Sebanyak 299 item atau buku ditemukan

Peningkatan kinerja guru, melalui penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan keseimbangan kehidupan kerja

Buku ini membahas tentang peningkatan kinerja guru melalui penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan keseimbangan kehidupan kerja guru.

Buku ini membahas tentang peningkatan kinerja guru melalui penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan keseimbangan kehidupan kerja guru.

IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Pendidikan adalah usaha yang disengaja untuk mendidik anak didik untuk peran mereka di masa depan dengan pengawasan, pengajaran, atau pelatihan.1 Karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat antara lain dibentuk oleh pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri, sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 3 Bab 2 Undang-Undang 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2 Dengan kata lain, pendidikan merupakan prakarsa pemerintah yang bertujuan mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa. Untuk dikatakan maju, suatu negara harus menekankan pendidikan karena kemampuan suatu negara untuk mengelola sumber daya alamnya sangat terbatas tanpanya. Bahkan jika siswa Indonesia tidak memiliki keterampilan yang sesuai, diyakini akan menghambat pertumbuhan nasional. Beberapa negara industri mengalami pertumbuhan pesat bukan hanya karena sumber daya alamnya yang sangat besar tetapi juga karena kecerdasan dan disiplin yang kuat. Kualitas sumber daya manusia juga menjadi tujuan dari sistem pendidikan Indonesia. Untuk menghasilkan insan yang berdaya saing tinggi dalam mengatasi kesulitan global yang berwawasan, berkarakter, dan berbudaya.

Pendidikan adalah usaha yang disengaja untuk mendidik anak didik untuk peran mereka di masa depan dengan pengawasan, pengajaran, atau pelatihan.1 Karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat antara lain dibentuk oleh pendidikan yang ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Buku ini mencoba menjelaskan psikologi Pendidikan dari sudut pandang yang lain, melihat bagaimana cara kerja otak dan pemrosesan informasi dapat berpengaruh pada psikologis siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Proses masuknya informasi kedalam otak dan menjadi sebuah pengtahuan menjadi penting dibahas dan diulas. buku ini mencoba menggambarkan terkait bagaimana informasi diproses dan apakah berpengaruh dengan pengetahuan siswa .

Buku ini mencoba menjelaskan psikologi Pendidikan dari sudut pandang yang lain, melihat bagaimana cara kerja otak dan pemrosesan informasi dapat berpengaruh pada psikologis siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Psikologi Pendidikan Implementasi Dalam Strategi Pembelajaran

Buku Mata kuliah psikologi pendidikan ini disusun untuk membantu mahasiswa dalam memahami betapa pentingnya isi materi mata kuliah ini. Dalam penyusunan buku ini penulis menyesuaikannya dengan silabus, supaya mahasiswa mudah memahami isi materi psikologi pendidikan dengan baik. Semoga buku psikologi pendidikan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mencapai kejiwaan yang sehat.

Buku Mata kuliah psikologi pendidikan ini disusun untuk membantu mahasiswa dalam memahami betapa pentingnya isi materi mata kuliah ini.

Pendidikan Ilmu Psikologi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pendidikan Ilmu Psikologi. Sistematika book chapter Pendidikan Ilmu Psikologi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran Pendidikan Ilmu Psikologi di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Oleh karena itu, penguasaan terhadap ilmu jiwa pendidikan (psikologi pendidikan) juga merupakan suatu tuntutan bagi orang-orang yang bergelut dalam dunia pendidikan (Ichsan, 2016). Sakerebau (2018) menyatakan bahwa tugas psikologi ...

Psikologi Agama

Psikologi agama merupakan suatu komponen penting yang harus dipahami dan diketahui oleh pendidik di sekolah/madrasah. Pemahaman para pendidik yang benar terhadap psikologi agama akan memberikan motivasi dan menuntun para pendidik untuk mengetahui tingkat keberagamaan peserta didik, juga sebagai pedoman dalam memberikan ilmu pengetahuan agama bagi peserta didik. Mengingat hal di atas, maka buku ini dimaksudkan sebagai bahan referensi yang akan mengantarkan pemahaman pendidik dan peserta didik dalam keilmuan psikologi agama. Buku ini membahas berbagai bahan informasi dan pengetahuan terkait teori dan keilmuan psikologi agama sebagai suatu disiplin keilmuan. Di dalamnya tersaji empat belas bab secara keseluruhan, di antaranya: dimensi-dimensi kemanusiaan, perkembangan psikologi agama, faktor-faktor yang memengaruhi keberagamaan, pertumbuhan agama pada anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang mudah untuk dicerna namun tetap memiliki kaidah-kaidah ilmiah. Beberapa kutipan di dalamnya, penulis cantumkan untuk memudahkan mahasiswa yang menulis skripsi, tesis, dan mungkin juga disertasi mencari bahan rujukan. Buku ini ditulis dengan harapan dapat membuka wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, terutama bagi calon pendidik, konselor di sekolah dan madrasah yang membutuhkan berbagai bahan dan informasi berkenaan dengan teori dan konsep psikologi agama, serta bagi para mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Pada akhirnya, agaknya sebuah keharusan, tidak hanya bagi penulis bahkan juga bagi para pakar dan praktisi pendidikan, terutama konselor Islam, untuk mulai memperbincangkan hal ihwal keilmuan psikologi agama dalam nuansa pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana #PrenadaMedia

Dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain atau sekelompok orang secara sistematis dan berkesinambungan baik pada pendidikan formal maupun informal.

Modul Pembelajaran Psikologi Perkembangan Peserta Didik

Psikologi Perkembangan adalah Mata Kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sekolah pascasarjana, khususnya program studi pendidikan dasar yang notabene Sebagian besar adalah guru di sekolah. Sebagai seorang guru, pemahaman psikologis tentang tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil yang optimal. Melalui mata kuliah psikologi perkembangan peserta didik, mahasiswa sekolah pascasarjana diharapkan memahami tentang tahap perkembangan anak, sejak dari fase pranatal sampai fase pendidikan tingkat dasar, yang meliputi perkembangan fisik, kognitif dan psikososial serta perkembangan moral. Pengkajian saintifik perkembangan manusia dengan penekanan pada perkembangan masa konsepsi sampai usia sekolah dasar yang mengaitkan dengan nilai nilai Islami untuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar.

Indonesia menulis Psikologi Perkembangan adalah Mata Kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sekolah pascasarjana , khususnya program studi pendidikan dasar yang notabene Sebagian besar adalah guru di sekolah .

Psikologi Perkembangan

Psikologi merupakan sebuah konsep yang cukup kompleks. Di dalamnya terkandung banyak dimensi. Oleh sebab itu, untuk dapat memahami konsep perkembangan, perlu terlebih dahulu memahami beberapa konsep lain yang terkandung di dalamnya, di antaranya pertumbuhan, kematangan, dan perubahan. Perkembangan tidak terbatas pada pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsifungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan, dan belajar. Perkembangan menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuan baru yang berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi. Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tetapi pasti, melalui suatu bentuk/tahap ke bentuk/tahap berikutnya, yang kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian. Psikologi Perkembangan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Psikologi Perkembangan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Psikologi Dakwah

Buku ini terdiri dari 14 bab yang ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat pada umumnya. Selain itu, kami juga mengharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang dakwah.

lingkungan pendidikan pertama yang ditemui karena dalam keluarga inilah seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan didalam keluarga. Pendidikan keluarga juga dikatakan sebagai lingkungan yang utama karena sebagai besar ...

Psikologi Sosial Suatu Pengantar

Buku ini terdiri dari 14 (empat belas) bab yang ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi refrensi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu juga, kami mengharapkan buku ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan tentang psikologi sosial.

Lahir di Jambu (Luwu) (Sulawesi-Selatan), 10 Oktober, dari pasangan Bapak Syamsualam dengan Ibu Hj. Mina) merupakan Dosen bidang Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng ...