Sebanyak 367 item atau buku ditemukan

BUNGA RAMPAI EKONOMI DAN BISNIS

ISU KONTEMPORER EKONOMI DAN BISNIS

Diterbitkannya buku kumpulan karangan para dosen sangat penting untuk memperkaya mutu perkuliahan dan syukur apabila mampu mengkritisi serta memberikan alternatif solusi berbagai persoalan aktual ekonomi dan bisnis di Indonesia khususnya di era pandemi Covid-19. Saya berharap bahwa di era pandemi Covid-19 tatkala para dosen lebih banyak berada di rumah karena proses belajarmengajar dilakukan secara virtual (daring), para dosen lebih kreatif dan inovatif menerbitkan karya-karya ilmiahnya. Dengan demikian, mempublikasikan karyakarya ilmiah bagi para dosen sesungguhnya merupakan sebuah keharusan, bukan semata-mata karena memperingati dies natalis. Saya juga berharap agar apa yang dilakukan oleh FEB UWG untuk menerbitkan buku kumpulan karya dosen dapat diikuti oleh para dosen di fakultas-fakultas yang lain

TINJAUAN TEORI Teori Kisi-kisi Manajerial” (Managerial Grid) Blake dan Mouton Teori “Kisi-kisi Manajerial” atau “Managerial Grid” Blake dan Mouton merupakan bagian dari teori kepemimpinan universal. Teori Kisi-kisi Manajerial, ...

ILMU HUKUM TATA NEGARA

Peristilahan Ilmu Hukum Tata Negara adalah merupakan salah satu cabang ilmu hukum yang secara khusus mengkaji persoalan hukum dalam konteks kenegaraan. Istilah Hukum Tata Negara dapat dianggap identik dengan pengertian Hukum Konstitusi yang merupakan terjemahan langsung dari perkataan Constitutional Law (Inggris). Dari segi bahasa, istilah Constitutional Law dalam bahasa Inggris memang biasa diterjemahkan sebagai Hukum Konstitusi. Namun istilah Hukum Tata Negara itu sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, niscaya perkataan yang dipakai adalah Constitutional Law. Oleh karena itu Hukum Tata Negara dapat dikatakan identik atau dapat disebut sebagai istilah lain dari Hukum Konstitusi.

Peristilahan Ilmu Hukum Tata Negara adalah merupakan salah satu cabang ilmu hukum yang secara khusus mengkaji persoalan hukum dalam konteks kenegaraan.

BUKU AJAR PANCASILA

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila. Setelah mengikuti perkuliahan Pancasila diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis konsep ideologis Pancasila sebagai ideologi negara serta secara kreatif dan inovatif mengaplikasikannya pada berbagai keputusan-keputusan etis.

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila.

Dialektika Dosen Indonesia Dalam Menyikapi Covid-19 : Kajian Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Agama/ Dakwah, Dan Linguistik

Judul : Dialektika Dosen Indonesia Dalam Menyikapi Covid-19 : Kajian Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Agama/ Dakwah, Dan Linguistik Penulis : Ellys Lestari Pambayun,dkk Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 200 Halaman No ISBN : 978-623-6233-78-8 DIALEKTIKA DOSEN INDONESIA DALAM MENYIKAPI COVID-19 Kajian Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Linguistik dan Agama/Dakwah Prof. Dr. Mohammad Adiin Sila, Ph.D. (Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Ksagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI) "Pengelolaan bencana atau disebut juga dengan mitigasi sama tuanya dengan umur manusio. Artinya bencana itu okan selatu ada dan tidak mungkin bisa dihindarkan apalagi dihitangkan, Manusia dituntut untuk mampu mengelola dampak dari bencana karena manusia harus menjalani hidupnya sehari-hari. Karya bookchapter saudara Abd Jamil Wahab ini mengajak kita untuk hidup berdampingan dengan bencana agar dampak buruk dari bencana bisa dikurangi. Caranya dengan memampukan masyarakat untuk dapat mengelola sendiri bencana tersebut." Drs. H. Lalu Azhari, M.Pd.i. (Rektor Universitas Oamaru! Huda Badaruddin/Unighba-NTB) "Tulisan singkat dalam bookchapter ini memuat hal yang cukup mendasar tentang keberadaan Covid-19 dari sudut pandang masyorakat. Covid-19 bukan semata-mata dilihat dari sudut pandang medis akan tetapi menyongkut isu politik, sosial, ekonomi, budaya dan religi. Adanya isu tentang konspirasi keberadaan Covid-19 melahirkan hoaks yang membuat pemahaman masyarakat menjadi terbelah. Akibatnya, dalam persepsi masyarakat, keberadaan Covid-19 seakan antara 'ada' dan 'tiada' sehingga berakibat pada rendahnya tingkat penerapan protokol kesehatan di masa pandemi,"

Judul : Dialektika Dosen Indonesia Dalam Menyikapi Covid-19 : Kajian Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Agama/ Dakwah, Dan Linguistik Penulis : Ellys Lestari Pambayun,dkk Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 200 Halaman No ISBN : 978-623-6233-78-8 ...

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Model Pendidikan Karakter pada Usia Anak-anak Data model pendidikan karakter pada usia anakanak diperoleh dari enam judul penelitian. Penelitian pengembangan model pendidikan karakter pernah dilakukan oleh Umi Faizah, Zidniyati, ...

BUKU AJAR PENGANTAR MANAJEMEN

Judul : BUKU AJAR PENGANTAR MANAJEMEN Penulis : Dr. Dra. Ni Desak Made Santi Diwyarthi, M.Si, I Wayan Adi Pratama, S.Tr.Par., M.Par, Renny Lubis, S.T, M.M, Marlina, SE., MM, AKH. Fawaid. , MM, Dr. Sahmin Noholo.SE., MM, Leni Cahyani.S.Sos.i.,MM, Dr. Ir. Supriadi Legino MM MBA MA, Dr. Herie Saksono, M.Si. Ukuran : 20,5 x 29 cm Tebal : 130 Halaman No ISBN : 978-623-5687-78-0 SInopsis Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen “mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 9 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen manajer dalam kegiatan manajemen, Perkembangan Ilmu manajemen lingkungan dan budaya organisasi, Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajemen, Fungsi Perencanaan dan Pengambilan Keputusan, Manajemen Strategis Perusahaan, Fungsi Pengorganisasian dalam Manajemen Perusahaan, Faktor Individu dalam Organisasi , Motivasi dan Kepemimpinan, Komunikasi dalam Organisasi ,Pengawasan dan Pengendalian Organisasi Menyeadari Penting Pengantar Manajemen. Beberapa dosen yang sudah ahli di bidang manajemen membuat buku ajar Pengantar Manajemen Semoga dengan adanya buku ajar pengantar manajemen, memudahkan dosen dalam mengajar dan mahasiswa dalam memahami

Judul : BUKU AJAR PENGANTAR MANAJEMEN Penulis : Dr. Dra. Ni Desak Made Santi Diwyarthi, M.Si, I Wayan Adi Pratama, S.Tr.Par., M.Par, Renny Lubis, S.T, M.M, Marlina, SE., MM, AKH. Fawaid.

KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEBUDAYAAN DAN GERAKAN SOSIAL

A. Latar Belakang Pendidikan Agama Islam, khususnya Pendidikan Agama Islam yang ada di masyarakat saat ini secara umum masih kehilangan konteks kemasyarakatan. Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan melalui ceramah-ceramah keagamaan, khutbah jumat, kuliah subuh, pengajian, dan lain sebagainya seharusnya berorientasi pada pengembangan masyarakat. Jika masyarakat diibaratkan sebagai pepohonan, maka yang dimaksud dengan “mengembangkan” di sini artinya Pendidikan Agama Islam seharusnya berfungsi sebagai “pupuk” yang meyuburkan pepohonan tersebut, agar pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat. Jadi, tidak perlu mencabut akar pepohonan tersebut dan memindahkannya ke tempat lain. Atau mengganti tanah yang ada dengan tanah yang lain. Fungsi Pendidikan Agama Islam adalah sebagai “pupuk”, yang berfungsi “mengembangkan”, bukan “mengubah”. Berdasarkan pada analogi di atas, maka orientasi yang seharusnya diupayakan dalam Pendidikan Agama Islam adalah “mengembangkan” masyarakat agar tumbuh dengan baik dan Konseptualisasi Pendidikan Agama Islam......| 1 “bermanfaat”. Ada dua kata kunci di sini yang sekaligus problem utama yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu “mengembangkan” dan “bermanfaat”. Prolem pertama dalam pendidikan Agama Islam adalah belum berorientasi pada upaya “mengembangkan” masyarakat. Pendidikan Agama Islam saat ini justru terlihat berupaya “mengubah” masyarakat. “Mengubah” artinya mencabut masyarakat dari akar kebudayaannya dan menggantinya dengan kebudayaan yang lain. Hal ini bisa dilihat dari menguatnya simbolisme agama, seperti penekanan pada pakaian dan asesoris-asesoris keagamaan, seperti baju koko, kopiah, peci, jubah, ataupun tata cara pemanggilan yang mengubah “saudara” menjadi “akhi”, “ayah” menjadi “abi”, “anda” menjadi “anta atau antum” dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu bukan hal buruk. Akan tetapi, sudah tentu hal tersebut bukan merupakan substansi dari agama Islam yang sesungguhnya. Sehingga, penekanan pada hal-hal tersebut justru akan mengaburkan substansi agama Islam yang sesungguhnya sangat luas.

Akan tetapi, sudah tentu hal tersebut bukan merupakan substansi dari agama Islam yang sesungguhnya. Sehingga, penekanan pada hal-hal tersebut justru akan mengaburkan substansi agama Islam yang sesungguhnya sangat luas.

Pengantar Manajemen Potensi Desa: Aku Yakin desaku Punya Sejuta Potensi

Dalam perkembangannya, desa mengalami sentuhan pembangunan mulai dari orde baru, orde reformasi sampai saat ini maka desa telah mengalami perubahan fisik dan perubahan masyarakat. Dalam pelaksanaannya tidak berjalan mulus karena adanya patologi pembangunan desa yang cukup mempengharui akselerasi pembangunan desa. Meskipun terjadi kondisi patologis, namun pembangunan masyarakat desa tetap dilaksanakan secara berkelanjutan karena melihat kondisi obyektif penduduk Indonesia masih dominan bertempat tinggal di pedesaan. Buku ini di susun dengan maksud untuk dijadikan bahan refrensi bagi Pemerintah desa dan stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan desa yang sesuai periode pemerintahan, karena dalam pelaksanaanya disamping telah ada kemajuan yang dicapai namun masih ada pula hambatan yang dihadapi.

Dalam perkembangannya, desa mengalami sentuhan pembangunan mulai dari orde baru, orde reformasi sampai saat ini maka desa telah mengalami perubahan fisik dan perubahan masyarakat.