Sebanyak 93 item atau buku ditemukan

BUDAYA KERJA MUTU PELAYANAN PUSKESMAS

Pengalaman dari kejadian pandemi Covid-19, membuat kita menyadari pentingnya keberadaan Puskesmas sebagai sarana pelayanan Kesehatan masyarakat. Puskesmas dalam Pandemi Covid-19 berada sebagai garda terdepan yang langsung berhadapan dengan komunitas masyarakat. Di era jaminan Kesehatan nasional dengan sistem rujukan berjenjang, Puskesmas menjadi fasilitas Kesehatan masyarakat tingkat pertama milik pemerintah yang harus di akses lebih dahulu oleh masyarakat, selain fasilitas Kesehatan tingkat pertama milik swasta seperti klinik dan praktek dokter mandiri. Buku budaya kerja mutu pelayanan Puskesmas merupakan upaya peningkatan pelayanan Puskesmas dalam menghadapi persaingan yang sangat kompetitif dengan pelayanan Kesehatan swasta tingkat pertama lainnya. Buku ini menjelaskan bahwa untuk mencapai pelayanan yang bermutu maka Puskesmas harus memiliki budaya kerja yang positif secara berkesinambungan. Puskesmas merupakan bagian dari suatu sistem pelayanan Kesehatan yang bertanggung jawab terhadap upaya Kesehatan perorangan dan upaya Kesehatan masyarakat dengan target masyarakat di wilayah kerjanya. Melalui Budaya kerja yang kuat diharapkan Puskesmas dapat melaksanakan pelayanan yang bermutu dan berdaya guna, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sejalan dengan perkembangan dunia Kesehatan, kebutuhan meningkatkan daya saing dan masyarakat yang semakin menuntut pelayanan yang bermutu dari Puskemas, buku Budaya kerja mutu pelayanan Puskesmas diharapkan dapat memberikan solusi, baik untuk manajemen dan profesi yang ada di lingkungan Puskesmas maupun maupun para akademika, sebagai materi pembelajaran dalam memahami proses budaya kerja di lingkungan Puskemas.

... diberikan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau faskes tingkat 1 yang terdiri dari: Puskesmas atau yang setara, seperti praktek dokter mandiri, praktek dokter gigi mandiri, praktek perawat mandiri dan praktek bidan mandiri.

KAJIAN DAN KEBIJAKAN MIGRASI TENAGA KERJA PROVINSI JAWA TENGAH

Dampak dari adanya human capital spillover diwujudkan dalam bentuk migrasi tenaga kerja yang ada di Propinis Jawa Tengah. Bentuk migrasi tenaga kerja ini dapat berupa migrasi keluar/masuk tenaga kerja antar kabupaten/kota dalam wilayah Propinsi Jawa Tengah, migrasi tenaga kerja keluar/masuk antar propinsi di Indonesia, atau migrasi tenaga kerja Propinis Jawa Tengah keluar negeri, migrasi tenaga kerja asing yang masuk ke Propinsi Jawa Tengah

Pemerintah selalu melaknat praktek percaloan sebagai biang masalah buruh migran, namun tak pernah serius memberantas praktek percaloan. Hampir sebagian besar buruh migran berangkat ke luar negeri melalui perantara perantara ini.

POST-REFORMASI MEREKONSTRUKSI SEMANGAT PANCASILA DAN REFORMASI BERBASIS ONLINE

Buku ini merupakan paham baru yang bernama post-reformasi dimana penulis menemukan ide orisinal tentang penguatan nilai-nilai Pancasila dan Reformasi. Buku ini menjadi dasar peningkatan SDM di indonesia berbasiskan Pancasila dan menawarkan konsep integrasi online sesuai dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0. Buku ini dapat menjadi acuan referensi pemerintah dan rakyat Indonesia mengatasi masalah pengangguran, kemiskinan, korupsi , perekonomian, hukum, dan lain-lain.

Buku ini merupakan paham baru yang bernama post-reformasi dimana penulis menemukan ide orisinal tentang penguatan nilai-nilai Pancasila dan Reformasi.

Etika Bisnis di Era Teknologi Digital

Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders. Selain membahas teori etika dan corporate governance secara umum, buku ini juga membahas corporate governance dan corporate social responsibility di era teknologi digital. Selain itu, buku ini juga membahas sharing economy, cyber ethics, dan cybercrime. Salah satu kelebihan buku ini adalah adanya aplikasi berbasis Augemented dan Virtual Reality (AR & VR) sebagai bahan pembelajaran yang merupakan hasil riset penulis. Aplikasi AR & VR ini untuk merespon perubahan gaya belajar mahasiswa dari verbal, visual ke virtual. Aplikasi AR & VRakan memberikan pengalaman virtual pada praktik bisnis. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kasus etika bisnis yang terjadi di Indonesia. Selanjutnya, buku ini juga mendasarkan pada berbagai hasil penelitian yang sudah dipublikasi di jurnal internasional terindeks di database bereputasi tinggi di bidang etika (misal Journal of Business Ethics) dan di bidang pendidikan berbasis komputer (misal Education and Information Technologies). Dengan demikian, selain untuk pembelajaran di kelas, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi penelitian. Meski demikian, buku ini disajikan dengan "pendekatan populer" dan banyak dibantu gambar untuk memudahkan pemahaman pembaca, terutama generasi milenial.

Sejak kemunculan media sosial dan diadopsi secara umum oleh perusahaan, skenarionya telah berubah. Perusahaan sekarang menyerahkan kendali tertentu atas merek dan reputasi perusahaan kepada pemangku kepentingan melalui interaksi di ...

Etika Profesi Bidang Teknologi dan Sistem Informasi

Teknologi Informasi yang tumbuh dengan pesat merupakan tantangan tersendiri dalam pengendalian serta penggunaannya dalam segala bidang kerja. Perlu aturan tertulis maupun tidak tertulis seperti etika untuk mengikat dan mengatur penggunaan teknologi. Hal ini, demi menghindari penyalahgunaan teknologi informasi yang dapat menimbulkan kerugian baik dari segi materi, non maupun moral. Buku ajar ini disusun semaksimal mungkin memberikan penjelasan-penjelasan terkini, serta diperkuat dengan pembahasan contoh-contoh kasus yang marak terjadi saat ini. Dimulai dari pengertian etika, profesi, cara menjadi profesional dalam bidang IT, jenis pekerjaan bidang Teknologi dan Sistem Informasi, etika berkomunikasi dalam organisasi hingga cybercrime dan contoh kasusnya di masyarakat. Sehingga buku ini sangat cocok menjadi referensi pengguna teknologi informasi dalam semua bidang profesi.

8.4 Etika dan Sopan Santun di media Sosial Perkembangan teknologi informasi saat ini yang begitu pesat atau biasa disebut dengan dunia maya, seolah-olah telah menggantikan peran hubungan manusia dengan manusia yang saling bertemu ...

Manajemen Sumber Daya Manusia pada Kinerja Industri

Buku ini banyak membahas tentang praktik MSDM dengan beberapa pendekatan yang dilakukan, khususnya pada kinerja industri kecil dan menengah. dengan membaca buku ini, semoga kita lebih memahami peran dan fungsi manajemen sumber daya manusia dalam kinerja perusahaan.

industri kecil (99,6%), 11.444 unit tergolong industri menengah (0,4%), dan sisanya 756 unit adalah industri besar (0,1%) (RIP IKM Deperindag 2002). Sementara di sisi lain, salah satu kendala yang dihadapi oleh industri kecil dan ...

Buku Ajar: PENGANTAR AKUNTANSI

Secara umum, pengertian perusahaan adalah suatu badan hukum yang dibentuk oleh sekelompok orang yang terlibat dalam menjalankan badan usaha dalam kapasitas komersial atau industri. Perusahaan juga dapat didefinisikan sebagai suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang dioperasikan dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan motif untuk memperoleh keuntungan. Lini bisnis sebuah perusahaan biasanya akan menentukan struktur bisnis yang dipilih perusahaan tersebut. Beberapa diantaranya; kemitraan, perseorangan, atau korporasi. Struktur bisnis biasanya juga menunjukkan struktur kepemilikan perusahaan. Pada umumnya, perusahaan bertempat di suatu bangunan fisik di lokasi tertentu dalam menjalankan operasionalnya, memiliki catatan administrasi terkait produksi dan struktur biaya, serta terdapat beberapa orang yang bertanggung jawab terhadap operasional dan risiko bisnis/usaha.

Secara umum, pengertian perusahaan adalah suatu badan hukum yang dibentuk oleh sekelompok orang yang terlibat dalam menjalankan badan usaha dalam kapasitas komersial atau industri.

Pengantar Ekonomi Mikro

Ekonomi dalam kajian keilmuan dapat dikelompokkan ke dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro mempelajari bagaimana perilaku tiaptiap individu dalam setiap unit ekonomi, yang dapat berperan sebagai konsumen, pekerja, investor, pemiliki tanah, ataupun perilaku dari sebuah industri. Ekonomi mikro menjelaskan how dan why sebuah pengambilan keputusan dalam tiap unit ekonomi. Contohnya, ekonomi mikro menjelaskan bagaimana seorang konsumen membuat keputusan dan pemilihan terhadap suatu produk ketika ada perubahan pada harga atau pendapatan. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja, kuantitas, dan harga yang terbaik. Permasalahan ekonomi mikro konvensional didasarkan pada perilaku individu-individu yang secara nyata terjadi di setiap unit ekonomi. Karena tidak adanya batasan syariah yang digunakan, maka perilaku dari setiap individu dalam unit ekonomi tersebut akan bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma dan aturan menurut persepsinya masing-masing. Oleh karena itu, ekonomi mikro konvensional memandang bahwa memasukkan tatanan norma tertentu dalam pembahasan perilaku dalam memenuhi kebutuhan ekonominya menjadi tidak relevan. Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Ekonomi Mikro ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Ekonomi Mikro ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

TEORI DAN IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN STRATEGIS

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan. Buku ini disusun agar pembaca dapat memperluas tentang manajemen kepemimpinan yang kami sampaian berdasarkan berbagai sumber, pengamatan, pengalaman dan implemetasinya

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan.

KERJASAMA DAN BERBAGI INFORMASI DALAM KINERJA RANTAI PASOKAN (Studi kasus pada para pedagang telor ayam ras di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten) Kerjasama dan Berbagi Informasi Dalam Kinerja Rantai Pasokan

Buku Monograf ini diberi judul “Kerjasama dan Berbagi Informasi dalam Kinerja Rantai Pasokan (Studi kasus pada para pedagang telor ayam ras di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)”. Merupakan hasil penelitian tentang Kerjasama dan Berbagi Informasi dalam kinerja rantai pasokan pada tahun 2020, yang sudah diterbitkan dalam artikel jurnal Nasional Terakreditasi Sinta2. Penelitian ini dilakukan dalam rangka menganalisis pengaruh kerjasama dan berbagi informasi dalam kinerja rantai pasokan. Penelitian ini menguji pengaruh Kerjasama terhadap kinerja rantai pasokan, dan pengaruh berbagi informasi terhadap kinerja rantai pasokan, Obyek penelitian ini adalah Para Pedagang telor ayam ras di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang menjadi responden tentang kerjasama dan berbagi informasi dalam kinerja rantai pasokan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pedagang telor ayam ras yang tersebar di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu, terutama yang berkaitan dengan manajemen operasional, serta memberikan kontribusi praktis untuk para pelaku usaha telor ayam ras dalam menginplementasikan kerjasama dan berbagi informasi untuk meningkatkan kinerja rantai pasok.

Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen rantai pasok merupakan sistem yang kompleks dan terintegrasi secara menyeluruh yang didalamnya terdapat satuan bisnis, yaitu diawali dari pemasok yang merupakan area ...