Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

Quantity Surveying: Pengantar Manajemen Biaya dan Kontrak Konstruksi

Dalam pengerjaan sebuah proyek konstruksi, sebelum bangunan konstruksi dikerjakan, pemilik proyek dan kontraktor akan menetapkan nilai pekerjaan tersebut, yang ditentukan melalui estimasi perkiraan biaya pengerjaan. Di sini ketelitian dan ketepatan perhitungan volume dan biaya pekerjaan menjadi sangat penting. Pengetahuan mengenai cara dan prinsip estimasi kuantitas dan biaya perlu dikuasai oleh pelaku konstruksi, baik pemilik proyek maupun kontraktor, terutama para ahli yang berprofesi sebagai quantity surveyor. Selain memiliki pengetahuan dan keterampilan mengukur serta menghitung biaya konstruksi, mereka juga perlu memahami pengelolaan biaya konstruksi secara lebih luas dan menyeluruh. Buku ini dapat menjadi rujukan bagi para akademisi yang mempelajari manajemen rekayasa konstruksi, para pelaku konstruksi, baik dari pihak pemilik proyek maupun kontraktor, dan terutama quantity surveyor. Yang dibahas di sini antara lain perkembangan profesi quantity surveyor, prinsip dasar dalam quantity surveying, dan aspek-aspek terkait biaya konstruksi, seperti proses tender, administrasi kontrak, manajemen biaya, rekayasa nilai, whole life costing, dan perhitungan akhir.

Untuk dapat melakukan pengukuran, seorang quantity surveyor harus
memahami elemen-elemen bangunan konstruksi terlebih dahulu. Elemen-
elemen tersebut tergantung pada jenis pekerjaannya, apakah bangunan gedung
, jalan, jembatan, bendungan, pembangkit listrik, dan sebagainya. Secara umum
elemen-elemen bangunan konstruksi dapat dibedakan menjadi 3 (tiga)
kelompok. Digit a lPu b lis h in g/KG -3/G a) Elemen struktur b) Elemen arsitektur/
finishing c) Elemen MEP ...

Manajemen Biaya 1 (ed. 3)

FOKUSDUNIANYATA Fokus pada Keuangan Jangka Pendek versus Nilai
Jangka Panjang Jika akuntan manajemen hanya berfokus pada informasi
keuangan, bagaimana ia akan menjelaskan kesuksesan sebuah perusahaan
seperti eBay?

Manajemen Biaya 2 (ed. 3)

meliputi pengangkutan, pergudangan, pengemasan dan pengiriman, serta biaya
penagihan. 13 Hal ini dijelaskan dalam Bab 15. Beberapa manajer pemasaran
juga mempunyai pandangan yang relatif luas mengenai tanggung jawab fungsi
pemasaran, yang meliputi tanggung jawab atas penjualan dan biaya penjualan.
Hal ini dinyatakan, sebagai contoh, dalam definisi yang digunakan oleh Institute
of Marketing: “Pemasaran adalah proses manajemen untuk menentukan, ...