Sebanyak 632 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Pendidikan

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan yang saat ini berada di hadapan pembaca membahas tentang segala kerangka, sistematika dan prosedur dalam penelitian terkhusus pada bidang akademik atau penjurusan pendidikan. Di dalamnya memuat tentang hakikat penelitian, proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian, landasan teori dan pengajuan hipotesis, populasi dan sampel, varians dan analisis varians, instrumen dan teknik pengumpulan data, teknik analisis data, rancangan penelitian, penulisan laporan hasil penelitian, dan ulasan tentang merancang suatu penelitian.

Jenis-Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan a. Penelitian eksploratif Penelitian eksploratif disebut juga penelitian penjajakan. Tujuannya untuk mengenal atau memperoleh pandangan baru terhadap suatu permasalahan mengenai suatu ...

Metodologi Penelitian Kualitatif

Segala puja dan puji penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan petunjuk, bimbingan dan kekuatan lahir dan batin kepada diri penulis, sehingga buku ini dapat tersusun dan terbit sebagaimana mestinya. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan oleh-Nya kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, para sahabat dan semua pengikutnya yang setia di sepanjang zaman. Amien ! Dalam rangka mendukung kegiatan proses belajar mengajar di lingkungan STAIN Kudus, maka penulis berkeinginan untuk menyusun materi pembelajaran yang berjudul “Metodologi Penelitian Kualitatif”, untuk pegangan para mahasiswa, baik di PTAIN atau PTAIS. Hal ini sangatlah penting (urgen) bagi penulis. Dimana pada saat ini, memberikan bekal pengetahuan metodologi penelitian sangat bermanfaat bagi mahasiswa, ketika menjadi guru dan peneliti untuk meningkatkan profesionalitas dibidangnya. Buku ini berisi metodologi penelitian pendidikan kualitatif dengan berbagai macam jenis metode yang ditawarkan untuk membanntu pelaksanaan kegiatan penelitian oleh praktisi pendidikan, peneliti, dosen dan mahasiswa. Dengan terbitnya buku ini diharapkan pembaca dapat lebih mudah dan cepat dalam mendalami konsep dasar Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, prosedur metodologi penelitian kualitatif dan aplikasi metodologi penelitian kualitatif dalam kegiatan penelitian. Disadari bahwa buku ini masih terdapat kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempatan buku ini di masa mendatang. Untuk itu disampaikan ucapan terima kasih yang sebesarbesarnya. Semoga buku ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa dimana saja berada. Amin.

Kerjasama atau kolaborasi dalam penelitian tindakan dapat berjalan secara terpadu atau secara sendiri-sendiri, dalam arti bahwa sasaran masing-masing kelompok dapat berbeda-beda. Dalam hal demikian terasa seolah-olah ada penyimpangan ...

Potret Pendidikan dan Agama di Amerika

Buku ini mencatat refleksi dan pengalaman mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) selama tiga pekan di Amerika Serikat pada bulan September 2017. Temanya Faith Based Education. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Department of State Amerika Serikat ini merupakan program pertukaran budaya untuk memperkenalkan Amerika pada tema tertentu secara lebih dekat. Di bawah tema besar pendidikan dan agama, esai-esai lepas dalam buku ini mencatat beberapa hal mengenai Amerika, baik tentang sekularisme, wajah kaum muslim, pembiayaan pendidikan, peran buku dalam dunia pendidikan, dan beberapa segi kehidupan sosial masyarakat Amerika.

Buku ini mencatat refleksi dan pengalaman mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) selama tiga pekan di Amerika Serikat pada bulan September 2017.

PENDIDIKAN FEMINIS R.A. KARTINI

Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia

R.A. Kartini merupakan pahlawan wanita Indonesia yang lahir pada tanggal 21 April 1879. Namanya menjadi perbincangan dunia karena pemikiran-pemikiran feminisnya yang memperjuangan pendidikan wanita di saat keadaan wanita Indonesia kala itu mengalami diskriminasi terutama dalam urusan pendidikan. Dia begitu visioner melihat peran wanita untuk kemajuan suatu bangsa, pemikiran-pemikirannya menjadi loncatan waktu yang lahir mendahului zamannya di masa itu, bahkan telah mendahului tokoh-tokoh feminis dunia yang hidup setelahnya. Melalui buku ini pembaca akan melihat bagaimana R.A. Kartini memperjuangan hak kaum perempuan untuk bisa membebaskan diri dari keterkungkungan, kebodohan, dan sistem masyarakat yang kaku. Dia berusaha membuka cakrawala bangsa Indonesia tidak saja perempuan tapi juga laki-laki bahwa perempuan bisa memberikan yang terbaik untuk negerinya saat kesempatan itu ada. Melalui buku ini pula pembaca akan mengetahui bagaimana R.A. Kartini membawa spirit kemajuan, kebebasan, dan merubah masa depan yang penuh dengan cahaya.

3) Sikap isolasi yang disebabkan karena sikap non kooperasi secara total dari pihak pesantren terhadap apa saja yang berbau Barat, dan aliran kebangunan Islam tidak leluasa untuk bisa masuk karena dihalanghalangi oleh pemerintahan ...

