Sebanyak 290 item atau buku ditemukan

Etika Pendidikan

Buku Etika Pendidikan disusun dengan harapan sebagai bekal bagi mereka yang mengabdi di bidang pendidikan, terutama para pendidik, baik guru, pamong, atau apa pun sebutan lainnya. Harapannya, mereka dapat menjalankan norma-norma etik dalam pengabdian profesional maupun kehidupan sehari-harinya kelak. Sangat jarang ada buku mengenai etika pendidikan ditulis di Indonesia walaupun di dalam khazanah ilmu pendidikan jelas sekali bahwa etika menjadi salah satu fondasinya.

Buku Etika Pendidikan disusun dengan harapan sebagai bekal bagi mereka yang mengabdi di bidang pendidikan, terutama para pendidik, baik guru, pamong, atau apa pun sebutan lainnya.

Hukum Dagang

Buku ini dapat dipakai sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa yangsedang mengambil mata kuliah Hukum Dagang. Pembahasan yang ada dalambuku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana,lugas, dan mudah dipahami, sehingga akan membantu para mahasiswa dalammempelajarinya secara lebih cepat, mudah, dan praktis.

Buku ini dapat dipakai sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Hukum Dagang.

Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Mengapa Bahasa Indonesia perlu dikuliahkan kepada mahasiswa? Atau secara lebih spesifik dan operasional, pertanyaan itu menjadi: Mengapa perlu ada mata kuliah Bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan tinggi? Jawaban pertanyaan itu bersangkut paut dengan isi dalam buku ini karena salah satu wujud strategi pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia adalah melalui pengajarannya di lembaga-lembaga pendidikan. Pembinaan perlu dilakukan karena para penutur bahasa pada umumnya lebih mengutamakan keberhasilan dalam berkomunikasi daripada mementingkan kegramatikalan dan penggunaan kata baku. Secara khusus masih ditemukan kesalahan berbahasa dalam karya tulis ilmiah yang disusun oleh peserta didik. Kurangnya wawasan kebahasaan para pemakai Bahasa Indonesia, diduga menjadi penyebab kesalahan tersebut. Buku "Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi" ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tersebut. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membantu pemakai bahasa dalam menulis karya tulis ilmiah. Buku ini dilengkapi dengan bagian pengantar pada setiap awal bagian dan rangkuman di tiap akhir bagian. Pada akhir setiap bagian disertakan soal-soal latihan untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap bagian-bagian yang ada.

Kurangnya wawasan kebahasaan para pemakai Bahasa Indonesia, diduga menjadi penyebab kesalahan tersebut. Buku "Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi" ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bahasa Indonesia Kesehatan

Buku ajar bahasa indonesia merupakan bentuk apresiasi terhadap pengembangan kemempuan mahasiswa dalam berbahasa indonesia dengan baik dan benar karena penguasaan bahasa indonesia dapat di jadikan tolok ukur nasionalisme seseorang sebagai kaum cendekiawan bangsa indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga sebagai sarana pengembangan kemampuan mahasiswa untuk mengorganisasi ide-ide atau konsep untuk di komunikasikan kepada pihak lain sehingga terjalin interaksi lisan maupun tulis yang berkesinambungan dan menghasilkan pengetahuan serta pengelolaan keilmuan yang efektif.

Buku ajar bahasa indonesia merupakan bentuk apresiasi terhadap pengembangan kemempuan mahasiswa dalam berbahasa indonesia dengan baik dan benar karena penguasaan bahasa indonesia dapat di jadikan tolok ukur nasionalisme seseorang sebagai ...

Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi

Statistika merupakan kumpulan tata cara dan aturan-aturan yang menyangkut pengumpulan, pengolahan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data, sehingga disebut juga sebagai ilmu pembantu bagi bidang ilmu-ilmu lainnya, khususnya sebagai alat bantu dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, pengumpulan data, penyajian data, analisis data, hingga membuat satu kesimpulan serta membuat generalisasi terhadap satu skop yang lebih luas. Buku ini menguraikan secara detail berbagai alat bantu tersebut mulai dari pemahaman tentang statistika, penyajian data, peringkasan data, identifikasi karakteristik, dan pola penyebaran data, sampai kepada berbagai alat statistika untuk menganalisis data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data. Dalam buku ini dijelaskan dasar-dasar hitung peluang yang merupakan modal utama dalam memahami statistika induktif untuk melakukan pendugaan dan pengujian hipotesis mengenai pola sebaran data. Selain itu, dijelaskan juga mengenai sebaran hipotetik peubah acak, berbagai sebaran diskret, sebaran normal yang merupakan sebaran paling penting dan mendasari semua uji hipotesis dengan statistika parametrik. Untuk mendapatkan sampel yang representatif, diperlukan metode yang tepat sehingga menggeneralisasi data sampel terhadap populasi menjadi tidak berbias, penjelasan tentang berbagai metode penarikan sampel juga dijelaskan sekilas dalam buku ini. Selanjutnya untuk analisis statistika induktif, diuraikan bagaimana penggunaan ANOVA, analisis regresi, koefisien korelasi, dan analisis data nonparametrik, serta di bagian akhir diuraikan contoh penggunaan piranti lunak statistika untuk pengolahan dan analisis data. Penjelasan berbagai alat statistika dalam buku ini diupayakan melakukan penjelasan verbal dan lebih menekankan pada pemahaman tentang kegunaan alat dan bagaimana menafsirkan hasil analisis, dengan contoh-contoh yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam penjelasannya penggunaan rumus-rumus matematika diupayakan seminimal mungkin, meskipun pendekatan matematis tidak sepenuhnya bisa dihindarkan. Hal inilah yang menurut penulis dapat membedakan dari buku statistika lainnya yang banyak menekankan pada perhitungan dan matematika, sehingga banyak orang yang menganggap statistika itu tidak lebih dari sekedar penghitungan matematika biasa yang berhenti ketika perhitungan matematika selesai.

Statistika merupakan kumpulan tata cara dan aturan-aturan yang menyangkut pengumpulan, pengolahan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data, sehingga disebut juga sebagai ilmu pembantu bagi bidang ilmu-ilmu lainnya, khususnya sebagai ...

PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Mengenal, Memahami, dan Mencintai Dunia Bisnis

Mahasiswa merupakan agent of change yang memiliki peranan besar di dalam melakukan perubahan bangsa dan Negara. Mahasiswa adalah kaum terdidik yang diharapkan dapat membawa dan mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh karenanya, penting bagi mahasiswa untuk mengenali jalan keluar atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini. Mahasiswa dan wirausaha seharusnya menjadi relasi hubungan yang tidak dapat dipisahkan pada saat ini. Sikap kreatif, inovatif, dan tangguh yang dimiliki mahasiswa diharapkan mampu menjadi modal besar untuk memulai suatu bisnis. Buku ini diawali dengan pembahasan intrapreneurship serta technopreneur dan inspirasi yang bertujuan untuk memberikan suatu input masukan kepada pembaca bahwa pemuda adalah pelaku bisnis yang potensial. Dua bab awal pada buku ini juga dijelaskan mengenai kisah inspiratif yang diharapkan dapat menggugah pandangan mahasiswa tentang suatu bisnis. Selanjutnya, juga akan dijelaskan mengenai tata kelola organisasi, motivasi dalam berbisnis, kepemilikan bisnis, etika bisnis, kecerdasan berwirausaha, modal dan pengelolaan keuangan, analisis lingkungan bisnis, analisis pesaing, pemasaran dan waralaba, hingga monitoring dan evaluasi. Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memulai suatu bisnis sehingga dapat menjadi pelaku bisnis beretika, kreatif, inovatif, tangguh, dan cerdas, sehingga dapat menjadi solusi atas permasalahan dan tantangan yang ada di bangsa dan negara.

Mahasiswa merupakan agent of change yang memiliki peranan besar di dalam melakukan perubahan Bangsa dan Negara.

Pengantar Bisnis

Teori dan Contoh Kasus

Buku ini merupakan karya ilmiah yang disusun dengan sumber sejumlah buku teks ilmiah, merupakan evaluasi dan sintesis dari berbagai materi buku yang ditulis oleh penulis-penulis lain yang berhubungan dengan bisnis seperti yang tercantum dalam tiap bab. Sebagai hasil evaluasi dan sintesis, isinya ada yang berupa hasil editing, ada pula yang diringkas atau dipadatkan dari karya penulis lain, selain ada yang merupakan kutipan jalan pikiran penulis lain. Latar belakang penulisan buku ini adalah untuk memberi pegangan bagi mahasiswa di semua fakultas dan jurusan yang memberikan mata kuliah pengantar bisnis, mahasiswa magister dan doktor, guru, dosen, manajer, pemimpin organisasi, pemimpin perusahaan, pengelola pendidikan, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, tesis, dan disertasi yang tertarik untuk meneliti permasalahan bisnis melalui contoh kasus diorganisasi maupun perusahaan

Latar belakang penulisan buku ini adalah untuk memberi pegangan bagi mahasiswa di semua fakultas dan jurusan yang memberikan mata kuliah pengantar bisnis, mahasiswa magister dan doktor, guru, dosen, manajer, pemimpin organisasi, pemimpin ...

Pengantar Ilmu Administrasi

Buku ini merupakan materi kuliah untuk mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi yang memiliki 2 SKS pada Semester 1 (satu), Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan. Buku ini membahas 8 (delapan) unit kompetensi: (1) Gambaran Umum Administrasi, (2) Hakikat Ilmu Administrasi, (3) Pokok-Pokok Pikiran Administrasi, (4) Sejarah Perkembangan Administrasi, (5) Pembagian Ilmu Administrasi, (6) Hubungan Ilmu Administrasi Dengan Ilmu Lainnya, (7) Unsur-Unsur Administrasi, dan (8) Perbedaan Administrasi Negara dan Niaga. Semua kompetensi ini diajarkan kepada mahasiswa/i dengan tujuan agar mereka dapat memahami Ilmu Administrasi secara komprehensif ketika menyelesaikan studi dari Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan.

Buku ini merupakan materi kuliah untuk mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi yang memiliki 2 SKS pada Semester 1 (satu), Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan.

Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Java

Algoritma Pemrograman 0(dengan Bahasa JAVA Suatu basis masalah bisa dipecahkan atau dikerjakan oleh manusia secara manual (human oriented), dapat juga dipecahkan atau dikerjakan secara otomatis oleh mesin (computer oriented). Algoritma merupakan pola pikir terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian masalah yang dapat disajikan dengan tekniktulisan maupun dengan gambar. Menurut buku Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Java ini, tujuan pokok dari pemanfaatan komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi secara cepat, tepat, dan efisien. Harus ada tiga elemen kunci yang saling berkaitan untuk dapat memanfaatkan komputer dengan maksimal, yakni software, hardware, dan brainware. Ketiga elemen ini adalah hal yang akan menjadi pembahasan buku ini. Semuanya akan dibahas dengan detail dan jelas sehingga memudahkan pembaca dalam mengikuti langkah-langkah memakai komputer sebagai alat bantu manusia. Buku ini disusun untuk membantu para mahasiswa dalam mempelajari Algoritma dan Pemrograman menggunakan bahasa Java. Namun, tidak menutup kemungkinan buku ini juga dapat menjadi literatur bagi yang ingin mempelajari Algoritma.

Menurut buku Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Java ini, tujuan pokok dari pemanfaatan komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi secara cepat, tepat, dan efisien.

Konsep Algoritme dan Aplikasinya dalam Bahasa Pemrograman C++

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015). Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) algoritme adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. KBBI juga menyatakan bahwa algoritme adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Algoritme juga dapat dinyatakan sebagai suatu urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Program komputer dibuat sebagai alat bantu yang dapat membantu menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Dalam membuat sebuah program perlu memperhatikan tiga tahapan pokok sebagai berikut. 1. Memahami permasalahan apa yang akan dibuatkan solusi dalam bentuk program dan menentukan tujuan dari program itu dibuat. Pada tahap ini jenis, bentuk, dan karakteristik dari input serta output yang diharapkan harus dapat diidentifikasi. Untuk permasalahan yang lebih besar, diperlukan juga secara pasti asal, frekuensi, dan volume data input serta tujuan, frekuensi, dan volume output data yang diharapkan. 2. Menyusun konsep/rancangan/desain penyelesaian masalah dari masalah yang diangkat. Berdasarkan pemahaman terhadap permasalahan tersebut, dihasilkan rancangan sebuah alur proses untuk mengolah data input untuk dapat menghasilkan data output yang sesuai dengan jenis, bentuk, dan karakteristik yang diharapkan. 3. Mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam bentuk program terstruktur. Program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman apa pun. Algoritme pemrograman adalah suatu urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Penyajian algoritme dapat dilakukan dalam dua jenis, jenis pertama adalah penyajian algoritme dalam bentuk tulisan (pseudocode) dan jenis yang kedua adalah dengan penyajian algoritme dalam bentuk gambar (flowchart). Dalam menulis program dengan menggunakan suatu bahasa komputer, ada kemungkinan terjadi kesalahan baik itu pada sintaksis, semantik atau kebenaran logika. Kesalahan sintaksis akan langsung terlihat karena komputer akan langsung menampilkan pesan kesalahan. Sedangkan untuk kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurangpahaman terhadap setiap pernyataan yang dituliskan pada program, sehingga walaupun program bisa berjalan tetapi tidak seperti yang dikehendaki. Untuk kesalahan dalam pengimplementasian masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika. Adapun contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Pascal dan C.

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015).