Sebanyak 30 item atau buku ditemukan

Media Pembelajaran SD

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Sehingga dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran memiliki peran yang penting yaitu sebagai alat bantu mengajar yang akan mendukung keefektifan proses penyampaian pesan dan isi dari pengetahuan yang disampaikan. Beragamnya jenis media pembelajaran mengharuskan seorang tenaga pendidik mampu mengenali dan memanfaatkan dengan baik media apa saja yang dipilih dan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tenaga pendidik juga harus mengenali karakter peserta didik dan pengetahuan yang disampaikan, sehingga pemilihan jenis media pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan. Oleh karena itu, dalam buku “Media Pembelajaran SD” ini memaparkan dengan baik kepada tenaga pendidik untuk memahami dan menggunakan media pendidikan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan diminati oleh peserta didik khususnya siswa Sekolah Dasar.

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik.

KIAT SUKSES MELAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

P andemi covid-19 belum saja berakhir, walaupun beberapa waktu lalu sempat mereda, namun datangnya varian baru omicron, membuat masyarakat menjadi was-was, apalagi awal tahun 2022 ini, mulai lagi banyak masyarakat yang terjangkit virus ini. Disisi lain kegiatan pembelajaran harus tetap berjalan, tidak terkecuali pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL), ada juga yang menyebutnya praktek kerja Industri (Prakerin), atau istilah lainnya prektek kerja lapangan (PPL), atau juga ada yang menggunakan istilah Magang. Bagi peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kegiatan PKL merupakan program kegiatan yang wajib dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, sebab dengan melaksanakan PKL banyak manfaat yang akan didapatkan oleh peserta didik setelah melaksanakan kegiatan ini, yakni menambah percaya diri karena peserta didik dapat mempraktekannya langsung dengan ilmu yang sudah didapatkannya selama pembelajaran dikelas, memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik tentang etos kerja yang sesungguhnya di lapangan, menumbuhkan kedisiplinan dan ketertiban dalam pekerjaan, menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi peserta didik, memberikan bekal dan pengalaman kerja yang sebenarnya. Walaupun sedang masa pandemi covid-19 kegiatan PKL harus tetap berlangsung, oleh karena itu, penulis akan memberikan kiat dan tips agar kegiatan PKL tetap berjalan dengan baik. Buku ini dibuat oleh penulis berdasarkan pengalaman yang akan kami bagikan kepada pembaca, khususnya untuk guru pembimbing dan siswa/siswi pada umumnya.

Menurut Pratama dkk praktik kerja lapangan adalah suatu tahap profesional di mana seorang siswa (peserta) yang hampir menyelesaikan studi (pelatihan) secara formal bekerja di lapangan dengan supervisi oleh seorang administrator yang ...

Ibadah Haji Rukun Islam Kelima

Daftar Isi Bab 1 : Pengertian Haji & Umrah A. Pengertian Haji 1. Bahasa 2. Istilah B. Perbedaan Haji dan Umrah 1. Haji Terikat Waktu Tertentu 2. Haji Harus ke Arafah Muzdalifa

Nabi menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya." Ditanya pula, “Lalu apa?" Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah." Beliau ditanya lagi, “Kemudian apa?" Jawab beliau, “Haji mabrur."(HR Bukhari dan Muslim) 6. Jamaah Haji Menjadi Tamu ...

Pembelajaran Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik. Pendidikan karakter menekankan pada suatu nilai moral yang universal yang bisa diterima baik oleh berbagai kalangan di seluruh kelompok sosial. Pendidikan karakter berfokus bukan lagi pada sesuatu yang salah dan benar saja tapi sudah pada tingkat baik dan buruk hal yang diajarkan. Tujuan dari pendidikan karakter ini ialah mencetak Individu yang berkarakter. Pendidikan karakter juga berfungsi megembangkan peradaban manusia yang baik di dalam pergaulan dunia. Lebih jelasnya lagi, di dalam buku ini telah mengulas mulai dari hakikat pendidikan karakter, bentuk nilai-nilai karakter bangsa, hinga manfaat pendidikan karakter di era sekarang.

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.