Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

Penerapan Data Mining Dalam Analytic CRM

Buku ini menjelaskan secara mendetail tentang bagaimana penerapan data mining dalam CRM (Customer Relationship Management) dengan mengambil studi kasus prediksi customer churn di perusahaan retail dengan algoritma Decision Tree C4.5 dan Naïve Bayes. Churn adalah saat di mana pelanggan memutuskan untuk berpindah dari satu layanan kepada layanan lain dengan jasa/produk yang sama. Dengan menerapkan konsep CRM (Customer Relationship Management), perusahaan dapat melakukan identifikasi pelanggan dengan melakukan segmentasi pelanggan sekaligus dapat melaksanakan program mempertahankan pelanggan dengan melakukan prediksi potensi churn pada setiap segmen pelanggan. Di Perusahaan retail modern yang telah menggunakan sistem komputer modern tentunya menyimpan data transaksi pelanggan dalam sebuah basis data. Dengan volume data yang besar dan terus berkembang, baik dari jumlah record dan jumlah field tentunya akan sangat sulit mengidentifikasi pelanggan secara manual oleh manusia. Sehingga diperlukan penerapan data mining yang dapat membantu untuk menganalisa data yang diperoleh dari transaksi pada sistem informasi sehingga dapat menggali pola – pola yang dapat dijadikan pengetahuan baru untuk proses prediksi pelanggan churn perusahaan retail.

Buku ini menjelaskan secara mendetail tentang bagaimana penerapan data mining dalam CRM (Customer Relationship Management) dengan mengambil studi kasus prediksi customer churn di perusahaan retail dengan algoritma Naïve Bayes.