Sebanyak 366 item atau buku ditemukan

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “Assure”

Penulis : Asep Nurjaman, S.Pd.I., M.Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 260 Halaman ISBN : 978-623-68722-0-8 TEKS UNTUK BLURB: Keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kecakapan abad 21 secara global yang harus dimiliki peserta didik, salah satunya menumbuhkan critical thinking. Pembekalan kemampuan critical thinking peserta didik harus ditumbuhkembangkan oleh guru melalui proses pembelajaran dengan menggunakan sebuah formulasi desain pembelajaran yang komprehensif dan tepat sasaran. Hal ini bisa melalui formulasi desain pembelajaran “ASSURE”. Penggunaan desain pembelajaran disertai pemilihan metode yang tepat dan komponen lainnya dapat membantu guru dalam membelajarkan peserta didik sesuai dengan arah dan tujuan yang ditetapkan terlebih dalam meningkatkan kemampuan critical thinking peserta didik. Jika guru menggunakan desain pembelajaran yang tidak tepat dengan penerapan metode yang tidak variatif, maka dapat menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap proses dan pencapaian tujuan pembelajaran. Namun, bagaimana implementasi desain pembelajaran “ASSURE” dan peningkatan kemampuan critical thinking peserta didik? Anda akan menemukannya di dalam karya ini. Paparan yang disajikan komprehensif, dilengkapi dengan perhitungan dan analisis data, buku ini cocok dan sangat penting dibaca oleh para pendidik, khususnya guru SMP/sederajat pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, praktisi pendidikan, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat pembelajar.

AGAMA ISLAM MELALUI IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN “ASSURE” 18 79 3 Baik 19 87 4 Sangat baik 20 94 4 Sangat baik 21 90 4 Sangat baik 22 89 4 Sangat baik 23 89 4 Sangat baik 24 79 3 Baik 25 84 4 Sangat baik 26 90 4 Sangat baik 27 83 4 ...

Pendidikan Islam di Indonesia

Historis dan Eksistensinya

Sejarah Pendidikan_Islam di Indonesia telah dimulai sejak masuknya Islam ke Nusantara, para pedagang yang merangkap sebagai mubaligh dan pendidik; ketika itu telah memperkenalkan ajaran Islam kepada masyarakat pribumi. Pendidikan awal itu belum memiliki sarana dan fasilitas, belum ada jadwal dan materi tertentu, lebih banyak dalam bentuk pergaulan antara mubaligh/pendidik dan masyarakat sekitar. Setelah masyarakat Muslim terbentuk, mulailah dibangun masjid sebagai tempat ibadah dan pendidikan. Dengan demikian, tumbuhlah lembaga pendidikan awal yakni masjid. Di masjid dilaksanakan aktivitas ibadah shalat dan juga pendidikan Islam, memperkenalkan akidah dan ibadah serta belajar membaca Al-Qur’an. Oleh karena semakin banyaknya peserta didik, sesuai arus dinamika perkembangan Islam, mulailah dibutuhkan lembaga pendidikan di luar masjid. Maka, tumbuhlah lembaga pendidikan pesantren, menasah, rangkang, dayah, dan surau. Lembaga pendidikan ini berkembang karena dukungan masyarakat dan kerajaan Islam kala itu. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Ketetapan MPRSini diikuti dengan lahirnya peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 23 Oktober 1967, di mana ditetapkan bahwa Kelas I dan II sekolah dasar diberikan mata pelajaran agama 2 jam per ...

Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia

Buku ini menghadirkan benang merah perjalanan dan perkembangan pendidikan Islam di Nusantara. Di samping pola perkembangan pendidikan Islam Nusantara pada masa- masa awal, bentuk dan ragam transformasi pembaruan pendidikan Islam yang terjadi dan bagaimana kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional pada saat ini. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

4 4 4 4 4 4 Jumlah jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII Kelas VIII Kelas IX 8 8 8 Jumlah jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Kelas ...

Sejarah Pendidikan Islam

Buku ini ditulis selain bertujuan untuk mengembangkan khazanah studi Islam pada umumnya dan pendidikan Islam khususnya, juga dalam rangka memberikan kemudahan bagi para mahasiswa dalam mendapatkan bahan perkuliahan sejarah pendidikan Islam yang lebih memadai. Berkenaan dengan itu, maka kepada para guru, dosen dan mahasiswa yang membidangi Ilmu Pendidikan Islam diharapkan dapat memanfaatkan buku ini dengan baikbaiknya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam pada khususnya, dan mutu pendidikan nasional pada umumnya. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

an agama diberikan menurut agama murid masing-masing; (2) pendidikan agama baru diberikan pada suatu kelas yang mempunyai murid sekurang-kurangnya 10 orang menurut satu macam agama; (3) murid dalam satu kelas yang menganut agama lain ...

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Buku ini menjelaskan tentang materi mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk MA/SMA sederajat yang dielaskan secara detail dan mudah dipahami.

Islam (3) Memecah belah persatuan dan kesatuan umat Islam (4) Menanamkan keraguan terhadap ajaran Islam (5) Merintangi kemajuan urrat Islam. Akibatnya sangat jelas, yaitu umat Islam menjadi diremehkan dan tidak lagi disegani oleh umat ...

Psikologi Agama

Psikologi agama merupakan suatu komponen penting yang harus dipahami dan diketahui oleh pendidik di sekolah/madrasah. Pemahaman para pendidik yang benar terhadap psikologi agama akan memberikan motivasi dan menuntun para pendidik untuk mengetahui tingkat keberagamaan peserta didik, juga sebagai pedoman dalam memberikan ilmu pengetahuan agama bagi peserta didik. Mengingat hal di atas, maka buku ini dimaksudkan sebagai bahan referensi yang akan mengantarkan pemahaman pendidik dan peserta didik dalam keilmuan psikologi agama. Buku ini membahas berbagai bahan informasi dan pengetahuan terkait teori dan keilmuan psikologi agama sebagai suatu disiplin keilmuan. Di dalamnya tersaji empat belas bab secara keseluruhan, di antaranya: dimensi-dimensi kemanusiaan, perkembangan psikologi agama, faktor-faktor yang memengaruhi keberagamaan, pertumbuhan agama pada anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang mudah untuk dicerna namun tetap memiliki kaidah-kaidah ilmiah. Beberapa kutipan di dalamnya, penulis cantumkan untuk memudahkan mahasiswa yang menulis skripsi, tesis, dan mungkin juga disertasi mencari bahan rujukan. Buku ini ditulis dengan harapan dapat membuka wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, terutama bagi calon pendidik, konselor di sekolah dan madrasah yang membutuhkan berbagai bahan dan informasi berkenaan dengan teori dan konsep psikologi agama, serta bagi para mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Pada akhirnya, agaknya sebuah keharusan, tidak hanya bagi penulis bahkan juga bagi para pakar dan praktisi pendidikan, terutama konselor Islam, untuk mulai memperbincangkan hal ihwal keilmuan psikologi agama dalam nuansa pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana #PrenadaMedia

Dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain atau sekelompok orang secara sistematis dan berkesinambungan baik pada pendidikan formal maupun informal.

Psikologi Agama: Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Agama

Permasalahan keagamaan sejatinya sering kali terjadi di kehidupan manusia. Setidaknya, ada beberapa sudut pandang atau perspektif yang dapat digunakan untuk menganalisis permasalahan keagamaan tersebut, salah satunya adalah perspektif psikologi. Dalam buku Psikologi Agama: Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Beragama ini, pembaca akan diajak untuk memahami psikologi agama dari awal, yaitu definisi, ruang lingkup, dan manfaatnya. Buku ini memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai perkembangan proses keagamaan selama rentang kehidupan sehingga membuat pembaca untuk senantiasa memahami kondisi keagamaannya; menjelaskan tentang mistisisme dalam agama serta pengaruhnya dalam kepribadian; dan membahas mengenai tipologi kepribadian menurut agama-agama. Selain itu, buku ini mencoba menjabarkan secara komprehensif dan mendalam mengenai fenomena abnormalitas perilaku keagamaan, seperti radikalisme dan terorisme, mati untuk agama dan negara, fenomena monastisisme, perpindahan agama (konversi agama), aliran klenik, dan fenomena nabi palsu. Terakhir, buku ini mengulas tentang unsur-unsur psikoterapi dalam ritual peribadatan, serta membumikan agama dalam kehidupan. Buku persembahan Prenada Media Group.

Membumikan Agama dalam Kehidupan zatan Sang Buddha serta para muridnya), nidana (mengisahkan kisah dan hukum sebab kibat), aupanya (pendidikan dengan cara perumpamaan sehingga mudah dicerna dan dipahami oleh murid-murid), ...

Buku Ajar PSIKOLOGI AGAMA

Buku ini bermaksud memberi penjelasan mendasar mengenai peran dan penerapan Psikologi Agama dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan melalui buku ini, mahasiswa dan dosen memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan memadai mengenai pengajaran hingga penerapan Psikologi Agama. Namun, buku ini masih memiliki banyak kekurangan dan kelemahan, baik dari aspek isi maupun redaksinya. Oleh karena itu penulis berharap kritikan yang bersifat konstruktif dari pembaca, demi perbaikan di kesempatan yang lain.

Dengan demikian berfikir secara benar dan sehat merupakan kemampuan fitrah yang dapat dikembangkan melalui pendidikan dan latihan. Sejalan dengan interprestasi tersebut maka dapat dikatakan bahwa pengaruh faktor lingkungan yang sengaja ...

Leadership Reformed (Reformasi Kepemimpinan)

Buku ini menampikan Injil sebagai lensa untuk mencermati dan memaknai lima area efektivitas kepemimpinan pribadi, yaitu keinginan, identitas, martabat, motivasi, dan ambisi. Setiap momen penting yang mengubah dunia menjadi lebih baik selalu melibatkan kepemimpinan. Namun, sejarah juga menunjukkan bahwa para pemimpin paling tangguh sekalipun rentan mengalami penyimpangan dan kegagalan. Berlawanan dengan pemikiran populer bahwa pemimpin perlu meningkatkan kemampuan diri untuk menjadi efektif, fokus terhadap dirisendiri itu keliru karena diri adalah akar dari setiap masalah kepemimpinan. Di sini penulis mengungkapkan bahwa pemusatan pada diri—dan karenanya, ketidakpercayaan kepada Injil—adalah alasan mendasar mengapa para pemimpin sering dibutakan oleh kekuasaan dan kontrol, berlari terengah-engah diatas mesin kinerja, hidup bagi penerimaan orang lain, dan berambisi sempit untuk hal-hal duniawi. Dengan menggunakan wawasan alkitabiah dan penelitian akademis, prinsip-prinsip kepemimpinan di dalam buku ini, dan penerapannya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, akan memperlengkapi pemimpin baru maupun pemimpin berpengalaman untuk memulai dan mengakhiri kepemimpinan mereka dengan baik.

Buku ini menampikan Injil sebagai lensa untuk mencermati dan memaknai lima area efektivitas kepemimpinan pribadi, yaitu keinginan, identitas, martabat, motivasi, dan ambisi.

POTRET PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN

Aplikasi Model Keteladanan dan Pembiasaan dalam Ruang Publik

Buku ini terdiri empat bagian. Bagian pertama merupakan bagian pendahuluan, problematika moral/akhlak masyarakat dan kontruksi metode penelitian. Bagian kedua, merupakan bagian nilai-nilai pendidikan pesantren dalam membentuk karakter. Bagian ketiga, peran pesantren dalam pembentukan karakter. Sedangkan bagian terakhir atau keempat merupakan bagian diamana penulis menemukan hasil penelitian yaitu potret pendidikan karakter di pesantren Al-Kandiyas Krapyak Yogyakarta.

Melihat uraian tersebut maka dapat dikatakan bahwa pembentukan karakter seharusnya dimulai sejak anak masih belita, bahkan dalam Islam pendidikan anak dimulai sejak dalam kandungan, disitulah bahwa dalam membentuk karakter bisa ...