Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Bunga Rampai Kajian Islam dan Psikologi Pendidikan

Buku ini membahas tulisan-tulisan penelitian yang mencakup banyak topik dalam Kajian Islam dan Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan. Berbagai aspek dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu mulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak-anak yang disajikan oleh Achmad Basari melalui penelitian yang dilakukan oleh Mona Elrabie Ahmed dan koleganya di Mesir, bahwa diantaranya adalah faktor biologis dan faktor lingkungan berpengaruh dalam perkembangan bahasa. Ai Nurhasanah menyajikan tulisan dari studi literatur yang dilakukan oleh Muhammad Barid dan koleganya mengenai komparasi pemikiran Ibn Qayim Al-Jauziyah dan Imam Al-Ghazali terkait pendidikan moral. Imam al-Ghazali mengungkapkan bahwa akhlak itu harus menetap dalam jiwa dan tercermin pada perbuatan yang muncul secara spontan. Sementara Ibn Qayyim menekankan bahwa akhlak merupakan semua perilaku yang baik yang ditimbang berdasarkan Al-Qur’an dan as-Sunnah. Anggun Wulandari menyajikan tulisan milik Mohammad Allibaih mengenai teori Horward Gardner yakni bingkai kecerdasan dengan hubungannya terhadap Al-Qur’an. Allibaih menggunakan metode pemetaan Al-Qur’an, peta konsep dan peta pikiran yang menyajikan teks Al-Qur’an dwibahasa untuk dapat mengkaji teori Gardner tersebut. Fila Fauzan menyajikan tulisan mengenai permasalahan seputar perbedaan gender dan usia dalam menentukan kepuasan hidup di masyarakat dengan segregasi jenis kelamin di Qatar yang dilakukan oleh Asma Al-Attiyah dan koleganya, bahwa meskipun tidak terdapat signifikansi antara usia dengan kebahagiaan namun masa remaja masih merupakan periode perkembangan bagi remaja yang mana perubahan mengenai kepuasan hidup terjadi. Hana Naufanita menyajikan tulisan dengan topik mengenai keberbakatan, kita akan melihat bagaimana keberbakatan dikontekstualisasikan dari kacamata Islam dalam sistem pendidikan anak berbakat di Arab Saudi oleh penelitian yang dilakukan Nasser M. Almutairi dan koleganya. Nazlatan Ukhra Kasuba menyajikan tulisan Jamil Abdul Aziz mengenai Self Regulated Learning pada Al-Qur’an. Self Regulated Learning merupakan salah satu topik penting di dalam Psikologi Pendidikan yang menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam tulisan mengenai topik ini dijelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an, Self Regulated Learning dapat ditemukan berdasarkan kisah para Nabi dan Rasul, serta bagaimana Self Regulated Learning dapat dikembangkan di dalam diri individu melalui pemahaman di dalam Al-Qur’an. Ulfanie Wiyatama menyajikan tulisan mengenai proses memori di dalam penelitian yang dilakukan oleh Mariam Adawiah Dzulkifli dan koleganya. Proses memori yang lebih dalam dipelajari dari huffaz yakni para penghafal Al-Qur’an yang dapat dikatakan memiliki kemampuan mengingat yang sangat baik. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Al huffaz dapat memiliki kemampuan menghafal dan mengingat yang baik adalah dengan latihan, motivasi, dan disiplin diri.

Buku ini membahas tulisan-tulisan penelitian yang mencakup banyak topik dalam Kajian Islam dan Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan.

Psikologi Pendidikan : Perspektif Barat & Islam

Psikologi Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam berisikan tentang cara mendidik anak khususnya pada usia produktif saat anak berada di bangku sekolah dari pandangan tokoh-tokoh psikologi Barat maupun tokoh-tokoh Psikologi Islam. Pendekatan melalui sisi pandang Psikologi Islam membuat buku psikologi pendidikan ini berbeda dengan buku psikologi pendidikan pada umumnya.

Psikologi Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam berisikan tentang cara mendidik anak khususnya pada usia produktif saat anak berada di bangku sekolah dari pandangan tokoh-tokoh psikologi Barat maupun tokoh-tokoh Psikologi Islam.