Sebanyak 5110 item atau buku ditemukan

MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif

Judul : MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif Penulis : Ponidi, Novi Ayu Kristiana Dewi, Trisnawati, Dian Puspita, Erliza Septia Nagara, Marilin Kristin, Dwi Puastuti, Widi Andewi, Leni Anggraeni, Bernadhita H. S. Utami. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 210 Halaman ISBN : 978-623-6233-08-5 Buku “Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif” ini merupakan buku yang dapat dijadikan sebagai referensi, pegangan atau pedoman bagi pendidik baik guru maupun Dosen dalam melaksanakan Pembelajaran di kelas. Penulis memaparkan berbagai model dan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif sebagai alternatif pembelajaran yang dilakukan di sekolah maupun di Perguruan Tinggi. Pemaparan dalam buku ini memberikan gambaran yang komprehensif bagaimana guru atau Dosen menggunakan model pembelajaran sehingga mudah dipahami. Buku ini membahas Konsep Pembelajaran Karakter, Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran PAKEM, Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Simulasi, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Model Pembelajaran Value Clarification Technique, dan Model Pembelajaran E-Learning. Pada setiap bab buku ini dilengkapi dengan pengertian setiap model pembelajaran, hakikat model dan metode pembelajaran, lingkup model pembelajaran hingga membahas mengenai langkah-langkah setiap model pembelajaran. Dengan demikian buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari kalangan pendidikan untuk dapat menjadikan buku ini sebagai acuan dalam meningkatkan kompetensi guru maupun dosen dikelas dan pencapaian pembelajaran yang efektif.

Judul : MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif Penulis : Ponidi, Novi Ayu Kristiana Dewi, Trisnawati, Dian Puspita, Erliza Septia Nagara, Marilin Kristin, Dwi Puastuti, Widi Andewi, Leni Anggraeni, Bernadhita H. S. Utami.

Inovasi Pendidikan

Pada masa reformasi ini, pendidikan di Indonesia tetap membutuhkan perbaikan dan peningkatan mutu. Salah satunya dengan melalukan inovasi-inovasi pendidikan, untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi pada masa globalisasi yang menuntut kita untuk mampu bersaing di tengah-tengah bangsa lain yang mungkin lebih maju, baik dalam hal pendidikan, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, jika kita tidak mampu bersaing dan mengikuti perkembangan jaman, maka generasi muda tidak mampu mengembangkan potensi yang ada dalam bangsa dan negara, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya alam untuk kesejahteraan bangsa. Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

Perilaku dan Teori Organisasi

Dinamika organisasi sebagai tenaga penggerak sebuah organisasi mempunyai peran yang penting perkembangan, pertumbuhan dan keefektifan sebuah organisasi. Ada banyak faktor yang menyusun terbangunnya dinamika dalam berorganisasi, dimana organisasi sebagai tempat atau wadah bergabungnya beberapa individu yang mempunyai karakteristik, asal, dan perilaku yang tidak sama. Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi. Beberapa ahli berpendapat bahwa faktor-faktor yang membentuk dan menyusun munculnya dinamika dalam organisasi antara lain ; karakteristik individu, karakteristik kelompok, struktur, budaya, serta iklim organisasi sehingga efektivitas dan peranan organisasi dapat terpenuhi. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam bahan riset terkait perilaku dan organisasi, baik sektor bisnis maupun publik. Sasaran utama penyajian buku ini adalah para mahasiswa dan dosen yang sedang menyusun penelitian, baik skripsi, tesis, maupun disertasi. Bagi para praktisi pendidikan, buku ini tentu akan menambah wawasan yang bersifat praktis dalam mengelola dinamika organisasi

Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi.

KEPERAWATAN JIWA MENGENAL KESEHATAN MENTAL

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Keperawatan Jiwa-Mengenal Kesehatan Mental. Penulisan Buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama sebulan lebih, sejak Juli sampai Agustus 2021. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi beberapa dosen dari berbagai institusi dengan latar belakang Keilmuan Keperawatan. Seperti kita ketahui bahwa penderita gangguan jiwa sering mendapatkan stigma dan diskriminasi yang lebih besar dari masyarakat di sekitarnya dibandingkan individu yang menderita penyakit medis, di antaranya: dikeluarkan dari sekolah, diberhentikan dari pekerjaan, diceraikan oleh pasangan, hingga ditelantarkan oleh keluarga, atau bahkan dipasung. Keterbatasan pemahaman dan pengetahuan mengenai kesehatan mental di Indonesia tidak dapat lepas dari nilai-nilai tradisi budaya atau kepercayaan masyarakat. Sebagian masyarakat masih mempercayai penyebab kesehatan mental berasal dari hal-hal supernatural atau takhayul sehingga pengidap gangguan kesehatan mental menganggap gangguan yang terjadi dalam dirinya adalah aib. Pemahaman ini membuat orang yang membutuhkan bantuan tenaga ahli enggan untuk ditangani. Tak jarang, pengidap gangguan kesehatan mental merasa malu untuk berada di masyarakat. Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai bacaan atau referensi masyarakat luas dan buku pegangan bagi Mahasiwa Keperawatan serta para Peneliti. Buku Ini Membahas Tentang: 1. SEJARAH KEPERAWATAN JIWA DAN KEPERAWATAN JIWA GLOBAL 2. PROSES TERJADINYA GANGGUAN JIWA DALAM PERSPEKTIF KEPERAWATAN JIWA 3. KONSEP STRES, RENTANG SEHAT SAKIT JIWA, DAN MEKANISME KOPING 4. KONSEPTUAL MODEL DALAM KEPERAWATAN JIWA TERMASUK PREVENSI PRIMER, SEKUNDER, DAN TERSIER 5. PERAN PERAWAT JIWA DAN KOLABORASI INTERDISIPLIN DALAM KESEHATAN DAN KEPERAWATAN JIWA 6. LEGAL DAN ETIK DALAM KONTEKS ASUHAN PERAWATAN JIWA 7. PROSES KEPERAWATAN JIWA PADA SITUASI BENCANA 8. ASKEP SEHAT JIWA SEPANJANG RENTAN KEHIDUPAN (IBU HAMIL, BAYI, TODLER, PRASEKOLAH, USIA SEKOLAH, REMAJA) 9. ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KONSEP DIRI, KECEMASAN, DAN KEHILANGAN 10. ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KETIDAKBERDAYAAN, KEPUTUSAN, DAN DISTRES SPRITUAL Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan buku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah Swt. senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Keperawatan Jiwa-Mengenal Kesehatan Mental.