Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS VIRTUAL

Kepemimpinan virtual menjadi trend dalam berbagai diskusi, riset, dan pengambilan kebijakan di era revolusi industry 4.0. Berangkat dari pengalaman masa pandemic Covid-19, kepemimpinan virtual menjadi solusi alternatif menjalankan kegiatan organisasi dengan tetap mengikuti protocol kesehatan social distancing. Berbagai permasalahan organisasi khususnya satuan pendidikan kian kompleks, disebabkan faktor internal dan eksternal, dibutuhkan model kepemimpinan virtual yang efektif dan efisien. Tugas dan fungsi pemimpin di satuan pendidikan dapat berjalan seperti biasa bahkan lebih kreatif dan inovatif dengan pemanfaatan virtual dalam proses pengambilan kebijakan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Kepala sekolah sebagai top leader, dibutuhkan jiwa inklusif dan memiliki political will beradaptasi dengan kemajuan digital dan virtual kontemporer. Kompetensi kepala sekolah sejatinya selalu di-up grade, baik literasi media, literasi digital, maupun literasi informasi. Kepemimpinan kepala sekolah berbasis virtual dapat lebih akuntabel dan eligible, karena berbasis data, efektif dan efisien, mengatasi ruang dan waktu, bersifat online dan real time, serta bersikap objektif dan professional Kemudahan dan kelebihan kepemimpinan lah berbasis virtual berimplikasi kepada pelaksanaan tugas dan fungsi kepala sekolah yang berorientasi mutu dan kinerja, yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengendalian, dan peningkatan. Arah dan orientasi sekolah menuju kepada pencapaian mutu dan kinerja. Mutu sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan, meliputi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Kemudahan pengeloaan data dan administrasi ke delapan komponen SNP, sangat relevan dengan implementasi EMIS (Educational Managemen Information System). EMIS tersebut mewadahi beberapa aplikasi, baik aplikasi akademik, personalia, sarana dan prasarana, keuangan, dan lainnya. Penggunaan EMIS di sekolah harus di-backup oleh hardware, software, dan brainware. Sekolah yang berbasis digital membantu pelaksanaan mutu pendidikan dan sekaligus memudahkan dalam implementasi kepemimpinan kepala sekolah berbasis virtual.

Kepemimpinan kepala sekolah berbasis virtual dapat lebih akuntabel dan eligible, karena berbasis data, efektif dan efisien, mengatasi ruang dan waktu, bersifat online dan real time, serta bersikap objektif dan professional Kemudahan dan ...