Sebanyak 323 item atau buku ditemukan

KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU ORGANISASI : Teori dan Praktik di Bidang Manajemen dan Pendidikan

Judul : KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU ORGANISASI : Teori dan Praktik di Bidang Manajemen dan Pendidikan Penulis : Dr. Agustina Rahmi, M.Pd., dan Dr. Jarkawi, M.MPd Editor : Dr. Sabariah, M. Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 145 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-365-2 SINOPSIS Kepemimpinan dan perilaku organisasi adalah dua konsep yang saling terkait dan penting dalam manajemen. Menariknya, kepemimpinan dan perilaku organisasi merupakan bahasan yang terus berkembang tergantung pada situasi dan jenis organisasi. Oleh karena itu, pembahasan ini seringkali mengharuskan individu untuk mengembangkan kemampuan adaptasi dan pemecahan masalah yang kuat untuk menghadapi tantangan dunia yang berubah-ubah. Kepemimpinan membahas kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, mengarahkan, dan menginspirasi orang lain dalam mencapai tujuan atau visi tertentu. Pembahasan kepemimpinan mencangkup berbagai gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, komunikasi efektif, kemampuan untuk memotivasi tim, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan situasi. Sedangkan perilaku organisasi merupakan studi yang mempelajari tentang bagaimana individu, kelompok, dan tim berinteraksi di dalam organisasi. Pembahasan perilaku organisasi ini mencakup pemahaman tentang bagaimana orang berperilaku di lingkungan kerja, bagaimana mereka berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah bersama. Perilaku organisasi ini akan mempelajari berbagai konsep seperti motivasi, komunikasi interpersonal, konflik, perubahan organisasi, dan manajemen konflik. Dengan mempelajari kepemimpinan dan perilaku organisasi, kita akan dapat mengeksplorasi studi kasus, teori, dan praktek terbaik dalam manajemen sumber daya manusia, manajemen konflik, pengembangan tim, serta bagaimana membangun lingkungan kerja yang efisien dan produktif. Sehingga, dapat membantu individu mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka, memahami dinamika kelompok dalam konteks organisasi, dan berkontribusi secara positif terhadap pencapaian tujuan organisasi. Buku ini salah satu buku yang patut Anda baca sebagai tambahan wawasan, jembatan dan menginspirasi pemikiran Anda bagaimana mengahadapi dan memahami terkait kepemimpinan dan organisasi.

Judul : KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU ORGANISASI : Teori dan Praktik di Bidang Manajemen dan Pendidikan Penulis : Dr. Agustina Rahmi, M.Pd., dan Dr. Jarkawi, M.MPd Editor : Dr. Sabariah, M. Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 145 Halaman Cover : ...

Kajian Teori Organisasi Dan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik

Buku yang berjudul Kajian Teori Organisasi dan Birokrasi dalam Pelayanan Publik ini merupakan karya penulis dalam menyingkap makna dari teori itu sendiri, Organisasi Publik, Organisasi Bisnis, Perubahan Lingkungan Organisasi Publik, Ruang Lingkup Organisasi Publik, Kebijakan Publik, Komunikasi Organisasi Publik, Pengembangan Kompetensi SDM, Pendidikan Dan Pelatihan SDM, Kepemimpinan Organisasi Publik, Birokrasi, Budaya Organisasi Publik, Pelayanan Publik, dikaji secara mendalam dari berbagai aspek dan permasalahannya. Buku ini diharapkan menjadi kajian komprehensif tetapi sangat praktis bagi siapa saja yang ingin menyelami dalamnya Ilmu Administrasi Publik yang tiada henti untuk membahasnya selagi manusia masih mempunyai keinginan untuk melakukan pengkajian ilmu pengetahuan sebagai kebutuhan hidup di muka bumi ini. Kajian Teori Organisasi Dan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku yang berjudul Kajian Teori Organisasi dan Birokrasi dalam Pelayanan Publik ini merupakan karya penulis dalam menyingkap makna dari teori itu sendiri, Organisasi Publik, Organisasi Bisnis, Perubahan Lingkungan Organisasi Publik, Ruang ...

Konsep Dasar Teori Organisasi

kesadaran berorganisasi tidak hanya dikenal di kalangan terpelajar dan akademisi saja, melainkan telah menjadi milik publik diberbagai kalangan. Hal ini bisa dilihat dari maraknya organisasi-organisasi masyarakat denganmemperlihatkan atribut yang bermacam-macam. Dalam keperluan itulah, buku Konsep Dasar Teori Organisasi ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Hal ini bisa dilihat dari maraknya organisasi-organisasi masyarakat denganmemperlihatkan atribut yang bermacam-macam. Dalam keperluan itulah, buku Konsep Dasar Teori Organisasi ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca.

Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar

Menurut Arikunto dalam Djamarah (2010:175) Pengelolaan merupakan terjemahan dari kata “Management”. Karena terbawa oleh derasnya arus penambahan kata pungut ke dalam bahasa Indonesia, maka istilah Inggris tersebut kemudian di Indonesiakan menjadi “Manajemen”. Arti dari manajemen adalah pengelolaan, penyelenggaraan, ketatalaksanaan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Pengertian kelas menurut Hadari Nawawi dalam Djamarah (2010:176) yaitu sekelompok siswa pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Sedangkan kelas menurut pengertian umum dapat dibedakan atas dua pandangan, yaitu pandangan dari segi fisik (tempat dan fasilitasnya) dan pandangan dari segi peserta didik yang mengikutinya yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah.

Menurut Arikunto dalam Djamarah (2010:175) Pengelolaan merupakan terjemahan dari kata “Management”.

Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi

Peran pendidikan kewarganegaraan saat ini menjadi lebih strategis jika dihubungkan dengan fenomena kehidupan bangsa dalam dasa warsa terakhir ini, yang mengindikasaikan terjadinya degradasi etik, moral, dan nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia. Karena kondisi tersebut, pembangunan karakter merupakan salah satu yang sangat urgen dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025, yaitu Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur yang ditandai dengan terwujudnya bangsa Indonesia yang memiliki daya saing tinggi. Sehubungan dengan hal di atas, maka pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter bangsa (national character building) dan gerakan revolusi mental yang dilaksanakan melalui pendidikan formal. Oleh karenanya, misi pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah dalam rangka membentuk warga negara yang baik, berbudi pekerti dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya.

Peran pendidikan kewarganegaraan saat ini menjadi lebih strategis jika dihubungkan dengan fenomena kehidupan bangsa dalam dasa warsa terakhir ini, yang mengindikasaikan terjadinya degradasi etik, moral, dan nasionalisme di kalangan bangsa ...

INOVASI PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Hal ini tentu menjadi mata pelajaran yang cukup penting untuk diberikan pada siswa SD. Supaya lebih memudahkan siswa dalam menyerap materi dan tujuan pembelajaran, guru dituntut memiliki kemampuan lebih dalam proses belajar mengajar. Melalui buku ini kami mengajak para guru untuk selalu berinovasi. Move on. Keluar dari "zona nyaman". Meninggalkan kebiasaan mengajar yang biasa menjadi eksklusif. Menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didiknya, karena menjadi guru yang inovatif adalah suatu keniscayaan. Buku ini layak untuk dijadikan referensi para guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Seperti apakah pembelajaran inovatif itu dan bagaimana implementasinya.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

Pengembangan Pembelajaran IPS SD

Pengembangan Pembelajaran IPS SD Penulis : Nimas Puspitasari, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-914-6 Terbit : Oktober 2020 www.gueppedia.com Sinopsis : Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada dasarnya dimaksudkan untuk pengembangan pengetahuan, sikap, nilai-moral, dan keterampilan siswa agar menjadi manusia dan warga negara yang baik, seperti yang diharapkan oleh dirinya, orangtua, masyarakat, dan agama. Dengan demikian, pembelajaran IPS semestinya diarahkan pada upaya pengembangan iklim yang kondusif bagi siswa untuk belajar sekaligus melatih pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilannya selama pembelajaran. Seorang guru perlu melakukan pengembangan dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dalam penggunaan metode, pendekatan, strategi, metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswanya. Beberapa contoh model ataupun metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pelajaran IPS di SD antara lain, metode simulasi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran Kontruktivisme, Model Pembelajaran Inkuiri, model pembelajaran Kooperatif, Selain itu penggunaan media pembelajaran juga sangat mendukung dalam mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan. Dalam mengembangkan pembelajaran IPS harus memepertimbangkan beberapa hal, seperti karakteristik siswa, materi, kondisi lingkungan, fasilitas (sarana dan prasarana) sehingga pengembangan pembelajaran IPS dapat mencapai tujuannya dengan maksimal. www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Pembelajaran IPS SD Penulis : Nimas Puspitasari, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-914-6 Terbit : Oktober 2020 www.gueppedia.com Sinopsis : Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada dasarnya dimaksudkan untuk ...

Inovasi Pendidikan

Pada masa reformasi ini, pendidikan di Indonesia tetap membutuhkan perbaikan dan peningkatan mutu. Salah satunya dengan melalukan inovasi-inovasi pendidikan, untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi pada masa globalisasi yang menuntut kita untuk mampu bersaing di tengah-tengah bangsa lain yang mungkin lebih maju, baik dalam hal pendidikan, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, jika kita tidak mampu bersaing dan mengikuti perkembangan jaman, maka generasi muda tidak mampu mengembangkan potensi yang ada dalam bangsa dan negara, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya alam untuk kesejahteraan bangsa. Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

Maka dalam hal ini inovasi pendidikan sangat dibutuhkan.

Teori dan Perilaku Organisasi

Akselerasi perkembangannya berubah semakin cepat dalam “contact” dimensi waktu, dengan situasi yang dinamis dalam persaingan global, sehingga membutuhkan inovasi terus menerus pada pola manajemen organisasi yang tepat untuk beradaptasi dan memenangkan persaingan dalam lingkungan yang terus semakin cepat perkembangannya. Semua organisasi terus mendapatkan tekanan untuk dapat melayani kebutuhan konsumen lebih baik dan memproduksi barang dengan kualitas terbaik dengan SDM yang baik.

Akselerasi perkembangannya berubah semakin cepat dalam “contact” dimensi waktu, dengan situasi yang dinamis dalam persaingan global, sehingga membutuhkan inovasi terus menerus pada pola manajemen organisasi yang tepat untuk beradaptasi ...

Perilaku dan Teori Organisasi

Dinamika organisasi sebagai tenaga penggerak sebuah organisasi mempunyai peran yang penting perkembangan, pertumbuhan dan keefektifan sebuah organisasi. Ada banyak faktor yang menyusun terbangunnya dinamika dalam berorganisasi, dimana organisasi sebagai tempat atau wadah bergabungnya beberapa individu yang mempunyai karakteristik, asal, dan perilaku yang tidak sama. Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi. Beberapa ahli berpendapat bahwa faktor-faktor yang membentuk dan menyusun munculnya dinamika dalam organisasi antara lain ; karakteristik individu, karakteristik kelompok, struktur, budaya, serta iklim organisasi sehingga efektivitas dan peranan organisasi dapat terpenuhi. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam bahan riset terkait perilaku dan organisasi, baik sektor bisnis maupun publik. Sasaran utama penyajian buku ini adalah para mahasiswa dan dosen yang sedang menyusun penelitian, baik skripsi, tesis, maupun disertasi. Bagi para praktisi pendidikan, buku ini tentu akan menambah wawasan yang bersifat praktis dalam mengelola dinamika organisasi

Dalam buku Perilaku dan Teori Organisasi dibahas faktor-faktor pembentuk dan berkembangnya dinamika suatu organisasi berdasarkan banyaknya perbedaan-perbedaan yang memberikan warna, corak, atau bentuk pada sebuah organisasi.