Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Fiqih Muamalah Kontemporer

Perkembangan ekonomi Islam baik dalam wacana maupun dalam praktek terus mengalami perubahan. Praktek-praktek ekonomi berkembang lebih kompleks dan beragam. Pada tahap inilah sangat diperlukan agar praktek ekonomi tetap sesuai dengan syari’at Islam. Diperlukan aturan-aturan hukum yang baru dan diperbaharui agar dapat mengatasi masalah-masalah ekonomi. Hukum akan kehilangan eksistensi dan fungsinya jika tidak mampu mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat. Demikan juga dengan hukum ekonomi Islam, jika bergeming seputar transaksitransaksi ekonomi yang dibahas dalam fiqih muamalah klasik, maka akan kehilangan eksistensinya dan tergerus arus perubahan jaman. Buku ajar yang ada dihadapan pembaca saat ini merupakan sebuah desain ilmu yang akan menjawab beberapa konsep tentang praktik ekonomi kontemporer, buku ini diambil dari perkuliahan Fiqih Muamalah yang diajarkan di Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Buku ini menjadi rujukan dan sekaligus pegangan bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersebut dan juga bagi pengajar yang berprofesi sebagai dosen di fakultas keislaman lainnya.

Buku ajar yang ada dihadapan pembaca saat ini merupakan sebuah desain ilmu yang akan menjawab beberapa konsep tentang praktik ekonomi kontemporer, buku ini diambil dari perkuliahan Fiqih Muamalah yang diajarkan di Program Studi Ekonomi ...

Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Sekolah Mutli-Agama

Sekolah Multi-Agama merupakan salah satu ruang interaksi sosial antar agama dalam dunia publik, sehingga mengharuskan adanya komunikasi pembelajaran yang damai dan saling menghormati. Dalam konteks ini pendidikan agama Islam menampilkan bentuk yang sangat unik. Disamping mereka menyampaikan pesan agama Islam kepada internal siswa Muslim, mereka juga dihadapkan pada situasi interaktif yang berlangsung dalam komunikasi lintas agama sehari-hari. Hal ini menuntut keterampilan para guru dalam menyampaikan pesan agama agar tidak menyinggung agama yang lain. Buku ini membahas banyak hal tentang bagaimana komunikasi yang harus diciptkan oleh seorang pendidik dalam memberikan pembelajarannya di kelas. Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa waktu di dua sekolah sekaligus. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam harus mampu memberikan wawasan keragaman dengan sikap toleransi dan inklusifnya terhadap agama lain dengan saling menghormati dan menjunjung tinggi kebersamaan dalam keberagaman. Dua sekolah yang dicontohkan dalam buku ini menjadi bentuk nyata bagaimana seharusnya memberikan pembelajaran yang respectable terhadap keberadaan agama lain.

Sekolah Multi-Agama merupakan salah satu ruang interaksi sosial antar agama dalam dunia publik, sehingga mengharuskan adanya komunikasi pembelajaran yang damai dan saling menghormati.

Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah

Buku ini hadir untuk memberikan sebuah temuan ten-tang pendidikan islam multikultural yang ada di sekolah. Indo-nesia disebut sebagai negara multi etnis, agama, bahasa dan budaya sehingga memungkinkan tingkat perpecahannya sang-at tinggi, oleh sebab itu perlu adanya sebuah penguatan tentang keharmonisan yang dibangung sejak dini melalui pendidikan. Lembaga pendidikan sebagai media formal men-jadi peran utama dalam menumbuh-kembangkan nilai-nilai multikultural, ia sebagai penopang karakter anak yang bisa dikembangkan untuk memperkuat karakter bangsa yang dike-mas dalam nilai Bhineka Tunggal Ika. Lembaga pendidikan (sekolah) dalam memperkuat nilai pendidikan islam Multi-kultural bagaikan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi, disatu sisi merupakan anugerah dan peluang sebagai sarana belajar toleransi dan menghargai keberagaman, namun disisi lain jika tidak dikelola dengan baik, keberagaman tersebut justru akan menjadi sumber perpecahan dan pemantik terjadinya konflik. Oleh karena itu pembelajaran yang dilaksanakan dalam lembaga pendidikan (sekolah) perlu memberikan pemahaman nilai-nilai multikultural sebagai upaya mendidik peser-ta didik menjadi pribadi yang toleran, menghargai perbedaan dan dapat hidup bersama dalam keberagaman.

Meraka dalam proses pendidikan telah mewujudkan keseragaman dalam keberagaman yang identik dengan pendidikan multicultural, dimana toleransi dan sikap saling menghormati menjadi balutan budaya, suku dan agama.

Kepemimpinan

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu dalam memahami dan mengerti materi-materi yang tersaji, dipelajari bagi mahasiswa pada umumnya dan khususnya bagi mahasiswa jurusan manejemen, sehingga didapatkan suatu pemahaman yang mendasar dan mempermudah untuk pengembangan materi kuliah yang terkait dengan kepemimpinan berikutnya. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Pembahasan dalam buku ini meliputi beberapa materi yaitu: Definisi dan Filosofi Kepemimpinan; Teori-Teori Kepemimpinan; Tipologi Pemimpin dan Kepemimpinan; Kompetensi Pemimpin; Elemen-Elemen Kepemimpinan; Tingkatan Manajemen Kepemimpinan; Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan; Kepemimpinan Visioner; Kepemimpinan Inspiratif; Kepemimpinan Transformasional; Kepemimpinan Motivator; Kepemimpinan Berorientasi Kualitas; dan Kepemimpinan dalam Islam.

Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu dalam memahami dan mengerti materi-materi yang tersaji, dipelajari bagi mahasiswa pada umumnya dan khususnya bagi mahasiswa jurusan manejemen, sehingga didapatkan suatu ...

Literasi Digital dan Kekuatan Media Sosial: Transformasi Sosial, Budaya, Ekonomi dan Pendidikan

Buku ini mendiskusikan tentang dinamika literasi digital sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan milenial saat ini, terlebih lagi literasi digital saat ini memiliki peran utama dalam memberikan wawasan yang disebarluaskan melalui media sosial. Jika generasi milenial tidak bijak dalam bermedsos, maka akan terjebak dalam hegemoni hedonis yang akhirnya masa depan menjadi taruhannya. Oleh karena itu dalam diskusi yang ditulis dalam buku ini membahas berbagai hal yang dikemas dalam ruang lingkup sosial, budaya, ekonimi dan pendidikan.

Buku ini mendiskusikan tentang dinamika literasi digital sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan milenial saat ini, terlebih lagi literasi digital saat ini memiliki peran utama dalam memberikan wawasan yang disebarluaskan ...

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Buku ini hadir untuk memberikan sebuah temuan ten-tang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Dalam buku ini dibahasa mengenai bagaimana proses pembelajaran Agama Islam dapat dilaksanakan dengan baik, dan bagaimana model pembela-jaran PAI yang efektif bagi penyandang keterbatasan tersebut. Secara lebih detail penulis juga memberikan ulasan tentang apek-aspek pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus yang ditinjau dari tiga ranah dalam diri siswa yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Kita tahu bahwa anak berkebutuhan khusus (autis) memiliki gangguan yang berasal dari otak yang kemudian berimbas kepada sulitnya seseorang untuk bisa memahami, berinteraksi, berimajinasi dan berkomunikasi dengan orang lain, namun problem ini tetap mengharuskan siswa berkebutuhan khusus (autis) untuk tetap mengikuti proses bealajar di sekolah, karena meraih pendidikan merupakan hak bagi setiap manusia yang hidup di dunia ini yang harus terpenuhi. Dalam kondisi seperti ini, tentunya ada kesulitan tersendiri yang dialami oleh pendidik dalam memberikan pembelajaran, khususnya mengenalkan pada siswa tentang pembelajaran Agama Islam, oleh karena itu butuh perlakuan yang ekstra dalam membimbing dan mendidik anak-anak dengan kondisi demikian.

Buku ini hadir untuk memberikan sebuah temuan ten-tang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah.

Problematika Pendidikan Ekonomi; Suatu Analisis Filosofis dan Kajian Praktis

Isu-isu mengenai hakikat dan ruang lingkup kajian proble-matika Pendidikan Ekonomi; eksistensi profesionalisme guru ekonomi dalam meningkatkan kualitas pendidikan; kesiapan mengajar calon guru Ekonomi Indonesia; membangun inter-koneksi antara pendidikan formal, non formal, dan informal dalam konteks pendidikan sepanjang hayat di Indonesia; trans-formasi dan digitalisasi pendidikan ekonomi meningkatkan atensi peserta didik di masa pandemi; pendidikan karakter dalam pendidikan ekonomi; implementasi keteladanan guru da-lam pembelajaran ekonomi; pembelajaran pendidikan ke-uangan melalui teori pembentukan kebiasaan dalam pendi-dikan informal; penyederhanaan materi pembelajaran bagi guru ekonomi di Indonesia; upaya pengenalan ekonomi sirkuler dalam pengajaran dan implementasinya di Indonesia; dan rele-vansi lulusan pendidikan ekonomi di era digital 4.0 dibahas tuntas di dalam buku ini. Buku yang hadir di hadapan para pembaca dengan judul “Problematika Pendidikan Ekonomi (Suatu Analisis dan Kajian Praktis” merupakan buku yang dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan para akademisi baik pemula ataupun ahli, dalam mempelajari dan mendalami ekonomi, khususnya pada ranah pendidikan ekonomi. Buku ini terdiri atas sebelas bab dimana di dalamnya membahas problem-problem pokok yang ditemukan dalam pembelajaran pendidikan ekonomi. Oleh karennya buku ini memiliki harapan bisa digunakan secara menyeluruh oleh para mahasiswa dan akademisi dalam mempelajari pendidikan ekonomi.

Cogent Education, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1883829 Gupta, A., Lanteigne, C., & Heath, ... Retrieved from http://arxiv.org/abs/2009.07262 Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. ... Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam.