Sebanyak 166 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah. Selain itu dengan menggunakan buku ajar, maka mahasiswa dapat menyerap materi dengan lebihbaik, dan memahami konsep dalam mengajar Bahasa Indonesia khususnya di kelas rendah SD. Buku ini telah disesuaikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam penyusunan buku ini, penyusun tidak menggunakan banyak Referensi atau sumber rujukan. Sumber rujukan menggunakan artikel bermuatan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa khususnya yang berasal dari Wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah.

Bahasa Indonesia Kesehatan

Buku ajar bahasa indonesia merupakan bentuk apresiasi terhadap pengembangan kemempuan mahasiswa dalam berbahasa indonesia dengan baik dan benar karena penguasaan bahasa indonesia dapat di jadikan tolok ukur nasionalisme seseorang sebagai kaum cendekiawan bangsa indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga sebagai sarana pengembangan kemampuan mahasiswa untuk mengorganisasi ide-ide atau konsep untuk di komunikasikan kepada pihak lain sehingga terjalin interaksi lisan maupun tulis yang berkesinambungan dan menghasilkan pengetahuan serta pengelolaan keilmuan yang efektif.

Buku ajar bahasa indonesia merupakan bentuk apresiasi terhadap pengembangan kemempuan mahasiswa dalam berbahasa indonesia dengan baik dan benar karena penguasaan bahasa indonesia dapat di jadikan tolok ukur nasionalisme seseorang sebagai ...

Pokok-Pokok Bahasa Indonesia

Dalam buku ini, penulis memaparkan konsep menulis karya ilmiah, penulisan resensi, kalimat efektif, pengembangan paragraf, dan tata cara presentasi, pidato, membuat ringkasan, dan pengembangan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, buku ini merupakan salah satu buku wajib dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Buku ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam menguasai mata kuliah bahasa Indonesia, dengan tujuan akhir diharapkan mahasiswa terampil dalam berbahasa, sehingga mahasiswa dapat dibina melalui kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan keterampilan menulis akademik. Karena mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai MPK menekankan keterampilan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam aspek menulis karya ilmiah. Materi yang disajikan dalam buku ini merupakan hasil kajian bersama mahasiswa dalam mata kuliah” Bahasa Indonesia”. Untuk itu, ucapan terima kasih yang tidak terhingga penulis sampaikan kepada seluruh mahasiswa Program Studi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Singaperbangsa Karawang yang telah memberikan sumbangan ide kepada penulis, sehingga terciptalah buku ini.

Dalam buku ini, penulis memaparkan konsep menulis karya ilmiah, penulisan resensi, kalimat efektif, pengembangan paragraf, dan tata cara presentasi, pidato, membuat ringkasan, dan pengembangan bahasa Indonesia.

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Sinonim

Sinopsis Detail Karya tulis yang menarik dan nyaman dibaca bukan hanya ditentukan oleh paragraf yang padu-utuh, kalimat yang efektif, dan kosakata yang cermat-tepat, melainkan juga didukung oleh tata hubungan makna yang apik. Keapikan tata hubungan makna antarkata, antarkalimat, dan antarparagraf niscaya membuat karya tulis lebih mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca. Keapikan tata hubungan makna itu ditandai oleh ketelitian, kecermatan, ketepatan, keserasian, dan kepaduan hubungan makna di dalam karya tulis. Setiap penulis perlu menguasai sekaligus terampil menata hubungan makna di dalam karya tulisnya. Untuk itu, kiranya setiap penulis perlu rajin mengasah dan meningkatkan keterampilan menata hubungan makna, baik antarkata, antarkalimat, maupun antarparagraf. Ada bermacam-macam tata hubungan makna yang perlu dikuasai oleh seorang penulis agar terampil menulis karya tulis yang baik, yang di dalamnya terkandung kalimat yang efektif dan kata-kata yang cermat-tepat. Salah satu tata hubungan makna antarkata dan antarkalimat yang penting untuk dikuasai oleh seorang penulis adalah sinonim di samping antonim, homonim, hiponim, dan polisemi. Dengan menguasai sinonim, seorang penulis bukan hanya dapat memilih dan menggunakan kata-kata secara cermat dan tepat untuk mewadahi pikiran dan gagasannya, tetapi juga mampu mengungkapkan isi pikiran dan gagasan secara detail, bervariasi, dan kaya. Ringkas kata, terampil memahami dan menggunakan kesinoniman mencerminkan ketajaman, ketelitian, kekayaan, dan keberagaman pikiran dan gagasan seorang penulis. Buku yang pembaca pegang ini membantu meningkatkan penguasaan dan keterampilan menggunakan kesinoniman yang akan mendukung kemenarikan dan keapikan karya tulis Anda.

Dengan beasiswa Tim Manajemen Program Doktor, magister pendidikan diselesaikan pada tahun 1991 dan doktor pendidikan diselesaikan pada tahun 1997. Pada tahun 2009, penulis meraih Guru Besar (Profesor) dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa ...

