Sebanyak 885 item atau buku ditemukan

Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal

Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata Kuliah Manajemen Inovasi. Dalam buku ini dituangkan bagaimana inovasi mahasiswa mengenai media pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal sehingga peserta didik, dalam hal ini siswa di jenjang sekolah dasar, agar mereka tetap dapat mengenal budaya sambil belajar.

Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata ...

Media Pembelajaran Matematika

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran sendiri terbagi menjadi 2 yaitu manipulatif dan ICT. Manipulatif adalah media yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dipindah, dan dipotong-potong atau bisa dikatakan bahwa manipulatif adalah media yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Media pembelajaran manipulatif bisa dikatakan sebagai media tradisional.

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika.

PERAN, FUNGSI, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Buku ini membahas permasalahan terkait; peran dan fungsi multimedia pembelajaran interaktif, strategi pemanfaatan media pembelajaran, kontribusi TIK untuk pendidikan, optimalisasi pembelajar berbasis media pembelajaran TIK, pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran, optimalisasi media pembelajaran melalui model kooperatif sebagai upaya peningkatan belajar dan prestasi siswa, dan strategi pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Buku ini membahas permasalahan terkait; peran dan fungsi multimedia pembelajaran interaktif, strategi pemanfaatan media pembelajaran, kontribusi TIK untuk pendidikan, optimalisasi pembelajar berbasis media pembelajaran TIK, pemanfaatan ICT ...

RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN

Buku berjudul “Ragam Media Pembelajaran” berisi konsep dan aplikasi dalam pemberian ganjaran dan hukuman pada semua elemen. Kajian dalam buku ini terbatas pada perbincangan masalah penerapan media pembelajaran yang sering digunakan oleh manusia dalam melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan lingkungannya. Tujuannya untuk memberikan motivasi individu atau kelompok dalam melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Sebagai sebuah karya, tentu saja buku ini tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan. Karenanya kritik konstruktif dan saran dari kalangan pembaca senantiasa diharapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.

Buku berjudul “Ragam Media Pembelajaran” berisi konsep dan aplikasi dalam pemberian ganjaran dan hukuman pada semua elemen.

MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Alat peraga atau media adalah sarana untuk menampilkan dan menyampaikan pesan pembelajaran, sumber belajar atau komponen sistem pembelajaran yang terdiri dari P-O-B-A-TE-L, alat bantu ajar (Teaching Aids), self instructional media. Penggunaan alat peraga ini bertujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam materi pembelajaran. Alat peraga yang dipakai dalam proses belajar-mengajar dalam garis besarnya memiliki manfaat menambahkan kegiatan belajar para siswa, menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar, sebab dapat membangkitkan minat perhatian dan aktivitas para siswa. Media video dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan–tujuan belajar.

Alat peraga atau media adalah sarana untuk menampilkan dan menyampaikan pesan pembelajaran, sumber belajar atau komponen sistem pembelajaran yang terdiri dari P-O-B-A-TE-L, alat bantu ajar (Teaching Aids), self instructional media.

MODUL VIDEO SEBAGAI MEDIA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

-

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin meluas maka perlu pengembangan model palayanan bimbingan dan konseling yang lebih baik untuk mengikuti perubahan tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling adalah aplikasi media video. Dengan penguasaan materi dan kemampuan yang baik oleh konselor dalam media video diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas layanan serta ketercapaian materi bagi para siswa didik nantinya. Buku ini berisikan modul singkat bagaimana aplikasi video sebagai alternatif media dalam layanan bimbingan dan konseling.

B. VIDEO DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING 1. ... Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabunggabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat ...

METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan dalam metode imiah.Penelitian yang dilakukan menggunakan merode ilmiah mengandung dua unsur penting, yakni pengamatan (observation) dan penalaran (reasoning). Metode ilmiah didasari oleh pemikiran bahwa apabila suatu pernyataan ingin diterima sebagai suatu kebenaran maka pernyataan tersebut harus dapat diverivikasi atau diuji kebenarannya secara empirik (berdasarkan fakta) Data dan informasi yang andal (reliable) dan sahih (valid) digunakan untuk menjelaskan suatu gejala dan atau membuat solusi atas suatu maslaah empiris hanyalahdata dan informasi yang diperoleh dengan menggunakan metode ilmiah. Sementara keandalan (reability) dan kesahihan (validity) data dan informasi ditentukan oleh ketepan menggunakan metode penelitian. Ketepatan menggunakan metode penelitian jika peneliti memiliki pengetahuan tentang metode penelitian secara komprehensif dan mampu mengaplikasikanya secara empiris. buku ini menyediakan pengetahuan tentang metode penelitian dan didalamnya juga dikemukakan beberapa aplikasi dan dikemukanan sejumlah contoh. Buku ini dapat digunakana oleh mahasiswa yang sedang mempelajari metodelogi penelitian atau yang sedang menyelesaikan tugas akhir kemahasiswaan, para peneliti-peneliti muda atau yang ingin menggunakannya, baik sebagai bahan perbandingan maupun hbahan acuan atau bahan kepustakaan

Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan dalam metode imiah.Penelitian yang dilakukan menggunakan merode ilmiah mengandung dua unsur penting, ...

Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik

Bagi anak Usia Dini

Model pembelajaran tematik pada hakikatnya merupakan model pembelajaran terpadu, yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara Holistik dan autentik. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dalam suatu tema tertentu. Sehingga diharapkan siswa lebih memiliki kedalaman wawasan materi dengan tingkat keterampilan dan pengetahuan yang beragam daN kompleks (multiple knowledge) serta tidak terpecah-pecah. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

Model pembelajaran tematik pada hakikatnya merupakan model pembelajaran terpadu, yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta ...