Sebanyak 36 item atau buku ditemukan

Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar

Menurut Arikunto dalam Djamarah (2010:175) Pengelolaan merupakan terjemahan dari kata “Management”. Karena terbawa oleh derasnya arus penambahan kata pungut ke dalam bahasa Indonesia, maka istilah Inggris tersebut kemudian di Indonesiakan menjadi “Manajemen”. Arti dari manajemen adalah pengelolaan, penyelenggaraan, ketatalaksanaan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Pengertian kelas menurut Hadari Nawawi dalam Djamarah (2010:176) yaitu sekelompok siswa pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Sedangkan kelas menurut pengertian umum dapat dibedakan atas dua pandangan, yaitu pandangan dari segi fisik (tempat dan fasilitasnya) dan pandangan dari segi peserta didik yang mengikutinya yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah.

Menurut Arikunto dalam Djamarah (2010:175) Pengelolaan merupakan terjemahan dari kata “Management”.

Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data. Karenanya statistik sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik dalam kepentingan pembelajaran ataupun penelitian. Data tidak akan dapat memberikan makna seandainya data itu tidak dianalisis dengan baik. Untuk analisis data yang bersifat kuantitatif maka memerlukan alat analisis yakni analisis statistik. Buku statistik untuk kepentingan pendidikan secara umum sudah banyak ditulis oleh para penulisnya, namun sulit ditemukan buku yang memaparkan teori-teori dan memberikan contoh-contoh dalam bidang ilmu pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat. Penerbitan buku ini dimaksudkan untuk membantu para peneliti atau calon peneliti, praktisi dan mahasiswa yang bergerak dalam pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat dalam menganalisis data data kuantitatif sesuai keperluan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup Kencana

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data.

Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi

Salah satu masalah yang sampai hari ini masih terjadi dalam perkuliahan pendidikan agama Islam ialah masalah-masalah yang berhubungan dengan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, yakni sumber daya manusia yang memiliki akhlak karimah atau budi pekerti yang luhur. Sehingga, muatan kurikulum hingga strategi penyajiannya mengalami perbaikan berkali-kali. Terakhir, kita bisa menyaksikan perubahan itu dalam penguatan aspek atau dimensi eksoterik agama. Dengan harapan, kelak lahir peserta-peserta didik yang berkualitas secara moral dan intelektual. Dengan kata lain, akan lahir di kemudian hari generasi penerus dengan kualifikasi tertentu yang lekat dengan nilai-nilai agama. Nah, buku ini menyajikan serangkaian materi pendidikan agama Islam untuk perguruan tinggi dalam maksud ikut andil dalam melahirkan para peserta didik yang memiliki kompetensi sesuai dengan harapan. Artinya, dengan buku ini, diharapkan peserta didik tidak hanya bagus dalam penguasaan materi pendidikan agama Islam, tetapi juga harus diikuti dengan penguatan nilai-nilai yang pada akhirnya melembaga dalam praktik keseharian, baik di lingkungan kampus, keluarga, bahkan hingga masyarakat. Materi-materi di dalam buku ini sengaja disusun berdasarkan pedoman kurikulum terbaru mata kuliah pendidikan agama Islam di perguruan tinggi. Selamat membaca! Sellingpoint: • Pemikiran Ketuhanan dalam Islam • Keimanan dan Ketakwaan • Agama dan Ruang Lingkupnya • Hakikat Agama Islam, dll.

Nah, buku ini menyajikan serangkaian materi pendidikan agama Islam untuk perguruan tinggi dalam maksud ikut andil dalam melahirkan para peserta didik yang memiliki kompetensi sesuai dengan harapan.

Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu

Buku ini hadir sebagai sumber referensi sekaligus bahan analisis pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) yang secara terstruktur sudah dilaksanakan lima tahun terakhir, dari 2013-sekarang. Buku ini sangat direkomendasikan untuk matakuliah pembelajaran tematik maupun matakuliah analisis pembelajaran tematik terpadu di Program Studi PGSD/PGMI/Pendidikan Dasar/Pendidikan Dasar Islam. Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa S-1, S-2, S-3, sekaligus dosen dan guru kelas SD/MI, serta para praktisi dan pemerhati pendidikan MI/SD. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini sangat direkomendasikan untuk matakuliah pembelajaran tematik maupun matakuliah analisis pembelajaran tematik terpadu di Program Studi PGSD/PGMI/Pendidikan Dasar/Pendidikan Dasar Islam.

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku Landasan Pendidikan ini disusun oleh tim dosen Institut Agama Islam Nusantara Batanghari-Jambi. Kehadirin buku dengan judul LANDASAN PENDIDIKAN merupakan tema pokok yang mengkaji tentang pengertian landasan pendidikan, hakekat dari pendidikan. Dalam upaya untuk mengetahui lebih mendalam tentang pendidikan serta berbagi pengalaman bagi setia pemerhati pendidikan. Dengan hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi khazana pengembangan ilmu pengetahuan tentang landasan pendidikan bagi setiap pembaca.

untuk membangun kecakapan hidup (competence of life) dan membentuk keterampilan hidup (life skill education).22 Pendidikan dalam arti sempit merupakan pendidikan yang dilaksanakan secara terprogram yang mana pendidikan tersebut memiliki ...

Landasan Pendidikan

Buku ini disusun dengan maksud untuk memperdalam kajian akademik tentang landasan kependidikan. Pada bagian awal buku ini dibahas pengertian landasan pendidikan, hakikat manusia dan peserta didik, unsur-unsur pendidikan, beberapa landasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan, meliputi landasan filosofis, psikologis, historis, antropologis dan sosiologi. Pada bagian lain dibahas teori-teori pembelajaran kognitivistik, konstruktivistik, dan behavioristik serta paradigma baru pendidikan.

6) Orientasi Pendidikan. Dalam dunia pendidikan, orientasi pendidikan harus jelas, kearah mana pendidikan akan dilaksanakan demi mewujudkan masa depan bangsa dan anak muda. Permasalahan Pendidikan di Indonesia Berbicara tentang ...

Hakikat Ilmu Tauhid Menuju Sumber Kehidupan Abadi

Tauhid merupakan pondasi pertama dan paling utama dalam membangun peradaban manusia di dunia dan akhirat. Jika tauhidnya benar dan kuat, maka dapat mengantarkan manusia untuk hidup tenang, aman, damai, tenteram dan sejahtera. Pemahaman terhadap sifat-sifat Allah Swt, dapat menyadarkan manusia agar jangan berlaku sombong di muka bumi ini. Karena semuanya milik Allah Swt, tanpa dari-Nya, manusia tidak bisa berbuat apa-apa. Bandingkan besarnya karunia Allah Swt, dengan sedikitnya rasa syukur dan ibadah kita, “ Astaghfirullah “ Allah Swt, memiliki beberapa nama yang sempurna, dan sangat dianjurkan sebagai washilah (perantara) dalam berdo’a. Washilah yang terbaik dalam berdo’a adalah Asmãul husna dan Asmãul A’dzam. Dalam suatu riwayat ada yang berdo’a dengan membaca Asmãul A’dzam, kemudian Rasulullah mengatakan; Sungguh engkau memohon dengan nama-Nya (yang Agung), jika memohon dengan nama-Nya Dia berikan, dan jika berdo’a dengan nama-Nya Dia menjawab. Adapun do’a Asmãul A’dzam sebagai berikut; اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِأَنِّيْ أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, اَلْأَحَدُ الصَّمَدُ, اَلَّذِيْ لَمْ يَلِدْ, وَلَمْ يُوْلَدْ, وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدُ “ Hakikat tauhid dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari dua dimensi keimanan, meyakini tiada Tuhan selain Allah Swt dan mengikrarkan diri bahwa Nabi Muhammad Saw adalah hamba dan utusan-Nya. Keyakinan terhadap ke-Esaan Allah sesungguhnya bukan sekadar mengakui adanya Allah sebagai pencipta langit, bumi dan seisinya. Namun, harus kita ketahui apa tujuan manusia diciptakan di muka bumi? Apa tujuan para Rasul diutus di muka bumi? Apa perintah Allah yang paling utama kepada manusia? dan bagaimana cara menjaga keselamatan hidup manusia di dunia dan akhirat. Insya Allah penulis akan menguraikan dan menjelaskan secara tuntas. Musyrik, munafik, fasik, murtad dan kafir merupakan sumber kehinaan dan mendatangkan banyak keburukan dalam kehidupan manusia. Kemudian, semua musibah yang menimpah manusia dalam kehidupannya disebabkan perbuatannya sendiri. Dan khusus dosa syirik dapat menghapus semua pahala dari amal ibadah pelakunya dan tidak akan pernah mencium bau syurga.

Tauhid merupakan pondasi pertama dan paling utama dalam membangun peradaban manusia di dunia dan akhirat.

PENGANTAR MANAJEMEN Teori Dan Aplikasi

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri. Artinya pengelolaan telah berlangsung sejak manusia ada di muka bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman dahulu atau batu Kaman, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya membuat alat dari batu untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Berbagai konsep dan praktik manajemen dalam konteks dunia yang kompleks, dinamis, bergejolak, dan semakin mengglobal. Diskusi menekankan pendekatan fungsional atau proses untuk studi manajemen. Materi diskusi mencakup semua fungsi manajemen. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami sifat pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri.

Pengantar Ilmu Sosial

Secara keseluruhan buku ini terdiri dari sembilan bagian, masing -masing bab membahas tentang struktur satu bidang disiplin ilmu -ilmu sosial, di anataranya Struktur Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi , Geografi, Ekonomi, Sejarah, Hukum, Politik dan Psikologi . Buku ini termasuk buku yang cukup komprehensif. Segala kajian ilmu -ilmu sosial menjadi bagian dari sajian dari buku ini. Tentu saja bermanfaat bagi banyak kalangan akdemisi di bidangnya. Buku ini juga dapat menjadi media komperasi dan pembelajaran bagi kalangan akademisi dan peneliti dalam pengembangan keilmuan sosial.

Secara keseluruhan buku ini terdiri dari sembilan bagian, masing -masing bab membahas tentang struktur satu bidang disiplin ilmu -ilmu sosial, di anataranya Struktur Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi , Geografi, Ekonomi, Sejarah, Hukum, ...