Sebanyak 30400 Textbook ditemukan

Pengantar Statistika (Edisi Ketiga)

Cara Mudah Memahami Statistika

Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan diri dengan data angka atau kuantitatif. Data angka akan bermanfaat bagi manusia jika diolah dengan statistika. Namun, masih banyak orang merasa kesulitan dalam mengolah data dengan menggunakan statistika. Oleh karena itu, buku ini menawarkan cara mudah belajar statistika. Untuk maksud tersebut, setiap bab disusun dengan konsep/teori, contoh soal, ringkasan, dan soal untuk latihan. Statistika ada dua macam, yaitu deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berkenaan dengan penyajian data atau disebut statistic; sedangkan statistika inferensial berkenaan dengan penyajian, penganalisisan, penyimpulan data atau disebut statistics. Penyajian i data dapat menggunakan gambar, tabel, histogram, poligon, keadaan kelompok, standar deviasi, dan angka baku. Teknik statistika yang tepat tergantung tingkatan data. Ada empat tingkatan data, yakni nominal, ordinal, interval, dan rasio. Setelah data terkumpul lengkap perlu diuji normalitasnya. Jika data tersebut berdistribusi normal maka statistika parametrik dapat digunakan. Jika data tidak berdistribusi normal maka statistika nonparametrik yang digunakan. Statistika parametrik lebih dapat dipertanggungjawabkan hasilnya secara ilmiah daripada hasil perhitungan dengan statistika nonparametrik.

Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan diri dengan data angka atau kuantitatif.

Statistika dalam Penelitian Pendidikan: Konsep Dasar dan Kajian Praktis

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian. Dalam buku ini, metode penyajiannya dibuat sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat menggunakannya dengan cukup mudah. Sesuai dengan nama dan isi kajiannya yang bersifat dasar, buku ini tidak membeberkan penurunan sifat-sifat, rumusrumus, dan aturan-aturan yang memerlukan matematika lanjut. Hal ini dengan maksud agar isi buku ini dapat diikuti oleh setiap pembaca dengan berbagai latar belakang.

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian.

Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data. Karenanya statistik sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik dalam kepentingan pembelajaran ataupun penelitian. Data tidak akan dapat memberikan makna seandainya data itu tidak dianalisis dengan baik. Untuk analisis data yang bersifat kuantitatif maka memerlukan alat analisis yakni analisis statistik. Buku statistik untuk kepentingan pendidikan secara umum sudah banyak ditulis oleh para penulisnya, namun sulit ditemukan buku yang memaparkan teori-teori dan memberikan contoh-contoh dalam bidang ilmu pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat. Penerbitan buku ini dimaksudkan untuk membantu para peneliti atau calon peneliti, praktisi dan mahasiswa yang bergerak dalam pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat dalam menganalisis data data kuantitatif sesuai keperluan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup Kencana

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data.

STATISTIKA PENDIDIKAN (KONSEP DATA DAN PELUANG)

Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika lainnya yang berbahasa Indonesia. Pertama, buku ini memiliki ruang lingkup dari konsep statistika hingga macam-macam data dan probabilitas yang terbagi menjadi dua belas bab. Bab tersebut dimulai dari statistika deskriptif, konsep dan macam-macam data, dan probabilitas. Kedua, penyajian dalam buku ini ringkas dan jelas. Dibandingkan dengan lingkup materinya, buku ini tergolong tipis, jelas dan lugas. Hal ini dapat dilihat dari hal-hal penting yang ada di dalam buku ini, seperti teori dasar statistika dan penggunaannya. Teori tersebut diharapkan cukup membekali pembaca khususnya pemula untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan statistika dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Ketiga, dalam bab terakhir dalam buku ini adalah hal yang paling membedakan dari semua buku ajar statistika yang berbahasa Indonesia, yaitu adalah materi tentang Statistika Al-Qur’an. Materi buku ini merupakan pengembangan naskah kuliah statistika pendidikan yang penulis sampaikan di Institut Agama Islam Negeri Madura. Pada umumnya, materi ini dapat diikuti dan diselesaikan dalam satu semester sebagai bekal pengetahuan mengenai konsep data dan peluang atau probabilitas. Dalam aplikasinya juga terdapat perhitungan dasar atau kalkulus statistika. Diharapkan hal ini tidak merepotkan dan menjadi mudah dalam penerapannya, karena para pembaca tidak lupa untuk memanfaatkan kalkulasi.

Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika lainnya yang berbahasa Indonesia.

Statistika Terapan Edisi Keempat

Ilmu pengetahuan adalah mengkaji secara ilmiah hubungan sebab-akibat antar gejala alam, baik dalam konstelasi makrokosmos (kabir) maupun mikrokosmos (sagir) untuk kemaslahatan umat manusia. Fokus penelitian kuantitatif adalah mempelajari gejala alam dengan ciri tertentu yang bervariasi yang dinamakan variabel. Pengukuran terhadap variabel adalah elemen penting dalam penelitian kuantitatif. Hasil kuantifikasi dari pengukuran disebut sebagai data, dan metode yang digunakan dalam pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data hingga pengambilan kesimpulan dikenal sebagai metode statistika. Buku ini menyajikan penerapan metode statistika dalam menganalisis data penelitian kuantitatif asosiatif dan komparatif, yang terinspirasi dari pengalaman penelitian penulis. “Konsep, contoh, perhitungan manual dan aplikasi SPSS/LISREL dalam pembahasan model regresi, model regresi komponen utama, model struktural (Jalur), model ANOVA (1, 2, dan 3) Jalan, dan Model ANCOVA disertai penentuan effect size di dalam buku ini membantu peneliti dalam menganalisis data hasil penelitian. Model ini telah diterapkan dalam beberapa tesis dan disertasi pada Program Pascasarjana UNJ, terutama bagi mahasiswa yang melakukan penelitian kuantitatif asosiatif atau komparatif guna penyelesaian tugas akhir.” Prof. Dr. Burhanuddin Tola, M.A. Guru Besar Penelitian dan Evaluasi Program Pascasarjana UNJ “Buku ini menyajikan interpretasi hasil pengujian hipotesis dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS serta LISREL didukung oleh konsep-konsep penting dalam statistika. Pembahasan, analisis data dan contoh-contoh yang relevan dengan penelitian pendidikan matematika dapat memotivasi peneliti untuk mengungkapkan kebaruan (novelty) penelitiannya.” Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed. Guru Besar Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makasar

Ilmu pengetahuan adalah mengkaji secara ilmiah hubungan sebab-akibat antar gejala alam, baik dalam konstelasi makrokosmos (kabir) maupun mikrokosmos (sagir) untuk kemaslahatan umat manusia.

Fiqh Ibadah

Ibadah merupakan segala upaya muslim dalam mendekatkan diri kepada Allah dari suatu yang dicintai serta dirihai-nya, baik berupa perkataan dan perbuatan yang zhahir maupun yang bathin. Adapun Fiqh merupakan pengetahuan tentang hukum-hukum syarain yang berkaitan dengan perbuatan dan perkataan mukallaf (orang yang terbebani syariat agama), yang diperoleh dari dalil-dalil yang bersifat terperinci, berupa nash-nash Alwuran dan sunnah serta cabangnya yang berupa jima' dan ijtihad ulama. Buku Fiqh Ibadah ini memuat tentang hukum dan tata cara thaharah, shalat, zakat, puasa, dan haji. Penyajiannya pun menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan memberikan pemaparan yang luas tetang berbagai hukum yang digali dan ditimba dari kitab-kitab fiqh empat mazhab beserta dalildalilnya dari Alquran dan sunnah. Meski singkat padat, buku ini dapat ememnuhi tujuan dan mencukupi kebutuhan kalangan yang karena faktor kondisi tidak mampu merujuk langsung ke sumber-sumber referensi fiqh yang otoritatif. Dikarenakan fiqh ibadah merupakan samudera luas sehingga membutuhkan kemahiran tinggi untuk mengeksplorasi kandungan terpendam turats fiqh yang diwarisi dari para ulama pendahulu sebagai pewaris para nabi.

Dikarenakan fiqh ibadah merupakan samudera luas sehingga membutuhkan kemahiran tinggi untuk mengeksplorasi kandungan terpendam turats fiqh yang diwarisi dari para ulama pendahulu sebagai pewaris para nabi.

Fiqih Munakahat

Buku-buku fiqh muamalat, baik yang berbahasa Arab maupun Indonesia, telah banyak diterbitkan, baik oleh penerbit luar negeri maupun dalam negeri. Namun buku fiqh muamalat yang representatif sesuai dengan silabus Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, kelihatannya belum ada, padahal sangat diperlukan. Oleh karena itu, untuk memenuhi keperluan ini, kami penulis buku ajar kolektif “Fiqh Muamalat” yang ditugaskan oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Jakarta dengan Surat Keputusan No. 43 Tahun 2008 Tanggal 6 Juni 2008 berusaha menyusun buku dimaksud sesuai dengan standar dan persyaratan. Pembahasan dalam buku ini dimulai dari hal yang paling mendasar definisi perkawinan, prinsip-prinsipnya, peminangan dan tata caranya, akad, larangan perkawinan hingga permasalahan poligami, talak, rujuk, dan lain sebagainya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku-buku fiqh muamalat, baik yang berbahasa Arab maupun Indonesia, telah banyak diterbitkan, baik oleh penerbit luar negeri maupun dalam negeri.

Buku Fikih Munakahat

Perkawinan merupakan suatu hal yang penting dalam realita kehidupan umat manusia. Dengan adanya perkawinan rumah tangga dapat ditegakkan dan dibina sesuai dengan norma agama dan tata kehidupan masyarakat. Dalam agama samawi, masalah perkawinan mendapat tempat yang sangat terhormat dan sangat terjunjung tinggi tata aturan yang telah ditetapkan dalam kitab suci. Negara Indonesia misalnya, masalah perkawinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga pemerintah Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan hingga sekarang menaruh perhatian yang sangat serius dalam hal perkawinan ini. Atas dasar itu kiranya perlu bagi penulis untuk mengkaji lebih jauh tentang Fikih Munakahat dengan tujuan, pertama untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan mengenai Fikih Munakahat, dan yang kedua untuk mencoba melahirkan kandungan pemahaman saya tentang ilmu fikih. Buku Fikih Munakahat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku Fikih Munakahat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.