Sebanyak 1870 item atau buku ditemukan

Dasar-Dasar Perbankan

Buku ini hadir untuk membantu memahami dasar-dasar perbankan. Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dipahami, sehingga dapat mempelajarinya secara lebih cepat, mudah, dan praktis. Buku ini memuat topik-topik mengenai: ¥ Pengertian Bank ¥ Asal-Usul dan Jenis-Jenis Bank ¥ Kegiatan Bank ¥ Penilaian Kesehatan Bank dan Penggabungan Usaha Bank ¥ Bentuk Hukum dan Kerahasiaan Bank ¥ Sumber Dana Bank ¥ Simpanan Giro ¥ Simpanan Tabungan ¥ Simpanan Deposito ¥ Pinjaman atau Kredit ¥ Penilaian, Prosedur, dan Penyelesaian Kredit Macet ¥ Suku Bunga ¥ Transfer, Kliring, dan Inkaso ¥ Safe Deposit Box, Bank Notes, dan Travellers Cheque ¥ Letter of Credit ¥ Bank Garansi ¥ Bank Indonesia ¥ Bank Syariah

Buku ini hadir untuk membantu memahami dasar-dasar perbankan.

Manajemen Operasi

Manajemen operasional adalah usaha pengelolaan secara optimal pada penggunaan faktor produksi antara lain tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa. Keadaan yang tidak pasti adalah sebuah tantangan di dalam mengelola sebuah perusahaan. Dalam pengambilan keputusan diperlukan alat pendukung agar keputusan yang dibuat dapat berjalan efektif atau sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan oleh manajer. Perusahaan tidak akan beroperasi tanpa adanya persediaan. Manajemen persediaan adalah bahan atau barang yang digunakan untuk disimpan agar memenuhi tujuan tertentu. Contohnya, dalam proses produksi atau perakitan yang nantinya akan dijual kembali, untuk suku cadang dari suatu peralatan atau mesin.

Manajemen operasional adalah usaha pengelolaan secara optimal pada penggunaan faktor produksi antara lain tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang ...

Manajemen Sumberdaya Manusia

Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM

Aspek Sumberdaya Manusia sering diremehkan fungsi dan perannya dalam suatu organisasi. Keberadaannya dianggap beban karena hanya menimbulkan biaya saja bagi perusahaan dan organisasi. Faktor manusia dalam perusahaan sangat penting, karena maju tidaknya perusahaan tergantung dari kreatifitas manusianya. Perusahaan atau negara yang memiliki sumberdaya alam (SDA) melimpah namun tidak mempunyai sumberdaya manusia (SDM) yang kreatif maka SDA bagaikan raksasa yang sedang tidur. Sebaliknya perusahaan atau negara yang memiliki SDA sedikit bahkan tidak memiliki SDA sekalipun, namun memiliki SDM yang sangat kreatif akan dapat berbuat banyak dan menghasilkan banyak manfaat. Oleh karena itu meningkatkan peran aktif yang kreatif dari SDM sangat penting. Kajian manajemen sumberdaya manusia adalah sangat kompleks karena berhubungan dengan banyak faktor. Inti dari MSDM adalah aktivitas SDM yang sangat kompleks dan dinamis. Manajemen Sumberdaya Manusia atau Human Resources Management (HRM) sebagai proses keterlibatan orang dalam pengelolaan organisasi. Sumberdaya Manusia (SDM) merupakan aset yang paling berharga dalam organisasi. SDM yang bekerja dalam organisasi baik secara individu maupun berkelompok berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi. Departemen SDM dapat dianggap sebagai yang mengatur kebijakan saling terkait dengan pondasi ideologis, prosedur dan filosofis serta praktik yang berhubungan dengan manajemen SDM (French, 1997; Amstrong, 2006). Pentingnya peran SDM dalam suatu organisasi yaitu sebagai aset yang berharga karena berkontribusi dalam pencapaian tujuan organisasi, mendorong banyak pihak ingin melakukan penelitian tentang SDM sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan. MSDM merujuk pada praktek dan kebijakan yang anda perlukan untuk menjalankan aspek orang dan personil dari jabatan manajemen meliputi perekrutan, seleksi, pelatihan, penempatan dan penilaian. Aktivitas pengembangan SDM salah satunya adalah kinerja dan motivasi. Betapa pentingnya variabel motivasi. Variable motivasi SDM yang mempengaruhi kinerja adalah sangat penting dan biasanya diremehkan oleh perusahaan. Sebagai contoh jika motivasi, peluang dan kemampuan seseorang diukur dengan skala data ordinal dan masing-masing menunjukkan score 5, maka kinerjanya sama dengan 5 x 5 x 5 = 125. Apabila motivasi turun satu angka dikarenakan unsur organisasi dan secara individu tidak mampu memotivasi sendiri maka kinerja menjadi 4 x 5 x 5 = 100. Turun satu angka saja dalam motivasi maka kinerjanya turun 25. Apalagi jika dalam organisasi, terjadi saling membunuh motivasi misalnya menjadi 0 atau tidak ada motivasi sama sekali, maka berapapun tingginya peluang dan kemampuan maka kinerja nya menjadi nol. Oleh sebab itu organisasi atau sebuah perusahaan maupun masing-masing pegawai harus pintar dalam melakukan perbaikan dan lebih meningkatkan motivasi SDM agar kinerjanya bisa bertahan dan cenderung mengalami meningkatan. Beragam motivasi dapat dihasilkan dengan baik oleh organisasi ataupun perusahaan, bahkan motivasi untuk diri sendiri. Akan menjadi salah jika keberadaan departemen SDM hanya menjadi beban bagi perusahaan tanpa memberikan kontribusi apapun dalam usaha dan keuntungan perusahaan, karena kinerja itu adalah merupakan semua hasil yang dicapai oleh perusahaan termasuk penjualan dan keuntungan yang dihasilkan. Hal itu dikarenakan manajemen SDM sudah berubah tidak seperti yang dulu, SDM yang sekarang harus mengedepankan keseimbangan antara menjadi pedorong atau motivator yang berkelanjutan pada seorang tenaga kerja dan memberikan kontributor bagi perusahaan. Peran dari suatu Manajemen Sumber Daya Manusia sendiri di era modern ini harus menjadi suatu kontributor strategis, sekaligus sebagai rekan kerja dengan manajer operasional, memanfaatkan waktu yang ada mempunyai administrasi yang terstruktur dan lebih efektif dalam pembiayaan.

Oleh karena itu meningkatkan peran aktif yang kreatif dari SDM sangat penting. Kajian manajemen sumberdaya manusia adalah sangat kompleks karena berhubungan dengan banyak faktor.

Akad kerjasama

sebuah tinjauan ekonomi Islam mengenai model pengelolaan lahan dengan cara diupah lahan

Di dalam buku monograf ini penulis mencoba berbagi informasi kepada masyarakat umum khususnya para pelaku kerjasama pengelolaan lahan ataupun sejenisnya bahwa sistem pengelolaan atau penggarapan lahan perkebunan dengan cara diupah dari bagian lahan garapan yang telah dipraktikan pada suatu masyarakat daerah tertentu, maka perlu adanya suatu akad yang jelas dan pasti atas hal-hal apasaja yang dianggap penting dalam menjalankan akad kerjasama tersebut. Sehingga tujuanya ialah untuk menghindari salah satu pihak yang merasa dirugikan atas kerjasama yang telah dilakukanya. Dalam buku monograf ini akad kerjasama pada model pengelolaan atau penggarapan lahan perkebunan dengan cara diupah dari bagian lahan garapan dapat dibahas secara jelas dari perspektif ekonomi islam. Untuk itu mari membaca dan memahami isi buku ini, baik secara teoritik maupun empirik dari sajian penulisan dalam buku monograf ini,semoga dapat membawa keberkahan untuk penulis dan pembaca. Aamiin.

Dalam buku monograf ini akad kerjasama pada model pengelolaan atau penggarapan lahan perkebunan dengan cara diupah dari bagian lahan garapan dapat dibahas secara jelas dari perspektif ekonomi islam.

Pemasaran Syariah Era Digital

Buku “Pemasaran Syariah Era Digital” ini memuat informasi tentang disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan proses sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Buku ini mencoba mengungkapkan bagaimana mengemas model pemasaran yang menarik, saling menguntungkan, up to date, berdaya saing, sarat dengan nilai-nilai, revolusioner digital, era VUCA dan memiliki profitabilitas yang tinggi serta memberikan kecepatan, ketepatan dan kemudahan pelayanan serta kepuasan kepada pelanggan.

Buku “Pemasaran Syariah Era Digital” ini memuat informasi tentang disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan proses ...

Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam

Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam terdiri dari sepuluh bab yang membahas konsep pemasaran secara umum; dasar dasar pemasaran syariah; trend dan perubahan pasar; pengembangan strategi dan rencana pemasaran dalam islam; riset pemasaran syariah; persaingan bisnis dalam islam; ekuitas dan positioning merek dalam islam; identifikasi segmen dan target pasar dalam islam; etika dalam pemasaran syariah dan bab yang membahas transaksi yang dilarang dalam pemasaran syariah.

Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam terdiri dari sepuluh bab yang membahas konsep pemasaran secara umum; dasar dasar pemasaran syariah; trend dan perubahan pasar; pengembangan strategi dan rencana pemasaran dalam islam; riset pemasaran ...

Buku Ajar Fiqih Muamalah Kontemporer

Perkembangan ekonomi Islam baik dalam wacana maupun dalam praktek terus mengalami perubahan. Praktek-praktek ekonomi berkembang lebih kompleks dan beragam. Pada tahap inilah sangat diperlukan agar praktek ekonomi tetap sesuai dengan syari’at Islam. Diperlukan aturan-aturan hukum yang baru dan diperbaharui agar dapat mengatasi masalah-masalah ekonomi. Hukum akan kehilangan eksistensi dan fungsinya jika tidak mampu mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat. Demikan juga dengan hukum ekonomi Islam, jika bergeming seputar transaksitransaksi ekonomi yang dibahas dalam fiqih muamalah klasik, maka akan kehilangan eksistensinya dan tergerus arus perubahan jaman. Buku ajar yang ada dihadapan pembaca saat ini merupakan sebuah desain ilmu yang akan menjawab beberapa konsep tentang praktik ekonomi kontemporer, buku ini diambil dari perkuliahan Fiqih Muamalah yang diajarkan di Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Buku ini menjadi rujukan dan sekaligus pegangan bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersebut dan juga bagi pengajar yang berprofesi sebagai dosen di fakultas keislaman lainnya.

Buku ajar yang ada dihadapan pembaca saat ini merupakan sebuah desain ilmu yang akan menjawab beberapa konsep tentang praktik ekonomi kontemporer, buku ini diambil dari perkuliahan Fiqih Muamalah yang diajarkan di Program Studi Ekonomi ...

HUKUM DAN EKONOMI SYARIAH

Potensi, Problem Aktual, dan Solusinya di Masa Kini

Rezim ekonomi dominan yang terus mengglobal mengalami kebuntuan menghadapi problem krisis sosial dan krisis ekologis. Pada saat yang sama, ekonomi syariah yang dianggap sebagai solusi alternatif dari tatanan ekonomi modern mengalami kebangkitan dalam beberapa dekade terakhir. Datangnya pandemi covid-19 benar-benar menguji ketahanan ekonomi syariah dan ekonomi konvensional. Buku ini mengulas beberapa tema mutakhir dalam perkembangan ekonomi syariah, mulai dari kepemilikan tanah, perbankan syariah, zakat produktif, wakaf produktif, wakaf uang, pengembangan UMKM syariah, hingga ketahanan ekonomi syariah di masa pandemi. Ditulis oleh para akademisi dan praktisi hukum dan ekonomi syariah, buku ini patut dipelajari tidak hanya di kalangan akademik, tetapi juga siapa pun yang ingin memahami dan mempraktikkan ekonomi syariah.

Ditulis oleh para akademisi dan praktisi hukum dan ekonomi syariah, buku ini patut dipelajari tidak hanya di kalangan akademik, tetapi juga siapa pun yang ingin memahami dan mempraktikkan ekonomi syariah.

Hukum Dagang

Hukum dagang adalah serangkaian norma yang timbul khusus dalam dunia usaha atau kegiatan perusahaan. Norma itu bersumber pada aturan yang sudah dikodifikasikan, yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang maupun di luat kodifikasi. Dalam hukum dagang atau perniagaan diatur ketentuan mengenai hubungan bagi pedagang antara, ketentuan perserikatan, transportasi atau angkutan, hukum asuransi dan ketentuan mengenai surat-surat niaga. Buku ini menguraikan secara detail pengertian perdagangan dan hukum dagang; bentuk dan perantara dalam perdagangan; perusahaan dan pengusaha; bentuk-bentuk perusahaan; kepailitan, HAKI; merger, konsolidasi dan akuisisi, serta surat-surat berharga.

Hukum dagang adalah serangkaian norma yang timbul khusus dalam dunia usaha atau kegiatan perusahaan.

Data Mining Techniques

For Marketing, Sales, and Customer Relationship Management

Many companies have invested in building large databases and data warehouses capable of storing vast amounts of information. This book offers business, sales and marketing managers a practical guide to accessing such information.

Many companies have invested in building large databases and data warehouses capable of storing vast amounts of information. This book offers business, sales and marketing managers a practical guide to accessing such information.