Pengantar Ilmu Pemerintahan

Buku ini berusaha memperkenalkan bagaimana mengetahui dan memahami proses penyelenggaraan pemerintahan dalam suatu negara dengan berbagai fenomena dan problematika yang terjadi. Dalam buku ini, tidak hanya mengutamakan pemahaman pada materi saja, tetapi juga menjelaskan dengan tepat secara kontekstual. Untuk itu, sifat penyajiannya lebih informatif dari pada substantif, mengingat karakteristik buku pengantar yang meletakan dasar-dasar menuju pada pemahaman lebih lanjut tentang Ilmu Pemerintahan.

Untuk itu, sifat penyajiannya lebih informatif dari pada substantif, mengingat karakteristik buku pengantar yang meletakan dasar-dasar menuju pada pemahaman lebih lanjut tentang Ilmu Pemerintahan.

Pendidikan Pancasila

Buku ajar Pendidikan Pancasila ini dilahirkan untuk menunjang Pembelajaran Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. Buku ini membahas landasan Pendidikan Pancasila, diantaranya Landasan Historis, Yuridis dan Kultural filosofi.

Buku ajar Pendidikan Pancasila ini dilahirkan untuk menunjang Pembelajaran Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. Buku ini membahas landasan Pendidikan Pancasila, diantaranya Landasan Historis, Yuridis dan Kultural filosofi.

PANCASILA & COVID-19 Refleksi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Pandemi Covid-19

Semoga buku ini tidak hanya dapat memperluas wawasan pada para pembacanya. Buku ini diharapkan juga dapat menstimulasi para pembaca untuk melakukan refleksi dan aksi yang nyata. Dengan demikian Pancasila tidak hanya berkembang dalam tataran verbal pidato para pejabat dan topik pembicaraan mata pelajaran di kelas, melainkan juga menjadi "working ideology" menjadi "living ideology" sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara kita menjadi lebih sehat dan baik. Semoga. Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) *** Semoga buku ini bisa menambah lebih dalam lagi kesadaran kita untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik ditengah krisis karena pandemi ini. Karena alam memiliki cara tersendiri untuk mengingatkan manusia bahwa semua diri terkoneksi dengan sesuatu yang lebih besar dan lebih tinggi. Risa Santosa, B.A., M.Ed. Rektor Institut ASIA Malang

Dr. Hariyono, M.Pd. Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) *** Semoga buku ini bisa menambah lebih dalam lagi kesadaran kita untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik ditengah krisis karena ...

BUKU AJAR PANCASILA

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila. Setelah mengikuti perkuliahan Pancasila diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis konsep ideologis Pancasila sebagai ideologi negara serta secara kreatif dan inovatif mengaplikasikannya pada berbagai keputusan-keputusan etis.

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila.

FLEXIBLE LEARNING & PENDIDIKAN KARAKTER

Refleksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Saat ini, pembelajaran diarahkan kepada penguasaan keterampilan abad ke-21 dan pendidikan karakter untuk membentuk peserta didik yang mampu menjadi pebelejar sepanjang hayat dan mengenal akar budayanya sehingga mampu bersikap sesuai dengan nilai-nilai karakter bangsa. Hal ini juga yang diupayakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di setiap jenjang. Upaya ini mendapat tantangan yang cukup besar baik dilihat dari sisi kesiapan pendidik, peserta didik, maupun fasilitas pendukung yang ada. Di tengah upaya yang dilakukan, pandemi Covid-19 melanda dan membawa tantangan baru dalam pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia. Guru dituntut lebih inovatif dan mampu memahami konsep TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik serta mampu menumbuhkembangkan karakter dalam pembelajaran. Untuk itulah, buku ini hadir untuk berupaya memberikan gambaran terkait apa yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia dalam menyelenggarakan pembelajaran dengan melihat faktor pendukung yang ada.

SMCC Higher Education Research Journal, 2(1). Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). ... Neo-Jer: North Borneo Journal of Educational Research, 1(1), 1-11. ... IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Nubar - Tokoh Pendidikan Dunia (Jabar #58) Jilid 1

Dunia pendidikan sedang menjadi fokus perhatian. Segala aktivitas berbau pendidikan menjadi sorotan. Tokoh pendidikan wajib menjadi panutan. Perannya sangat besar dalam perkembangan kemajuan pendidikan. Dua puluh satu tokoh pendidikan dunia dalam dan luar negeri disajikan dalam buku ini. Sudahkah mengetahui hasil pemikiran para tokoh seperti; Lev Vygotsky, Ikhwan Al-Shafa, Friedrich Wilhelm August Froebel, Taufiqi Bravo Viec, Abdullah Gymnastiar? Siapa lagi enam belas tokoh lainnya? Jawabannya ada dalam buku ini. Dua puluh satu artikel mengupas tuntas buah pemikiran dua puluh satu tokoh penting dalam dunia pendidikan. Pemikiran dan karya-karya mereka menjadi referensi berharga untuk menciptakan pendidikan berkualitas.

Gerakan Thawalib adalah gerakan yang dibangun kaum reformis Islam di Sumatera Barat yang dipengaruhi oleh pemikiran ... Rasuna Said kemudian mendalami agama pada Haji Rasul atau Dr. H. Abdul Karim Amrullah yang mengajarkan pentingnya ...