Sebanyak 35 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi penelitian merupakan cara bagaimana kita melakukan penelitian. Penelitian adalah upaya untuk mendapatkan informasi dan melakukan investigasi data, guna mendapatkan ilmu pengetahuan atau menemukan ilmu baru. Apa itu metodologi penelitian? Secara etimologi, metodologi penelitian akan menjelaskan secara teknis cara, metode atau trik. Karena konteksnya adalah melakukan penelitian, maka dasar yang paling fundamental yang harus kamu miliki adalah mengetahui proses menjalankan penelitian. Buku ini memaparkan materi-materi yang sangat dibutuhkan dalam penelitian. Selain itu, buku ini juga disusun secara lengkap dan praktis. Sehingga diharapkan dapat menjadi tuntunan bagi mahasiswa maupun peneliti yang mengharpakan adanya panduan penelitian yang lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Materi yang dibahas dalam buku ini yaitu: Pengertian dan Konsep Dasar Penelitian Ilmiah Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Konsep Hipotesis Penelitian Teknik Uji Hipotesis Penelitian Jenis Variabel Penelitian Desain Penelitian Populasi dan Sampel

Apa itu metodologi penelitian? Secara etimologi, metodologi penelitian akan menjelaskan secara teknis cara, metode atau trik.

Psikologi Sosial Suatu Pengantar

Buku ini terdiri dari 14 (empat belas) bab yang ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi refrensi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu juga, kami mengharapkan buku ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan tentang psikologi sosial.

Lahir di Jambu (Luwu) (Sulawesi-Selatan), 10 Oktober, dari pasangan Bapak Syamsualam dengan Ibu Hj. Mina) merupakan Dosen bidang Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng ...

Perlindungan Hukum Terhadap HKI

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak yang berkenaan dengan kekayaan yang timbul karena kemampuan intelektual manusia. Kemampuan tersebut dapat berupa karya dibidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Konsepsi mengenai hak kekayaan intelektual didasarkan pada pemikiran bahwa karya intelektual yang telah dihasilkan manusia memerlukan pengorbana tenaga, waktu, dan biaya. Dengan adanya pengorbanan tersebut menjadikan karya yang telah dihasilkan memiliki nilai ekonomi karena manfaat yang dapat dinikmati. Secara garis besar ruang lingkup hak kekayaan intelektual dibagi menjadi dua, yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri. Hak cipta terdiri dari ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Hak kekayaan industri terdiri dari paten, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, dan perlindungan varietas tanaman. Dalam keperluan itulah, buku Perlindungan Hukum Terhadap HKI ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Perlindungan Hukum Terhadap HKI ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Mahasiswa perlu ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Hal ini mengingat bahasa Indonesia merupakan alat mengungkapkan diri baik secara lisan maupun tertulis, dari segi rasa, karsa, dan cipta, serta pikir, baik secara etis, estetis, maupun secara logis. Warga negara Indonesia yang mahir berbahasa Indonesia yang akan dapat menjadi warga negara yang mampu memenuhi kewajibannya di mana pun mereka berada di wilayah tanah air dan dengan siapa pun mereka bergaul di wilayah NKRI. Oleh sebab itu, kemahiran berbahasa Indonesia menjadi bagian dari kepribadian Indonesia. Kemahiran berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia tercermin dalam tata pikir, tata ucap, tata tulis, dan tata laku berbahasa Indonesia dalam konteks ilmiah dan akademis. Oleh karena itu, bahasa Indonesia masuk ke dalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian mahasiswa, yang kelak sebagai insan terpelajar akan terjun ke dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemimpin dalam lingkungannya masing-masing. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan kelak dapat menyebarkan pemikiran dan ilmunya, mereka diberi kesempatan melahirkan karya tulis ilmiah dalam berbagai bentuk dan menyajikannya dalam forum ilmiah. Kesempatan berlatih diri dalam menulis akan mengambil proporsi sebesar 70 persen dibandingkan dengan penyajian lisan. Jadi, praktik menggunakan bahasa Indonesia dalam dunia akademik/ilmiah mendapatkan perhatian sangat tinggi dalam perkuliahan ini. Kerja sama dalam meningkatkan kualitas karya tulis hendaknya dipadukan dalam strategi belajar bersama dalam bentuk saling menyunting karya ilmiahnya. Mahasiswa peserta kuliah perlu disadarkan tentang kenyataan ini dan ditimbulkan kebanggaannya terhadap bangsa nasional kita. Kemudian, mahasiswa hendaknya juga ditingkatkan kesadarannya akan kedudukan BI sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, dan fungsi BI sebagai bahasa lingua franca yang berpotensi untuk mempersatukan seluruh bangsa. Untuk selanjutnya, mereka hendaknya diminta untuk mengidentifikasi implikasi dari semua butir tentang bahasa Indonesia tersebut bagi mereka sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Penyadaran dicapai lewat kegiatan ceramah dan tanya jawab/diskusi, sedangkan identifikasi implikasi melalui diskusi kelompok.

Mahasiswa perlu ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.

Problematika Dakwah di Media Sosial

Pada awalnya media sosial hanya digunakan untuk tujuan have fun, bersenang-senang, berinteraksi satu sama lainnya. Namun dalam perkembangannya penggunaan media sosial berkembang ke arah yang lebih produktif untuk kepentingan ekonomi, politik dan juga agama. Dalam konteks keagamaan, media sosial menjadi saluran paham dan ideologi keagamaan, juga dimanfaatkan sebagai saluran dakwah. Meskipun demikian, pemanfaatan media sosial juga menghadirkan permasalahan di kalangan umat Islam sendiri. Hal inilah yang akan menjadi fokus pembahasan dalam buku ini. Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi aktivis dakwah dan juga bagi para akademisi, baik dosen maupun mahasiswa. Buku ini bersama buku-buku bertemakan dakwah lainnya diharapkan akan mampu berkontribusi maksimal dalam membuka cakrawala pandang umat Islam akan aktivitas dakwah yang responsif terhadap dinamika zaman. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pemanfaatan media sosial sebagai saluran dakwah.

Pada awalnya media sosial hanya digunakan untuk tujuan have fun, bersenang-senang, berinteraksi satu sama lainnya.

Pengantar Bisnis

Pengantar bisnis merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program studi Manajemen. Untuk itu, buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu modul pembelajaran pada program studi Manajemen. Materi pada buku Pengantar Bisnis ini disusun dan disesuaikan dengan pertemuan mata kuliah Pengantar Bisnis di mana terdapat 14 bab yang di bagian akhir setiap bab disertai dengan latihan soal. Dalam buku Pengantar Bisnis ini mencakup tentang pengertian dan konsep dasar bisnis, lingkungan yang mempengaruhi bisnis, serta jenis organisasi bisnis. Selain itu, pada buku ini juga akan dibahas mengenai beberapa fungsi operasional bisnis dalam organisasi antara lain fungsi keuangan, sumber daya manusia, operasi dan produksi, serta pemasaran. Dalam mempelajari Pengantar Bisnis dengan pendekatan menyeluruh, setiap entitas bisnis diharapkan mampu memahami dan mengelola pengaruh lingkungan bisnis dengan bijak, serta mampu memilih bentuk struktur organisasi sesuai dengan lingkungan bisnis yang dihadapi. Sehingga melalui buku Pengantar Bisnis ini, dapat dipahami bahwa setiap pelaku bisnis diharapkan dapat menyimpulkan konsep dasar saat akan memulai bisnis, dan mengelola bisnis yang berfokus pada fungsi – fungsi utama bisnis. Uraian pada buku ini antara lain menjelaskan bagaimana aktivitas bisnis, bagaimana menemukan peluang bisnis, apa saja bentuk dan jenis aktivitas bisnis, bagaimana mengelola bisnis yang efektif dan efisien, serta gambaran mengenai bisnis baik bisnis skala kecil, skala besar, maupun skala global.

Pengantar bisnis merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program studi Manajemen.

Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C

Buku ini ditulis berdasarkan keinginan penulis yang mengampu mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Tujuan disusunnya buku ini yaitu untuk memudahkan mahasiswa belajar algoritma dan pemrograman. Tersusunnya buku ini tentu bukan dari usaha penulis saja. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Institut Teknologi Telkom Surabaya, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, serta Program Studi Teknologi Informasi. Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

BUKU AJAR PANCASILA

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila. Setelah mengikuti perkuliahan Pancasila diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis konsep ideologis Pancasila sebagai ideologi negara serta secara kreatif dan inovatif mengaplikasikannya pada berbagai keputusan-keputusan etis.

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila.

Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen.

Pengantar Manajemen

Buku Pengantar Manajemen ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Pengantar Manajemen. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen, Sejarah dan Teori Manajemen, Struktur dan Desain Organisasi, Dasar-dasar Perencanaan, Manajemen Strategik, Manajemen Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Teori Pengambilan Keputusan, Kepemimpinan dalam Manajemen, Lingkungan dan Budaya Organisasi, dan bab terakhir yaitu Etika Manajemen.

Buku Pengantar Manajemen ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.