Sebanyak 366 item atau buku ditemukan

Pengantar Statistika (Edisi Ketiga)

Cara Mudah Memahami Statistika

Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan diri dengan data angka atau kuantitatif. Data angka akan bermanfaat bagi manusia jika diolah dengan statistika. Namun, masih banyak orang merasa kesulitan dalam mengolah data dengan menggunakan statistika. Oleh karena itu, buku ini menawarkan cara mudah belajar statistika. Untuk maksud tersebut, setiap bab disusun dengan konsep/teori, contoh soal, ringkasan, dan soal untuk latihan. Statistika ada dua macam, yaitu deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berkenaan dengan penyajian data atau disebut statistic; sedangkan statistika inferensial berkenaan dengan penyajian, penganalisisan, penyimpulan data atau disebut statistics. Penyajian i data dapat menggunakan gambar, tabel, histogram, poligon, keadaan kelompok, standar deviasi, dan angka baku. Teknik statistika yang tepat tergantung tingkatan data. Ada empat tingkatan data, yakni nominal, ordinal, interval, dan rasio. Setelah data terkumpul lengkap perlu diuji normalitasnya. Jika data tersebut berdistribusi normal maka statistika parametrik dapat digunakan. Jika data tidak berdistribusi normal maka statistika nonparametrik yang digunakan. Statistika parametrik lebih dapat dipertanggungjawabkan hasilnya secara ilmiah daripada hasil perhitungan dengan statistika nonparametrik.

Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan diri dengan data angka atau kuantitatif.

Statistika dalam Penelitian Pendidikan: Konsep Dasar dan Kajian Praktis

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian. Dalam buku ini, metode penyajiannya dibuat sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat menggunakannya dengan cukup mudah. Sesuai dengan nama dan isi kajiannya yang bersifat dasar, buku ini tidak membeberkan penurunan sifat-sifat, rumusrumus, dan aturan-aturan yang memerlukan matematika lanjut. Hal ini dengan maksud agar isi buku ini dapat diikuti oleh setiap pembaca dengan berbagai latar belakang.

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian.

Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data. Karenanya statistik sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik dalam kepentingan pembelajaran ataupun penelitian. Data tidak akan dapat memberikan makna seandainya data itu tidak dianalisis dengan baik. Untuk analisis data yang bersifat kuantitatif maka memerlukan alat analisis yakni analisis statistik. Buku statistik untuk kepentingan pendidikan secara umum sudah banyak ditulis oleh para penulisnya, namun sulit ditemukan buku yang memaparkan teori-teori dan memberikan contoh-contoh dalam bidang ilmu pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat. Penerbitan buku ini dimaksudkan untuk membantu para peneliti atau calon peneliti, praktisi dan mahasiswa yang bergerak dalam pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat dalam menganalisis data data kuantitatif sesuai keperluan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup Kencana

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data.

STATISTIKA PENDIDIKAN (KONSEP DATA DAN PELUANG)

Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika lainnya yang berbahasa Indonesia. Pertama, buku ini memiliki ruang lingkup dari konsep statistika hingga macam-macam data dan probabilitas yang terbagi menjadi dua belas bab. Bab tersebut dimulai dari statistika deskriptif, konsep dan macam-macam data, dan probabilitas. Kedua, penyajian dalam buku ini ringkas dan jelas. Dibandingkan dengan lingkup materinya, buku ini tergolong tipis, jelas dan lugas. Hal ini dapat dilihat dari hal-hal penting yang ada di dalam buku ini, seperti teori dasar statistika dan penggunaannya. Teori tersebut diharapkan cukup membekali pembaca khususnya pemula untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan statistika dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Ketiga, dalam bab terakhir dalam buku ini adalah hal yang paling membedakan dari semua buku ajar statistika yang berbahasa Indonesia, yaitu adalah materi tentang Statistika Al-Qur’an. Materi buku ini merupakan pengembangan naskah kuliah statistika pendidikan yang penulis sampaikan di Institut Agama Islam Negeri Madura. Pada umumnya, materi ini dapat diikuti dan diselesaikan dalam satu semester sebagai bekal pengetahuan mengenai konsep data dan peluang atau probabilitas. Dalam aplikasinya juga terdapat perhitungan dasar atau kalkulus statistika. Diharapkan hal ini tidak merepotkan dan menjadi mudah dalam penerapannya, karena para pembaca tidak lupa untuk memanfaatkan kalkulasi.

Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika lainnya yang berbahasa Indonesia.

Statistika Terapan Edisi Keempat

Ilmu pengetahuan adalah mengkaji secara ilmiah hubungan sebab-akibat antar gejala alam, baik dalam konstelasi makrokosmos (kabir) maupun mikrokosmos (sagir) untuk kemaslahatan umat manusia. Fokus penelitian kuantitatif adalah mempelajari gejala alam dengan ciri tertentu yang bervariasi yang dinamakan variabel. Pengukuran terhadap variabel adalah elemen penting dalam penelitian kuantitatif. Hasil kuantifikasi dari pengukuran disebut sebagai data, dan metode yang digunakan dalam pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data hingga pengambilan kesimpulan dikenal sebagai metode statistika. Buku ini menyajikan penerapan metode statistika dalam menganalisis data penelitian kuantitatif asosiatif dan komparatif, yang terinspirasi dari pengalaman penelitian penulis. “Konsep, contoh, perhitungan manual dan aplikasi SPSS/LISREL dalam pembahasan model regresi, model regresi komponen utama, model struktural (Jalur), model ANOVA (1, 2, dan 3) Jalan, dan Model ANCOVA disertai penentuan effect size di dalam buku ini membantu peneliti dalam menganalisis data hasil penelitian. Model ini telah diterapkan dalam beberapa tesis dan disertasi pada Program Pascasarjana UNJ, terutama bagi mahasiswa yang melakukan penelitian kuantitatif asosiatif atau komparatif guna penyelesaian tugas akhir.” Prof. Dr. Burhanuddin Tola, M.A. Guru Besar Penelitian dan Evaluasi Program Pascasarjana UNJ “Buku ini menyajikan interpretasi hasil pengujian hipotesis dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS serta LISREL didukung oleh konsep-konsep penting dalam statistika. Pembahasan, analisis data dan contoh-contoh yang relevan dengan penelitian pendidikan matematika dapat memotivasi peneliti untuk mengungkapkan kebaruan (novelty) penelitiannya.” Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed. Guru Besar Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makasar

Ilmu pengetahuan adalah mengkaji secara ilmiah hubungan sebab-akibat antar gejala alam, baik dalam konstelasi makrokosmos (kabir) maupun mikrokosmos (sagir) untuk kemaslahatan umat manusia.

Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis

Statistika Deskriptif Untuk Pendidikan Ekonomi

Bagi pembelajar bidang ilmu non esakta, statistika adalah alat bantu yang bermanfaat untuk melakukan analisis dan pengambilan keputusan terhadap suatu persoalan yang dihadapi. Artinya, paling hal utama yang perlu dilakukan pembelajar adalah memahami secara benar tentang konsep-konsep dan hubungan antar konsep yang menjadi fokus perhatiannya dan memiliki kemampuan dalam menentukan secara tepat alat statistika mana yang akan digunakannya. Buku ini memaparkan secara ringkas gambaran tentang statistika deskriptif untuk pendidikan ekonomi. Cakupan materi meliputi gambaran umum statistika, data statistika, penyusunan distribusi frekuensi dan penyajian data, penentuan nilai pemusatan data, penentuan nilai letak data, penentuan nilai penyebaran, penentuan ukuran keruncingan dan kecondongan kurva, penyusunan angka indeks, analisa data yang menunjukkan suatu pola tertentu (time series), dan korelasi dan regresi linear sederhana. Pada setiap bab disertai soal-soal latihan agar pengguna buku ini dapat semakin memperkaya pengetahuan dan mengasah keterampilan baik secara mandiri maupun kelompok terkait dengan materi yang telah dipelajarinya. Pada beberapa bab disertai penggunaan aplikasi SPSS untuk mempermudah proses pengolahan data dan menemukan nilai tertentu yang dicari secara lebih cepat dan akurat. Setiap akhir bab disertai refleksi yang dimaksudkan agar pembelajar dapat lebih memaknai proses belajar yang telah dilakukannya. Oleh sebab itu, pengguna buku ini disarankan untuk membaca secara utuh setiap bab, berlatih, dan melakukan refleksi. Buku ini dapat menjadi acuan belajar bagi mahasiswa pendidikan ekonomi, guru-guru ekonomi, dan masyarakat umum lainnya yang ingin belajar tentang statistika deskriptif.

Buku ini memaparkan secara ringkas gambaran tentang statistika deskriptif untuk pendidikan ekonomi.

STATISTIKA DESKRIPTIF

Statistika merupakan cabang ilmu yang sebenarnya kerap kali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep statistika dapat ditemukan mulai dari penyampaian informasi berupa statistik pertumbuhan ekonomi, sensus penduduk, politik, pendidikan, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, banyak yang tidak menyadari hal tersebut dan menganggapnya sebagai informasi biasa. Oleh karena sudut pandang yang sempit terhadap statistika, yang sering dipandang hanya sebagai ilmu hitung, buku ini sengaja dihadirkan di hadapan pembaca untuk menyajikan konsep statistika secara kompleks. Buku ini membahas topik terkait statistika deskriptif dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Penulis berharap hadirnya buku ini dapat bermanfaat luas khususnya bagi dunia penelitian yang berfokus pada penelitian deskriptif. Penulis ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan buku ini. Ke depannya buku ini masih bisa diperbaharui sesuai perkembangan ilmu statistika.

Buku ini membahas topik terkait statistika deskriptif dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Penulis berharap hadirnya buku ini dapat bermanfaat luas khususnya bagi dunia penelitian yang berfokus pada penelitian deskriptif.