Spiritualisasi Pendidikan Qur'ani

Buku ini diangkat dari disertasi Muh. Mustakim tentang spiritualisasi pendidikan Qur’ani, yang ditulis karena kegelisahan atas kurangnya kemapanan epistemologi dan praktik pendidikan agama Islam yang sekadar tambal sulam, dan tidak berpijak pada sumber asasi Islam itu sendiri. Buku ini, oleh karenanya, menawarkan Spiritualisasi Pendidikan Qur’ani sebagai solusi atas persoalan tersebut. Ia dirumuskan berdasarkan telaah menggunakan paradigma bayāni, burhāni, dan irfāni atas terma tilāwah, tazkiyah, ta‘līm dan ḥikmah dalam Al-Qur’an menurut tujuh kitab tafsir. Metode ini sekaligus untuk menguji dua hal, yakni makna dan implikasi empat terma tersebut dalam spiritualisasi pendidikan agama Islam. Teori baru yang diusulkan memisahkan spiritualisasi pendidikan agama Islam ke dalam dua kategori: untuk pendidikan dasar, dan untuk pendidikan lanjutan. Perbedaan keduanya terletak pada tujuan internaliasi spiritualitas; pada tingkat dasar untuk penguatan, pada tingkat lanjut untuk pengkondisian. Hasil riset dalam buku ini mengajukan antitesis untuk kegelisahan Munir Mulkan atas kurangnya pengembangan pendidikan Islam yang berlandaskan sumber asasi Islam, yakni Al-Qur’an. Sebaliknya, penelitian ini menguatkan teori Andrew M. Greeley yang mengemukakan bahwa imajinasi keagamaanlah yang meramalkan perilaku, bukan proposisi religius.

Epistemologi Islam (Bayani, Burhani, Irfani. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 217–228. Hawwa, S. (1424). Al-Asas Fit-Tafsir. Mesir: Dar As-Salam. ______. (2007). Tazkiyatun Nafs; Intisari Ihya Ulumuddin, Terj.

Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama Di Jembrana-Bali)

Buku ini membahas tentang Merawat Pluralisme Merawat Indonesia: Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali. Buku ini menjadi sangat penting untuk dibaca, karena terkait dengan fenomena yang terjadi belakangan ini bahwa perbedaan agama seringkali menjadi pemicu terjadinya konflik sosial. Bahkan, banyak diantara para pemikir beranggapan bahwa toleransi dan konstruksi sosial yang positif dilihat dari sejarah serta implikasinya hanyalah bersumber dari pemeliharaan dan pemahaman terhadap kebudayaan yang dipahami secara mendalam oleh individu-individu dalam masyarakat melalui proses pendidikan tanpa melibatkan unsur agama. Padahal, budaya adalah hanyalah potongan suatu konsep yang tajam, mengkhusus, dan teoretis dari agama. Agama dan budaya dapat berdiri sejajar dan sama-sama membentuk sikap individu. Agama dan budaya juga merupakan kekuatan untuk membebaskan manusia dari kebodohan, ketertindasan, dan pertikaian yang menyengsarakan. Maka untuk menghindarkan manusia dari segala dampak negatif itu, diperlukan sebuah model pendidikan yang dapat menyentuh aspek psikologi, sosiologi, fenomenologi, dan bahkan histori, yang terkontekstualisasi pada daerah dimana pendidikan itu dioperasionalisasikan. Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama Di Jembrana-Bali) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Sumbulah, Ummi, “Islam Jawa dan akulturasi Budaya: Karakteristik, Variasi dan Ketaatan Ekspresif”, Jurnal Budaya Islam el Harakah, 4, No. 1 (2012). Sumiati, Dewi, “Intercultural Communication Based on Local Wisdom That Made the People ...

Kepemimpinan Pemerintahan

Buku kepemimpinan pemerintahan sangat berbeda dengan buku yang ada selama ini. Buku kepemimpinan lebih banyak menggunakan perspektif administrasi dan manajemen, sehingga a-politis. Padahal, mengkaji kepemimpinan merupakan inti dari kajian ilmu pemerintahan. Karena menjadi inti ilmu pemerintahan, maka dalam mengulas kepemimpinan tidak bisa dipisahkan dari cara bekerjanya kekuasaan. Hubungan pemimpin dengan yang dipimpin. Hubungan yang berkuasa dengan dikuasai. Karena itu, buku ini sangat layak untuk dibaca bagi mahasiswa FISIP, birokrat, politisi, pemerhati pemerintahan, dan masyarakat pada umumnya.

Buku kepemimpinan pemerintahan sangat berbeda dengan buku yang ada selama ini.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah sebuah rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran dimana tujuannya adalah untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien. Juga dapat diartikan sebagai alat untuk analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian suatu program dalam perusahaan yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun dan juga mempertahankan pertukaran agar bisa memberikan keuntungan.

Manajemen pemasaran adalah sebuah rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran dimana tujuannya adalah untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

Kepemimpinan Dalam Pemerintahan

Buku ini diangkat dari hasil rangkuman penulis dalam mengampu mata kuliah Kepemimpinan Dalam Pemerintahan dan juga dari hasil mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan kepemimpinan dan pemerintahan. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh sangat minimnya bahan bacaan mahasiswa yang berkaitan dengan kepemimpinan dalam pemerintahan, sehingga perlu adanya upaya untuk menambah referensi bagi mahasiswa. Karena itu penulis mempersembahkan buku ini bagi sebanyak mungkin akademia, praktisi, dan mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Indonesia sebagai bahan referensi bagi pengembangan keilmuannya.

Buku ini diangkat dari hasil rangkuman penulis dalam mengampu mata kuliah Kepemimpinan Dalam Pemerintahan dan juga dari hasil mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan kepemimpinan dan pemerintahan.