Sebanyak 24 item atau buku ditemukan

Nubar - Tokoh Pendidikan Dunia (Jabar #58) Jilid 1

Dunia pendidikan sedang menjadi fokus perhatian. Segala aktivitas berbau pendidikan menjadi sorotan. Tokoh pendidikan wajib menjadi panutan. Perannya sangat besar dalam perkembangan kemajuan pendidikan. Dua puluh satu tokoh pendidikan dunia dalam dan luar negeri disajikan dalam buku ini. Sudahkah mengetahui hasil pemikiran para tokoh seperti; Lev Vygotsky, Ikhwan Al-Shafa, Friedrich Wilhelm August Froebel, Taufiqi Bravo Viec, Abdullah Gymnastiar? Siapa lagi enam belas tokoh lainnya? Jawabannya ada dalam buku ini. Dua puluh satu artikel mengupas tuntas buah pemikiran dua puluh satu tokoh penting dalam dunia pendidikan. Pemikiran dan karya-karya mereka menjadi referensi berharga untuk menciptakan pendidikan berkualitas.

Gerakan Thawalib adalah gerakan yang dibangun kaum reformis Islam di Sumatera Barat yang dipengaruhi oleh pemikiran ... Rasuna Said kemudian mendalami agama pada Haji Rasul atau Dr. H. Abdul Karim Amrullah yang mengajarkan pentingnya ...

Psikologi Pendidikan

Topik-topik materi yang disajikan dalam buku ini berkisar tentang variabel-variabel yang berasosiasi dengan konsep, karakteristik, dan informasi psikologis terkait pelajar, pembelajaran, serta peran guru dalam pembelajaran. Variabel-variabel tersebut disajikan serta dijelaskan secara detail dalam bentuk sepuluh topik yang dikemas sedemikian rupa menjadi sepuluh bab. Penulis berharap, buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pembaca. Keseluruhan materi dalam buku ini dipresentasikan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mudah dimengerti demi mempermudah pembaca (guru, calon guru, para akademisi psikologi, para praktisi psikologi, mahasiswa/i, dan semua pihak yang membutuhkan ilmu psikologi pendidikan) dalam memahami materi-materi buku ini. Harapan kami, buku ini dapat menjadi salah satu referensi bagi para pembaca serta mampu membantu memperluas khazanah pengetahuan dan wawasan para pembaca tentang ilmu psikologi pendidikan. Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Buku ini penulis susun berdasarkan kurikulum nasional PTKIS dan silabus STIT Prodi PAI, diharapkan dengan kehadiran buku ini dapat membantu para mahasiswa dalam usaha menguasai masalah psikologi pendidikan sesuai dengan tuntutan silabus dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi guru (pendidik) yang profesional di masa mendatang.

Buku ini penulis susun berdasarkan kurikulum nasional PTKIS dan silabus STIT Prodi PAI, diharapkan dengan kehadiran buku ini dapat membantu para mahasiswa dalam usaha menguasai masalah psikologi pendidikan sesuai dengan tuntutan silabus ...

Psikologi Pendidikan

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tingkah laku di sini diartikan secara luas ialah segala kegiatan, tindakan perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun tidak disadarinya. Termasuk di dalamnya: cara berbicara, berjalan, berpikir atau mengambil keputusan, cara ia mengambil sesuatu, caranya beraksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya maupun dari dalam dirinya. Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Buku ini disusun dengan judul Psikologi Pendidikan mampu membantu menambah bahan ajar dan mahasiswa dalam mempelajari psikologi dan untuk mempermudah mempelajari materi psikologi pendidikan. Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY.

Rumedia - Psikologi Pendidikan Islam

Konstruksi Teoritik Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Islam

Kata "psikologi" dalam bahasa Indonesia merupakan kata yang tersusun dari psiko dan logi. Psiko berasal dari perkataan Yunani "psyche" yang artinya jiwa, sedangkan logi pada mulanya adalah "logos" yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi mempunyai arti ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau dapat disebut Ilmu Jiwa. Secara umum psikologi diartikan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia karena tingkah laku tersebut merupakan manifestasi dari jiwa. Dalam bahasa lain disebutkan psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala jiwa manusia. Tingkah laku di sini yang merupakan gejala jiwa meliputi cara berbicara, berjalan, berpikir, mengingat, cara melakukan sesuatu dan sebagainya. Dari definisi pendidikan Islam, dapat ditarik kesimpulan bahwa psikologi pendidikan Islam berguna untuk mengetahui karakter anak didik, waktu yang tepat untuk inkulnasi nilai-nilai maupun sebagai landasan pengembangan teori dan praktik pendidikan Islam.

