Sebanyak 648 item atau buku ditemukan

Rukun Islam dan Rukun Iman

Rukun Iman dan Rukun Islam adalah pilar penting yang harus dimiliki dan diamalkan oleh umat muslim. Keduanya adalah pondasi dalam iman Islam. Memahami dan mengamalkan rukun iman dan rukun Islam akan menjadikan seseorang menjadi umat Islam yang sempurna.

Rukun Islam dan Rukun Iman menyajikan kisah sehari-hari anak-anak yang bisa menjadi sarana menanamkan akidah Islam, akidah keimanan, dan karakter Islami kepada anak-anak sejak dini. Ada 11 berlibur berpuasa, bahasa cerita yang temanya ...

Perumusan Strategi Perusahaan Interaksi Hukum dengan Manajemen Strategis dalam Industri Pertahanan Indonesia

Ada beberapa rencana strategi yang harus diimplementasikan. Adalah sangat dimungkinkan pada tahap implementasi strategi ini, tidak semua strategi yang sudah direncanakan dapat secara langsung diterapkan. Tahapan implementasi strategi ini adalah tahapan dimana perusahaan mengoperasionalkan strategi yang sudah direncanakan menjadi program dan strategi fungsional. Dengan demikian pada langkah berikutnya dilakukan sintesa dari usulan strategi yang dimaksud menjadi strategi-strategi fungsional yang siap untuk dioperasionalisasikan.

Dengan lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan yang ditetapkan pada tanggal 5 Oktober 2012, telah memberikan suatu kepastian status dan fungsi kepada industri nasional dalam negeri yang ...

Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Kepesantrenan

Ada dua alasan yang mendasar yang menyebabkan kuatnya akhlak mulia di pesantren. Pertama, hidupnya budaya sufistik. Sekalipun mayortitas pesantren tidak mengikuti tarekat tertentu, akan tetapi ada budaya menghormati kiai, menghormati keluarga kiai, menghormati wali, saling menghargai antar teman sejawat dijadikan ciri khas, kemudian kita sebut dengan budaya sufistik. Kedua, mengimplementasikan metode pembelajaran akhlak. Metode ini adalah metode pendidikan akhlak yang digunakan nabi selama 23 tahun nabi mengemban risalah baik saat di Mekah maupun saat di Madinah. Adapun metode-metode pembelajaran akhlak mulia dari nabi yang dimaksud antara lain: sedikit pengajaran, banyak peneladanan, banyak pembiasaan, pemotivasian, dan penegakan aturan. Kelima metode tersebut diterapkan di pesantren. Sementara itu, metode pendidikan akhlak nabi tersebut tidak hanya dapat diimplementasikan di lembaga pendidikan formal saja, metode ini dapat juga diterapkan untuk ormas, orpol, LSM, lembaga pendidikan non formal, lembaga kursus, kantor, rumah tangga dll. Ada pertanyaan besar bagi kita semuanya, mengapa pendidikan kita banyak gagal? Pendidikan itu tidak hanya berpusat pada lembaga pendidikan sekolah saja. Mestinya, pendidikan akhlak di kantor, di penjara, di orpol, di ormas dan rumah tangga diperbaiki semuanya. Kalaupun sekolah berhasil dalam mengembangkan pendidikan akhlak di sekolah, tetap saja semuanya berada pada lingkungan yang sama. Seberapa besar pemerintah mengintervensi pendidikan akhlak di rumah tangga? Kiranya pendidikan kita mestinya berpindah paradigma dari penguasaan Saintek ke kepemilikan akhlakul mulia, karena biasanya orang yang berakhlak mulia akan mudah dalam menguasai saintek. Mari kita jadikan buku ini sebagai bahan upaya memperbaiki bangsa yang sedang menghadapi kehancuran moral. Uraian selanjutnya diejawantahkan di buku ini

Tafaquh fii al - din Pendalaman Ilmu - ilmu Agama ( call oj 4ään ) adalah kultur yang berkenaan dengan pendalaman ajaran - ajaran Agama . Hal ini sebagaimana tuntutan Al - Qur'an , Surat At ... 3 ) Memiliki penguasaan ilmu - ilmu agama ...

Menggagas Pendidikan Islami

Sistem Pendidikan yang ada saat ini, yang bersifat materialistik, terbukti telah gagal melahirkan manusia shalih yang sekaligus muslih dan menguasai IPTEK. Terdapat kesan yang sangat kuat bahwa pengembangan ilmu-ilmu kehidupan (IPTEK) adalah suatu hal yang berada diwilayah bebas nilai, sehingga sama sekali tak tersentuh oleh standar nilai agama (Islam). Kalau ada hanyalah etik yang tidak bersandar pada nilai agama. Sementara, pembentukan karakter siswa yang merupakan bagian terpenting dari proses pendidikan agar tumbuh menjadi manusia yang shalih dan muslih tadi, justru kurang tergarap secara serius. Oleh karena itu diperlukan reformasi bahkan revolusi di bidang pendidikan. Bukan hanya pada level institusi, bahkan hingga menyentuh sisi filosopi dan ideologi pendidikan. Buku yang sedang pembaca budiman pegang ini mencoba menjawab tantangan itu. Buku ini akan menjelaskan secara komprehensif gagasan pendidikan yang paradigmatik dalam perspektif Islam agar secara filosofis dan ideologis pendidikan yang ada dapat melaju pada arah yang benar sesuai dengan visi dan misi penciptaan manusia. Dan yang lebih urgen lagi secara empiris memang benar-benar dapat diterapkan di tengah realitas masyarakat, bukan sekedar pemikiran yang mustahil diterapkan. tentu tidak mudah, tapi siapa bilang berjuang itu mudah... ? Buku persembahan penerbit QisthiPressGroup

Ikhtisar jawaban Islam dan sekularisme terhadap al-Uqdatu al-Kubro disajikan secara ringkas dalam [Tabel 1. ... sesuai tuntunan Islam) Mencari kepuasan jasmani yang sebesar-besarnya (tidak terikat dengan tuntunan agama) 3 Kemana manusia ...