Sebanyak 49 item atau buku ditemukan

Al Washliyah Menuju 1 Abad: Histori, Ideologi dan Resistansi di Era Disrupsi

Kehadiran buku ini mengingatkan kita pada tradisi yang ditampilkan oleh para pendiri Al Washliyah terutama sejumlah Ketua Umum Al Washliyah seperti Abdurrahman Sjihab, M. Arsjad Th. Lubis, Udin Sjamsuddin, Bahrum Jamil, dan M. Ridwan Ibrahim Lubis. Sebagai pemimpin Al Washliyah, mereka banyak menulis mengenai organisasi Al Washliyah, terutama menuliskan perkembangan Al Washliyah pada era kepemimpinan mereka. Di sini, Ustaz Masyhuril Khamis berhasil meneladani para pendahulunya, dan memberikan teladan bagi pemimpin Al Washliyah di masa mendatang, terutama mereka yang saat ini memimpin Al Washliyah di level provinsi, kabupaten, kota, kecamatan dan desa. Tegasnya, para pemimpin Al Washliyah di level manapun perlu menulis sejarah dan perkembangan Al Washliyah di daerah masing-masing, terutama dinamika Al Washliyah di masa kepemimpinan mereka. Ini merupakan tradisi yang dikenalkan oleh para pemimpin Al Washliyah di masa silam, dan tradisi yang baik ini penting diteruskan karena mendatangkan manfaat bagi generasi penerus Al Washliyah hari ini dan di masa mendatang, selain juga berguna bagi para peneliti dari dalam negeri maupun luar negeri, dan kaum Muslim pada umumnya.

Di sini, Ustaz Masyhuril Khamis berhasil meneladani para pendahulunya, dan memberikan teladan bagi pemimpin Al Washliyah di masa mendatang, terutama mereka yang saat ini memimpin Al Washliyah di level provinsi, kabupaten, kota, kecamatan ...

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

perilaku menabrak etika, moral dan hukum dari yang ringan sampai yang berat, kebiasaan mencontek pada saat ulangan atau ujian, kenakalan remaja, tawuran antar pelajar, kekerasan di kalangan pelajar, menurunnya etos kerja, rendahnya rasa hormat terhadap orang tua dan guru, rendahnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara, membudayanya ketidakjujuran, adanya rasa saling curiga dan benci di antara sesame, meminum minuman keras (mabuk-mabukan), pergaulan bebas, ngisap lem, gaya hidup hura-hura (hedonisme), penyalahgunaan obat-obat terlarang, maraknya geng pelajar dan geng motor, kekerasan (bullying) dan tindakan kriminal seperti pemalakan, penganiayaan, bahkan pembunuhan jelas menunjukkan kerapuhan karakter yang cukup parah dan salah satunya disebabkan oleh tidak optimalnya pengembangan karakter di lembaga pendidikan di samping karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Untuk itu perlu dicari jalan terbaik untuk membangun dan mengembangkan karakter manusia dan bangsa Indonesia agar memiliki karakter yang baik, unggul dan mulia. Sangat penting membangun karakter bangsa Indonesia di tengah arus globalisasi sebagai bentuk gerakan demokrasi (Budimansyah, D. 2009). Upaya yang tepat untuk itu adalah melalui pendidikan, karena pendidikan memiliki peran penting dan sentral dalam pengembangan potensi manusia, termasuk potensi mental. Melalui pendidikan diharapkan terjadi transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik. Ki Hajar Dewantara (Usman & Eko, 2012) dengan tegas menyatakan bahwa pendidikan merupakan daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect), dan tubuh anak. Jadi jelaslah, pendidikan merupakan wahana utama untuk menumbuhkembangkan karakter yang baik. Di sinilah pentingnya pendidikan karakter karena tujuan pertama pendidikan karakter adalah memfasilitasi penguatan dan pengembangan nilai-nilai tertentu sehingga terwujud dalam perilaku anak, baik ketika proses sekolah maupun setelah proses sekolah atau setelah lulus dari sekolah (Kesuma, 2011). Karena pada hakikatnya pendidikan karakter merupakan nilai inti dari upaya pembinaan kepribadian bangsa (Budimansyah, D., & Komalasari, K. 2011). Hal tersebut menjadi dasar perlunya ditanamkan nilai-nilai karakter di lingkup sekolah khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada dasarnya tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah untuk mengembangkan potensi murid agar mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, peka terhadap masalah yang terjadi di masyarakat dan mampu mengatasinya baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat serta memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi. Oleh karena itu, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sangat berperan terhadap interaksi sosial murid guna membentuk karakter dalam mengembangkan potensi yang bermanfaat untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Maka demikian, ilmu pengetahuan sosial yang bersentuhan langsung terhadap kehidupan sosial murid, perlu dirancang sedemikian rupa untuk membentuk kepribadian yang berkarakter dalam menopang pengalaman-pengalaman sosial untuk membangun potensi diri. Selain itu, ilmu pengetahuan sosial juga dirancang untuk mencapai tujuan bersama dalam membentuk hubungan dengan sikap dan keterampilan sosial. Dengan mengkondisikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang kondusif, akan memungkinkan murid terlibat langsung dalam pembelajaran sebagai upaya mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, moral, dan keterampilan sosial. Murid mampu berperan serta dalam melakoni kehidupan masyarakat modern yang dinamis dalam rangka menyongsong era globalisasi. Pada akhirnya peran kritis yang diemban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk membentuk warga negara yang baik dapat terwujud. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional tersebut, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, mulai pendidikan dasar (SD/MI) hingga pendidikan tinggi (PT) pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial harus dirancang dan diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Dalam rangka pembentukan karakter murid sehingga beragama, beretika, bermoral dan sopan santun dalam berinteraksi dengan masyarakat, maka pendidikan harus disiapkan, dilaksanakan dan dievaluasi dengan mengintegrasikan pendidikan karakter di dalamnya khususnya pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tingkatan kelas dalam Sekolah dasar dibagi menjadi dua yaitu masa kelas rendah dan masa kelas tinggi. Masa kelas tinggi Sekolah Dasar (9 tahun sampai umur 12 tahun) termasuk dalam kelas IV, V,dan VI memiliki ciri-ciri yaitu (1) Sudah mulai mandiri; (2) Sudah ada rasa tanggung jawab pribadi; (3) penilaian terhadap dunia luar tidak hanya dipandang dari dirinya sendiri tetapi juga dilihat dari diri orang lain; (4) sudah menunjukkan sikap yang kritis dan rasional (Boejest, 2013). Sedangkan menurut (Soloangsa, 2012) ciri-ciri pada masa siswa kelas tinggi (9/10-12/13 tahun) yaitu (1) Minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret; (2) Sangat realistik, rasa ingin tahu dan ingin belajar; (3) Menjelang akhir masa ini telah ada minat kepada hal-hal atau mata pelajaran khusus sebagai mulai menonjolnya bakat-bakat khusus; (4) Sampai usia 11 tahun anak membutuhkan guru atau orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi keinginannya. Selepas usia ini pada umumnya anak menghadapi tugas-tugasnya dengan bebas dan berusaha untuk menyelesaikannya; (5) Pada masa ini anak memandang nilai (angka rapor) sebagai ukuran tepat mengenai prestasi sekolahnya, dan; (6) Gemar membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama. Dalam permainan itu mereka tidak terikat lagi dengan aturan permainan tradisional (yang sudah ada), mereka membuat peraturan sendiri. Sehingga pada tahap kelas tinggi sangat memungkinkan hasil pendidikan karakter sejak kelas rendah yang telah diajarkan atau diberikan oleh guru sudah mulai tampak hasilnya.

perilaku menabrak etika, moral dan hukum dari yang ringan sampai yang berat, kebiasaan mencontek pada saat ulangan atau ujian, kenakalan remaja, tawuran antar pelajar, kekerasan di kalangan pelajar, menurunnya etos kerja, rendahnya rasa ...

Pendidikan AGAMA ISLAM

Era digital dan kemajuan teknologi informasi, telah memberikan keterbukaan dan kemudahan informasi bagi mahasiswa dalam mengakses informasi materi perkuliahan, tetapi ketidakmampuan untuk memfilter sumber yang dapat dipercaya, menjadikan buku ini sebagai salah satu rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan isinya, serta telah disesuaikan dengan kurikulum dan capaian pembelajaran (learning outcome) sebagaimana dipersyaratakan dalam penyusunan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

Akuntansi Biaya Dalam Perspektif Manajerial

The New Kahmi

membangun budaya produktif dari politik menuju gerakan entrepreneur

Jurus Rahasia Menguasai Pemrograman Android

Android Developer Tools Essentials

Android Studio to Zipalign

Android development can be challenging, but through the effective use of Android Developer Tools (ADT), you can make the process easier and improve the quality of your code. This concise guide demonstrates how to build apps with ADT for a device family that features several screen sizes, different hardware capabilities, and a varying number of resources. With examples in Windows, Linux, and Mac OS X, you’ll learn how to set up an Android development environment and use ADT with the Eclipse IDE. Also, contributor Donn Felker introduces Android Studio, a Google IDE that will eventually replace Eclipse. Learn how to use Eclipse and ADT together to develop Android code Create emulators of various sizes and configurations to test your code Master Eclipse tools, or explore the new Android Studio Use Logcat, Lint, and other ADT tools to test and debug your code Simulate real-world events, including location, sensors, and telephony Create dynamic and efficient UIs, using Graphical Layout tools Monitor and optimize you application performance using DDMS, HierarchyViewer, and the Android Monitor tool Use Wizards and shortcuts to generate code and image assets Compile and package Android code with Ant and Gradle

This concise guide demonstrates how to build apps with ADT for a device family that features several screen sizes, different hardware capabilities, and a varying number of resources.

The Men Who Served Jammu & Kashmir

This book is about the individual achievements of a handful of officers of the state and, through their deeds, hardships and sacrifices, an attempt to portray the stirring tale of the rebuilding of the administrative edifice and police system of the state almost from the scratch. Putting the state back on its feet, after the virtual collapse in the early nineties has been no mean feat. It is a saga of blood, sweat and tears; also of constant danger to life and limb, long periods of separation from the families and unceasing worry about their safety and security, of physical activities restricted, hardships endured and of long and endless working hours. The book delves about the men, whether civilians or in the Khaki uniform, who served the state with all that they had and also put at stake their very own survival to bring it back from the brink. It's a narrative of men who displayed 'stubborn tenacity of purpose'. Similarly it is also a tribute to that very core and back bone of the celebrated civil service of India, the district officer.

This book is about the individual achievements of a handful of officers of the state and, through their deeds, hardships and sacrifices, an attempt to portray the stirring tale of the rebuilding of the administrative edifice and police ...