Sebanyak 15 item atau buku ditemukan

MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran

KONTRIBUTOR: Septy Nurfadhillah, M.Pd Aprilia Setyorini Winda Yuniar Yulianti Dewi Putri Salsabilla Sulistiyani Bunga Cempaka Faradita Ristavania Serly Anggraeni Tasya Farlidya Siti Ajzahro Farah Putri Rahmanda Syifa Nabilah Aprilia Tri Utari Cantika Rofiqoh Azhar Dewi Nur Aini Shanti Kusminarti Iwit Januri Armianti Putri Fauziah Willy Kurniawan Robiatul Adawiyah Reni Setiani Zulfah Hilmiyah Putri Salsabila Luthfiah Nur Fadilla Fiqih Apriansyah Tio Saputra Sihury Wellya Pamungkas Salma Ramadhanty Melanis Raihan Fadhlurrahman Jamirulla

KONTRIBUTOR: Septy Nurfadhillah, M.Pd Aprilia Setyorini Winda Yuniar Yulianti Dewi Putri Salsabilla Sulistiyani Bunga Cempaka Faradita Ristavania Serly Anggraeni Tasya Farlidya Siti Ajzahro Farah Putri Rahmanda Syifa Nabilah Aprilia Tri ...

Media Pembelajaran SD

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Sehingga dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran memiliki peran yang penting yaitu sebagai alat bantu mengajar yang akan mendukung keefektifan proses penyampaian pesan dan isi dari pengetahuan yang disampaikan. Beragamnya jenis media pembelajaran mengharuskan seorang tenaga pendidik mampu mengenali dan memanfaatkan dengan baik media apa saja yang dipilih dan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tenaga pendidik juga harus mengenali karakter peserta didik dan pengetahuan yang disampaikan, sehingga pemilihan jenis media pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan. Oleh karena itu, dalam buku “Media Pembelajaran SD” ini memaparkan dengan baik kepada tenaga pendidik untuk memahami dan menggunakan media pendidikan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan diminati oleh peserta didik khususnya siswa Sekolah Dasar.

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik.

Buku Sebagai Bahan Ajar: Sebuah Perbandingan Buku Teks Bahasa Inggris di Indonesia dan di Thailand

“Kekaguman saya lebih pada proses bagaimana buku ini menjadi. Perjalanan penulis saat KKN-PPL di Thailand benar-benar dimanfaatkan dengan terobosan yang cukup nekat. Pada umumnya penunjang bahan ajar pembelajaran bahasa Inggris di negara berkembang merujuk kepada bahan ajar dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Berbeda dengan penulis, ia melakukan studi untuk keperluan perbaikan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, di Indonesia dari negara yang sama-sama tengah berkembang, Thailand. Jawaban yang tidak akan anda temukan kecuali dengan membaca buku ini!” Drs. Edi Hendri Mulyana, M.Pd. Ketua Prodi PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya “Buku ini merupakan muara kegiatan akademik, yakni diseminasi dan publikasi hasil penelitian,” Seni Apriliya, M.Pd. Dosen Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya “Tujuan merevisi sebuah buku teks adalah untuk membuatnya menjadi alat mengajar yang lebih baik lagi bagi para dosen/ guru, dan alat belajar yang lebih baik dan menarik bagi mahasiswa/ siswa”. Elizabeth Bergner Hurlock Pakar Psikologi Perkembangan

“Kekaguman saya lebih pada proses bagaimana buku ini menjadi.

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Zaman Now

Zaman sekarang belajar bahasa Inggris jadi sangat asyik, mudah dan menyenangkan. Cukup modal telepon genggam kamu bisa belajar bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja kamu mau, hanya perlu memilih model luring atau daring. Tersedia banyak aplikasi di dalam telepon genggam yang akan sangat menunjang kamu untuk mengasah ketrampilan listening, speaking, reading dan writing bahasa Inggris, ada dalam bentuk video maupun audio, bahkan kamu bisa mendapatkan teman mengobrol dari seluruh dunia. Di dalam buku ini akan menghadirkan beberapa contoh aplikasi yang akan memudahkan kamu untuk meningkatkan ketrampilan bahasa Inggris. Jadi, sangatlah rugi jika kamu tidak memanfaatkan telepon genggam untuk belajar bahasa Inggris. Dengan mahir kamu berbahasa Inggris akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan seperti mengikuti kegiatan, pertukaran pelajar, dapat beasiswa di luar negeri, mudah menjawab wawancara kerja, bisa membaca informasi internasional, dan lain-lain. Oleh karena itu mulailah mencoba saat ini juga, dan selamat belajar!

Zaman sekarang belajar bahasa Inggris jadi sangat asyik, mudah dan menyenangkan.

Buku Ajar Hukum Pajak & Peradilan Pajak

Mempelajari hukum pajak (belastingrecht) berarti mempelajari peraturan-peraturan yang mengatur hal-hal mengenai pajak serta hukum yang mengatur cara menyelesaikan perselisihan mengenai pajak atau yang dikenal penyelesaian sengketa di bidang perpajakan. Hal ini menunjukkan mempelajari hukum pajak bukan saja mempelajari ketentuan-ketentuan tentang perpajakan saja tetapi juga mempelajari tentang peradilan di bidang perpajakan. Buku ajar Hukum Pajak dan Peradilan Pajak ini disusun untuk materi perkuliahan mahasiswa fakultas hukum dalam mempelajari baik hukum pajak materil yaitu hukum yang mengatur mengenai subjek, objek, tarif, utang pajak maupun hukum formil yaitu mengenai cara-cara untuk melaksanakan ketentuan hukum pajak materil. Sebagai warga negara mahasiswa fakultas hukum yang nantinya menjadi lulusan hukum memiliki kompetensi mengenai hukum pajak. Karena itulah hukum pajak perlu dipelajari dan menjadi mata kuliah bagi mahasiswa fakultas hukum.

Buku ajar Hukum Pajak dan Peradilan Pajak ini disusun untuk materi perkuliahan mahasiswa fakultas hukum dalam mempelajari baik hukum pajak materil yaitu hukum yang mengatur mengenai subjek, objek, tarif, utang pajak maupun hukum formil ...

Sistem Informasi Manajemen

Mata kuliah sistem informasi manajemen merupakan mata kuliah wajib di Program Studi Teknik Informatika jenjang S-1. Setelah membaca buku ini, mahasiswa diharapkan: mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; memiliki sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; mampu berpikir kreatif dan inovatif; mengetahui konsep, peran, dan hubungan sistem informasi dengan bisnis; menguasai pengetahuan untuk mengenali masalah organisasi dan menyusun langkah pemecahan masalah secara logis melalui pendekatan sistem informasi; mampu mengambil keputusan secara profesional berdasarkan keilmuan sistem informasi; memiliki etika dan tanggung jawab profesi di bidang IT; mampu bekerja sama dalam tim; mahasiswa mampu menunjukkan hubungan antara penerapan sistem informasi dan perkembangan sistem informasi serta penggunaan teknologi untuk keunggulan kompetitif, baik secara mandiri maupun kerja sama dalam tim.

Mata kuliah sistem informasi manajemen merupakan mata kuliah wajib di Program Studi Teknik Informatika jenjang S-1.

Etika Profesi Bidang Teknologi dan Sistem Informasi

Teknologi Informasi yang tumbuh dengan pesat merupakan tantangan tersendiri dalam pengendalian serta penggunaannya dalam segala bidang kerja. Perlu aturan tertulis maupun tidak tertulis seperti etika untuk mengikat dan mengatur penggunaan teknologi. Hal ini, demi menghindari penyalahgunaan teknologi informasi yang dapat menimbulkan kerugian baik dari segi materi, non maupun moral. Buku ajar ini disusun semaksimal mungkin memberikan penjelasan-penjelasan terkini, serta diperkuat dengan pembahasan contoh-contoh kasus yang marak terjadi saat ini. Dimulai dari pengertian etika, profesi, cara menjadi profesional dalam bidang IT, jenis pekerjaan bidang Teknologi dan Sistem Informasi, etika berkomunikasi dalam organisasi hingga cybercrime dan contoh kasusnya di masyarakat. Sehingga buku ini sangat cocok menjadi referensi pengguna teknologi informasi dalam semua bidang profesi.

8.4 Etika dan Sopan Santun di media Sosial Perkembangan teknologi informasi saat ini yang begitu pesat atau biasa disebut dengan dunia maya, seolah-olah telah menggantikan peran hubungan manusia dengan manusia yang saling bertemu ...

Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar pada hakikatnya merupakan peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia setelah siswa memiliki bahasa pertama yakni bahasa ibu. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi merupakan lanjutan dari Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Rendah. Materi ini disajikan secara teori dan praktik, yang mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi sekolah dasar. Peran aktif guru dalam mengajarkan materi pelajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah dasar, sangat membutuhkan keahlian dan pengalaman. Oleh karena itu, buku ini dapat membantu dan membimbing mahasiswa menguasai substansi metodologi dan materi ajar di kelas tinggi, serta mampu mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, bahan ajar, serta mampu mengembangkan kurikulum di sekolah dasar secara kreatif dan inovatif.

Materi ini disajikan secara teori dan praktik, yang mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi sekolah dasar.

Pendidikan Karakter Islami Bangun Peradaban Umat

Hakekat Pendidikan karakter Islami adalah ikhtiar dalam rangka membentuk pribadi anak-anak pemuda dan orang dewasa agar menjadi seorang muslim sejati, beriman teguh, beramal saleh dan berakhlak mulia, sehingga ia menjadi salah seorang anggota masyarakat yang sanggup hidup di atas kaki sendiri mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa serta tanah airnya, bahkan sesama umat manusia. Di dalam Islam, karakter dikenal dengan sebutan “akhlak”, perkataan akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu jamak dari “khuluqun” yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku (tabiat) dan adat kebiasaan.[1] Akhlak merupakan sifat yang tumbuh dan menyatu di dalam diri seseorang, sehingga dari sifat itulah terpancar sikap tingkah laku perbuatan seseorang. Abdullah Salim menyebutkan bahwa akhlak Islami adalah perangkat tata nilai bersifat samawi dan azali, yang mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seseorang Muslim terhadap dirinya, terhadap Allah dan Rasul-Nya, serta terhadap alam lingkungannya. Samawi berarti akhlak ini seluruhnya bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits, sedangkan Azali berarti bahwa akhlak Islam tersebut bersifat tetap, tidak berubah walaupun tata nilai atau norma-norma dalam kehidupan masyarakat berubah sesuai dengan perubahan masa dan keadaan [2]. Dalam kehidupan masyarakat tempat kita berinteraksi, sering kita menemukan istilah-istilah yang berkaitan dengan perilaku manusia yaitu; Akhlak, moral, karakter, budi pekerti, adab, etik, mental. Dilihat dari fungsi dan perannya, hubungan dari beberapa istilah ini adalah sama, yaitu menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan manusia untuk ditentukan baik-buruknya. Kesemua istilah tersebut sama-sama menghendaki terciptanya keadaan masyarakat yang baik, teratur, aman, damai, dan tenteram sehingga sejahtera bathiniah dan lahiriah. Adapun perbedaannya, adalah terletak pada sumber yang dijadikan patokan untuk menentukan baik dan buruk serta terlihat pula pada sifat dan kawasan pembahasannya.

dengan nilai-nilai dan ajaran Islam yang mengatur seluruh aspek kehidupannya atau berbasis agama Islam. 3. Berbasis Masjid Untuk melaksanakan fungsi utamanya sebagai pendidik, Rasulullah SAW telah membuat kebijakan yang sangat penting ...