Sebanyak 159 item atau buku ditemukan

Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi

Statistika merupakan kumpulan tata cara dan aturan-aturan yang menyangkut pengumpulan, pengolahan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data, sehingga disebut juga sebagai ilmu pembantu bagi bidang ilmu-ilmu lainnya, khususnya sebagai alat bantu dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, pengumpulan data, penyajian data, analisis data, hingga membuat satu kesimpulan serta membuat generalisasi terhadap satu skop yang lebih luas. Buku ini menguraikan secara detail berbagai alat bantu tersebut mulai dari pemahaman tentang statistika, penyajian data, peringkasan data, identifikasi karakteristik, dan pola penyebaran data, sampai kepada berbagai alat statistika untuk menganalisis data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data. Dalam buku ini dijelaskan dasar-dasar hitung peluang yang merupakan modal utama dalam memahami statistika induktif untuk melakukan pendugaan dan pengujian hipotesis mengenai pola sebaran data. Selain itu, dijelaskan juga mengenai sebaran hipotetik peubah acak, berbagai sebaran diskret, sebaran normal yang merupakan sebaran paling penting dan mendasari semua uji hipotesis dengan statistika parametrik. Untuk mendapatkan sampel yang representatif, diperlukan metode yang tepat sehingga menggeneralisasi data sampel terhadap populasi menjadi tidak berbias, penjelasan tentang berbagai metode penarikan sampel juga dijelaskan sekilas dalam buku ini. Selanjutnya untuk analisis statistika induktif, diuraikan bagaimana penggunaan ANOVA, analisis regresi, koefisien korelasi, dan analisis data nonparametrik, serta di bagian akhir diuraikan contoh penggunaan piranti lunak statistika untuk pengolahan dan analisis data. Penjelasan berbagai alat statistika dalam buku ini diupayakan melakukan penjelasan verbal dan lebih menekankan pada pemahaman tentang kegunaan alat dan bagaimana menafsirkan hasil analisis, dengan contoh-contoh yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam penjelasannya penggunaan rumus-rumus matematika diupayakan seminimal mungkin, meskipun pendekatan matematis tidak sepenuhnya bisa dihindarkan. Hal inilah yang menurut penulis dapat membedakan dari buku statistika lainnya yang banyak menekankan pada perhitungan dan matematika, sehingga banyak orang yang menganggap statistika itu tidak lebih dari sekedar penghitungan matematika biasa yang berhenti ketika perhitungan matematika selesai.

Statistika merupakan kumpulan tata cara dan aturan-aturan yang menyangkut pengumpulan, pengolahan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data, sehingga disebut juga sebagai ilmu pembantu bagi bidang ilmu-ilmu lainnya, khususnya sebagai ...

Kebijakan Publik, Ilmu Sosial, dan Negara: Handbook Analisis Kebijakan Publik

Kitab digital ini berjudul "Kebijakan Publik, Ilmu Sosial, dan Negara", merupakan kitab yang berisi tentang "Analisis Kebijakan Publik" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan sosial dan politik yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di kitab digital ini. Penerbit berdoa semoga kitab yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

Kitab digital ini berjudul "Kebijakan Publik, Ilmu Sosial, dan Negara", merupakan kitab yang berisi tentang "Analisis Kebijakan Publik" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca.

Psikologi Pendidikan Islam

Belajar adalah suatu proses perkembangan pola pikir manusia dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang kurang baik menjadi baik, dari yang bodoh menjadi pintar atau cerdas. Sehingga makna belajar adalah proses transfer of knowledge. Yaitu memberikan informasi mengenai ilmu pengetahuan. Sehingga beberapa informasi keilmuan diharapkan peserta didik bukan hanya mengasah kecerdasan atau wawasan saja, melainkan kompetensi afektifnya. Kompetensi afektif pada prosesnya perlu adanya bantuan pendampingan dari pendidik hingga pembiasaan. Pembiasaan yang terprogram haruslah direncanakan dan dilaksanakan secara masif. Buku psikologi pendidikan Islam ini hadir sebagai referensi bagi mahasiswa hingga guru. Dalam hal ini adalah guru BK maupun guru mata pelajaran. Dengan pendekatan keislaman, psikologi yang mana tolak ukur dari keilmuan ini adalah tingkah laku manusia, memberikan cita-cita tersendiri bagi pencetak generasi selanjutnya menjadi output yang religious dan berintegritas. Keberadaan guru BK sangat urgen. Alih-alih menjadi sahabat bagi peserta didik, di tangan guru BK dan kerjasama dari guru mata pelajaran lainnya memberikan harapan bagi peserta didik agar sekolah dapat menjadi menyenangkan dan tempat yang nyaman dalam menangani kesulitan belajar dan permasalahan dalam pendidikan itu sendiri.

Pembiasaan yang terprogram haruslah direncanakan dan dilaksanakan secara masif. Buku psikologi pendidikan Islam ini hadir sebagai referensi bagi mahasiswa hingga guru. Dalam hal ini adalah guru BK maupun guru mata pelajaran.

Ziarah, Barakah, dan Karamah

Tinjauan Etnografi dan Psikologi Pendidikan Islam

Ziarah Kubur menjadi media tafakur kita dalam mengingatkan diri bahwa kehidupan dunia bersifat sementara. Kekayaan, kebesaran sosial, dan keberanian diri semuanya akan ditinggalkan untuk menghadap kepada Allah dan bertanggungjawab atas segala perbuatan selama kehidupan. Akhirat menjadi kehidupan yang kekal abadi. Perjalanan sejarah kebudayaan Islam memberikan warna baru dalam berziarah kubur, memiliki banyak niat oleh para peziarah hingga berharap keberkahan dan karamah kepada si mayit. Buku yang anda pegang ini merupakan hasil penelitian tentang ziarah, barakah, dan karamah dengan menggunakan pendekatan etnografi dan psikologi pendidikan Islam sehingga menjadikan buku ini layak bagi siapapun pecinta etnografi dan psikologi Islam. Tulisan dihadirkan dengan data-data lapangan serta informasi konkrit dari para pelaku ziarah, sehingga mampu menjawab mengapa ziarah, berkah, dan karamah menjadi sebuah fenomena rihlah spiritual khusus bagi masyarakat muslim Indonesia khususnya. Pemahaman yang komprehensif dalam analisis data lapangan menjadikan buku ini memiliki warna baru dalam mengamati fenomena ziarah kubur yang banyak dilakukan saat ini. Selamat membaca

Buku yang anda pegang ini merupakan hasil penelitian tentang ziarah, barakah, dan karamah dengan menggunakan pendekatan etnografi dan psikologi pendidikan Islam sehingga menjadikan buku ini layak bagi siapapun pecinta etnografi dan ...

Pendidikan Agama Islam

Pembaca yang budiman, buku yang ada ditangan Anda ini adalah kumpulan materi yang menjelaskan tentang Agama Islam secara komprehensif. Tiga pilar utama agama Islam, yaitu: Akidah, Syari`ah dan Akhlak diuraikan dengan sistematis dan rinci. Tujuannya dalah untuk menciptakan tashawwur (pemahaman) yang baik terhadap agama yang sempurna ini. Dengan demikian kita mampu menjalankan agama ini berdasarkan Ilmu dan Iman. Disamping itu, Islam tidak saja agama yang berorintasi kepada kehidupan akhirat. Akan tetapi Islam juga memperikan perhatian pada kehidupan dunia secara berimbang. Oleh sebab itu, Islam membenci segala benuk ke-jumud-an dalam berfikir dan mendorong manusia untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan. Banyak ayat ataupun hadis yang menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan. Namun, dibalik pencapain itu semua harus kita sadari bahwa tujuan dibalik penciptaan manusia dan segala pencapaiannya adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Manusia tidak akan pernah bisa dekat dengan Allah Swt yang telah menciptakannya dan alam semesta kecuali dengan Islam sebagai jalan yang lurus dalam kehidupan.

Pembaca yang budiman, buku yang ada ditangan Anda ini adalah kumpulan materi yang menjelaskan tentang Agama Islam secara komprehensif.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik

Buku ini mengungkapkan bahwa semakin mengadopsi materi agama nonmuslim maka pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama dapat diterima. Hal ini terus terlaksana karena tidak dijumpai peserta didik pluralistik mengkonversi agamanya menjadi agama Islam. Pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama tersebut dilakukan hanya pada aspek pengetahuan. Pelaksanaan ini dapat terus berlangsung dan dapat diketahui melalui beberapa hal. Kebijakan Yapis Papua dalam Pembelajaran PAI pada masyarakat pluralistik tidak memperhatikan keagamaan yang dianut para siswa melainkan hanya mengajarkan agama tertentu terhadap para siswa yang beragam keagamaannya. Namun demikian, cara pembelajaran PAI yang demikian itu dapat berjalan secara efektif atau tidak menimbulkan resistensi. Hal ini terjadi disebabkan pembelajaran di Yapis Papua tidak bertujuan mengganti keagamaan para siswa, tidak memaksa peserta didik menkonversi agamanya ke dalam agama Islam, tidak mewajibkan penghayatan dan pengamalan pengetahuan agama Islam. Penerapan pembelajaran ini dilakukan tidak sepenuhnya misi ideologi tetapi lebih didasari pada pertimbangan misi sosial terutama pengenalan Islam, karena pembelajaran pendidikan agama Islam diberikan kepada siswa nonmuslim tidak menjadikan mereka keluar dari agamanya justru menjadikan pelajaran pendidikan agama sebagai sarana memperkenalkan agama Islam. Penerapan pembelajaran PAI pada 3 satuan pendidikan Yapis Papua yaitu Universitas Yapis Papua, SMK Hikmah Yapis, dan SMA Hikmah Yapis dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai ahli yang memegang kontrol selama proses pembelajaran, model teacher centris, strategi pembelajaran ekspositori. Guru/Dosen sebagai subyek dalam pembelajaran PAI dimana pendidik tidak mengharuskan peserta didik pluralis mengamalkan ajaran agama Islam, memasukkan unsur nilai dan ajaran agama non muslim di dalam materi pembelajaran PAI, guru menurunkan nilai standar kriteria ketuntasan minimal bagi peserta didik nonmuslim. Pada sisi kognitif, guru menyadur ajaran agama peserta didik pluralistik. Pada sisi psikomotorik mereka hanya mengetahui praktik keagamaan namun tidak dilaksanakan. Pada sisi afektif, guru mengambil nilai-nilai yang sama dengan ajaran agama lain yang sesuai dengan afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Hal ini diberikan karena program studi tersebut adalah program studi umum yang peserta didiknya ada yang beragama Islam ada pula yang beragama non Islam.344 Terkecuali pada program studi Pendidikan Agama Islam yang mana mata kuliah ...

Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan Pasca Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

Pendamping PKH sebagai mitra kerja pemerintah, merupakan komponen kunci dalam kegiatan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga), karena tidak hanya berperan sebagai pendamping yang memonitor kepatuhan KPM tetapi juga berperan sebagai fasilitator. Maka perlu mempersiapkan pendamping PKH sebagai tenaga fasilitator yang memiliki kemampuan professional dan berkualitas, memiliki pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan komitmen yang tinggi demi mensukseskan program ini. Kinerja yang optimal dari fasilitator sangat diperlukan dalam P2K2 agar tujuan dari program ini sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran kinerja pendamping PKH pada level outcome terhadap kegiatan P2K2 yang berlangsung selama ini. Gambaran dimulai dari proses pendidikan dan pelatihan bagi pendamping, proses P2K2 yang dilakukan terhadap KPM PKH sampai dengan perubahan perilaku yang terjadi pada KPM dampingan, relevansi antara proses diklat dengan tugas Pendamping PKH, dan prioritas pengembangan apa yang perlu dilakukan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kombinasi (mixed methods) yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan pengumpulan data dilakukan di 6 wilayah regional Balai Diklat Kementerian Sosial yaitu Padang, Bandung, Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar dan Jayapura.

Metode penyampaiannya menggunakan laptop atau komputer. Materi diklat diunduh di website berupa soft file ... Aktivitas dalam diklat ceramah, diskusi, simulasi, dan banyak praktek di lapangan. Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh ...

PENDIDIKAN ISLAM

Mengupas Aspek-aspek Dalam Dunia Pendidikan Islam

Buku ini yang berjudul “Pendidikan Islam: Mengupas Aspek-aspek Dalam Dunia Pendidikan Islam”, lahir atas semangat penulis untuk memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pendidikan Islam baik dari segi konsep, sistem, manajemen, tujuan, maupun pelaksanaan pendidikan di lingkup lembaga Islam. Mengingat, pendidikan Islam merupakan lambang dari Islam yang turut serta mencerdaskan, menguatkan, dan melahirkan para generasi penurus bangsa yang unggul. Di sini penulis mencoba mengupas sendi-sendi dari pendidikan Islam itu sendiri, untuk dijadikan evaluasi, bahan dan referensi dalam memperbaiki kualitas pendidikan Islam untuk menjadi lebih baik dan maju lagi, apalagi di era yang serba cepat ini. Sehingga, mau tidak mau pendidikan Islam harus senantiasa update untuk bisa tetap bertahan di atas segala perubahan zaman. Dalam buku ini, penulis mengupas segala aspek dalam dunia pendidikan Islam secara komprehensif dan detail, tujuannya untuk menggali hakikat dari pada aspek yang ada di dunia pendidikan Islam tersebut, sehingga akan membuka ‘kran’ pemikiran, paradigma dan pembaharuan yang lebih kompleks lagi demi mempertahankan esistensi pendidikan Islam di kancah global.

Mengingat, pendidikan Islam merupakan lambang dari Islam yang turut serta mencerdaskan, menguatkan, dan melahirkan para generasi penurus bangsa yang unggul.

Pendidikan Islam di Kota Metropolis

Studi Kebijakan Penyelenggaraan PAI di Surabaya

Seiring dengan menggelindingnya roda reformasi, pendidikan sebagai salah satu isu penting dalam otonomi sebagai produk unggulannya. Maka, pendidikan Islam memiliki bargaining secara politik di tataran elite lokal. Tidak sedikit produk kebijakan pendidikan Islam merupakan hasil komitmen antara eksekutif dan legislatif. Meskipun tidak ada Peraturan Walikota yang secara eksplisit menyuratkan pendidikan Islam, tetapi secara implisit sangat akomodatif terhadap pendidikan Islam. Hal ini merupakan fakta menarik, karena Pemerintah Kota Surabaya mampu “mengawinkan” antara dua ranah kebijakan, yaitu urusan pendidikan yang diotonomikan dengan urusan agama yang diotonomikan dengan urusan agama yang sentralistik di Kementerian Agama. Buku yang ditulis lulusan terbaik tahun 2017 ini layak dibaca oleh praktisi dan pengelola lembaga pendidikan, guru, dosen, widyaiswara, pemerhati pendidikan, pemangku kebijakan dan mahasiswa, khususnya mahasiswa yang sedang mengambil program studi pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam ataupun Manajemen Pendidikan Islam. Dengan mengelaborasi kajian kebijakan di era otonomi, yang tentu kental dengan politik lokal, buku ini diharapkan dapat menambah khazanah dan literatur kajian Politik Pendidikan Islam. Karena itu, saya sangat mengapresiasi hadirnya buku ini. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca. Prof. H. Masdar Hilmy, MA, Ph.D. Guru Besar dan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya

Seiring dengan menggelindingnya roda reformasi, pendidikan sebagai salah satu isu penting dalam otonomi sebagai produk unggulannya.

FIKIH MUAMALAH KONTEMPORER Perkembangan Akad-akad dalam Hukum Ekonomi Syariah

Buku ini merupakan buku ajar yang diajarkan pada mata kuliah Fikih Muamalah Kontemporer. Buku ini berisikan materi-materi mengenai perkembangan serta akad-akad kontemporer yang menjadi landasan operasional pengembangan produk-produk bisnis baik di Lembaga Keuangan Syariah maupun bisnis pada umumnya. Selain berisikan perkembangan serta akad-akad kontemporer, dalam buku ini dibahas teori-teori dan prinsip dalam muamalah kontemporer. Selain pembahasan terkait akad-akad bisnis, dalam buku ini dibahas pula perkembangan filantropi dalam Islam seperti zakat kontemporer dan wakaf kontemporer. Pada buku ini dilengkapi dengan fatwa-fatwa dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Buku ini hadir dengan pertimbangan karena belum banyaknya buku Fikih Muamalah Kontemporer yang membahas secara khusus mengenai perkembangan teori serta akad-akad dalam Fikih Muamalah Maliyyah yang menjadi pegangan mahasiswa, khususnya mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, baik yang menjelaskan secara detail mulai dari teori serta prinsip dan perkembangan akad-akad dalam muamalah maliyyah serta implementasinya pada produk bisnis di Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia terbilang masih langka, terlebih disesuaikan serta dilengkapi dengan fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Buku ini dapat dibaca oleh para mahasiswa Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Pascasarjana Ekonomi Islam di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Di samping itu, buku ini dapat digunakan pula oleh para akademisi, peneliti, pengamat serta praktisi di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Buku ini merupakan buku ajar yang diajarkan pada mata kuliah Fikih Muamalah Kontemporer.