Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: MENGULAS ESENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: MENGULAS ESENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN Penulis : ABDUSIMA NASUTION Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-2329-692 Terbit : Juli 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Pendidikan itu penting, namun manajemen pendidikan jauh lebih penting. Maju mundurnya seebuah lembaga pendidikan akan ditentukan oleh kekuatan sistem manajemen pendidikannya. Semakin baik manajemen pendidikan itu maka konsekwensinya akan bermuara kepada meningkatnya kualitas lembaga pendidikan itu. Sebaliknya, jika manajemen pendidikan amburadul, maka tidak akan mungkin lembaga pendidikan itu bagus sesuai idealnya. Islam merupakan “Diin at Tarbiyah” yang mengajarkan tentang berbagai aspek disiplin ilmu kependidikan. Islam juga mengarahkan bagaimana mengelola pendidikan melalui al-Qur’an dan al-Hadits. Kedua sumber itu menjadi starting point dan standar dalam manajemen pendidikan. Seiring perkembangan zaman melalui tokoh-tokoh pendidikan Islam, maka manajemen pendidikan mulai dibicarakan sehingga menambah khazanah dan literature pijakan dalam pendidikan. Buku ini mengetengahkan manajemen pendidikan Islam dengan mewakili sumber-sumber literature yang ada. Setidaknya buku ini menggandengkan sumber Qath’I (al-Qur’an), al-Hadits, ulama Islam klasik dan dibumbui dengan pakar pendidikan modern. Buku ini menjadi lebih penting manakala disandingkan dengan buku-buku manajemen pendidikan umum lainnya sehingga pendidikan akan bertambah baik ke depan. www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

(2) Pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama. (3) Pendidikan keagamaan dapat diselenggarakan pada ...

Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer

Pertanyaan yang akan selalu aktual dikemukakan seiring dengan bergulirnya era disrupsi dan era industri 4.0 adalah apa yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi era tersebut? Pun, seperti apa peran dan peluang lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0? Era disrupsi merupakan era terjadinya perubahan-perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat yang dimulai dengan digunakannya perangkat-perangkat digital menggantikan cara-cara manual. Era industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Adanya revolusi ini ditandai dengan terjadinya perubahan secara besar-besaran di berbagai bidang melalui perpaduan teknologi, termasuk bidang pendidikan. Menghadapi situasi demikian, pendidikan Islam tentu harus merencanakan strategi tepat dalam pengelolaannya sehingga tidak mengalami ketertinggalan dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Nah, untuk tujuan itulah, buku ini hadir agar dapat memberikan sumbangsih bagi strategi pengelolaan dan pemasaran lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0. Selamat membaca! *** Sinopsis Pertanyaan yang akan selalu aktual dikemukakan seiring dengan bergulirnya era disrupsi dan era industri 4.0 adalah apa yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi era tersebut? Pun, seperti apa peran dan peluang lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0? Menghadapi situasi demikian, pendidikan Islam tentu harus merencanakan strategi tepat dalam pengelolaannya sehingga tidak mengalami ketertinggalan dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Nah, untuk tujuan itulah, buku ini hadir agar dapat memberikan sumbangsih bagi strategi pengelolaan dan pemasaran lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0.

Pertanyaan yang akan selalu aktual dikemukakan seiring dengan bergulirnya era disrupsi dan era industri 4.0 adalah apa yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi era tersebut?