Sebanyak 1740 item atau buku ditemukan

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH: Kumpulan Opini Luaran PLP I FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Pemerintah telah berupaya melakukan agar pembelajaran tetap berjalan baik dirumah maupun di sekolah.Namun, tetap memprioritaskan Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga Pendidikan, keluarga dan masyarakat secara umum.Salah satu kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkannya adalah menyesuaikan kegiatan pembelajaran di era pandemic.Selain itu juga sekolah diberik fleksibelitas untuk memilih kurikulum sesuai kebutuhan pembelajaran masa pandemi.Walaupun beberapa kebijakan sudah dikeluarkan tetap saja beberapa dampak terus bermunculan khususnya ditingkat sekolah dasar.

Pemerintah telah berupaya melakukan agar pembelajaran tetap berjalan baik dirumah maupun di sekolah.Namun, tetap memprioritaskan Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga Pendidikan, keluarga dan masyarakat secara umum.Salah ...

MEDIA PEMBELAJARAN KUMPULAN ARTIKEL LUARAN PLP II FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG

Pengenalan Lapangan Persekolahan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung merupakan kegiatan intra-kurikuler yang bersifat wajib bagi mahasiswa calon Sarjana Strata Satu dalam rangka peningkatan pemahaman, wawasan dan keterampilan mahasiswa. Pengenalan Lapangan Persekolahan memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman, ilmu dan jejaring (networking). Dalam kondisi pandemi ini dunia pendidikan tentunya pun mengalami beberapa penyesuaian. Begitupun kegiatan PLP II ini. Esensinya tetap sama yaitu mahasiswa melakukan kegiatan observasi budaya sekolah, namun disesuaikan dengan kondisi pandemi yang mengharuskan adanya pembatasan fisik. Sehingga kegiatan observasi lebih diarahkan selain observasi budaya sekolah juga pembelajaran di masa pandemi. Penerbitan Buku Kumpulan Artikel Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ini disusun sebagai pertanggungjawaban dari pelaksanaan PLP II yang telah berlangsung yang menghasilkan luaran. Buku ini ditujukan kepada seluruh civitas akademika, baik dosen, mahasiswa, maupun unsur penunjang lainnya agar dapat digunakan untuk referensi.

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK: Kumpulan Opini Luaran PLP I FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Anak-anak pada saat ini khususnya sekolah dasar merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Penanaman moralitas pada anak usia dini melalui pendidikan karakter merupakan kunci utama dalam membangun sebuah negara. Penyebabnya adalah kebanyakan anak masa sekarang lebih bandel atau susah diatur yang membikin orang tua mengelus dada, misalnya siswa SD berani memukul gurunya dan orang tuanya, berkelahi dengan temannya,dan perilaku buruk lainnya

PENGUATAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN: Kumpulan Opini Luaran PLP I FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Data literasi Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara maju yang ada di dunia sesuai dengan hasil data yang disurvei oleh Kata data Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang hasil dari indeks literasinya berada di level 3,49 pada 2021. Angka tersebut menempatkan indeks literasi digital Indonesia masih berada dalam kategori sedang dengan skala skor indeks 0-5

KOMPETENSI GURU: Kumpulan Opini Luaran PLP I FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Hakikatnya, Guru merupakan agen pembelajaran dan bertanggungjawab penuh dalam mendidik, mengarahkan, membimbing, melatih dan mengevaluasi siswa. Berbicara mengenai guru tentu tidak akan ada habisnya. Betapa tidak, tugas dan tanggung jawab yang besar berada dipundak seorang guru.Bisa dikatakan keberhasilan kurikulum dalam satuan pembelajaranpun ada di tangan guru. Di lingkungan sekolah, guru pasti akan berhadapan dengan para siswa yang memiliki karakteristik yang beragam. Untuk mengembangkan kemampuan dan kualifikasinya, guru perlu menguasai empat kompetensi dasar seperti yang telah dicantumkan dalam UU No. 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat (1) dimana kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kpribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang semuanya diperoleh melalui pendidikan profesi.

Hakikatnya, Guru merupakan agen pembelajaran dan bertanggungjawab penuh dalam mendidik, mengarahkan, membimbing, melatih dan mengevaluasi siswa.

Pengembangan Media dan Alat Peraga: Konsep & Aplikasi dalam Pembelajaran IPA

Buku ini bisa digunakan sebagai pendamping mata kuliah dan juga untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang ingin belajar di bidang Pengembangan Media dan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Alam serta keterampilan berpikir komputasi (computational thinking). Buku ini berisi materi mengenai penjelasan media dan alat peraga IPA, peran, fungsi, aspek kelayakan, hingga aplikasinya seperti pembuatan insektarium dan herbarium, pembuatan powerpoint interaktif, serta media digital Scratch.

Buku ini bisa digunakan sebagai pendamping mata kuliah dan juga untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang ingin belajar di bidang Pengembangan Media dan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Alam serta keterampilan berpikir komputasi ...

Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal

Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata Kuliah Manajemen Inovasi. Dalam buku ini dituangkan bagaimana inovasi mahasiswa mengenai media pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal sehingga peserta didik, dalam hal ini siswa di jenjang sekolah dasar, agar mereka tetap dapat mengenal budaya sambil belajar.

Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata ...

Media Pembelajaran Matematika

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran sendiri terbagi menjadi 2 yaitu manipulatif dan ICT. Manipulatif adalah media yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dipindah, dan dipotong-potong atau bisa dikatakan bahwa manipulatif adalah media yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Media pembelajaran manipulatif bisa dikatakan sebagai media tradisional.

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika.