Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Arsitektur dan Organisasi Komputer

ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER merupakan salah satu matakuliah yang harus diketahui dan dikuasai oleh mahasiswa program studi informatika atau ilmu komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa Komputer merupakan perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi kita dengar di kalangan anak-anak hingga orang dewasa dengan tingkat pemahaman dan penggunaan yang berbeda-beda. Bila kita lihat dari fungsinya, komputer merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak fungsi. Arsitektur Von Neumann menggambarkan sistem komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis atau ALU, memori, unit kontrol, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan melalui berkas kawat atau bus. Organisasi komputer merupakan bagian dari hardware yang dapat diketahui oleh program, seperti sinyal kontrol, antar-muka antara komputer dan periferal beserta penggunaan teknologi. Organisasi Komputer dapat juga di definisikan sebagai bagian yang berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar setiap komponen penyusun sistem komputer untuk membantu dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh-contoh aspek organisasional-nya adalah teknologi hardware, perangkat antar-muka, sistem memori, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Sementara arsitektur komputer merupakan atribut-atribut sistem komputer, yang berkaitan dengan seorang programmer, berkaitan dengan atribut- atribut yang memiliki dampak langsung kepada eksekusi logis sebuah program.

ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER merupakan salah satu matakuliah yang harus diketahui dan dikuasai oleh mahasiswa program studi informatika atau ilmu komputer.

Arsitektur dan Organisasi Komputer

Buku ini berisi tentang pembelajaran Arsitektur, Evolusi, komponen-komponen pada komputer, bahasa pemprograman Assembly dan Praktikum sistem operasi yang dapat dibaca pada Tingkatan SMK dan Perguruan Tinggi.

Modul–modul penyusun komputer: 1. Memori : Memori umumnya terdiri atas N word memori dengan panjang yang sama. Masing-masing word diberi alamat numerik yang unik (0, 1, 2, ...N-1). Word dapat dibaca maupun ditulis pada memori dengan ...

Arsitektur dan Organisasi Komputer

Arsitektur komputer merujuk pada atribut sistem yang visible untuk programmer atau, dengan kata lain, atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis suatu program. Contoh dari atribut meliputi set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mewakili berbagai jenis data (misal : angka, karakter), mekanisme I/O(Input/output), dan teknik untuk pengalamatan memori.

Arsitektur komputer merujuk pada atribut sistem yang visible untuk programmer atau, dengan kata lain, atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis suatu program.