Sebanyak 8 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi Mikro

Ekonomi dalam kajian keilmuan dapat dikelompokkan ke dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro mempelajari bagaimana perilaku tiaptiap individu dalam setiap unit ekonomi, yang dapat berperan sebagai konsumen, pekerja, investor, pemiliki tanah, ataupun perilaku dari sebuah industri. Ekonomi mikro menjelaskan how dan why sebuah pengambilan keputusan dalam tiap unit ekonomi. Contohnya, ekonomi mikro menjelaskan bagaimana seorang konsumen membuat keputusan dan pemilihan terhadap suatu produk ketika ada perubahan pada harga atau pendapatan. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja, kuantitas, dan harga yang terbaik. Permasalahan ekonomi mikro konvensional didasarkan pada perilaku individu-individu yang secara nyata terjadi di setiap unit ekonomi. Karena tidak adanya batasan syariah yang digunakan, maka perilaku dari setiap individu dalam unit ekonomi tersebut akan bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma dan aturan menurut persepsinya masing-masing. Oleh karena itu, ekonomi mikro konvensional memandang bahwa memasukkan tatanan norma tertentu dalam pembahasan perilaku dalam memenuhi kebutuhan ekonominya menjadi tidak relevan. Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Ekonomi Mikro ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Ekonomi Mikro ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Media Sosial, Suatu Alternatif

Dalam buku ini, penulis membahas komunikasi massa dan aktivitas kita dalam bersosial media melalui pendekatan ilustrasi sederhana. Benda-benda yang sangat familiar dengan kita, ternyata merupakan bagian dari komunikasi massa. Menyetel televisi di kamar tidur misalnya, atau mencari program musik saat bekendara, lalu mengklik berita di telepon seluler, itu semua adalah aktivitas-aktivitas yang punya keterkaitan kuat dengan komunikasi massa. Namun orang sering tak mengerti bahwa ragam kegiatan itu adalah pernak-pernik komunikasi massa. Televisi, radio, dan internet rupanya adalah produk teknologi yang kini menjadi platform media. Media sosial juga merupakan salah satu fenomena yang muncul seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di internet. Selain sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi, media juga memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai aspek, seperti jurnalisme, relasi publik, bahkan pemasaran. Buku ini menjelaskan bagaimana proses komunikasi membentuk interaksi manusia dengan dunianya saat ini. Mulai dari ruang lingkup komunikasi, sejarah dan perkembangan ilmu komunikasi, ragam media, hingga teori dan model komunikasi yang dicetus oleh para ahli untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang berkembang di masanya. Selamat membaca.

Dalam buku ini, penulis membahas komunikasi massa dan aktivitas kita dalam bersosial media melalui pendekatan ilustrasi sederhana.

Pengantar Manajemen

Manajemen merupakan kekuatan utama dalam organisasi untuk mengelola dan mengkoordinasi sumberdaya manusia dan material, dan para manajer bertanggung jawab untuk pelaksanaan organisasinya, baik untuk hasil sekarang maupun untuk potensi masa mendatang. Manajemen memasukkan unsur kepemimpinan di samping penerapan berbagai keahlian teknis seperti keterampilan pengambilan keputusan dan perencanaan. Dalam konteks lingkungan luar subsistem organisasi, para manajer melaksanakan fungsi-fungsi dasar dan mempertahankan keseimbangan dinamis. Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Manajemen ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Buku ini untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas

Dalam konteks lingkungan luar subsistem organisasi, para manajer melaksanakan fungsi-fungsi dasar dan mempertahankan keseimbangan dinamis. Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Manajemen ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca.