Sebanyak 880 item atau buku ditemukan

Model-Model Pembelajaran

Buku Model-Model Pembelajaran karya Shilphy A. Octavia merupakan buku tentang kegiatan belajar mengajar yang bermanfaat yang memuat tentang keberhasilan proses pembelajaran yang tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini akan dibahas mengenai baik atau tidaknya suatu model pembelajaran atau pemilihan suatu model pembelajaran yang akan tergantung pada tujuan pembelajaran, kesesuaian dengan materi yang akan disampaikan, perkembangan siswa dan juga kemampuan guru dalam mengelola dan memberdayakan semua sumber belajar yang ada sehingga kompetensi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Buku Model-Model Pembelajaran memuat daftar isi yaitu sebagai berikut : Bab I - Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Bab II - Model Pembelajaran Bab III - Macam-Macam Model Pembelajaran Bab IV - Implementasi Model Pembelajaran Spesifikasi Buku Meliputi : Kategori : Kegiatan Belajar Mengajar Penulis : Shilphy A. Octavia E-ISBN : 978-623-02-1183-6 Ukuran : 14x20 cm Halaman : 112 hlm Tahun Terbit : 2020 Model-Model Pembelajaran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Buku Kegiatan Belajar Mengajar yang berjudul Model-Model Pembelajaran ini merupakan karya Shilphy A. Octavia.

MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif

Judul : MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif Penulis : Ponidi, Novi Ayu Kristiana Dewi, Trisnawati, Dian Puspita, Erliza Septia Nagara, Marilin Kristin, Dwi Puastuti, Widi Andewi, Leni Anggraeni, Bernadhita H. S. Utami. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 210 Halaman ISBN : 978-623-6233-08-5 Buku “Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif” ini merupakan buku yang dapat dijadikan sebagai referensi, pegangan atau pedoman bagi pendidik baik guru maupun Dosen dalam melaksanakan Pembelajaran di kelas. Penulis memaparkan berbagai model dan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif sebagai alternatif pembelajaran yang dilakukan di sekolah maupun di Perguruan Tinggi. Pemaparan dalam buku ini memberikan gambaran yang komprehensif bagaimana guru atau Dosen menggunakan model pembelajaran sehingga mudah dipahami. Buku ini membahas Konsep Pembelajaran Karakter, Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran PAKEM, Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Simulasi, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Model Pembelajaran Value Clarification Technique, dan Model Pembelajaran E-Learning. Pada setiap bab buku ini dilengkapi dengan pengertian setiap model pembelajaran, hakikat model dan metode pembelajaran, lingkup model pembelajaran hingga membahas mengenai langkah-langkah setiap model pembelajaran. Dengan demikian buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari kalangan pendidikan untuk dapat menjadikan buku ini sebagai acuan dalam meningkatkan kompetensi guru maupun dosen dikelas dan pencapaian pembelajaran yang efektif.

Judul : MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif Penulis : Ponidi, Novi Ayu Kristiana Dewi, Trisnawati, Dian Puspita, Erliza Septia Nagara, Marilin Kristin, Dwi Puastuti, Widi Andewi, Leni Anggraeni, Bernadhita H. S. Utami.

Metode Pengabdian Masyarakat : Dari Rancangan ke Publikasi

Judul : Metode Pengabdian Masyarakat : Dari Rancangan ke Publikasi Penulis : Ismail Suardi Wekke Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman No ISBN : 978-623-5687-93-3 Tahun Terbit : Agustus 2022 Buku ini menjadi bagian yang hadir dalam suasana pagebluk covid-19. Sebuah kondisi ketika dimana diliputi kecemasan dan kekhawatiran, pada saat yang sama dialihkan untuk mengetikkan buku ini. Hanya dengan harap bahwa ketika semuanya berlalu, justru ada peluang untuk kembali ke masyarakat. Tidak lagi berkerumun tetapi “berbaris” untuk sebuah aksi. Pengabdian masyarakat menjadi sebuah tuntutan bagi dosen dan merupakan pilar utama dalam Tri Dharma perguruan tinggi. Olehnya sebagai sebuah keharusan bagi insan akademis, buku ini menjadi bagian dalam ikhtiar mewujudkan pengabdian masyarakat itu. Hanya saja, selama ini kita dapatkan secara khusus metode penelitian. Maka, buku ini secara khusus adalah metode pengabdian masyarakat. Tidak lagi hanya sebagai pelengkap semata. Pengabdian masyarakat kini memasuki fase dimana perlu rancangan dalam tahap-tahap tertentu, kemudian diakhiri dengan publikasi. Sebagaimana yang sudah terpola dalam sebuah penelitian. Itu pulalah yang kemudian kini dipraktikkan dalam pengabdian masyarakat. Hanya saja, sesekali kita tidak mendapatkan referensi yang tersedia. Untuk itu, kehadiran buku ini akan menjadi kesempatan mengisi peluang-peluang itu. Diketikkan melalui proses diskusi, dan juga diawali ketika menggagas KKN yang merupakan kolaborasi pelbagai pihak dan pada akhirnya akan wujud sebuah luaran dari pengabdian masyarakat yang tersruktur.

Judul : Metode Pengabdian Masyarakat : Dari Rancangan ke Publikasi Penulis : Ismail Suardi Wekke Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman No ISBN : 978-623-5687-93-3 Tahun Terbit : Agustus 2022 Buku ini menjadi bagian yang hadir dalam ...

Pembelajaran IPS di SD/MI

Sasaran penulisan buku ini terutama ditujukan bagi mahasiswa pada Program Studi (Jurusan) PGSD/PGMI; tidak menutup kemungkinan bagi para guru SD/MI di seluruh nusantara yang menaruh harapan besar dalam rangka optimalisasi peran pendidik (guru) untuk selalu mengasah dan memperbaharui pengetahuan serta kecakapan keilmuan. Buku ini juga diperuntukkan bagi para peneliti pemula, pemerhati pendidikan IPS, juga para pemerhati sosial dan budayawan di negeri ini. Secara ringkas, buku ini membahas mengenai berbagai bab dengan cakupan materi sebagai berikut. 1) Prawacana 2) Perspektif Pembelajaran IPS di SD/MI 3) Manusia dan Lingkungan 4) Individu, Kelompok, dan Kelembagaan 5) Perubahan dan Konflik Sosial 6) Dinamika Kebudayaan 7) Ruang dan Waktu dalam Sejarah 8) Kenampakan Muka Bumi 9) Perekonomian dan Perilaku Ekonomi 10) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pendidikan 11) Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS 12) Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran IPS SD/MI 13) Model – Media Interaktif dalam Pembelajaran IPS SD/MI.

Secara ringkas, buku ini membahas mengenai berbagai bab dengan cakupan materi sebagai berikut. 1) Prawacana 2) Perspektif Pembelajaran IPS di SD/MI 3) Manusia dan Lingkungan 4) Individu, Kelompok, dan Kelembagaan 5) Perubahan dan Konflik ...

Inovasi dan Difusi Inovasi Pendidikan

Pendidikan Biologi

Pendidikan mengalami inovasi yang ekstrim pada era Revolusi Industri 4.0, 5.0 dan pada Era Pandemi COVID-19. Inovasi diartikan sebagai sesuatu yang baru atau sesuatu yang dipersepsi baru. Rogers (1983) mendefinisikan inovasi "an idea, practice, or object perceived as new by the individual or other unit of adoption". Artinya, inovasi itu adalah ide, praktek, atau benda yang baru atau yang dipersepsi baru. Inovasi di bidang industry ditandai dengan otomatisasi, robotik, internet of things (IoT), 3D printing, digitalisasi, dan big data analysis. Inovasi di bidang Pendidikan tidak kalah seru dengan inovasi di bidang industri. Inovasi Pendidikan terjadi di berbagai bidang, meliputi kurikulum, bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan strategi penilaian. Pendidikan yang dulu mengandalkan sistem pedagogi kini berkembang menjadi heutagogy, peeragogy, dan cybergogy. Perkembangan internet of things (IoT), robot teacher, augmented reality, dan virtual reality telah mengubah paradigma pendidikan, termasuk Pendidikan biologi. Pendidik dan siswa perlu menyesuaiakan diri dengan inovasi tersebut.

Pendidikan mengalami inovasi yang ekstrim pada era Revolusi Industri 4.0, 5.0 dan pada Era Pandemi COVID-19.

INOVASI PEMBELAJARAN

Dari ide kreatif di kepala sampai praktik inovatif di kelas

Buku ini ditujukan untuk semua kalangan yang berkecimpung di dunia pendidikan, mulai dari mahasiswa keguruan, calon guru, guru profesional, widyaiswara, dosen, peneliti, serta perekayasa teknologi pendidikan. Buku ini menguraikan tentang seluk beluk kegiatan inovasi pembelajaran mulai dari pengertian dan ruang lingkupnya; faktor pendorong yang membuat kegiatan inovasi pembelajaran harus dilakukan; keterkaitan inovasi pembelajaran dengan kreativitas; faktor pertimbangan dalam melaksanakan kegiatan inovasi pembelajaran; bentuk-bentuk produk akhir inovasi pembelajaran;, kriteria, metode, dan instrumen penilaian kualitas produk akhir tersebut; prosedur pengembangan produk yang valid dan operasional; serta prosedur penerapan produk tersebut dalam pembelajaran sesungguhnya di kelas. Setiap bagian diuraikan dengan bahasa yang sederhana serta dilengkapi dengan hasil penelitian terbaru yang relevan. Selain itu, disajikan juga contoh-contoh konkret dan kontekstual sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman di era sekarang.

Buku ini menguraikan tentang seluk beluk kegiatan inovasi pembelajaran mulai dari pengertian dan ruang lingkupnya; faktor pendorong yang membuat kegiatan inovasi pembelajaran harus dilakukan; keterkaitan inovasi pembelajaran dengan ...

Inovasi Pendidikan

Pada masa reformasi ini, pendidikan di Indonesia tetap membutuhkan perbaikan dan peningkatan mutu. Salah satunya dengan melalukan inovasi-inovasi pendidikan, untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi pada masa globalisasi yang menuntut kita untuk mampu bersaing di tengah-tengah bangsa lain yang mungkin lebih maju, baik dalam hal pendidikan, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, jika kita tidak mampu bersaing dan mengikuti perkembangan jaman, maka generasi muda tidak mampu mengembangkan potensi yang ada dalam bangsa dan negara, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya alam untuk kesejahteraan bangsa. Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA

Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif

lobalisasi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat dunia, tidak terkecuali menjadikan lingkungan berbagai organisasi maupun bisnis sangat bergolak, penuh dengan perubahan, maka persaingan pun semakin tajam. Perusahaan-perusahaan maupun organisasi yang pada masa lalu bersaing hanya di tingkat lokal, regional, atau nasional, kini harus pula bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang rnampu menghasilkan barang dan jasa berkualitas kelas dunia yang dapat bersaing dalam pasar global. Untuk memenangkan suatu persaingan, perusahaan/ organisasi dituntut sumberdaya manusia yang unggul, karena hal itu akan menghasilkan keunggulan bersaing dalam jangka panjang. Hal tersebut dapat terwujud, tidak terlepas dari adanya peran manajemen sumberdaya manusia. Manajemen sumberdaya manusia sangat rnenentukan keberhasilan direktur eksekutif berbagai perusahaan/lembaga organisasi, mulai dari organisasi multinasional yang paling besar sampai perusahaan domestik yang paling kecil. Dalam konteks inilah buku ”Buku Manajemen Sumberdaya Manusia” ini hadir, membantu para mahasiswa, calon pemikir, birokrat, manajer pengembang lembaga/organisasi dalam memahami dan melakukan pengembangan lembaga atau organisasi secara efektif dan efisien melalui konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia yang modern. Buku ini dirancang selain untuk membantu mahasiswa memahami konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia, juga diperuntukkan bagi pembaca lainnya yang ingin memperdalam pengetahuan tentang manajemen sumberdaya manusia. Penyajian materi dalam buku ini berupaya memformulasi-kan suatu cara praktis kepada para mahasiswa, calon pemikir, birokrat, manajer pengembang lembaga/organisi lainya, pemaparannya dimulai, dari konsep dasar manajemen sumber daya manusia; kemudian secara berturut-turut membahas: desain pekerjaan dan analisis pekerjaan; perencanaan sumber daya manusia; rekrutmen karyawan; seleksi calon pegawai/karyawan; orientasi, penempatan, pelatihan dan pengembangan pegawai/karyawan; pengembangan karir; promosi dan pemindahan; penilaian prestasi kerja; pemberian konpensasi; kepuasan kerja; hubungan serikat karyawan dengan manajemen; pemutusan hubungan kerja, dan tantangan manajemen sumberdaya manusia dalam mengelola sumberdaya manusia. Penulis berharap, kehadiran buku revisi ke-IV ini dapat memenuhi tuntutan akademik, dapat memberikan inspirasi urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, serta menjadi solusi dalam menghadapi masalah pengembangan manajemen sumberdaya manusia. Lebih dari itu, semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin. Bandung, 1 Januri 2022 Penulis,

Manajemen sumberdaya manusia sangat rnenentukan keberhasilan direktur eksekutif berbagai perusahaan/lembaga organisasi, mulai dari organisasi multinasional yang paling besar sampai perusahaan domestik yang paling kecil.

Perilaku dan Teori Organisasi

Dinamika organisasi sebagai tenaga penggerak sebuah organisasi mempunyai peran yang penting perkembangan, pertumbuhan dan keefektifan sebuah organisasi. Ada banyak faktor yang menyusun terbangunnya dinamika dalam berorganisasi, dimana organisasi sebagai tempat atau wadah bergabungnya beberapa individu yang mempunyai karakteristik, asal, dan perilaku yang tidak sama. Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi. Beberapa ahli berpendapat bahwa faktor-faktor yang membentuk dan menyusun munculnya dinamika dalam organisasi antara lain ; karakteristik individu, karakteristik kelompok, struktur, budaya, serta iklim organisasi sehingga efektivitas dan peranan organisasi dapat terpenuhi. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam bahan riset terkait perilaku dan organisasi, baik sektor bisnis maupun publik. Sasaran utama penyajian buku ini adalah para mahasiswa dan dosen yang sedang menyusun penelitian, baik skripsi, tesis, maupun disertasi. Bagi para praktisi pendidikan, buku ini tentu akan menambah wawasan yang bersifat praktis dalam mengelola dinamika organisasi

Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi.