Sebanyak 93 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PEMASARAN

Secara luas pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah proses sosial dan manajerial di mana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain. Pengertian dari sisi sosial merupakan proses individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka perlukan dan inginkan, sedangkan manajerial digambarkan sebagai “seni menjual produk”. Dari definisi di atas pemasaran merupakan serangkaian prinsip untuk memilih. Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara: 1) Temukan keinginan pasar dan penuhilah. 2) Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat. 3) Cintailah pelanggan, bukan produk anda. 4) Lakukanlah menurut cara anda 5) Andalah yang menentukan 6) Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney). Melalui buku ini, penulis berharap mampu memberikan tambahan referensi dan pemahan kepada para pembaca terkait; Pengertian, Konsep, dan Lingkup Pemasaran, Perilaku Pasar, Strategi Pemasaran, Desain Produk, Merek, Kemasan, Dan Layanan, Penetapan Harga Produk, Saluran Distribusi, Manajemen Penjualan Dan Personal Selling, Kepuasan Pelanggan.

Melalui buku ini, penulis berharap mampu memberikan tambahan referensi dan pemahan kepada para pembaca terkait; Pengertian, Konsep, dan Lingkup Pemasaran, Perilaku Pasar, Strategi Pemasaran, Desain Produk, Merek, Kemasan, Dan Layanan, ...

MANAJEMEN PEMASARAN

Pada hakikatnya, manajemen pemasaran adalah jenis kemampuan dasar yang sangat diperlukan untuk bisnis apa pun dan perusahaan mana pun. Hal ini karena penentuan produk atau jasa tersebut dipersepsikan oleh konsumen dan sebaliknya. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengetahui keseluruhan wacana tentang manajemen pemasaran ini. Manajemen pemasaran pada umumnya mencakup kegiatan perencanaan, perilaku, pemantauan, dan evaluasi yang berkaitan dengan proses memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak atau pelanggan. Tujuan dari manajemen ini ialah untuk memastikan bahwa banyak orang yang mengenal produk tersebut. Karena itu, kegiatan pemasaran tidak optimal tanpa pengelolaan yang baik. Sebab, sebuah perusahaan mungkin tidak dapat menjual satu produk jika tidak ada konsumen yang tahu mengenai produk apa yang dijual atau jasa apa yang ditawarkan. Salah satu tugas penting pemasar adalah menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat konsumen dan pelanggan. Dalam konteks ini, pemasar dapat melakukan riset pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga produk yang diciptakan diminati dan mendatangkan manfaat atau kepuasan bagi masyarakat. Dalam hal ini, pemenuhan kebutuhan konsumen dilakukan dengan menggunakan strategi dan metode yang berbeda, dengan harapan konsumen akan puas dan melakukan pembelian ulang. Jika konsumen menjadi pelanggan setia karena kepuasannya, mereka tidak akan beralih ke produk atau jasa lain yang sejenis di perusahaan. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, mereka berfokus pada kepuasan pelanggan. Perilaku konsumen merupakan aktivitas individu yang terlibat langsung dalam pengadaan dan penggunaan barang atau jasa serta melibatkan proses pengambilan keputusan dalam mempersiapkan dan mendefinisikan aktivitas tersebut.

Pada saat ini, ahli pemasaran dan praktisi pemasaran menunjukkan bahwa fungsi pemasaran berkontribusi terhadap nilai pemegang saham untuk perusahaan. Pentingnya berinvestasi untuk mengukur kinerja pemasaran yang menghubungkan ...

MANAJEMEN PEMASARAN JASA

STRATEGI, MENGUKUR KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Tujuan bisnis perusahaan pada dasarnya adalah untuk menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan kepuasan pelanggan yang sudah ada, karena pelanggan merupakan sumber pendapatan perusahaan. Semakin banyak jumlah pelanggan dan semakin intens pelanggan melakukan pembelian, maka pendapatan yang akan diterima oleh perusahaan juga akan bertambah. Perusahaan memerlukan kepuasan dari pelanggan jika ingin tetap bertahan dan berkembang dalam persaingan. Perusahaan dituntut tidak hanya meningkatkan kualitas produk tetapi juga kualitas pelayanan supaya bisa tampil menjadi penguasa atau pemenang dalam persaingan. Ketika segi kualitas produk pada perusahaan sejenis sudah semakin tipis perbedaannya, maka yang menjadi kunci utama untuk menjadi pemenang dalam persaingan tersebut adalah kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan kepada para pelanggannya.

Terdapat tiga tipe Pemasaran Perusahaan Jasa dalam dunia usaha, antara lain: 1. Pemasaran Eksternal (External Marketing), strategi pemasaran eksternal ini dikenal dengan 4P (product, price, promotion, place). 2.

Perlindungan Hukum Terhadap HKI

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak yang berkenaan dengan kekayaan yang timbul karena kemampuan intelektual manusia. Kemampuan tersebut dapat berupa karya dibidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Konsepsi mengenai hak kekayaan intelektual didasarkan pada pemikiran bahwa karya intelektual yang telah dihasilkan manusia memerlukan pengorbana tenaga, waktu, dan biaya. Dengan adanya pengorbanan tersebut menjadikan karya yang telah dihasilkan memiliki nilai ekonomi karena manfaat yang dapat dinikmati. Secara garis besar ruang lingkup hak kekayaan intelektual dibagi menjadi dua, yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri. Hak cipta terdiri dari ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Hak kekayaan industri terdiri dari paten, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, dan perlindungan varietas tanaman. Dalam keperluan itulah, buku Perlindungan Hukum Terhadap HKI ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Perlindungan Hukum Terhadap HKI ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Etika Profesi Manajemen

Perilaku etis dalam kegiatan berbisnis adalah sesuatu yang penting demi kelangsungan hidup bisnis itu sendiri. Bisnis yang tidak etis akan merugikan bisnis itusendiri terutama jika dilihat dari perspektif jangka panjang. Bisnis yang baik bukan saja bisnis yang menguntungkan, tetapi bisnis yang baik adalah selain bisnis tersebutmenguntungkan juga bisnis yang baik secara moral. Perilaku yang baik, juga dalamkonteks bisnis, merupakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral. Dalam Keperluan itulah buku berjudul Etika Profesi Manajemen ini penulis hadirkan agar kiranya dapat menjadi salah satu referensi dalam menambah wawasan setiap individu dalam beretika sesuai dengan profesi masing-masing individu karena penekanan profesi sendiri adalah salah hal terpenting dalam buku ini.

Dalam Keperluan itulah buku berjudul Etika Profesi Manajemen ini penulis hadirkan agar kiranya dapat menjadi salah satu referensi dalam menambah wawasan setiap individu dalam beretika sesuai dengan profesi masing-masing individu karena ...

Ekonomi manajerial

Pada era kontemporer sekarang ini, “Ekonomi Manajerial” merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari, tentunya untuk mendapatkan penyelesaian secara optimal dan menyelesaikan masalah-masalah terkait keputusan manajerial. Selain itu, uraian mengenai ekonomi managerial sangat diperlukan agar kita dapat menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan manajerial. Secara terinci uraian tersebut tentu akan mencakup; definisi dan ruang lingkup ekonomi manajerial. Oleh karen itu diharapkan semua elemen dapat memahami, ekonomi positif dan ekonomi normative. Kondisi kepastian dan ketidakpastian serta model pengambilan keputusan. Disamping itu “Ekonomi Manajerial” sngat terkait dengan pembahasan ilmu ekonomi. Buku ini diharapkan dapat membantu para-mahasiswa maupun praktisi yang sedang mempelajari “Ekonomi Manajerial”, sebagai dasar untuk memahami dan mendapatkan penyelesaian secara optimal pada saat menghadapi persoalan keputusan manajerial dalam dunia usaha atau pekerjaan.

Selain itu, uraian mengenai ekonomi managerial sangat diperlukan agar kita dapat menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan manajerial. Secara terinci uraian tersebut tentu akan mencakup; definisi dan ruang lingkup ekonomi manajerial.

Paradigma Pendidikan Ekonomi

Paradigma pendidikan dicermati sebagai suatu cara memandang dan memahami pendidikan dari sudut pandang seseorang yang mengamati dan memahami masalah pendidikan dan mencari cara mengatasi permasalahannya. Dalam pendidikan terdapat sejumlah paradigma berfikir seperti: paradigma behavioristik, paradigma kontruktivistik dan paradigma sosial kognitif yang memiliki pengaruh dalam pendidikan. Pendidikan ekonomi merupakan bagian yang terpenting dari ilmu ekonomi sumber daya manusia untuk pembangunan nasional. Sebagai landasan konseptual tentang ilmu ekonomi pendidikan, bahwa ekonomi pendidikan adalah suatu studi tentang bagaimana manusia, baik secara perorangan atau kelompok masyarakat membuat keputusan dalam rangka mendayagunakan sumber-sumber daya yang terbatas agar dapat menghasilkan berbagai bentuk pendidikan dan latihan, pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan, pendapat, sikap dan nilai-nilai khususnya melalui pendidikan formal serta bagaimana mendiskusikannya secara merata dan adil diantara berbagai kelompok masyarakat. Ilmu ekonomi pendidikan tumbuh dan berkembang oleh perspektif investasi sumber daya manusia (human capital). Konsep investasi SDM menganggap penting kaitannya antara pendidikan, produktivitas kerja dan pertumbuhan ekonomi. Teori human capital menganggap bahwa tenaga kerja merupakan pemegang kapital (capital holder) yang tercermin dalam ketrampilan, pengetahuan dan produktivitas kerja. Investasi sebagai suatu konsep umum yang dapat diartikan sebagai upaya meningkatkan nilai tambah barang ataupun jasa dikemudian hari dengan mengorbankan nilai konsumsi sekarang. Investasi dalam bidang SDM memiliki prinsip yang tidak berbeda dengan konsep investasi manusia yang juga bisa dianggap sebagai suatu entitas yang nilainya bisa berkembang dikemudian hari melalui suatu proses pengembangan nilai seperti peningkatan sikap, perilaku, wawasan, keahlian dan keterampilan manusia dengan nilai-nilai tersebut merupakan subjek dari konsepsi SDM atau human capital.

Ekonomi Manajerial Ekonomi manajerial merupakan ilmu dan seni yang menggabungkan teori ekonomi dan teknik pengambilan keputusan. Ilmu ekonomi manajerial sebagai sebuah wawasan bermanfaat bagi setiap organisasi untuk mencapai tujuan ...

DETEKSI DINI AMDAL DENGAN EARLY WARNING SYSTEM BERBASIS APLIKASI

Lingkungan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupuan manusia, keteledoran manusia dalam mendirikan bangunan untuk industri dengan tanpa memperhatikan dampak dari usaha atau industri yang akan berlangsung di bangunan tersebut juga akan merusak lingkungan fisik dan biologis secara perlahan dan tidak langsung. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu usaha untuk melestarikan kualitas lingkungan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara terutama bagi lingkungan yang berdekatan dengan pemukiman, salah satunya dengan cara mengontrol dampak limbah industry dengan memanfaatkan teknologi. Pembangunan yang tidak mengorbankan lingkungan dan/atau merusak lingkungan hidup adalah pembangunan yang memperhatikan dampak yang dapat diakibatkan oleh beroperasinya pembangunan tersebut. Untuk menjamin bahwa suatu pembangunan dapat beroperasi atau layak dari segi lingkungan, perlu dilakukan analisis atau studi kelayakan pembangunan tentang dampak dan akibat yang akan muncul bila suatu rencana kegiatan/usaha akan dilakukan.

Lingkungan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupuan manusia, keteledoran manusia dalam mendirikan bangunan untuk industri dengan tanpa memperhatikan dampak dari usaha atau industri yang akan berlangsung di bangunan ...

Pengantar Bisnis Modern

Buku pengantar bisnis ini merupakan suatu karya ilmiah yang kami susun dari sejumlah buku teks ilmiah, dan merupakan suatu kondensasi dari berbagai materi buku yang ditulis penulis-penulis lain yang ada kaitannya dengan Bisnis. Sebagai suatu kondensasi, maka isinya ada yang berupa hasil edit, ada pula diringkas atau dipadatkan dari karya penulis lain, disamping ada yang dikutip jalan fikiran penulis lain, untuk ditulis kembali dengan kata-kata sendiri, tentu maksudnya agar lebih mudah difahami para pembaca Bisnis adalah istilah yang menjelaskan semua aktivitas dan institusi-institusi yang menghasilkan barang atau menyediakan jasa-jasa yang penting dan diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Buku ini berisi uraian tentang bagaimana aktivitas bisnis dijalankan seperti misalnya: bagaimana memulai aktivitas bisnis, bagaimana menangkap dan menelusuri peluang bisnis serta bagaimana mengelola bisnis yang efektif dan efisien. Serta menguraikan jenis dan bentuk aktivitas bisnis, baik bisnis berskala kecil sampai dengan bisnis berskala besar dan global

Buku pengantar bisnis ini merupakan suatu karya ilmiah yang kami susun dari sejumlah buku teks ilmiah, dan merupakan suatu kondensasi dari berbagai materi buku yang ditulis penulis-penulis lain yang ada kaitannya dengan Bisnis.

Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai psikologi industri dan organisasi dalam konsep dan penerapannya dalam organisasi. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi referensi serta tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi).