Sebanyak 1163 item atau buku ditemukan

Pendidikan Islam Transformatif ala KH.Abdurrahman Wahid

Penulis : Efendi,S.Pd.I Hal :192 ISBN : 978-602-6364-96-8 Sinopsis : Berbicara tentang dinamika pendidikan Indonesia, berarti tidak bisa meninggalkan pembahasan tentang keadaan masyarakatnya yang pluralis, baik itu agamanya atau kebudayaannya. Realitas tersebut kemudian mengidealkan penyikapan yang toleran serta demokratis. Harapannya agar interaksi sosial dan dalam membangun peradaban bangsa sesuai dengan amanah Pancasila dan UUD 1945, sehingga komunikasi yang terjalin bisa positif dan sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal. Realita peradaban suatu masyarakat dewasa ini semakin hari terus berkembang dan tak terhentikan, mulai dari kontak antara satu budaya dengan budaya lainnya, pendidikan, sikap toleransi umat manusia, dan orientasi masa depan manusia. Hal tersebut merupakan hal-hal yang mau tidak mau selalu dilakukan. Padahal, manusia sebagai makhluk sosial berarti setiap individu tidak mungkin hidup layak tanpa terkait dengan kelompok masyarakat manusia lainnya. K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang biasa disapa dengan Gus Dur memberi jalan tengah dari permasalahan tersebut. Pemikiran Gus Dur mengenai pendidikan Islam berusaha mengambil jalan tengah, tetap menjaga nilai-nilai tradisional dan menyerap modernisme barat. Pemikiran Gus Dur ini disebut neomodernisme, yaitu suatu gerakan progresif dalam pemikiran Islam yang tidak hanya timbul modernisme Islam, tetapi juga sangat tertarik pada pengetahuan tradisional. Neomodernis mengajukan argumen bagi diterimanya pendekatan yang bersifat hilistik terhadap ijtihad. Pendidikan Islam dalam perspektif Gus Dur tidak lepas dari peran pesantren sebagai salah satu instuisi pendidikan Islam yang menjadi wahana resistensi moral dan budaya atau pewaris tadisi intelektual Islam tradisional.

Ayah Gus Dur, K.H. Wahid Hasyim, merupakan aktivis Gerakan Nasionalis dan pernah menjadi Menteri Agama 3 kali periode (1949-1952) yaitu dalam kabinet Hatta (1949-1950), kabinet Natsir (1950-1951) dan kabinet Sukiman (1951-1952).55 Kakek ...

Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an

Buku ini merupakan kontribusi pengarang untuk menyajikan titik-titik dalam Al-Quran yang memuat konsep dan pandangan Islam tentang pendidikan. Rentang pembahasan dalam buku ini mencakup dua bagian penting: pertama, berbagai hal yang berkaitan dengan sistem pendidikan; dan yang kedua, berbagai hal yang menjadi rangka bangun sistem pendidikan itu sendiri. Untuk bagian pertama, tema inti yang diperbincangkan adalah: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam; manajemen pendidikan, dana, dan lingkungan yang berkaitan dengan pendidikan. Adapun untuk bagian yang kedua, tema inti yang dipaparkan secara perinci adalah dasar, guru, kurikulum, dan proses belajar mengajar. Karena itu, bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan Islam, buku ini penting untuk semakin memahami betapa kaya perspektif pendidikan dalam Al-Quran, sedangkan bagi mereka yang selama ini bergetut dengan konsep pendidikan umum, maka buku ini dapat menjadi gerbang untuk melihat konsep berbeda yang disajikan oleh Al-Quran—kitab suci dan rujukan utama umat Islam—tentang pendidikan. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Henry Bergson misalnya, mengatakan bahwa mungkin saja terdapat satu kelompok manusia yang tidak memiliki sains, seni, atau filsafat, tetapi tidak mungkin ada kelompok manusia yang tidak memiliki agama.3 Selanjutnya Erich Fromm ...

PSIKOLOGI KONSELING

Perkembangan dan Penerapan Konseling dalam Psikologi

Membaca buku ini, saya sebagai seorang konselor dan Profesor di bidang konseling memberikan penghargaan kepada penulis karena buku ini dibuat dengan bahasa sederhana yang memudahkan mereka yang ingin memahami psikologi konseling. Uraian-uraian dalam buku ini sangat bermanfaat untuk memahami dengan mudah sejarahkonseling, pengertian konseling, dan proses konseling yang sukses dan efektif.Dalam buku ini juga dijelaskan dengan ringkas dan jelas tentang bagaimana menjadi konselor yang efektif, etika yang seharusnya digunakan oleh konselor dalam proses konseling, pendekatan-pendekatan yang sesuai serta metode konseling untuk pendekatan individual maupun kelompok.Bagi saya, penjelasan-penjelasan dalam buku ini akan memberikan manfaat untuk mahasiswa dan praktisi psikologi pemula, demikian juga untuk mereka yang akan melakukan praktik konseling di bidang pendidikan, pekerja sosial, dan para orang tua yang ingin menjadi konselor untuk anak-anak mereka, bahkan untuk siapa saja yang ingin membantu sesamanya menyelesaikan persoalan adaptasi dengan lingkungan sosialnya.Buku ini saya rekomendasikan untuk dibaca dan dipelajari oleh mereka yang ada kerinduan untuk memiliki kemampuan dalam menciptakan perubahan-perubahan berarti pada kehidupan sesamanya.

Lahirnya American School Counselor Association pada tahun 1964 merupakan bukti kebutuhan masyarakat akan konseling di dunia pendidikan. pendidikan lebih berkonsentrasi pada pengembangan pendidikannya dan bukan pada pengembangan siswa, ...

Supply Chain Management: A Logistics Perspective

The tenth edition of SUPPLY CHAIN MANAGEMENT: A LOGISTICS PERSPECTIVE refined its focus on the supply chain approach by blending logistics theory with practical applications and includes updated material on the latest technology, transportation regulations, pricing, and other issues. Each chapter opens with Supply Chain Profiles vignettes introducing students to real-world companies, people, and events. New and updated On the Line boxed features are applied examples providing students with hands-on managerial experience of the chapter’s topics. Supply Chain Technology boxes appear throughout the text, helping students relate technological developments to supply chain management concepts and logistics practices while taking in consideration global changes. Short Cases at the end of each chapter are updated and build on what students have learned in the chapter. Important Notice: Media content referenced within the product description or the product text may not be available in the ebook version.

The tenth edition of SUPPLY CHAIN MANAGEMENT: A LOGISTICS PERSPECTIVE refined its focus on the supply chain approach by blending logistics theory with practical applications and includes updated material on the latest technology, ...

Logistics & Supply Chain Management

Revised edition of the author's Logistics & supply chain management, 2011.

Effective development and management of supply chain networks helps businesses cut costs and enhance customer value. This updated 5th edition is a clear guide to all the key topics in an integrated approach to supply chains.

Operations and Supply Chain Management: The Core

The fourth edition of Operations and Supply Chain Management: The Core focuses on the important “core” concepts in the dynamic field of operations. Just as lava flows from the core of the earth, operations and supply chain management is the core of business. Material must flow through supply chain processes to create cash output and input. This new edition has an increased focus on supply chain analytics involving the analysis of data to better solve business problems. Connect is the only integrated learning system that empowers students by continuously adapting to deliver precisely what they need, when they need it, and how they need it, so that your class time is more engaging and effective.

The fourth edition of Operations and Supply Chain Management: The Core focuses on the important “core” concepts in the dynamic field of operations.

Pendidikan Holistik

Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna

Pemikiran pendidikan holistik dalam perspektif Barat sepintas telah mampu memberikan nuasa baru perubahan paradigma pendidikan. Namun sejatinya jika dikaji lebih jauh dalam perspektif Islam maka akan ditemukan sebuah perbedaan yang mendasar. Sejatinya filsafat Barat adalah filsafat Humanisme, maka perspekstif Pendidikan Holistik Barat pun tetap berdimensi Humanisme. Perhatikan definisi tujuan pendidikan holistik di atas, yang hanya menitik beratkan pada kehidupan manusia di dunia, tanpa ada hubungan dengan Tuhan. Sementara itu dalam Islam, Al-Qur’an memberi penjelasan tentang tugas manusia dalam hubungannya dengan Ilmu pengetahuan adalah mengisyaratkan bahwa Allah sebagai zat pencipta yang agung, menciptakan manusia dan alam semesta, memiliki tujuan penciptaan, yaitu menjadikan manusia sebagai insan pengabdi kepada Khaliqnya, guna mampu membangun dunia dan mengelola alam semesta sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan Allah Swt. Muhammad Fadhil al-Jumaly seperti dikutip Samsul Nizar memberikan batasan bahwa tujuan pendidikan Islami itu adalah membina kesadaran atas diri manusia itu sendiri, dan atas sistem sosial yang Islami. Ibn Khaldun sebagaimana dikutip Ali al-Jumbulaty dalam buku Samsul Nizar menyebutkan bahwa tujuan pendidikan Islami, berupaya bagi pembentukan aqidah/keimanan yang mendalam. Menumbuhkan dasar-dasar akhlak karimah melalui jalan agamis yang diturunkan untuk mendidik jiwa manusia serta menegakkan akhlak yang akan membangkitkan kepada perbuatan yang terpuji.

Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna Dr. Amie Primarni, Khairunnas. 4. Pemikiran Fritjof Capra . ... Akar Pendidikan Holistik Dalam Islam 3. Konsep Pendidikan Islami .