Sebanyak 166 item atau buku ditemukan

PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Buku ini belum dapat dijadikan sebagai buku referensi utama akan tetapi dapat dijadikan sebagai sumber pelengkap dari buku “Pengelolaan Pendidikan” yang telah ada sebelumnya. Insya Allah buku ini akan diterbitkan dalam beberapa edisi guna menyesuaikan perkembangan, kerena itu kritik dan saran dari berbagai pihak, khususnya para pembaca sangat diharapkan. Selanjutnya, harapan penulis bahwa pada saatnya buku ini akan menjadi buku referensi yang diminati oleh para pembaca.

Lembaga pendidikan memiliki fungsi seperti: • Untuk mempersiapkan seluruh masyarakat dapat mandiri dalam mencari nafkahnya sendiri. • Membangun serta mengembangkan minat dan bakat individu demi kepuasan pribadi dan kepentingan umum.

Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan Pendidikan bertujuan memberikan dasar pemikiran dan langkah-langkah (prosedur) operasional dalam mengelola pendidikan, khususnya satuan pendidikan (sekolah). Pembelajaran Mikro diberi bobot 2 SKS. Adapun materi pembelajaran mikro adalah konsep dasar, fungsi dan peranan, proses dan prosedur, serta bidang-bidang Garapan pengelolaan pendidikan di tingkat mikro (persekolahan), messo (kabupaten/kota), dan makro (nasional), wawasan dasar pengelolaan pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, supervise pendidikan, system informasi pendidikan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan fasilitas dan biaya pendidikan, manajemen peningkatan mutu dan supervise sekolah, pengelolaan kelas

Pengelolaan Pendidikan bertujuan memberikan dasar pemikiran dan langkah-langkah (prosedur) operasional dalam mengelola pendidikan, khususnya satuan pendidikan (sekolah).

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Pengelolaan merupakan kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang-orang serta kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan. Karena pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas. fungsi pengelolaan sarana dan prasarana sangat mendasar sekali dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan iklim sosio emosional dan mengelola proses kelompok, sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan, indikatornya proses belajar mengajar berlangsung secara efektif. Kajian dalam buku ini antara lain memberikan pemahaman kepada pembaca tentang pengelolaan sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana pendidikan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, dan pengelolaan terhadap pendayagunaan sarana prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kajian dalam buku ini antara lain memberikan pemahaman kepada pembaca tentang pengelolaan sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana pendidikan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, dan pengelolaan terhadap pendayagunaan sarana ...

STATISTIK TERAPAN

Arkas Viddy. Lahir di sukan berau, 8 mei 1965 dari pasangan Abdul Rahman dan Siti Nurbaya, sejak kecil tinggal di Kota Tarakan dan Nunukan Kalimantan Utara. Menempuh pendidikan Di Fakultas Ekonomi (SI) Universitas Mulawarman, Samarinda dan pendidikan terakhir (S3) di bidang Strategic Economic Victoria University, Melbourne Australia pada tahun 2010. Saat ini menjadi dosen di Politeknik Negeri Nunukan. Beberapa buku yang pernah di terbitkan adalah 'The Economic Interchange In Indonesia' (The Case Of East Kalimantan, Indonesia). Selain itu juga telah menghasilkan berbagai artikel dan jurnal international Herlina, S.Pd.,M.Pd, Lahir di Maccope, 10 November 1988, sejak kecil tinggal di Kota Makassar dan Nunukan Kalimantan Utara. Menempuh pendidikan Di Universitas Negeri Makassar (UNM), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), S2 Pendidikan Matematika UNM di Universitas Negeri Makassar (UNM), Melbourne Australia pada tahun 2012 – 2014. Saat ini menjadi dosen di Politeknik Negeri Nunukan.

Arkas Viddy.

Manajemen Risiko Bisnis Era Digital

Kegiatan bisnis tidak terlepas dari potensi risikonya, baik kerugian hingga kegagalan usaha. Sebagaimana di era digital saat ini, di mana pengelolaan bisnis dan transaksinya kepada pelanggan (customer) kini mulai beralih menggunakan berbagai piranti elektronik yang tentunya membawa potensi risiko sistem bisnis digital bagi kedua belah pihak. Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar manajemen risiko bisnis era digital dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 12 bab yang saling terhubung, yaitu: Konsep Dasar dan Jenis Risiko; Model Manajemen Risiko Bisnis; Identifikasi Risiko Bisnis; Daftar Kerugian Potensial; Pengukuran Risiko; Pengendalian Risiko Bisnis; Asuransi Sebagai Alih Risiko; Premi dan Polis Asuransi; Risiko Bisnis Pada Aplikasi Media Sosial; Risiko Pemasaran Digital; Risiko Pembayaran Uang Digital; Tren Bisnis Startup dan Potensi Risikonya.

(2017) karena di mata pengguna media ini memberi harapan kinerja yang baik, resiko rendah, dipercaya, dan menghibur yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk platform bisnis. Bagi para wirausaha muda media ini juga merupakan platform yang ...

MANAJEMEN RISIKO USAHA MIKRO

Dalam dunia usaha, risiko akan selalu ditemui karena adanya ketidakpastian yang tidak dapat diprediksi sebelumnya yang dapat menyebabkan beberapa kerugian yang harus diterima oleh perusahaan. Begitu juga untuk usaha kecil menengah (UKM) di mana latar belakang modal yang kurang begitu kuat, menyebabkan risiko yang berakibat pada gangguan operasional, kerugian finansial dan bahkan akan mengarah pada kebangkrutan. Walaupun risiko itu beragam dan pasti ada dalam dunia industri, namun risiko dapat dideteksi lebih awal sehingga dapat diantisipasi dampak yang mungkin timbul. Pengelolaan risiko agar risiko tersebut tidak menjadi suatu penggangu dalam kegiatan industri ini biasanya disebut dengan manajemen risiko (risk management). Oleh karena itu pengelolaan risiko untuk mengurangi dan meminimalkan kerugian sangat penting untuk usaha kecil mengingat risiko yang dihadapi industri kecil menengah cukup beragam.

Hal ini secara konkret menunjukkan pentingnya manajemen resiko dalam bisnis pada masa kini. Secara umum resiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang dihadapi seseorang atau perusahaan di mana terdapat kemungkinan yang merugikan.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Islam memandang pendidikan sebagai nilai kebaikan dan inti dari pendidikan itu sendiri. Nilai yang dimaksud tersebut adalah akhlak, yakni nilai-nilai yang berasal dari ajaran agama Islam yang bersumberkan Al-Qur’an dan Hadis. Buku ini menjelaskan tentang nilai dalam ajaran agama Islam yang berperan penting dalam upaya mewujudkan manusia yang utuh atau insan kamil. Tantangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di negara Indonesia adalah terletak pada kesulitan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, tetapi mempunyai kualitas iman dan akhlak mulia, karena tujuan dari pendidikan agama Islam adalah membentuk manusia yang mempunyai kepribadian yang seimbang antara dunia dan akhirat.

Tantangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di negara Indonesia adalah terletak pada kesulitan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, tetapi ...

Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Religius Siswa

Guru Pendidikan Agama Islam tidak hanya memberikan santapan jiwa kepada siswanya berupa ilmu dan pengetahuan saja, Melainkan juga berkaitan dengan pendidikan akhlak mulia, sehingga perilaku dan budi pekerti siswa menjadi baik dan luhur. Seorang guru atau pendidik haruslah menjadi sosok manusia yang memberikan contoh atau uswatun hasanah terhadap para siswanya. Sehingga siswa-siswanya senantiasa berperilaku religius. Dewasa ini banyak sekali para siswa-siswanya mengalami dekadesi moral, dan perilaku religius. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perubahan dinamika kehidupan yang dihadapi para siswanya. Oleh karena itu, sebagai sesorang guru Pendidikan Agama Islam mempuyai tanggung jawab yang besar dan mendidik, memberikan solusi terhadap keadaan dan situasi yang dihadapi sekarang, serta mengajarkan para siswanya untuk senantiasa berperilaku religius ketika berada di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-sehari ketika berada di rumah. Dalam buku ini, banyak mengupas tuntas tentang bagaimana seorang guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan upaya atau kiat-kiat yang dapat dilakukan dalam meningkatkan perilaku religius siswa. Buku ini juga dipadukan dengan teori dan pendapat para ahli seputar menjadi guru Pendidikan Agama Islam yang hakiki dalam membentuk krakter siswa yang senantiasa berperilaku religius yang kemudian di cek keabsahan teori tersebut dengan penelitian lapangan yang dilakukan oleh penulis sendiri. Oleh karena itu buku ini sangatlah cocok sekali bagi seorang guru Pendidikan Agama Islam yang kesulitan untuk membentuk dan meningkatkan perilaku religius siswa di sekolah maupun di rumah.

Dalam buku ini, banyak mengupas tuntas tentang bagaimana seorang guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan upaya atau kiat-kiat yang dapat dilakukan dalam meningkatkan perilaku religius siswa.

Manajemen Kesehatan Bank

Buku Manajemen Kesehatan Bank dalam rangka menambah khazanah dan ilmu pengetahuan para pembaca terutama dikalangan mahasiswa tentang dunia perbankan yang lebih fokus kepada kinerja dari perbankan itu sendiri. Trend Kinerja perbankan positif mencerminkan kesehatan bank itu dalam kategori sehat atau bahkan sangat sehat. Penyusunan buku ini didasarkan pada kajian teori-teori perbankan, penelitian dan pengalaman salah satu penulis selama bekerja kurang lebih 4 tahun di industri perbankan. Materi isi buku ini diambil dari beberapa buku perbankan serta aturan-aturan terkait dengan perbankan, baik yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia (BI). Metode penulisan dan gaya bahasa yang penulis sajikan dalam buku ini merupakan metode gaya bahasa yang mudah dipahami. Diharapkan dengan hadirnya buku ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi para mahasiswa atau siapa saja yang berminat mengetahui manajemen kesehatan bank yang disertai dengan contoh dan proses perhitungan.

Buku Manajemen Kesehatan Bank dalam rangka menambah khazanah dan ilmu pengetahuan para pembaca terutama dikalangan mahasiswa tentang dunia perbankan yang lebih fokus kepada kinerja dari perbankan itu sendiri.