidikan. melihat isi buku, penulis memberikan nama karya dengan judul “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi”. Buku ini berisi tentang bahan ajar yang akan diajarkan diperguruan tinggi dengan kajian-kajian sebagai berikut, Meberikan Pemahaman Tentang dan Hakikat isi Pancasila Sebagai Falsafah Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, UUD 1945 dan GBHN dan Pembentukan Karakter Sehingga dapat diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari. Pada akhirnya atas selesainya penulisan buku ini penulis mengucapkan terimakasih kepada suami/istri tercinta yang banyak memberikan supor dalam penyelesaian buku ini. dan demikian pula ucapan terimakasih kepada teman-teman lain yang tidak mungkin penuliskan sebutkan satu persatu disini telah membantu penulisan dalam penyelesaian buku ini.

Pertama dan utama, penulis memanjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT, serta shalawat dan salam kepada Nabi tercinta Muhammad SAW.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik

Buku ini memaparkan tentang keunikan kondisi suatu sekolah dengan keragaman etnik dan budaya, namun dibalut dengan toleransi yang tinggi terhadap seluruh anggota warga sekolah sehingga menghasilkan proses pendidikan yang nyaman dan lingkungan yang harmonis serta keberhasilan dalam pendidikan agama Islam yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. #Pembelajaran #Pendidikan #Agama #Islam #Berbasis #Multietnik #Mahfud #Abdul #Mujib #Agus #Kurniawan #Yuyun #Yunita #Deepublish

Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga
sekolah di bidang akademis dan non akademis. 3. ... Menyusun dan
menerapkan KTSP memuat kebijakan upaya perlindungan dan pengelolaan
lingkungan hidup.

Biografi Seorang Guru Madrasah

Kisah Perjalanan Hidup H. M Arfan

Di dalam buku ini Mieke mengangkat kisah perjalan hidup seorang guru di MI Sabilal Muhtadin Jaya Karet Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur yang bernama H. Muhammad Arfan Mari kita baca, simak, dan mengambil hikmah dari kisah yang ada pada buku ini, semoga dengan begitu dapat dijadikan sebagai cermin diri bagi kita dalam menjalani kehidupan selanjutnya dalam buku ini, [Penerbit Deepublish, Deepublish, Biografi Seorang Guru Madrasah, Kisah Perjalanan Hidup H. M Arfan]

Di dalam buku ini Mieke mengangkat kisah perjalan hidup seorang guru di MI Sabilal Muhtadin Jaya Karet Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur yang bernama H. Muhammad Arfan Mari kita baca, simak, dan mengambil ...