Sebanyak 162 item atau buku ditemukan

English for Business and Diplomacy

Sebuah Panduan Bahasa Inggris untuk Para Pelaku Bisnis, Kalangan Profesional, dan Praktisi Hubungan Antarbangsa

Bahasa Inggris menjadi senjata utama untuk menyampaikan posisi dan kepentingan negara secara luas, tegas, jelas dan berbeda, namun santun, dan tidak menyinggung posisi maupun kepentingan negara lain. Untuk itu, pemahaman bahasa Inggris yang mendalam sangat penting, mulai dari pemahaman makna kata secara akurat, menguasai kosakata yang banyak, memahami jargon penting, keterampilan penempatan kata, penataan kalimat dan penyusunan paragraf yang indah sehingga menjadi klimaks dalam penyampaian gagasan Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Bahasa Inggris menjadi senjata utama untuk menyampaikan posisi dan kepentingan negara secara luas, tegas, jelas dan berbeda, namun santun, dan tidak menyinggung posisi maupun kepentingan negara lain.

Kinerja Keuangan Bank Syariah - Rajawali Pers

Informasi akuntansi yang berkualitas akan menghasilkan penilaian kinerja keuangan yang berkualitas pula. Kinerja keuangan merupakan gambaran kondisi keuangan yang berguna bagi manajemen dan pihak eksternal untuk mengambil keputusan dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, Bank Syariah sebagai institusi jasa keuangan syariah sudah selayaknya memperhatikan kondisi keuangannya. Buku ini mengungkapkan hasil perhitungan rasio-rasio keuangan penting dalam keuangan pada Bank Umum Syariah Indonesia seperti kualitas aset (Asset Quality) untuk melihat kondisi sebagai antisipasi risiko gagal bayar atas pinjaman yang diberikan berupa pembiayaan atau kredit, pendapatan (Earnings) untuk melihat kemampuan bank dalam meningkatkan laba dan efisiensi usaha yang dicapai, serta Likuiditas (Liquidity) yang berguna untuk melihat kemampuan bank dalam memenuhi kewajiban kepada deposit- ornya/dana pihak ketiga (DPK). Selain itu, sesuai dengan karakteristik Bank Syariah yang harus memenuhi kepatuhan syariah, buku ini juga menyajikan pengukuran secara kuantitatif melalui rasio Investasi Syariah (Islamic Investment), Pendapatan Syariah (Islamic Income), dan Bagi Hasil (Profit Sharing). Oleh karena itu, buku ini memberikan pengetahuan baru dalam keuangan syariah yang sangat cocok untuk para praktisi, akademisi serta stakeholder yang memiliki perhatian terhadap kinerja keuangan lembaga keuangan syariah khususnya pada perbankan syariah.

Informasi akuntansi yang berkualitas akan menghasilkan penilaian kinerja keuangan yang berkualitas pula.

Manajemen Pendidikan: Menyingkap Tabir Pengelolaan Lembaga Pendidikan

Mengelola sebuah lembaga pendidikan, mulai dari tingkatan yang terendah (Taman Kanak-Kanak) sampai tingkatan yang paling tinggi (Perguruan Tinggi) tidaklah sesederhana seperti mengelola sebuah kumpulan pengajian, majlis ta’lim atau kegiatan-kegiatan sejenisnya. Kerumitan dalam mengelola lembaga pendidikan, bagi mereka yang telah terbiasa dengan dunia ini (pemikir, pemerhati dan praktisi pendidikan), barangkali sedikit bisa berkompromi karena sesungguhnya mereka sangat sadar betapa ruwet dan banyaknya pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan solusinya. Persoalan keterbatasan anggaran, tentulah bukan satu-satunya masalah yang harus segera dicarikan solusi pemecahannya. Keberadaan sumber daya manusia (SDM), juga jangan dipandang sebelah mata, karena sumber daya pengelola pendidikan bukan hanya seorang guru atau kepala sekolah, melainkan semua sumber daya yang secara langsung terlibat dalam pengelolaan suatu lembaga pendidikan. Belum lagi gonta ganti kurikulum yang disinyalir lebih cenderung mengikuti selera pejabat baru. Sistem penerimaan peserta didik baru dengan tingkat kekhawatiran yang lumayan tinggi, karena takut tidak masuk zonasi dari sekolah yang dituju. Intinya, semakin dikupas satu per satu akan semakin terang benderang wajah suram dunia pendidikan di negeri ini. Oleh karena itu, kehadiran buku di hadapan pembaca yang budiman ini, dengan satu harapan semakin menyingkap tabir gelap pengelolaan lembaga pendidikan. Sehingga sangat disarankan bagi para pemikir, pemerhati dan praktisi pendidikan untuk bisa mengkoleksi buku ini, sebagai salah satu pikiran alternatif untuk mengurai berbagai persoalan yang ada.

pendidikan tinggi. Pendidikan seperti ini memiliki proses yang sistematis dalam mencapai tingginya tingkat kualitas pendidikan. Faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pendidikan salah satunya adalah fungsi produksi pendidikan.

La perception du milieu naturel à travers la littérature orale Touarègue Kel Aïr du Niger

Le champ notionnel et polysémique de l’espace faisant l’objet d’un intérêt de plus en plus vif, se trouve analysé selon des points de vue disciplinaire multiples captivant à la fois la géographie, l’architecture aussi bien l’urbanisme, la philosophie, le cinema, les médias, l’anthropologie et la littérature. Dans un contexte littéraire et sociolinguistique, cette étude décrit dans une perspective pragmatique, textuelle et contextuelle, la perception de l’environnement ainsi que les éléments du milieu naturels vus par la tradition orale dans le complexe écologique de la réserve naturelle nationale de l’Aïr-Ténéré. Dans un système écologique, la mémoire collective est un discours incontournable pour la compréhension des interactions entre les différentes espèces naturelles qui y vivent. Mais les différentes formes orales restent souvent méconnues. La présente recherche ambitionne de combler cette lacune. Pour une question de commodité, elle comporte les conceptions de l’espace découlant des genres traditionnels sémantiques de la mémoire collective de Kel Tamasheq de l’Aïr au Nord Niger, dont les énoncés sont représentés en typologie, en style sémiotique et en symboles.

... sont déterminées dans 6 dogmes qui consistent à croire en : l'unicité de Dieu, aux Anges, aux Livres révélés, aux Envoyés le nabi l'« envoyé » le rasûl l'« envoyé-messager », au jour dernier, et en la Prédestination (Qadar).

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER

Konstruksi Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Komunikatif - Sosiolinguistik

Konsepsi metodologis pembelajaran bahasa Arab belakangan ini, tampak mengalami stagnasi yang begitu panjang. Antara sesama lembaga pendidikan Islam, mulai dari pesantren, pendidikan formal dan informal, madrasah, diniyah hingga lembaga kursus, belum punya standar metodologis yang disepakati secara bersama-sama sebagai batas capaian minimum. Metode pembelajaran yang ada, merupakan produk klasik yang diterapkan. Belum ada inovasi di tengah perkembangan keilmuan yang sangat pesat. Buku ini sengaja hadir untuk memberikan re-metodologis pembelajaran bahasa Arab yang dimulai dari “pengulitan” nilai, yaitu pendekatan (approach) pembelajaran. Suatu pendekatan yang memadukan antara reposisi konteks kebahasaan dengan mencermin pada budaya kontemporer dan kebudayaan masyarakat Arab terkait dengan post vocabulary. Dengan cara tersebut, bahasa Arab diharapkan “bersinar” kembali, sebagaimana pernah diraih pada selang waktu tahun 1887-1972. Saat itu bahasa Arab mampu menguasai dataran global dengan sumber-sumber literatur berbahasa Arab, ilmuwan-ilmuwan dunia menggunakan bahasa Arab, bahkan pada puncaknya (tahun 1972), UNESCO memberikan penghargaan kepada bahasa Arab sebagai bahasa internasional, setara dengan bahasa Inggris, Perancis, Tunisia, dan Itali.

Konsepsi metodologis pembelajaran bahasa Arab belakangan ini, tampak mengalami stagnasi yang begitu panjang.

Daftar Kosakata Bahasa Sunda dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa negara kita itu ternyata diperkaya oleh kosakatakosakata bahasa daerah di Indonesia yang banyak jumlahnya. Berapa jumlah bahasa-bahasa daerah di Tanah Air? Menurut informasi dari Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S., Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, Ternate, Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak kedua di dunia, sebanyak 646 bahasa daerah/etnik (menurut Badan Bahasa) atau 720 bahasa daerah/etnik (menurut Summer Institute of Linguistics, SIL). Sementara itu, Papua Nugini adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak pertama di dunia, sebanyak 820 bahasa daerah/etnik.

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Daftar Kosakata Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa negara kita itu ternyata diperkaya oleh kosakatakosakata bahasa daerah di Indonesia yang banyak jumlahnya. Berapa jumlah bahasa-bahasa daerah di Tanah Air? Menurut informasi dari Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S., Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, Ternate, Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak kedua di dunia, sebanyak 646 bahasa daerah/etnik (menurut Badan Bahasa) atau 720 bahasa daerah/etnik (menurut Summer Institute of Linguistics, SIL). Sementara itu, Papua Nugini adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak pertama di dunia, sebanyak 820 bahasa daerah/etnik.

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Daftar Kosakata Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa negara kita itu ternyata diperkaya oleh kosakatakosakata bahasa daerah di Indonesia yang banyak jumlahnya. Berapa jumlah bahasa-bahasa daerah di Tanah Air? Menurut informasi dari Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S., Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, Ternate, Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak kedua di dunia, sebanyak 646 bahasa daerah/etnik (menurut Badan Bahasa) atau 720 bahasa daerah/etnik (menurut Summer Institute of Linguistics, SIL). Sementara itu, Papua Nugini adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak pertama di dunia, sebanyak 820 bahasa daerah/etnik.

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Pesantren Multicultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan

Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan asli Indonesia (indigenous) yang bertujuan menjadikan, membina, mendalami agama yatafaqquhu finddin, mencetak manusia seutuhnya kaffah dan membentuk kepribadian manusia yang memiliki sikap yang dapat memosisikan dirinya sebagai hamba Allah Swt. dan sebagai khalifah di bumi, mengajarkan nilai-nilai Islam dan mengamalkan Islam yang ramah dan berjiwa rahmatan lil aalamin. Karakteristik Islam yang ditampilkan oleh para ulama pemangku pesantren sebagaimana Nabi Muhammad Saw. mengajarkannya adalah penanaman dan pengembangan nilai-nilai infitah (inklusif), tawassut (moderat), musawah (persamaan), dan tawazun (seimbang), karena itu pesantren tampil pula sebagai agen pembudayaan nilai, norma, sekaligus pesan-pesan keagamaan yang memiliki nilai harmoni, kerukunan, persatuan, dan kedamaian bahkan para ahli menilai pesantren mempunyai peran yang cukup signifikan dalam melestarikan budaya lokal, termasuk memelihara nilai-nilai dan tatanan sosial yang harmonis di sekelilingnya. Dalam hal ini Pesantren Ngalah menyelenggarakan keseimbangan ilmu umum dan ilmu agama secara integratif dan sistemik, dan juga mengajarkan secara seimbang antara trilogi Islam: tauhid, syariat/ibadah dan juga tasawuf/thoriqoh. Keilmuan bidang tauhid dan syariat/ibadah diajarkan di lembaga pendidikan formal dan nonformal, sedangkan bidang tasawuf/thoriqoh diajarkan melalui sistem informal. Buku ini menawarkan sejumlah gagasan yang cemerlang yang mudah dipahami dan diimplementasikan di dunia pesantren, di antaranya adalah konsep dasar pendidikan pesantren humanis religius, pendidikan karakter multikultural di pesantren, konsep dasar model pendidikan karakter di pesantren, model pendidikan karakter multikultural, desain pendidikan humanis religius dalam membentuk karakter multikultural santri, best practice nilai karakter multikultural, konstruksi model pendidikan pesantren humanis religius dan konstruksi pendidikan pesantren humanis religius. Buku ini sangat tepat menjadi bacaan dan sumber insprasi bagi mahasiswa S1, S2, S3, dosen, peneliti, serta pengembang teori pendidikan, dan juga masyarakat umum yang concern dengan dunia pesantren untuk mengenal, memahami, mengimplementasikan dan mempertahankan marwah pesantren ala Indonesia.

Kedua, ranah afektif (affective goal) meliputi: (1) membuat anak didik mampu mengembangkan kesadaran dan kepekaan kultural, (2) membuat anak didik mampu menghormati perbedaan identitas kultural dan agama, (3) membuat anak didik mampu ...

Pengantar Penerjemahan

Perkembangan teknologi membawa arus perubahan luar biasa pada dunia terjemahan. Meskipun begitu, kajian terjemahan seperti tidak pernah habis karena terkait dengan bahasa yang lahir dari konteks budaya berbeda. Teknologi menjadi tambahan item dalam kajian penerjemahan melengkapi aspek lain seperti penerjemah (pelaku), budaya, linguistik, terjemahan sebagai profesi dan aspek aspek turunannya. Namun demikian, serpihan aspek-aspek yang kompleks dalam dunia terjemahan tersebut harus didekati dari satu pintu awal; pemahaman terhadap dasar-dasar konsep terjemahan. Buku ajar ini merangkum konsep-konsep dasar menggunakan referensi literatur dari praktisi-praktisi penerjemahan, sebagai pedoman bagi mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris dalam menerjemahkan beragam jenis teks secara terukur dan sistematis. Tuntutan capaian pembelajaran vokasional yang dirancang demi memenuhi tujuan-tujuan spesifik sesuai analisis kebutuhan industri menjadi pertimbangan kedalaman bahasan dalam setiap bab, selain keterbatasan jumlah jam pembelajaran terjemahan dalam keseluruhan masa studi. Sekalipun demikian, tantangan tersebut diharapkan tidak mengurangi tujuan besar bahwa buku ini mampu berperan sebagai pegangan yang memadai bagi mahasiswa vokasional yang lebih banyak menjalankan proses pembelajaran yang mendekati problem based learning. Di dalam buku ini juga diberikan petunjuk-petunjuk praktis agar mahasiswa mendapatkan gambaran secara lebih mendetail mengenai berbagai metode dan teknik penerjemahan yang efektif di dunia kerja pengalihbahasaan, serta latihan-latihan menerjemahkan teks yang dapat dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kuliah. Kami berharap agar setelah membaca isi buku ini dan menerapkan metode-metode yang diajarkan, para pemula dalam penerjemahan menjadi lebih percaya diri untuk mencoba berkarir sebagai penerjemah.

Perkembangan teknologi membawa arus perubahan luar biasa pada dunia terjemahan.