Kata "psikologi" dalam bahasa Indonesia merupakan kata yang tersusun dari psiko dan logi.

Ziarah, Barakah, dan Karamah

Tinjauan Etnografi dan Psikologi Pendidikan Islam

Ziarah Kubur menjadi media tafakur kita dalam mengingatkan diri bahwa kehidupan dunia bersifat sementara. Kekayaan, kebesaran sosial, dan keberanian diri semuanya akan ditinggalkan untuk menghadap kepada Allah dan bertanggungjawab atas segala perbuatan selama kehidupan. Akhirat menjadi kehidupan yang kekal abadi. Perjalanan sejarah kebudayaan Islam memberikan warna baru dalam berziarah kubur, memiliki banyak niat oleh para peziarah hingga berharap keberkahan dan karamah kepada si mayit. Buku yang anda pegang ini merupakan hasil penelitian tentang ziarah, barakah, dan karamah dengan menggunakan pendekatan etnografi dan psikologi pendidikan Islam sehingga menjadikan buku ini layak bagi siapapun pecinta etnografi dan psikologi Islam. Tulisan dihadirkan dengan data-data lapangan serta informasi konkrit dari para pelaku ziarah, sehingga mampu menjawab mengapa ziarah, berkah, dan karamah menjadi sebuah fenomena rihlah spiritual khusus bagi masyarakat muslim Indonesia khususnya. Pemahaman yang komprehensif dalam analisis data lapangan menjadikan buku ini memiliki warna baru dalam mengamati fenomena ziarah kubur yang banyak dilakukan saat ini. Selamat membaca

Buku yang anda pegang ini merupakan hasil penelitian tentang ziarah, barakah, dan karamah dengan menggunakan pendekatan etnografi dan psikologi pendidikan Islam sehingga menjadikan buku ini layak bagi siapapun pecinta etnografi dan ...

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik

Buku ini mengungkapkan bahwa semakin mengadopsi materi agama nonmuslim maka pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama dapat diterima. Hal ini terus terlaksana karena tidak dijumpai peserta didik pluralistik mengkonversi agamanya menjadi agama Islam. Pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama tersebut dilakukan hanya pada aspek pengetahuan. Pelaksanaan ini dapat terus berlangsung dan dapat diketahui melalui beberapa hal. Kebijakan Yapis Papua dalam Pembelajaran PAI pada masyarakat pluralistik tidak memperhatikan keagamaan yang dianut para siswa melainkan hanya mengajarkan agama tertentu terhadap para siswa yang beragam keagamaannya. Namun demikian, cara pembelajaran PAI yang demikian itu dapat berjalan secara efektif atau tidak menimbulkan resistensi. Hal ini terjadi disebabkan pembelajaran di Yapis Papua tidak bertujuan mengganti keagamaan para siswa, tidak memaksa peserta didik menkonversi agamanya ke dalam agama Islam, tidak mewajibkan penghayatan dan pengamalan pengetahuan agama Islam. Penerapan pembelajaran ini dilakukan tidak sepenuhnya misi ideologi tetapi lebih didasari pada pertimbangan misi sosial terutama pengenalan Islam, karena pembelajaran pendidikan agama Islam diberikan kepada siswa nonmuslim tidak menjadikan mereka keluar dari agamanya justru menjadikan pelajaran pendidikan agama sebagai sarana memperkenalkan agama Islam. Penerapan pembelajaran PAI pada 3 satuan pendidikan Yapis Papua yaitu Universitas Yapis Papua, SMK Hikmah Yapis, dan SMA Hikmah Yapis dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai ahli yang memegang kontrol selama proses pembelajaran, model teacher centris, strategi pembelajaran ekspositori. Guru/Dosen sebagai subyek dalam pembelajaran PAI dimana pendidik tidak mengharuskan peserta didik pluralis mengamalkan ajaran agama Islam, memasukkan unsur nilai dan ajaran agama non muslim di dalam materi pembelajaran PAI, guru menurunkan nilai standar kriteria ketuntasan minimal bagi peserta didik nonmuslim. Pada sisi kognitif, guru menyadur ajaran agama peserta didik pluralistik. Pada sisi psikomotorik mereka hanya mengetahui praktik keagamaan namun tidak dilaksanakan. Pada sisi afektif, guru mengambil nilai-nilai yang sama dengan ajaran agama lain yang sesuai dengan afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Buku ini mengungkapkan bahwa semakin mengadopsi materi agama nonmuslim maka pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama dapat diterima.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Materi Pembelajaran Perguruan Tinggi

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen.