Sebanyak 4103 item atau buku ditemukan

Pendidikan Inklusi dan Pendayagunaan Zakat

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna oleh Tuhan dibandingkan dengan makhluk ciptaannya yang lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, manusia memang dipilih oleh Tuhan sebagai Khalifah di muka bumi. Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya untuk mengaktualisasikan dirinya di dalam mengarungi kehidupan. Sejalan dengan perkembangannya, tentu manusia butuh ilmu pengetahuan untuk mewujudkan cita-citanya. Pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan setiap manusia.

Dari konteks kepedulian sosial inilah zakat dilihat sebagai salah satu solusi pengentasan kemiskinan dalam perspektif Islam.3 Oleh karena itu, dalam paper ini akan mencoba melihat kenapa kemiskinan menjadi penghambat pertumbuhan ...

Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah pendidikan Islam merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, baik dari segi konsep, ide, maupun lembaga penyelenggaranya. Berfokus pada kajian sejarah, objek dalam studi ini sama seperti kajian sejarah lainnya, yakni terdapat ruang dan waktu yang merupakan bagian penting dari penelitian sejarah. Pendidikan Islam berperan sebagai objek yang diteliti dengan bertumpu pada runtutan peristiwa atau kejadian yang ditulis menjadi suatu rangkaian kisah berdasarkan periode tertentu. Berbeda dengan buku sejenis, Sejarah Pendidikan Islam mengkaji sejarah pasang surutnya pendidikan Islam berdasarkan perkembangan Islam itu sendiri. Tidak hanya melihat perkembangan pendidikan Islam di dunia, namun di dalamnya juga dipaparkan secara komprehensif mengenai kondisi pendidikan Islam di Indonesia sejak masa kerajaan Islam, kolonial hingga reformasi. Selain itu, buku ini semakin kaya dengan adanya pengetahuan tambahan berupa informasi mengenai profil lembaga perguruan tinggi Islam tertua di dunia dan Indonesia, serta lembaga pendidikan pondok pesantren tertua di Jawa. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Di lingkungan khusus di mana Islamnya kuat atau mayoritas, pelajaran agama mulai di kelas I dan jam pelajaran ... pendidikan agama (Pasal 1); (b) Di sekolahsekolah rendah pendidikan agama dimulai di kelas IV, banyaknya 2 (dua) jam ...

Pendidikan Islam di Indonesia

Historis dan Eksistensinya

Sejarah Pendidikan_Islam di Indonesia telah dimulai sejak masuknya Islam ke Nusantara, para pedagang yang merangkap sebagai mubaligh dan pendidik; ketika itu telah memperkenalkan ajaran Islam kepada masyarakat pribumi. Pendidikan awal itu belum memiliki sarana dan fasilitas, belum ada jadwal dan materi tertentu, lebih banyak dalam bentuk pergaulan antara mubaligh/pendidik dan masyarakat sekitar. Setelah masyarakat Muslim terbentuk, mulailah dibangun masjid sebagai tempat ibadah dan pendidikan. Dengan demikian, tumbuhlah lembaga pendidikan awal yakni masjid. Di masjid dilaksanakan aktivitas ibadah shalat dan juga pendidikan Islam, memperkenalkan akidah dan ibadah serta belajar membaca Al-Qur’an. Oleh karena semakin banyaknya peserta didik, sesuai arus dinamika perkembangan Islam, mulailah dibutuhkan lembaga pendidikan di luar masjid. Maka, tumbuhlah lembaga pendidikan pesantren, menasah, rangkang, dayah, dan surau. Lembaga pendidikan ini berkembang karena dukungan masyarakat dan kerajaan Islam kala itu. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Ketetapan MPRSini diikuti dengan lahirnya peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 23 Oktober 1967, di mana ditetapkan bahwa Kelas I dan II sekolah dasar diberikan mata pelajaran agama 2 jam per ...

Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama Di Jembrana-Bali)

Buku ini membahas tentang Merawat Pluralisme Merawat Indonesia: Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali. Buku ini menjadi sangat penting untuk dibaca, karena terkait dengan fenomena yang terjadi belakangan ini bahwa perbedaan agama seringkali menjadi pemicu terjadinya konflik sosial. Bahkan, banyak diantara para pemikir beranggapan bahwa toleransi dan konstruksi sosial yang positif dilihat dari sejarah serta implikasinya hanyalah bersumber dari pemeliharaan dan pemahaman terhadap kebudayaan yang dipahami secara mendalam oleh individu-individu dalam masyarakat melalui proses pendidikan tanpa melibatkan unsur agama. Padahal, budaya adalah hanyalah potongan suatu konsep yang tajam, mengkhusus, dan teoretis dari agama. Agama dan budaya dapat berdiri sejajar dan sama-sama membentuk sikap individu. Agama dan budaya juga merupakan kekuatan untuk membebaskan manusia dari kebodohan, ketertindasan, dan pertikaian yang menyengsarakan. Maka untuk menghindarkan manusia dari segala dampak negatif itu, diperlukan sebuah model pendidikan yang dapat menyentuh aspek psikologi, sosiologi, fenomenologi, dan bahkan histori, yang terkontekstualisasi pada daerah dimana pendidikan itu dioperasionalisasikan. Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama Di Jembrana-Bali) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Sumbulah, Ummi, “Islam Jawa dan akulturasi Budaya: Karakteristik, Variasi dan Ketaatan Ekspresif”, Jurnal Budaya Islam el Harakah, 4, No. 1 (2012). Sumiati, Dewi, “Intercultural Communication Based on Local Wisdom That Made the People ...

Psikologi Agama: Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Agama

Permasalahan keagamaan sejatinya sering kali terjadi di kehidupan manusia. Setidaknya, ada beberapa sudut pandang atau perspektif yang dapat digunakan untuk menganalisis permasalahan keagamaan tersebut, salah satunya adalah perspektif psikologi. Dalam buku Psikologi Agama: Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Beragama ini, pembaca akan diajak untuk memahami psikologi agama dari awal, yaitu definisi, ruang lingkup, dan manfaatnya. Buku ini memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai perkembangan proses keagamaan selama rentang kehidupan sehingga membuat pembaca untuk senantiasa memahami kondisi keagamaannya; menjelaskan tentang mistisisme dalam agama serta pengaruhnya dalam kepribadian; dan membahas mengenai tipologi kepribadian menurut agama-agama. Selain itu, buku ini mencoba menjabarkan secara komprehensif dan mendalam mengenai fenomena abnormalitas perilaku keagamaan, seperti radikalisme dan terorisme, mati untuk agama dan negara, fenomena monastisisme, perpindahan agama (konversi agama), aliran klenik, dan fenomena nabi palsu. Terakhir, buku ini mengulas tentang unsur-unsur psikoterapi dalam ritual peribadatan, serta membumikan agama dalam kehidupan. Buku persembahan Prenada Media Group.

Membumikan Agama dalam Kehidupan zatan Sang Buddha serta para muridnya), nidana (mengisahkan kisah dan hukum sebab kibat), aupanya (pendidikan dengan cara perumpamaan sehingga mudah dicerna dan dipahami oleh murid-murid), ...

APLIKASI PSIKOLOGI DI SEKOLAH Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah-Masalah di Sekolah

Peran psikolog sekolah belum terdiferensiasi secara jelas dengan profesi psikolog pendidikan dan guru Bimbingan Konseling (BK), sehingga tampak masih tumpang tindihnya peran psikolog dan bimbingan konseling. Kedua profesi ini sebenarnya ...

Dasar-dasar Manajemen Rantai Pasok

Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) yang semula dikenal dengan istilah Ilmu Manajemen Logistik adalah pengaturan sistem terintegrasi yang mengkoordinasikan keseluruhan proses di dalam organisasi/perusahaan yang mempersiapkan dan menyampaikan produk/barang kepada konsumen. Tujuan dari setiap sistem Rantai Pasok adalah memaksimumkan akumulasi nilai (value) dan profit yang diciptakan oleh setiap komponen di dalam Rantai Pasok, yaitu nilai tambah yang diciptakan oleh pemasok kepada manufaktur, manufaktur kepada distributor, dan distributor kepada konsumen. Nilai ini tercipta dari nilai layanan dan harga sebuah produk jadi dengan total biaya yang ditanggung oleh seluruh sistem Rantai Pasok. Buku ini menjelaskan tentang hakikat manajemen rantai pasok, komponen rantai pasok, proses produksi, inventori, transportasi, serta perencanaan dan analisis rantai pasok. Para pembaca diajak untuk memahami kegiatan produksi dalam perusahaan manufaktur. Banyak informasi bermanfaat yang diberikan tentang sistem rantai pasok secara rinci sehingga buku ini sangat tepat untuk dijadikan buku utama perkuliahan tentang manajemen rantai pasok. Penjelasan subjek ini dilakukan secara sistematis dan matematis sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami secara komprehensif.

Ada faktor pertimbangan dalam menentukan apakah perusahaan harus mengurus sistem rantai pasoknya sendiri, mengalihkannya kepada 3PL, atau bekerjasama dengan pihak lain dalam mengurus sistem rantai pasok bersama-sama.

Operations and Supply Chain Management

Russell and Taylor's Operations and Supply Chain Management, 10th Edition is designed to teach students understand how to create value and competitive advantage along the supply chain in a rapidly changing global environment. Beyond providing a solid foundation, this course covers increasingly important OM topics of sustainability, corporate social responsibility, global trade policies, securing the supply chain, and risk and resilience. Most importantly, Operations Management, Tenth Edition makes the quantitative topics easy for students to understand and the mathematical applications less intimidating. Appropriate for all business students, this course takes a balanced approach to the foundational understanding of both qualitative and quantitative operations management processes.

Russell and Taylor's Operations and Supply Chain Management, 10th Edition is designed to teach students understand how to create value and competitive advantage along the supply chain in a rapidly changing global environment.

STRUKTUR DATA DAN ALGORITMA DENGAN C++

Struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma merupakan tahapan terencana yang menyatakan dengan jelas pemecahan suatu permasalahan dalam rentang waktu tertentu. Setiap bahasa pemograman mempunyai sturktur pengkodingan untuk itu implementasi pembelajaran mempergunakan Bahasa C++. Pemahaman pengetahuan tentang teori dasar struktur data serta pembuatan algoritma. Secara garis besar buku ini membahas Konsep Struktur Data, Bahasa C++, Array dan Pointer, Pengurutan Data, Function, Linked List, Stack dan Queue, Tree disertai contoh pengkodingan bahasa C++.

Konsep. Struktur. Data. 1.1 Konsep Dasar Data merupakan representasi fakta dari dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan suara, gambar, atau simbol.